Meningkatkan Kecepatan Website

GZIP Compression : Meningkatkan Kecepatan Website dari cPanel

GZIP Compression berfungsi untuk memperkecil ukuran file dan konten yang ada di web atau blog, dan itu akan meningkatkan kecepatan website jika diaktifkan untuk mengkompres file html dan CSS. Intinya, web server akan mengkompres konten web Anda menjadi lebih kecil sebelum dikirim dan diakses ke pengunjung.

Salah satu penyebab loading blog lambat adalah kapasitas konten web yang terlalu besar, bisa dikarenakan terlalu banyak plugin dan kumpulan file CSS yang tidak di kompres.

Banyak cara digunakan para blogger untuk meningkatkan kecepatan website, tetapi justru GZIP Compression yang ada di cPanel tidak diaktifkan sama sekali. Padahal fitur ini rata-rata sudah disediakan di Cpanel terbaru dan langsung terhubung ke web server yang ada pada penyedia hosting.

mod_gzip atau mod_deflate

Pengaturan ini di sebut juga dengan mod_gzip atau mod_deflate, yaitu memperkecil konten web termasuk file html dan CSS dengan cara mengkompres agar ukuran menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Dibawah ini adalah contoh gambar website/blog yang belum dikompres, jadi ukurannya besar dan otomatis loadingnya menjadi agak lambat.

Anda bisa cek website sendiri di Giftofspeed. masukkan URL blog anda dan tool Gzip online ini akan menganalisa.

Meningkatkan Kecepatan Website
Test Gzip

Aktifkan GZIP Compression Di cPanel

Dengan mengaktifkan fitur GZIP Compression di cPanel, semua file di website akan di kompres sehingga dapat meningkatkan kecepatan website secara maksimal.

Loading...

Login ke cPanel Anda, temukan fitur “Opttimalkan situs web” di menu perangkat lunak.

Meningkatkan Kecepatan Website

Di halaman konten kompresi, pilih kompres semua konten, terakhir klik perbaharui pengaturan.

Meningkatkan Kecepatan Website

Dengan demikian, selesai sudah proses kompresi yang dilakukan melalui Cpanel. Anda bisa cek kembali untuk memastikan bahwa website/blog sudah terkompresi pada situs Giftofspeed.

Jika berhasil maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Meningkatkan Kecepatan Website

Nah, sangat mudah sekali bukan. dengan file web yang terkompresi otomatis akan memperkecil ukuran dan dapat lebih meningkatkan kecepatan website dan loading blog lebih cepat dari sebelumnya.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *