meningkatkan penghasilan adsense

Strategi Pemula Untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense Secara Konstan

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang cara meningkatkan penghasilan AdSense, karena banyak blog yang sudah membahas tentang hal ini. Tapi Anda mungkin tidak menyadari beberapa strategi yang akan meningkatkan penghasilan AdSense Anda sebagai pemula. Baiklah, berangkat dari pengalaman saya akan berbagi dengan anda.

Bagaimana strategi jitu meningkatkan penghasilan adsense?

Ini khusus pemula, tapi sebaiknya dilakukan dari awal. Menghasilkan uang dari Google AdSense itu mudah, tidak perlu keahlian tertentu tentang investasi atau mahir membuat uang secara online menggunakan AdSense. Yang cukup kita lakukan adalah menulis dan menulis saja.

Anda bisa lihat sendiri bahwa dalam tab earning/penghasilan pasti bertambah setiap hari. Yang menjadi pertanyaan adalah berapa peningkatannya? Saya tidak berbicara muluk-muluk.

Apakah cukup puas dengan penghasilan yang segitu-gitu saja? Jujur, di awal-awal memasang kode unit iklan adsense pertama, saya membutuhkan waktu 8 bulan mendapatkan gaji adsense perdana. Dan uang yang saya dapatkan adalah batas minimal ambang pembayaran. Yaitu 100 dolar koma sekian.

Baiklah, ini berdasarkan pengalaman saya yang mungkin bisa menjadikan Anda untuk lebih meningkatkan penghasilan adsense. Jadikan patokan untuk tidak lebih dari 8 bulan seperti yang pernah saya alami pertama kalinya.

Strategi konten Untuk Trafik blog

Saran saya, Anda jangan terlalu ambil pusing memikirkan penghasilann adsense dulu. Pikirkanlah waktu dibawah 8 bulan untuk membuat konten dan menghasilkan trafik. Tidak hanya ratusan pengunjung setiap hari, tetapi ribuan pengunjung unik setiap hari.

Yang menjadi pertanyan, apakah ini berat bagi anda?

Meskipun ada lebih banyak alternatif untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense, tetapi cara dan strategi yang saya gunakan adalah untuk mencapai penghasilan konstan.

Loading...

Itu artinya penghasilan anda akan mengalir terus menerus, bahkan lebih banyak dan mencapai batas minimal yang saya bisa peroleh, dari 8 bulan semenjak gajian adsense pertama kali.

Sederhana saja…

Untuk meningkatkan penghasilan AdSense Anda sebagai pemula, yang Anda butuhkan adalah content rich site. yaitu membuat konten yang berkualitas dan banyak bermanfaat bagi banyak orang. Dalam arti memberikan penngertian secara jelas dan mampu memberikan nilai informatif bagi pengunjung.

Ini yang harus anda buat dalam konten anda.

  • Menemukan dan membuat konten populer di niche Anda.
  • Membuat konten jauh lebih bagus dari blog lain.
  • Membuat promosi yang tepat sasaran.

Itu 3 modal yang harus anda lakukan dalam menulis konten, perhatikan untuk setiap artikel bisa memberi nilai lebih bagi pengunjung dan sekiranya banyak memberikan manfaat.

Langkah selanjutnya adalah untuk memperoleh dan mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya….

Strategi SEO untuk konten dan meningkatkan trafik

Optimisasi SEO (Search Engine Optimation)  adalah kunci untuk meningkatkan penghasilan AdSense Anda. Tanpa SEO, akan membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan sampai tahunan untuk mendapatkan lalu lintas yang layak dari Google.

TIdak perlu optimasi yang berlebihan pada artikel anda, karena google tidak suka over dalam SEO. Setidaknya anda perlu memahami bagian penting dalam blog anda ,agar mudah terbaca di mesin pencari.

Baca : Penerapan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

meningkatkan penghasilan adsense
Trafik blog klik mania

Ini trafik yang sudah saya hasilkan selama kurang lebih 8 bulan mengelola blog, butuh waktu dan konsisten jika ingin serius menjalankan adsense. Karena yang paling utama dalam meningkatkan penghasilan adsense adalah trafik.

  • Buatlah artikel yang original menurut niche blog anda.
  • Buat artikel dan minimal update 1 artikel setiap hari berturut-turut dalam 3 bulan pertama.
  • Promosi artikel, ini tidak saya jelaskan. Sudah banyak blog yang membahas tentang cara promosi artikel.
  • Konsisten.

Jangan lupa untuk mengptimasi kata kunci, sebab ini juga sangat penting. Karena dengan kata kunci yang tertarget, banyak peluang untuk memunculkan artikel dan konten anda di hasil pencarian google.

Baca : Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

Mengalahkan persaingan di hasil pencarian google

Banyaknya persaingan artikel dan konten akan membuat anda frustasi, untuk mendapatkan peluang besar dan memposisikan artikel anda di 10 besar pencarian google. Bahkan banyak topik yang sama dan di ulas sesama blogger.

Strategi untuk berpeluang dan memenagkan hasil pencarian di google ini sudah saya bahas lengkap pada artikel sebelumnya. Intinya kita gunakan tehnik skyscraper. Tidak perlu terlalu dipikirkan secara serius jika anda bingung.

meningkatkan penghasilan adsense

Tapi satu hal yang pasti anda harus membuat artikel yang jauh lebih berkualitas, lengkap dan penjelasan yang detail melebihi kompetitor anda yang sudah memduduki peringkat SERP google. 

