meningkatkan pendapatan adsense

6 Tips Penting Meningkatkan Pendapatan Adsense Yang Sering Diabaikan

Meningkatkan pendapatan adsense terkadang cukup sulit dilakukan buat sebagian blogger. Kadang kita terkena yang namanya penyakit malas. Terutama jika baru beberapa bulan memiliki akun Google Adsense dan tidak terlihat tanda-tanda bakal bertambahnya saldo, masih di posisi nol koma.

Dengan jumlah klik sedikit dan diikuti nilai per klik iklan yang kecil, akan semakin berat penyakit malas yang diderita, tapi tenang saja ini bukan akhir dari segalanya. Untuk mengatasi nilai klik yang hanya se emprit, ada tools yang bisa dijadikan patokan dalam menentukan kata kunci dengan nilai klik yang besar.

Iya, tools tersebut miliknya Google itu sendiri, Keyword Planner namanya. Meskipun saat ini terdapat fitur yang dibatasi seperti mengetahui jumlah pencarian dalam sebulan, hanya tampil jumlah perkiraan antara sekian sampai sekian. Kita harus menghabiskan sekian dollar terlebih dahulu dalam sebulan untuk Google Adwords, supaya fitur tersebut dapat kita lihat.

Kita hanya perlu sedikit sabar dalam menentukan kata kunci untuk artikel yang akan kita buat, supaya nilai CPC atau BPK nya menambah semangat untuk membuat sebuah artikel.

1. Semua Tentang Kata Kunci

Dengan Google Adsense, memilih kata kunci yang tepat akan membuat kita senang sekaligus kepala senut-senut. Senangnya adalah ketika mendapatkan nilai klik yang cukup besar dari biasanya, setelah menggunakan kata kunci tersebut.

Tapi disisi lain kita harus membuat sebuah artikel berdasarkan kata kunci, kadang tidak sesuai dengan passion, dan itu mengharuskan kita berfikir ekstra ketika membuatnya. Yang diperlukan adalah sikap pantang menyerah, lama-lama pasti terbiasa.

Jadi ketika akan membuat suatu artikel, yang diperlukan pertama kali adalah menentukan kata kunci yang tepat sesuai dengan jumlah pencarian per bulan dan BPK (bayaran perklik atau CPC) itu sendiri. Disini saya tidak akan membahas bagaimana melakukan riset keyword.

Menentukan kata kunci yang tepat adalah cara terbaik supaya mendapatkan nilai klik yang besar.

Loading...

Menggunakan Google Keyword Planner adalah pilihan yang tepat untuk melakukan riset kata kunci, meskipun banyak tool lain seperti Semrush dan sejenisnya. Tool yang satu ini bisa digunakan untuk melihat perkiraan berapa nilai klik yang akan dibayar oleh pengiklan untuk kata kunci tertentu.

Dengan kata kunci yang kita sisipkan pada artikel, akan menjadi salah satu penentu iklan apa yang tampil nantinya di blog kita. Yang perlu diperhatikan adalah menggunakan kata kunci yang tidak perlu berlebihan, sekitar tiga kata kunci saja sudah cukup dalam satu artikel.

Untuk contohnya kita bisa memperhatikan postingan ini, kata kunci yang saya gunakan adalah meningkatkan pendapatan Adsense.

2. Lakukan Optimasi Pada Ukuran dan Posisi Iklan

Ketika memasang iklan adsense, kita memiliki pilihan untuk menempatkan posisi iklan di blog. Kita bisa melakukan percobaan meletakkan iklan sesuai dengan aturan yang diperbolehkan oleh Google Adsense sendiri.

Nanti iklan dengan nilai terbesar dan banyak di klik, itulah yang akan kita gunakan seterusnya. Untuk iklan adsense ada beberapa ukuran yang bisa kita pasang, pasang yang sesuai dengan blog dan banyak menghasilkan klik.

Lakukan eksperimen karena ukuran, jenis dan posisi iklan menentukan jumlah klik.

Untuk rekomendasi, iklan dengan ukuran 336×280 sering mendapatkan klik, karena biasanya ada iklan yang berupa video dan iklan tersebut lebih menimbulkan ketertarikan bagi pengunjung.

Kita bisa melihat petunjuk penempatan iklan yang diberikan Google Adsense mengenai posisi iklan yang paling strategis.

3. Hindari Spam Iklan Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense

Utamakan pengunjung kita, karena mereka adalah aset yang sangat berharga. Jangan posisikan iklan menggangu artikel yang akan dibacanya. Buatlah mereka senyaman mungkin ketika berada di blog, untuk contohnya kita bisa lihat Klik Mania, nyaman bukan berada disini.

Jangan sampai membuat pengunjung tidak nyaman, atau bahkan kesal dengan iklan yang kita pasang. Terkadang banyak blog memasang iklan adsense yang melanggar aturan, seperti menggunakan pop up atau memasang lebih dari 3 iklan sejenis.

Pasang iklan sesuai kebijakan dan utamakan kenyamanan pengunjung, dengan meletakkannya di tempat yang strategis

Selain melanggar kebijakan, tentunya hal ini akan membuat pengunjung kita kesal dan memutuskan pindah ke lain hati, pendapatan pun berkurang.

4. Selalu Membuat Artikel Baru Yang Berkualitas

Blog yang selalu update dengan artikel baru adalah salah satu alasan pengunjung balik lagi dan juga menarik banyak pengunjung baru. Lakukan dengan konsisten dalam melakukan update artikel berkualitas secara rutin, baik itu sehari sekali, tiga kali sehari, atau seminggu sekali.

Hal ini bukan hanya memberikan kesempatan lebih banyak iklan yang tampil di blog, tapi juga soal peringkat di hasil pencarian. Semakin banyak artikel berkualitas berdasarkan kata kunci tertentu, semakin besar juga kemungkinan muncul di halaman pertama. Itu artinya kesempatan mendapatkan banyak pengunjung semakin besar

Buatlah artikel baru secara rutin dan konsisten tanpa mengabaikan kualitas dari artikel itu sendiri.

Kita lihat saja blog ini, disini saya termasuk pengunjung baru. Baru dua minggu saya mengenal blog ini, dan artikel berkualitas terus update setiap hari. Tepatnya saya lupa mengetikkan kata kunci apa, dan blog ini ada di urutan pertama.

Menariknya lagi, di sini kita bisa ikutan menulis dan dibayar, seperti yang saya lakukan ini. Semoga Klik Mania terus maju dan menjadi ladang amal jariyah buat para penulis disini dan sang pemilik sendiri tentunya.

5. Manfaatkan Daftar Email Pelanggan Blog

Untuk cara yang satu ini khusus yang sudah memiliki email list yang berlangganan newsletter di blog. Kita bisa melakukan penyetingan, supaya ketika ada postingan baru akan mengirimkan email ke daftar newsletter kita.

Hal ini cukup membantu supaya pengunjung lama kita tetap menjadi pembaca setia. Terkadang kita pernah mengakses sebuah blog yang artikelnya berkualitas, tapi ketika akan mengaksesnya lagi kita lupa nama blognya apa.

Memanfaatkan daftar pengunjung yang sudah berlangganan untuk menerima newsletter dari blog kita adalah pilihan yang tepat.

Kebanyakan blogger saat ini sudah memasang form newsletter, biasanya mereka mengirimkannya seminggu sekali, disertai link menuju ke artikel terkait. Hal ini cukup ampuh untuk meningkatkan pengunjung yang akhirnya ikut meningkatkan pendapatan adsense.