Baca : Memenangkan Persaingan SERP Di Google Dengan Tips Sederhana Dan Pasti

Strategi meningkatkan penghasilan adsense dengan high paying keyword

Baiklah, kita sekarang masuk ke tahap yang berhubungan dengan adsense. ini juga termasuk bagian penting dalam meningkatkan penghasilan adsense. Saya akan gambarkan ilustrasinya secara sederhana saja.

High paying keyword (HPK) adalah kata kunci yang memiliki nilai CPC (Cost Per Click / biaya per klik) tinggi yang di berikan oleh pihak pengiklan atau biasa di sebut Advertiser. CPC (Cost Per Click / biaya per klik) tinggi yang di berikan oleh pihak pengiklan atau biasa di sebut Advertiser.

meningkatkan penghasilan adsense
Riset high paying keyword untuk adsense

Kita bisa gunakan beberapa tool untuk menemukan high paying keyword, beberapa tool yang sudah populer adalah SEMRush atau Wordtracker. tapi semua itu rata-rata berbayar

Kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari google yaitu google keyword planner, Tool ini menyediakan berbagai kriteria data untuk setiap kata kunci, seperti persaingan pengiklan, volume pencarian, perkirakan biaya per klik (untuk iklan Adwords).

Tidak semua kriteria ditampilkan secara default, tetapi kita memiliki pilihan untuk mengubah kriteria atau memfilternya.

Mengapa analisa high paying keyword penting?

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa penghasilan adsense anda kecil dan cenderung tidak meningkat? salah satu faktornya adalah tidak menerapkan penggunaan high paying keyword.

Apa itu high paying keyword dalam adsense?

High paying keyword adalah kata kunci yang banyak di perebutkan, karena nilai atau harganya yang sangat tinggi, secara logika tingkat persaingan pun menjadi tinggi, sebab banyak web atau blog mengincar high paying keyword

Salah satunya adalah untuk lebih meningkatkan pendapatan google adsense. Ini rasional, sebab persaingan produk iklan juga berlaku bagi para advertiser (pengiklan).

Dengan menganalisa dan mengetahui tingkat persaingan, kita masih mendapatkan kesempatan untuk menerapkan high paying keyword kedalam artikel atau postingan blog.

Baca : Tips Menganalisa & Mendapatkan High Paying Keyword Google Adsense

Strategi penempatan iklan untuk memaksimalkan pendapatan adsense

Penempatan iklan sangat berpengaruh tuntuk faktor meningkatkan penghasilan adsense. Bagi saya sendiri penempatan iklan adsense yang bagus adalah di area posting, karena saat pengunjung datang ke blog kita akan fokus dan melihat isi artikel. Ini sudah saya terapkan dan terbukti efektif.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan adsense, karena letak serta posisi yang terbaik untuk iklan adsense adalah di tempat yang strategis. Tetapi kita juga harus menikuti aturan kebijkan penempatan iklan adsense.

Praktik terbaik untuk penempatan iklan

Selain di sidebar dan header pada template blog, saya lebih suka untuk menempatkan iklan langsung pada konten. Dan hal ini sangat mudah. Jika dalam wordpress kita bisa menggunakan plugin Quick adsense plugin ini termasuk plugin lama, tetapi sangat efektif dan sangat mudah digunakan.

meningkatkan penghasilan adsense
Cara menggunakan plugin quick adsense

Dengan plugin quick adsense kita bisa menempatkan iklan di bawah judul, di paragraf (semua paragraf), ditengah artikel dan dibawah artikel dengan sangat mudah.

Baca : Cara menggunakan plugin quick adsense

Strategi menentukan ukuran unit iklan adsense

Selain penempatan iklan, untuk mengukur dan meningkatkan penghasilan adsense adalah menentukan ukuran unit iklan. Kita bisa baca panduan Ukuran iklan tersukses di halaman bantuan adsense untuk lebih jelas.

Sebagai acuan sederhana, ukuran iklan yang lebar cenderung berkinerja lebih baik daripada iklan yang memanjang karena lebih mudah dibaca. Pembaca menyerap informasi dalam “unit pikiran”, hanya beberapa kata dalam satu waktu.

Dalam strategi ini saya memodifikasi ukuran iklan agar sesuai dengan layar perangkat yang digunakan oleh pengunjung, selain tampilan pada dekstop modifikasi iklan ini berlaku untuk penyesuaian pada layar ponsel cerdas.

meningkatkan penghasilan adsense
Image from google

Ukuran iklan berkinerja terbaik

Dibawah ini adalah unit iklan standar dari google adsense yang mempunyai kinerja yang paling baik, untuk praktik penempatan kita bisa memilih format teks dan bergambar.

  • Unit iklan adsense ukuran 300×250 – Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan adsense bila iklan teks maupun iklan gambar diaktifkan.
  • Unit iklan adsense ukuran 336×280 – Ukuran iklan ini termasuk favorit saya, berkinerja baik bila disematkan dalam konten teks atau di bagian akhir artikel.
  • Unit iklan adsense ukuran 728×90 – Juga dikenal sebagai “kotak besar“. Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan.
  • Unit iklan adsense ukuran300x600 – Atau sering disebut skyscraper, atau spanduk besar. Unit iklan ini banyak ketersediaan dari inventori dan rata-rata mempunyai harga klik yang mahal.
  • Unit iklan adsense ukuran 320×100 – Juga dikenal sebagai “spanduk seluler besar”. Dapat digunakan sebagai alternatif untuk 320×50 dan 300×250. Iklan ini menawarkan “spanduk utama seluler”

Lihat sumber resmi

Harap di perhatikan juga tentang jumlah maksimal iklan adsense yang diperbolehkan dalama satu halaman. Ini juga penting dalam meraih dan meningkatkan pendapatan adsense. Tetapi tetap harus sesuai dengan jumlah pemasangan iklan yang sudah ditetapkan adsense dalam satu laman.

Baca : Menjawab Kontroversi Jumlah Iklan Adsense Dalam Satu Halaman Blog

Artikel di atas bisa menjawab keragu-raguan anda mengenai jumlah iklan adsense yang boleh dipasang dalam satu halaman.

Strategi Modifikasi iklan adsense

Perlu diketahui, bahwa untuk modifikasi iklan adsense ini harus sesuai dengan prosedur dan kebijakan adsense. Jadi kita tidak akan mengubah apapun dalam kode unit iklan, selain yang hanya diperbolehkan dalam ketentuan modifikasi iklan adsense.

 Ini adalah beberapa modifikasi kode iklan Adsense yang dapat diterima atau diperbolehkan oleh pihak Google Adsense :

  • Desain Responsif
  • Pengujian A/B
  • Menetapkan Saluran Khusus Secara Dinamis
  • Minimisasi Tag Iklan

Untuk modifikasi iklan adsense ini saya menggabungkan desain responsive sekaligus minimasi tag iklan dengan CSS Media. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

meningkatkan penghasilan adsense
ukuran iklan adsense

Dan yang paling istimewa, jika anda menempatkan ukuran iklan adsense responsive, maka hasilnya akan tampak memenuhi ruang posting (menjadi besar). Artinya iklan akan mengikuti layar sesuai area posting.

Anda bisa menemukan posting ini apada artikel dibawah ini.

Baca : Modifikasi Ukuran Iklan Adsense Menjadi Besar Sesuai Layar Dan Responsive

Strategi meningkatkan penghasilan adsense dengan saluran khusus

ni juga sangat penting dan mempengaruhi pendapatan adsense anda. Dengan membuat custom channel (saluran khusus) iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita.

Saluran khusus adsense ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran.

meningkatkan penghasilan adsense
membut saluran khusus

Baca : Membuat Saluran Khusus Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Keuntungan membuat saluran khusus adsense

  • Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya.
  • Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat. Begitu juga pihak penayang iklan (publisher) akan merasa di untungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus.
  • Iklan akan tampil relevan menyesuaikan dengan artikel, ini berarti peluang untuk meningkatkan penghasilan adsense akan lebih besar. Karena iklan yang relevan mempunyai nilai klik yang tinggi.
    Dapat melacaj kinerja iklan sekaligus memantau iklan mana yang kurang berpotensi baik, sehingga kita bisa menggantinya dengan unit iklan dengan ukuran baru.

Strategi Optimalkan ruang terbatas dengan unit iklan tautan

Unit iklan tautan sangat efektif untuk konten yang lebih fokus, yang pengunjungnya cenderung mencari informasi yang spesifik. Format unit tautan yang beragam juga lebih menghemat ruang, tentunya harus disesuaikan dengan desain blog anda.

meningkatkan penghasilan adsense
image from google

Unit tautan responsif

Meskipun pihak adsense sudah menyediakan unit iklan tautan dengan beberapa ukuran, alangkah bagusnya jika menempatkan unit iklan responsive. Jadi lebih menghemat ruang dan tampilannya akan menyesuaikan pada perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Apakah diperbolehkan menempatkan iklan unit tautan bersama iklan standar adsense?

Simak keterangan dari link bantuan adsense dibawah ini.

Kami sarankan untuk menggabungkan unit tautan ke lokasi baru dan tidak biasa di seluruh situs Anda. Perhatikan bahwa tiga unit tautan per laman dapat ditempatkan pada laman tersebut selain tiga unit iklan AdSense standar.

Baca sumber resmi

Strategi filter iklan/ mencekal iklan adsense

Baca ini terlebih dahulu sebelum melakukan filter atau mencekal iklan adsense.

Apa ini cara yang tepat untuk meningkatkan penghasilan adsense? Opsi ini memang disediakan oleh google adsense untuk tidak menampilkan jenis atau kategori iklan tertentu di halaman blog kita. Tetapi ini bukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan penghasilan adsense.

meningkatkan penghasilan adsense

Banyak pandangan yang salah mengenai hal ini, jika kita filter iklan maka nilai iklan akan tinggi, karena hanya iklan tertentu saja sesuai dengan kategori blog yang akan tampil.

Benarkah demikian?

Nilai CPC atau BPK selamanya kita tidak akan pernah tau, sebab ini hanya rahasia antara pihak advertiser dan google. Jadi sekali lagi ini pandangan yang sangat salah dalam meningkatkan penghasilan adsense dengan cara filter iklan.

Apa yang seharusnya di filter?

Mencekal iklan menurut kategori sensitif : Anda dapat mencekal iklan dari kategori yang terkait dengan topik sensitif seperti Agama, Politik, dan Hal yang berkaitan dengan konten dewasa.

Mencekal iklan yang tidak mendukung bahasa : banyak iklan dengan bahasa lain yang berseliweran menghampiri blog kita, untuk itu kita bisa mencekal, agar iklan yang keluar lebih relevan.

Selebihnya kita tidak usah melakukan pencekalan iklan,. karena cukup dengan saluran iklan adsense kita bisa mendapat tampilan iklan yang lebih relevan di blog kita.

Studi kasus hasil laporan tentang nilai BPK iklan

Untuk meningkatkan penghasilan adsense secara realita dan konstan seperti yang sudah saya jabarkan di atas, dan yang paling penting adalah kualitas kontenharuslah di utamakan. Saya sendiri masih percaya bahwa kualitas konten adalah salah satu penentu tinggi rendahnya nilai iklan.

Di saat blog lain mengalami penurunan nilai BPK (biaya Per Klik) secara signifikan, blog ini masih bisa stabil. Walaupun anjlok pada nilai terendah, tetapi sifatnya hanya sementara saja. Ingat prioritas konten bagi pengguna adalah hal wajib. Dan tentunya harus di aplikasikan dalam membuat sebuah artikel.

meningkatkan penghasilan adsense

Nilai BPK yang stabil dan meningkat secara konstan

Dengan nilai BPK (Biaya per Klik) yang tinggi, maka kita akan berpeluang mendapatkan penghasilan adsense yang lebih tinggi. Contoh yang paling mudah saja, jika anda mendapatkan klik 10 kali dengan nilai BPK 0.03 $ maka saya akan lebih unggul penghasilan dengan jumlah 1 klik saja untuk iklan.

Catatan 

Banyak sekali yang menentukan nilai iklan, di samping unit ukuran, format iklan dan ketersediaan lelang iklan. Tergantung durasi ( RPM) halaman, jika dalam waktu dekat dan bersamaan terjadi klik..bisa di pastikan BPK akan mengikuti nilai sebelumnya. (turun).

Dan jika hanya muncul banyak tampilan tanpa ada terjadi klik dalam rentang waktu lama, bisa dipastikan nilai BPK beranjak naik lagi.

Kesimpulannya nilai BPK sendiri bisa berubah-ubah dalam 1 hari. Tapi yang pasti dengan nilai BPK awal yang tinggi, maka peluang untuk mendapatkan nilai iklan akan semakin tinggi pula.

Studi kasus laporan tentang jumlah klik dalam 1 hari

Untuk berpeluang menghasilkan jumlah klik yang banyak, maka trafik blog kita haruslah memadai. Jika hanya mengandalkan trafik 500 unik visitor setiap hari, maka saya rasa itu belum cukup utnuk menghasilkan dolar yang maksimal dari adsense.

Untuk minimal trafik yang ideal adalah 1000 Unik visitor setiap hari, maka jumlah atau peluang klik akan semakin bertambah banyak. Jadi yang belum bisa meningkatkan trafiik kurang dri itu, saya sarankan untuk tetap rajin update artikelnya setiap hari.

meningkatkan penghasilan adsense

Gambar ini sebelumnya sempat saya upload ke Indonesia Adsense Publisher Discussion.

Maaf, bukan pamer atau apa. Mungkin jumlah klik ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan publisher adsense lain yang sudah master. Saya hanya memberi sedikit gambaran tentang cara mengolah konten pada blog untuk meningkatkan pendapatan adsense secara real time.

Blog ini sendiri usianya belum genap 1 tahun, jika anda bisa tengok peringkat nya cukup lumayanlah (PD banget). Karena saya mengisi dengan konten original dan terdapat beberapa artikel pilar sebagai penunjang dan penguat blog ini dari hantaman algoritma google yang silih berganti.

Kesimpulan :

Sederhana saja, untuk meningkatkan penghasilan adsense yang diperlukan adalah

  1. konten berkualitas
  2. Jumlah trafik blog setiap hari
  3. Memaksimalkan iklan di blog

Sudah itu saja, jangan berpikir yang lain-lain. Yang dipikirkan adalah bagaimana hari ini menulis dan bagaimana besok menulis konten. Simpel kan….

Wasalam.



Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    ganisebastian

    ganisebastian

    ( - 15:12)

    Komentar dihalaman ini sudah terlalu panjang. Untuk pertanyaan baru, silahkan menuju ke Halaman Diskusi.

    Avatar

    Yogi Permana

    ( - 15:16)

    salam kenal mas, artikel yang sangat bagus untuk newbie kaya saya mas.
    Mas, kalau satu unit iklan ditaruh di satu halaman dengan jumlah iklan 1 di bawah header, 1 di bawah judul post, di tengah post, dibawah post dan di sidebar. Itu bahaya nggak mas?atau saya mesti ad unit lagi?
    terima kasih mas. Kalau selo, cek blog saya dong mas, bagusnya gimana?

    Avatar

    Ane rasa paling penting kualitas artikel sebab Google adsense lbih pntar dari kita dan banyak mata – mata mereka melihat perkembangan web kita setiap saat. Semakin bagus artikel maka bpk, pps dan lainnya semain menaik. Dan sebaliknya mskipun kita update artikel 1-10 setiap hari tapi tidak berkualitas atau jumlah kata2nya sedikit maka penghasilan tidak akan brtambah bahkan berkurang

    Avatar

    Mohon pencerahan Mas Gani,
    Saya kurang memahami cara menggunakan kode iklan dari GA. Akhirnya secara simpel saya gunakan semua iklan dengan menggunakan iklan responsif. Di atas postingan 1, di tengah 1 dan di akhir 1. Ditambah lagi 2 iklan di sidebar. Kesemua iklan menggunakan iklan responsif. Apakah hal tersebut bermasalah natinya Mas? Jika berkenan, mohon di cek mas. Terima kasih

    Avatar

    Triantoro

    ( - 14:26)

    Mantap ni….tolong dicek punya saya mas ganisebastian…apanya yg kurang….soalnya masih nunggu riview ke2

    Avatar

    kefi

    ( - 07:48)

    mas berapa artikel yang saya harus buat untuk mencapai target viewer 1000 per hari ?

    Avatar

    abu raihan

    ( - 03:59)

    Makasih mas infonya, saya masih harus banyak belajar dari yang senior

    Avatar

    Iram M

    ( - 07:06)

    Makasih pak tipsnya, ow iya bisa kasih saran buat blog saya gak? kok susah bgt cari visitor

    Avatar

    Nur Kholis

    ( - 17:12)

    Alhamdulillah mas Gani
    Akhir-akhir bulan ini penghasilan AdSense ada peningkatan meskipun belum seberapa besar..

    Kalau saya hanya konsisten dalam publish artikel setiap harinya. Paling tidak, 1-2 artikel dalam 1 hari.
    Lumayan juga buat mengisi kekosongan waktu luang sambil belajar ilmu baru

    Regards,
    Nur kholis

    Avatar

    saiful

    ( - 06:26)

    yang paling menentukan banyaknya visitor itu apa ya? soalnya saya ada 1 blog dan 1 website toko online dan blog saya yang baru 40 postingan bisa 20 visitor, tpi website toko online yang sudah 150 an post, paling visitornya juga di kisaran 20 an.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:34)

      Toko online memang agak susah dioptimasi mas, sebab tidak ada artikel yang menonjol di dalamnya.
      Salah satu jalan adalah dipromosikan agar orang lain lebih mengenal brand yang ditawarkan.
      Saya menyediakan halaman berpromosi gratis, artikle bisa dibuat sendiri , silahkan lihat disini : Jasa review produk

    Avatar

    rizalsy

    ( - 00:29)

    Maaf masih pemula,
    kalau blog baru, bisa di daftarkan adsanse berapa lama ?
    saya akhir2 ini intensif nulis postingan, yg belum saya tau itu brp lama bs mulai di adsanse ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:48)

      Setidaknya blog harus berusia 3 bulan mas

    Avatar

    Efraim

    ( - 11:39)

    Gan mau tanya, klau kita naikan Bpk terus menerus apakah ada efeknya gx gan?
    Pemula gan

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:56)

      Nilai BPK per hari biasanya akan terus menurun selama penambahan klik,, tapi ada kalanya ada lonjakan walaupun hanya sedikit saja.
      Tidak ada efeknya mas, justru pendapatan akan naik .

    Avatar

    Mang Yus

    ( - 14:34)

    Artikel yang sangat membantu. Semoga mendapat timbal-balik yang indah dari Yang Maha Mencerahkan.

    Saya awalmua bikin blog sekedar untuk menyimpan tulisan. Ikut-ikutan daftar adsense seperti yang lain dan langsung diterima. Trafik juga tidak terlalu banyak dan awalnya tidak terlalu dipikirkan, skitar 300 perhari. Tapi jadi penasaran juga untuk belajar lebih lanjut. Tingkatkan trafik dan menempatkan iklan, itu perhatian saya sementara. Menempatkan iklan di dalam konten blogspot, adakah artikelnya di sini?
    Terima kasih….

      Avatar

      Mang Yus

      ( - 04:01)

      Saya sudah nyari daan baca juga tentang iklan di dalam konten di sini. Pertanyaannya jadi berubah hehe… Untuk yang manual, waktu saya coba tapi yang keluar di tampilan kode iklan itu juga, apanya yang salah ya? Saya menempatkan kode iklan itu langsung di postingan (bukan di html)….
      Terima kasih.

      ganisebastian
        Avatar

        Mang Yus

        ( - 02:41)

        Saya sudah coba dan berhasil, alhamdulillah. Terima kasih mas Ganisebastian,…

    Nino Artikel

    Nino Artikel

    ( - 22:57)

    Lengkap banget, cuma dibagian paragraf akhir saya agak merasa minder mas, UV 1000/Day belum saya dapatkan di awal 2017 ini setelah tadi malam nobar kembang api. Sepertinya fokus saya di trafik, saya gak mikirin penempatan iklan dulu deh. Bismillah aja, insyaallah saya bisa bikin UV 1000/Day dalam tempo 3 bulan terhitung dari Januari 2017 (pede juga nih). 😀

    Avatar

    yulianto

    ( - 03:40)

    Mantap mas gani…hepi blogging ya…

    Avatar

    Sufyan

    ( - 03:44)

    Intinya buat blog yang berkualitas dulu ya bang sebelum mikir dolar..hehee
    Saya punya blog page view rata2 1000an perhari tapi BPK dan RPM kok minim ya bang…ada trik tersendiri untuk menaikkan itu?
    Makasih sebelumnya..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:39)

      Triknya sudah dibagi mas, hanya tingkatkan aja kualitas konten agar bisa bersaing dihalaman pertama google 😀

    Avatar

    Teddy

    ( - 13:24)

    salam..
    setelah membaca penjelasan super lengkap diatas..sy merasa tercerahkan dan terimakasih atas penjelasannya.
    Tapi saya agak kurang sreg dengan penjelasan tentang harus update artikel setiap hari..karena pasti melelahkan dan bikin cepat bosan.
    pengalaman saya..meski dengan 5 artikel salah satu blog saya visitornya 700 perhari..mengalahkan blog saya yg lain dengan 50 artikel.
    sehingga kesimpulan adalah pemilohan keyword dan kualitas konten.
    trims

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:20)

      Tanks buat opininya mas, memang strategi orang berbeda-beda untuk mendapatkan visitor, Tapi hebat juga mas dengan 5 artikel bisa segitu 😀
      Yap, betul pemilihan kata kunci dan kualitas konten adalah salah satu faktornya.

    Avatar

    YS. Herbi

    ( - 04:49)

    Wahh… Mantab2 bang….
    Jujur ane agak susah ningkatin penghasilan dari Adsense..
    Tapi saya tau, intinya cuma traffic jika sudah ada konten.

    Traffic besar = pendapatan besar
    yang ngeklik banyak = pendapatan banyak…

    Jadi masalahnya di traffic, penempatan di iklan di manapun kalau udah suka sama blog+konten nggak masalah…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:48)

      Yap, betul,,yang paling utama adalah trafik blog itu sendiri 😀

    Avatar

    Lukman Hakim

    ( - 15:07)

    Wah sangat jelas dan lengkap banget mas tipsnya, perlu saya coba…

    Avatar

    rohman maulana

    ( - 10:53)

    mas kalo iklan pengen sesuai niche blog kita gimana ya? apakah bisa

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:59)

      Tulis artikel yang berkualitas maka iklan akan menyesuaikan.
      Atau bisa gunakan iklan tautan (Link iklan)

    Avatar

    Kaka

    ( - 05:53)

    Saya sudah mencoba beberapa langkah tapi belum menambah apa yang harus saya lakukan

    Avatar

    shikalen

    ( - 16:55)

    Warna juga jangan terlalu ribet,nambah dikit gan

    Shikalen.blogspot

    Avatar

    m safii

    ( - 02:58)

    makasih dan salam kenal.

    Avatar

    Erlinda Zuwita

    ( - 11:46)

    Terima kasih Infonya Mas…sangat bermanfaat …

    Avatar

    Mantap juga ini strateginya. Mas, saya ijin buat pakai yaaa. Kalau minat sempatkan mampir ya mas. Situs mas masuk daftar blog walking saya. 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:37)

      Baik mas Ficky Septian , thanks juga untuk atensinya.

    Avatar

    Woeng Ndezo

    ( - 06:36)

    mantab sharingnya.
    sangat memotivasi.

    Avatar

    Blogger Deso

    ( - 02:29)

    maaf mas mau tanya?yang di maksud satu halaman itu yang mana?apakah iklan yang di pasang di dalam artikel itu masuk halaman juga?karena saya sendiri pasang iklan di bawah judul artikel satu, di akhir artikel satu dan header 1. Rencananya saya mau pasang iklan lagi di widget tapi masih ragu takut melanggar TOS Adsense. karena saya pikir karena sudah ada tiga iklan yang saya pasang.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:50)

      Betul, satu laman adalah satu artikel yang dibuka sewaktu dibaca oleh pengunjung. Termasuk di dalam post, header dan sidebar.
      Bisa gunakan tag kondisional untuk menampilkan/menyembuyikan iklan di tempat tertentu.

        Avatar

        Blogger Deso

        ( - 03:50)

        Kalau misalnya saya menambahkan kode iklan tautan di beberapa artikel saja boleh kagak mas?soalnya saya sering lihat di blog sebelah banyak yang menerapkan seperti itu bahkan di dalam artikelnya di pasang 2 iklan tautan. Jadi jumlah iklan yang ada di dalam artikel blog tersebut ada 4 iklan. 1 di bawah judul, 2 di tengah (iklan tautan), dan 1 di akhir artikel.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 14:35)

          Bisa mas, seperti sampeyan lihat pada halaman ini ada beberapa iklan Adsense.

    Avatar

    mulana

    ( - 04:02)

    Artikel Bermanfaat mass
    Minta Solusi dong buat naekin traffik blog saya , tolong kunjungi dlu blog saya mass lihat dan apa yang membuat blog saya sepi pengungjung ,, terima kasih mas gani

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:14)

      Untuk mendapat trafik memang dibutuhkan kesabaran ekstra mas, dan tentunya konsisten dalam membuat posting. Rutinitas itu akan terbayar kelak, jadi memang tidak secara instan 😀

    Avatar

    nana suryana

    ( - 04:53)

    agan maksih…..artikelnya
    mohon masukan untuk blog sya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:12)

      Blognya tentang pendidikan ya pak NAna? Bagus kok, pengunjung juga sudah cukup banyak.
      Hanaya saja iklan di sidebar ada 2 ukuran besar, itu sebaiknya diganti dengan ukuran lain. sebab tidak boleh memasang iklan dengan ukuran besar lebih dari dua dalam satu tempat.

    Avatar

    nana suryana

    ( - 04:51)

    agan mohon masukan nya untuk blog saya

    Avatar

    nana suryana

    ( - 04:49)

    gan mohon masukan untuk blog sya

    Avatar

    saif

    ( - 08:16)

    Terima kasih infonya gan…

    Avatar

    saif

    ( - 08:08)

    Terima kasih banyak gan atas info-info bergunanya…salam kenal

    Avatar

    Imerlina Putri

    ( - 10:57)

    berartii harus sabar ya untuk mencapai kesuksesan
    terima kasih infonya akan segera saya terapkan diblog saya ini

    Avatar

    Danni Media

    ( - 01:31)

    info yang bermanfaat mas…
    tapi saya ingin betanya.. blog saya sudah tampilkan iklan pada www danniweb com
    tetapi harga iklannya kecil kali. 1 hari bisa dihitung Rp 30 perak perhari. Apa penyebabnya itu mas?
    makasih..
    salam blogging mas.

      Avatar

      trafik mas bagaimana? apakah juga bermutu?

        ganisebastian

        ganisebastian

        ( - 03:59)

        Masalah bermutu itu penilaian pengunjung mas, penulis hanya berusaha sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik.

          Avatar

          Danni Media

          ( - 01:06)

          jadi kok kecil kali pendapatanku mas, pengjung rata – rata 500 visitor, tetapi earning pada adsense kecil kali..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:57)

      Pengaruhnya sangat banyak mas Danni, Coba mulai dengan formasi iklan dan penempatan Test A/B , riset kecil kecilan..lihat dalam 14 hari. Selama itu jangan rubah posisi iklan.

      Amati hasilnya dengan membuat saluran khusus Adsense, gunakan fitur target penempatannya, Ambil sampel hasil rata-rata untuk tiap unit iklan..

      Kalau hasilnya bagus ..lanjutkan.
      Kalau hasilnya kurang memuaskan ganti unit ukuran iklan.. ganti penempatan.

      Amati lagi…

      Perlu diketahui, untuk tiap blog hasilnya juga tidak bakalan sama.. Walupun kita nyontek posisi iklan di blog lain (yang katanya CPC besar) hasilnya tidak akan pernah sama.

    Avatar

    MAS DARSONO

    ( - 16:09)

    makasih bang ilmunya
    🙂

    kebetulan saya pemain baru…

    Avatar

    firmanudin

    ( - 11:36)

    Makasih infonya bagus banget….aku dah 2 tahun lebih….adsensenya….ga kumpul-kumpul

    Avatar

    Mad Rizal

    ( - 00:32)

    mas apa sah-sah saja daftar andsense bug? gkkn dibanned? ad story gk mas..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:49)

      Setau saya Adsense bug yang dibuat pada bulan November 2015 aman-aman saja Mas Rizal, bahkan bisa beberapa kali PO. Untuk yang sekarang kok kayaknya rawan sekali banned, alasannya karena invalid activity. Kalau mau daftar sih sah-sah aja 😀

        Avatar

        Mad Rizal

        ( - 03:41)

        betul rawan spertiny skrg ini, klo gtuh mas gani ad gk artikel yg membantu sy untuk mengaitkan blog dengan adsense?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 06:37)

          Bisa daftar langsung dari menu blogspot (Earning) jika blog sekurang-kurangnya sudah berumur 3 bulan atau sudah ada konten yang memadai, itu saja mas 😀

        Avatar

        Mad Rizal

        ( - 04:21)

        balik lg ke BUG mas, misal dibanned nih itu adsense nya atau channel youtube atau blog nya pun ikut kbanned gk?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 06:33)

          Banned ada dua jenis mas Rizal.
          1.. Banned akun Adsense, dalam hal ini blog tidak akan terpengaruh..penyebabnya adalah kegiatan tidak valid seperti klik iklan sendiri.

          2. Banned blog, artinya blog melanggar kebijakan program Adsense, seprti posting kekerasan, perjudian dan lain sebagainya yang tidak diperbolehkan.

            Avatar

            Mad Rizal

            ( - 02:20)

            jadi mas? saya butuh pernyataan tegas lg nih.., hehe. Jika pun sy melakukan cara itu, apabila dkemudian hari terdeteksi si mbah mka adsense dibanned, sedangkan blog dkemudian hari msih bisaKAH didaftarkan dengan adsense yg lain?

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 03:20)

              Asalkan blog belum pernah di banned sama google bisa di tetap dipasang iklan dari akun Adsense manapun mas 😀 nanti tinggal di otoritas pada pengaturan dan earning akan berjalan 😀

    Avatar

    Awan

    ( - 17:24)

    Sangat bermanfaat banget artikelnya mas ganis, apalagi untuk pemula seperti saya.. Masih butuh banyak pelajaran agar bisa pay out / bulan… Boleh tanya mas? Kira2 untuk bisa pay out sebulan butuh berapa pengunjung unik… Makasih….

      Ganisebastian

      Ganisebastian

      ( - 17:38)

      Setidaknya..minimal harus punya 3000 – 5000 unik visitor mas..untuk penghasilan tetap perbulannya…Keep spirit aja dan tetap posting secara rutin. 😀

    Avatar

    dean kusuma

    ( - 21:43)

    maturnuwun informasine kang edi…..salam sulaMANIA

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:35)

      Ada warga ALqaseem juga tho rupanya? 😀
      Jangan daftar pakai domain dot GA untuk Adsense, soale sudah di suspend untuk domainfree sejenis itu. 😀

    Avatar

    om kalau kita pasang iklan lebih dari 3 unit di 1 halaman gimana om? apa itu bagus…?
    saya udah pasang iklan di blog sembilan unit di satu halaman…

    Avatar

    Abel

    ( - 07:22)

    Sangat bermanfaat sekali, terima kasih banyak ya om ilmunya.. 🙂

    Avatar

    Afriza

    ( - 07:20)

    Terima kasih infonya gan. Saya baca dengan seksama, untuk pemula seperti saya bahasan ini sangat bermanfaat.
    Dan cara penyampaianya mudah dimengerti.. 🙂

    Avatar

    Tracking

    ( - 11:22)

    informasi artikelnya sangat lengkap terimakasih

    Avatar

    gendon

    ( - 20:57)

    patut di coba,,, terima kasih

    Avatar

    Bambang

    ( - 09:12)

    sangat bagus postingannya,,

    Avatar

    ahmad farodhi

    ( - 08:09)

    maaf mas ada link yang mati tuh yang ini “Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel”

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:17)

      Terimakasih pemberitahuannya mas ahmad, akan segera diperbaiki.

    Avatar

    musanna hatta

    ( - 17:01)

    sangat bagus bagi pemula seperti saya
    salam dari aceh/lhokseumawe ()

    Avatar

    Ok, gan saya baca dengan seksama memang untuk pemula seperti saya bahasan di artikel ini mengena dan mudah dimengerti, jadi tetap harus banyak dulu pengunjung ya,, baru pikir2 penghasilan…. tks

    Avatar

    HealthMedia

    ( - 14:29)

    Ternyata banyak yang harus di ketahui tentang adsense ya mas, namun yang membuat hati saya lega saat membaca tulisan kesimpulan. Terima kasih yah sudah menginspirasi semoga klikmania.net semakin ke depan semakin maju,,,

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:56)

      Betul..cukup sederhana sekali mas 😀 tetapi yang menjalankan butuh konsisten.
      Thanks juga buat atensinya 😀

    Avatar

    wahyuni f

    ( - 20:40)

    Knapa ya pas pake saluran khusus adsen (custom chanel) maksimal kok cuma 5 saja ya? Pas mau namba lagi katanya sudah maximum number?…..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:58)

      Kalau begitu buat unit iklan baru dengan ukuran yang sama, setelah itu beri nama yang berbeda dari yang sudah digunakan untuk saluran khusus 😀

    Nino Artikel

    Nino Artikel

    ( - 14:56)

    Artikelnya panjang dan lengkap terkait cara membuat penghasilan Google adSense meningkat. Bermanfaat sekali nih mas. 🙂

    Avatar

    Elfiana

    ( - 13:08)

    Lam kenal mas…..saya jangankan riset keyword nulis postingan aja gak cukup waktu, maklum blogger newbi.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:02)

      yah, santai aja dibuat slow 😀 mbak Elfiana, ntar biar terbiasa buat cukup-cukupin waktunya 😀

    Avatar

    heny

    ( - 11:06)

    waw mantap penjelasanya memuaskan, kayaknya berat yah persaingan di google, buat blog nya tah gampang dapetin pengunjung yang banyak itu lho? yang susah nya minta ampun.hehe

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:10)

      Trafik menjadi salah satu faktor penentunya Mbak Heny 😀

    Avatar

    Menanti Sitohang

    ( - 17:28)

    Ini artikel udah lama saya cari mas, saya dari Medan masih mahasiswa, adsense saya masih tipis, karena visitor masih 500/1000 lah perhari, paling yang klik 3 – 5, tips nya pletakannya untuk blog blogger gimana itu ya bg, kalau boleh berkenal mohon di cek langsung

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:31)

      Saya sudah ubek-ubek blognya gan di gokampus, tapi nggak menemukan iklan.

      Menurut saya peletakan iklan yang paling strategis adalah di dalam konten. Karena Umumnya pengunjung datangnya melalui search engine. Jadi langsung masuk ke konten dan melihat iklan.

      Ya gan, diperbanyak trafiknya dulu biar pengasilan nantinya meningkat.

    Avatar

    Dika

    ( - 20:41)

    wah kalau ane 1k visitor cuma dapet 0,1 gan..gimana ningkatinnya yaw?hmm..ampe bingung..

      Ganisebastian

      Ganisebastian

      ( - 21:42)

      Yang jelas…Harus ditingkatkan trafiknya dulu mas Dika. Rajin posting tiap hari akan cepat mendongkrak trafik. 😀

    Avatar

    Tamvan dan Berani

    ( - 03:41)

    mantap mas, 3000 dapat 61…
    kalau ane dari 3000 paling cuma 20-an…. CPC 0.01-0.03 nasib blog gado-gado 🙁 80% trafik dr mobile..

    Boleh minta saran penempatan iklan buat naekin CTR untuk pengunjung HP ???

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:38)

      Mungkin faktor keberuntungan dan hoki saja, sebab untuk memastikan jumlah klik setiap hari juga dikatakan tidak pasti mas 😀

    Avatar

    Umraici

    ( - 17:09)

    Wah, lengkap amat, sampai saya bacanya jadi pengen ubah posisi iklan d blog saya. Makasih mas artikel di atas memberi saya banyak pemahaman dan singkatan terkait google Adsense. Salam dari Areakost di Aceh

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 17:25)

      Wah..jauh sekali, dari ujung paling barat Indonesia ;D

      Salam kenal kembali mas Umraici.

        Avatar

        Umraici

        ( - 18:21)

        Berarti mas ini dari ujung paling timur Indonesia gitu ya. 😀

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 18:38)

          Mendekati benar mas 😀

            Avatar

            Umraici

            ( - 18:49)

            🙂 yang penting bisa berbagi ilmu bermanfaat walaupun dalam pelosok mana pun bagian di Indonesia. 😀

    Avatar

    Wahid Priyono

    ( - 00:55)

    Salam kenal Kang Ganis, penghasilan adsense saya kok gak bagus ya? CPC dan CTR sering rontok gak jelas? bisa kasih triknya mas?

    Avatar

    Saiful Amri

    ( - 13:15)

    Mantap mas, saya baru aja masuk dalam akun adsense. mksih atas infonya gan. salam kami cyber detik

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:45)

      Sama-sama mas saiful Amri, salam balik 😀

    Avatar

    Bayu kurniawan

    ( - 15:55)

    Saya suka dengan penjelasan mas gani, padat dan jelas..

    Yg saya baca dan saya ambil kesimpulan adalah untuk membuat suatu blog lebih baik maka ada 3 faktor yg harus diutamakan, yaitu artikel berkualitas, konsisten, dan promosi sesuai target… #ehmm masih berusaha sama semuanya terutama promosi..

    Terimakasih atas penjelasannya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:26)

      Yups..Betul mas @bayu kurniawan
      Sederhana sekali kan, tapi prakteknya yang menjadikan hal ini tidak sederhana.
      Terutama konsisten 😀

    syafar syafi

    syafar syafi

    ( - 15:24)

    kayaknya mesti muter otak lagi nih kang,hehehhe

    Avatar

    Indra S

    ( - 11:58)

    Weleh-weleh puanjang banget Mas +Dani ; untuk sementara saya nyimak dulu sambil nunggu kepastian sesuatu hehe 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:50)

      Gk begitu panjang kok..dibandingkan sama perjalanan adsense nya 😀

    Avatar

    Arif

    ( - 02:14)

    Terima kasih gan infonya. Jadi banyak pencerahan ne seputar iklan dan SEOnya.

Komentar ditutup.