6. Belajar Menulis Blog Bahasa Inggris (optional)

Tips yang ini hanya optional saja, untuk Anda yang ingin meningkatkan pendapatan adsense 10 kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan dengan blog Bahasa Indonesia. Berdasarkan klik yang saya amati, blog saya yang Bahasa Inggris dan blog Bahasa Indonesia sangat jauh bedanya. Paling kecil $0.1 per klik untuk blog bule, sedangkan blog Indo antara $0.01 sampai $0.1 per kliknya, meskipun banyak faktor yang mempengaruhi.

meningkatkan pendapatan adsense

Bahasa Inggris adalah hal yang penting untuk dikuasai, jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari Google Adsense

Google Adsense memberikan peluang besar untuk kita yang ingin serius mencari uang melalui internet. Dengan membuat konten yang selalu diupdate dan menarik. Dipastikan blog Anda akan mencuri hati para pengunjung baru untuk menjadi pembaca setia.


Loading...

Bagikan

Waryanto

Penulis

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Komentar

    Avatar

    basindon

    ( - 13:11)

    Terima kasih tipsnya Mas. Tapi, tak bisa dipungkiri, di akhir tahun pendapatan Adsense anjlok Mas, Terutama blog niche tertentu, Para pengunjung pada pergi liburan tahun baru, hehe,…Apa klikmania juga mengalami demikian?

    Avatar

    ahmed

    ( - 01:17)

    terimakasih suhu, akan saya terapkan tips nya semoga makin naik pendapatan adsense saya 🙂

    Avatar

    Addi Fahmi

    ( - 17:27)

    Saya sangat setuju dengan seluruh poin diatas, memang harus konsisten dan rutin memposting artikel berkualitas yang beda dngn yang lain. Semangat terus mas 🙂

    Avatar

    habiesmart

    ( - 14:25)

    Assalamualaikum,,, maaf nih mengganggu. jadi gini, saya mau nanya nih… saya kan coba mendaftarkan blog saya ke adsense ( habiesmart.blogspot.com ). nah, di waktu yang sama, saya juga memonetize youtube saya ( https://www.youtube.com/channel/UCmK5chVCUiPbI4zHytKhBGQ ) nah, setlah itu saya menunggu keputusan adsense.dan ternyata blog adsense sy gak diterima. otomatis youtube sy juga gak di trima. terus katanya blog saya itu masih berupa rancangan lah, dll. setelah itu saya kembali aktifin adsensenya. saya aktifin yang youtubenya aja. ternyata, kalau youtubenya mau di monetizein, blog juga harus diaktifin adsensenya. nah stelah itu youtube sy bisa berjalan dengan lancar. penghasilan ada, dilihat dari dashboard itu ada penghasilan sy selama di youtube. tetapi, ketika di adsense nya langsung, (di adsense,com) balance saya Rp.0. hingga beberapa hari kemudian, adsense saya pun dua duanya kembali tidak aktif lagi. terus saya ulangi seperti kejadian yang diawal. dan akhirnya juga berlangsung sama sepert kisah diatas, yaitu adsense youtube penghasilannya terus menaik, di adsense ,com, balance tetap Rp.0. berbagai tips pun sy coba, dan berakhir sia sia. haduhhh,,:((((. kira kira ada yang bisa membantu sy menjelaskan ini semua??? terima kasih.:)))

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:33)

      Halo mas, 😀
      Sebagai penjelasannya..Saldo atau penghasilan dari youtube akan masuk ke dashboard Adsense setiap bulan sekali, yaitu antara taggal 12 – 15.
      Untuk penghasilan sementara bisa dilihat pada dashboard youtube pada bagian penghasilan.

        Avatar

        habiesmart

        ( - 01:56)

        oke mas makasih banget ya,,, tapi kok adsense sy yang di dashboard adsense itu terus Rp.0.sedangkan teman saya itu juga seperti saya, cuma dia di adsensenya, di bagian balance itu sdh ada nominalnya. padahal teman sy nasibnya sama, blognya di tolak, tetapi di youtube masih diterima dan di adsense tetap aktif. berbeda dengan sy, blognya di tolak, otomatis youtubenya tertolak, dan adsense sy gak aktif. hiks,,,
        kok bisa begini ya???

    Avatar

    Kang El

    ( - 08:39)

    sangat stuju dengan semua poin diatas memang untuk ningktin erning adsense harus intens trhadap kulitas artikel relevansi kata kuci dan user friendly krna user mrupakan aset kita dalam rampok adsense hhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *