in

Tips Dan Saran Terbaik Untuk Meningkatkan Penghasilan Youtube Adsense

meningkatkan penghasilan youtube

Anda ingin meningkatkan penghasilan youtube? Nah, sekarang saya balik bertanya..Berapa jumlah video yang anda punya? Seberapakah populernya video anda? Dan apakah anda sudah mempunyai waktu tersendiri untuk mengurusi channel youtube anda?

Seseorang bisa terkenal dan menghasilkan uang dari youtube bahkan sanggup meningkatkan penghasilan youtube melebihi apa yang dia bayangkan. Satu alasan ini bisa saja berlaku, asalkan beberapa video tersebut sangat populer bahkan mencetak hits atau menjadi “Viral”.

Tapi apakah semua orang seberuntung itu?

Baiklah, bagi yang kurang beruntung tidak mempunyai Video viral dan hanya mengandalkan video biasa saja, saya mempunyai saran terbaik untuk meningkatkan penghasilan Youtube. Cara ini berlaku bagi mereka yang sabar, tekun dan ulet agar pendapatan adsense youtube bisa maksimal.

Trik dan cara meningkatkan penghasilan youtube adsense

Seperti yang saya singgung di atas, berapakah jumlah video yang sudah anda miliki saat ini? Ini yang akan menjadi patokan pendapatan adsense youtube anda setiap bulannya.

Saya yakin, jika anda serius dengan tips dan saran ini Insya Allah semua impian untuk menjadi youtuber akan terwujud.

Target Pertama = Jumlah Video

Buatlah target pertama untuk mencapai jumlah 50 Video. Apakah ini terlalu berat buat anda? Nah, sedemikian kesabaran dan keuletan anda sedang di uji. Menurut saya, jangan memikirkan penghasilan dari youtube adsense dulu jika jumlah video anda tidak memadai. Jangan ber angan-angan dahulu.

Atur waktu anda untuk fokus membuat video yang berkualitas, bisa seminggu 2 kali atau 3 kali jumlah upload. Jika waktu anda lebih, anda bisa membuat video untuk “planing” minggu depan.

Tapi jika anda bernafsu sekali, sehari 3 – 4 video mungkin bisa dibuat, tapi saran saya dibuat rileks saja. Ibarat investasi jangka panjang, buatlah video anda sebaik mungkin dan berkualitas.

Untuk kedepannya anda bisa menambah jumlah video sampai 80 atau 100 bahkan lebih, ini yang akan meningkatkan penghasilan yotube anda. Salah satunya adalah jumlah tayang video secara keseluruhan.

Tentukan Durasi Video Yang Ideal Untuk Youtube Adsense

Standar panjang atau durasi video yang paling ideal untuk youtube adsense adalah minimal 7 menit, usahakan membuat video paling sedikit  7 menit. Ini akan sangat berpengaruh pada penghasilan adsense untuk impresi dan rasio tayang yang perhitungannya juga berdasarkan total durasi tayangan video yang dilihat.

Pilih Tema Video Yang Banyak Peminatnya

Jangan karena kejar target jumlah upload video anda menjadi asal-asalan untuk mengupload video, bahkan kucing anda yang lagi tidur menjadi korban kamera anda.

Sebagai youtuber haruslah pandai-pandai memilih tema video yang bisa mengundang penonton, ini otomatis akan meningkatkan penghasilan youtube anda dengan cepat. Dibawah ini adalah referensi video terbaik untuk anda.

Baca : 10 Jenis Video Yang Banyak Menghasilkan Uang Di Youtube

Optimasi Judul Video Youtube Anda

Sebuah pencarian video masih menjadi alternatif bagi para pengunjung untuk mendapatkan sebuah video yang diharapkan, jika judul video anda muncul dalam 10 halaman pencarian pertama, maka peluang pengunjung untuk membuka video akan semakin besar.

Apalagi kalau judul dalam video anda bisa bertahan lama di 10 besar, maka peluang untuk mendapatkan pageview (tayangan) akan semakin besar pula. Maka dari itu, ada baiknya anda melakukan optimasi judul video youtube anda, termasuk diskripsi untuk penelusuran dan jenis kategori yang sesuai.

Baca : Cara Optimasi Video Youtube Yang Paling Tepat

Meningkatkan Penghasilan Youtube

Opsi video “Disarankan untuk anda” akan keluar pada tayangan pengunjung jika optimasi video dan diskripsi yang sesuai relevan dengan konten media dari video.

Ini akan lebih menguntungkan anda, jika pengunjung benar-benar mengikuti saran dari diskripsi penelusuran yang disediakan oleh youtube.

Pelajari Jenis Format Iklan Di Youtube

Pihak adsense menyediakan jenis iklan youtube yang sangat menarik, di antaranya adalah

  • Iklan bergambar Muncul di sebelah kanan video unggulan dan di atas daftar saran video. Untuk pemutar yang lebih besar, iklan ini mungkin muncul di bawah pemutar
  • Iklan hamparan – Iklan hamparan semi transparan yang muncul di 20% bagian bawah video Anda.
  • Kartu bersponsor – Menampilkan konten yang mungkin relevan dengan video Anda, seperti produk yang ditampilkan di video.
  • Iklan video yang dapat dilompati – Iklan video yang dapat dilompati adalah iklan yang dapat diabaikan pemirsa setelah 5 detik, jika mau. Disisipkan sebelum, selama, atau setelah video utama.

Anda juga mempunyai kesempatan untuk mengaktifkan Non-skippable in-stream ads atau Iklan yang tidak dapat dilompati, jenis iklan ini mempunyai nilai yang tinggi sehingga dapat meningkatkan penghasilan youtube anda.

Selengkapnya baca disini : Ketahui Fitur Dan Jenis Iklan Youtube Yang Mendongkrak Penghasilan Adsense Anda

Optimasi Iklan Di Youtube Untuk Video Durasi Panjang

Bagi anda yang kebetulan mempunyai video berdurasi panjang minimal 11 menit, bisa menerapkan atau menambahkan iklan pada video anda. Iklan juga bisa kita atur sesuai dengan keinginan kita, misalnya ditempatkan pada menit-menit tertentu atau bisa ditempatkan di awal, tengah ataupun di akhir video.

Baca selengkapnya : Trik Menambah Dan Memperbanyak Jumlah Iklan Di Youtube (Untuk Video Durasi Panjang)

Tambahan :

  1. Untuk kelengkapan lain anda bisa kreasikan sampul depan untuk video dan buat semenarik mungkin agar pengunjung tertarik melihat video anda.
  2. Tambahkan pencitraan merek youtube untuk lebih menjaring subscriber anda.
  3. Perbanyak pemirsa video anda dengan berpromosi media sosial maupun forum.
  4. Daftarkan video yang paling anda anggap menarik ke berbagai situs layanan khusus promosi video

Nah, itulah beberapa saran terbaik untuk meningkatkan penghasilan youtube anda. Semakin banyak video anda ditayangkan maka akan semakin besar peluang anda untuk menghasilkan dolar dari adsense youtube.

Semua hanya perlu kesabaran..Ingat, video yang anda upload sekarang akan menghasilkan dolar tanpa henti dari youtube kelak dikemudian hari. Jadi untuk itu memang diperlukan ketekunan.

Subscribe channel saya juga ya…Wasalam.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Artikelnya luar biasa mas, selain isi dari artikel itu sendiri, kolom komentar juga jadi perhatian tersendiri, interaksi antara penulis dan pengunjung sangat berguna, banyak ilmu yang didapat, terimakasih, sukses selalu

  2. makasih gan,membantu saya banget yang masih pemula

  3. mas mau tanya.. akun adsense saya sudah ada sebelum peraturan baru dr yt tentang 10.000 viewers.. pertanyaan nya bisa gak vidio yg saya upload pada peraturan baru ini masuk penghasilan adsense dengan viewers saya blm mencapai syarat dr yt.. tp vidio yg saya upload pada peraturan baru ini sdah bsa di monetize mas.. itu masuk penghitungan adsense gak mas.. trimakasih mas sebelumnya.. d tunggu jawabannya..

  4. Wihh penjelasannya bagus bngt mas..mudh di paham..berguna sekli khuss nya buat sya. Bisa di prlajri lagi untk meningktkn pnghsiln adsen..
    Thks mas.

  5. Ka, tanya ya…
    Adsenseku khan bakal mencapai ambang pembayaran utk pertama kalinya tp menunggu dulu bln depan tgl 12-15 dikirim dr youtube ke Adsense. Kira2 bln dpn sdh bs dicairkan apa blm ya?
    Terus untuk Adsense yg terbaru PIN 3 digit itu apakah pengganti PIN yg dikirim lewat POS?
    Terima kasih sebelumnya.

  6. mas mau tanya,,klo video youtube saya share ke media sosial semisal facebook,,nah ketika ada yg liat,,itu termasuk viewers bukan mas?,,makasih,,,salam kenal 🙂

  7. Mohon masukannya dong mas. Channel youtube saya jumlah klik iklannya minim sekali. Padahal jumlah view video perhari 6000an, jumlah tayangan iklan 1500an, tapi jumlah klik iklan mentok cuma 8, SEDIH. Dari 6000 view video, 4000 video diakses dari perangkat seluler. Minta masukannya ya mas biar pendapatan adsense saya meningkat hehe terimakasih.

      • Salam mas gani, saya sering nyimak blok mas, dan baca komentarnya tmbah ilmu, ada beberapa pertanyaan mas,1.kenapa di menu analitic setiap chanel saat buka peringkat iklan bpsnya beda beda ada yang bnyak,mohon pencerahan apa bs di atur soalnya milik teman saya ada yg 47rb.

        • Semua hasil penghasilan tertaksir (dari rumusan) bisa dari banyak faktor, diantaranya jumlah tayang iklan dalam video, durasi tayang video dan dari negara mana video dilihat. Ya betul setiap hari pasti berubah-ubah, tidak ada cara pasti untuk menaikkan angkanya, peluang terbesar adalah jumlah viewer dan kualitas konten videonya.

          • Mas mau nanya.. apa betul 1000 view 1-10$ minimal 1$ viewku udh mncapai 2jtan tp kok masih 50$ yaa tp aku main youtube masih 2mingguan lbh 3hari … dan aku kok blm dpt pin dr google adsense yaa.. thx

            • PIN google Adsense akan dikirimkan setidaknya dalam waktu 3 bulan setelah akun Adsense dibuat.
              VIdeo views nya jutaan dalam waktu 2 minggu? Video sendirikah? 😀 atau re-upload

              • Sendirimas how to tp gk indo soalnya 2minggu sregep promosikin di sosmed.. klo reaplut mah kena cc . Thx infonya

                  • Iya..hnya 1 yg viral laimnya dkit dkit hahah.. mas cara request minta pin smpe 3x gmm ya caranya?

            • Keren bang baru terjun udah bagus wiw nya.. Bikin vidio apa aja mass. Penasaran buat motifasimass.. Berbagi itu indah wkwkw

  8. manteb tenan tho mas isi blog e,, makasih menambah wawasan awam saya,
    kunjung blik jg klo berkenan hehee

  9. Misi mas ….. mf mau nanya …maklum saya pemula.
    klo daftar GA itu cuma satu kali sja untuk bbrp vidio ?
    Atau tiap satu vidio harus d daftar ke GA ?
    Misal.a 5 vidio . Berarti 5x daftar k GA

  10. Gan ane mau nanya….. Saya bikin akun YouTube…. Dan rencananya bukan cuman bikin video tutorialnya aja… Saya mau bikin video lagu ciptaan saya sendiri…. Berarti kan saya harus bikin 2 salurn dalam 1 akun YouTube…. Yang saya mau tanyakan….apakah pelanggan saya akan di akumulasilan atau bakalan kebagi 2… Maaf pertanyaannya konyol tapi memang saya masih pemula dan baru akan mencoba.. makasih sebelumnya gan

      • Mas gani mu tanya ni, akun chennel yautub saya dua, udah saya kait kan ke adsense dua2,
        Nah yg jadi pikiran sama saya adalah,saya unggah vidio yg sama ke channel saya dua dua nya, itu masalah apa ngga mas sama adsense nya. Hitungan nya akumulasi, apa masing masing mas. Tanks waktu nya mass gani

        • Untuk dua akun (dua channel) yang terhubung ke satu Akun Adsense, maka penghasilan akan diakumulasikan (Jadi satu)
          Untuk laporan penghasilan masing-masing bisa dilihat pada dashboard analytic youtube masing-masing.

  11. Salam kenal aja mas..sungguh mantep ulasan nya.Trimakasih telah berbagi ilmu..

  12. misi Mas mau tanya..
    Saya buat akun youtube baru 2 minggu yang lalu, dan videonya sudah ada sekitar 20 dan viewnya ada yang 6k, ..
    sudah saya daftarkan k adsense , tapi saya cek penghasilannya belum ada atau masih 0 $.
    pengasilan sementara nya di DASBOR juga masih 0 $..
    saya mau tanya, tiap kapan penghasilan di youtube updatenya? dan kapan akun youtube yang baru di buat bisa update penghasilannya?

    Mampir juga di chanel saya
    ()
    terimakasih…

    • Video hanya bisa menghasilkan dolar apabila terdapat tanda dolar pada fitur monetize, video dengan pelanggaran hak cipta (video orang lain) tidak akan bisa menghasilkan uang. Untuk update penghasilan di dashboard Adsense pada tanggal 12-15 setiap bulannya, Untuk penghasilan sementara bisa dilihat pada dashboard youtube analytic.

  13. mas mas.. mau nanya nih saya kurang paham.. kanTampilan Halaiman 31klik 7Rkt Laman 22,58%Bpk Laman Rp1.524,00rpm laman Rp344.200,00penghasilan tertaksir Rp0,00..nah mas tu .kenapa penghasilan tertaksir saya masi nol? sdangkan yang udi atasnya udah ada nominalnya. tolong jelasin mas. makasih

  14. mas mas.. mau nanya nih saya kurang paham.. kanTampilan Halaman 31klik 7Rkt Laman 22,58%Bpk Laman Rp1.524,00rpm laman Rp344.200,00penghasilan tertaksir Rp0,00..nah mas tu .kenapa penghasilan tertaksir saya masi nol? sdangkan yang di atasnya udah ada nominalnya. tolong jelasin mas. makasih

    • Penghasilan ertaksir hanya akan masuk ke dashboard Adsense setiap bulan saja mas, untuk penghasilan sementara bisa lihat pada dashboard youtube analytic bagian pendapatan.

  15. Mas saya mau tanya ni saya udah upload vidio sekitar 50an,viewernya jg udah ribuan,kok penghasilan gak semakin naik malah semakin turun ya,misal kemaren $2 menjadi $1 gt,mohon bimbinganya,mkasih

  16. makasih ulasan anda mas, baik artikel n coment sampeyan, nusuk langsung ng jantung eh ati.. bahasa manusia.y uapik tenan, suwon yo hehehe

  17. Mas mau tanya , kenapa harus target 50 video ?

    Apakah yg pengaruhin earning jika blm ad 50 video ?

    • Video yang lebih banyak akan berpeluang mendapatkan tontonan yang lebih banyak pula, coba bandingkan Jika hanya punya video 5 – 10? Semakin banyak upload video maka semakin banyak pula potensi untuk mendapatkan penghasilan. Logikanya seperti itu mas Cepi 😀

  18. assalamaualaikum mas gani.saya mau tanya akun GA saya baru disetujui terus bagaimana cara seting akun GAnya, maklum masih pemula.trima kasih

    • Untuk akun Adsense youtube tidak perlu diseting mas 😀 seting saja nanti pas untuk penerimaan pembayaran.

  19. Hallo mas, sya bru bkin chnel 3 minggu yg lalu,,
    Pemutaran iklan 1867, view 17.667
    Kok earningnya cuma 1,35 $
    Pdahal biaya perseribu indonesia kurang lebih 2,2 $
    Gimana ya mas?

    • Bukan begitu perhitungannya, durasi video juga ikut berpengatuh pada tayangan iklan yang tampil, semisal Video dilihat secara keseluruhan atau hanya sesaat. sebab video yang sudah berjalan dalam 30 detik akan masuk page view, tetapi tayangan iklan belum tampil secara keseluruhan, misalnya iklan di akhir video tidak jadi tampil karena tiba-tiba video ditutup oleh penonton karena berganti channel.

  20. Mas,gimana caranya agar video kita yang diupload agar diakui youtube, dan apabila orang mecopynya dan menguploadnya di yt maka yt memnganggap kita yang punya dan monetizenya buat kita

  21. selamat siang mas gani mau tanya.. ane awam bener mas.. ane buat akun addsen pakai akun gmail ane.. ya uda di acc ..uda di approv… tanpa mempunyai akun blogspot.. bisa gak ane olah addsen ane dengan ngandelin upload video ke youtube aja… trimaskasih

    • Kok kebalik mas Romeo, biasanya punya youtube atau blog dulu baru akun Adsense nya 😀

      Bisa aja kalau udah punya akun Adsense, karena bisa untuk dua-duanya.

  22. Saya pemula. Baru ingin memulai menjadi youtuber dengan trik cover lagu (bass cover) dari berbagai musik yang mungkin saya bisa dulu. Selanjutnya akan mengcover lagu populer. Tapi saya juga punya keinginan bikin akun youtube special unboxing atau riview2 barang jualan saya. Terlebih lagi, saya juga jadi dokumentasi di Teater Kampus. Pertanyaannya adalah, apakah bisa menggunakan lebih dari akun youtube dengan tema berbeda-beda namun dengan rekening yang sama untuk menerima pembayaran nantinya. Artinya, semua akun youtube saya daftarkan ke adsense di monotize dengan data penerima yang sama. Rencananya akan ada 3. Bagaimana itu? awalnya ingin mencoba langsun, tapi khawatir di banned. Jadi lebih baik bertanya dulu. Semoga mas Gani mengerti. Salam, Ananda Rumi.

    • Wah mantab klo bisa main cover dengan keahlian khusus bermain bas Mas Ananda Rumi 😀
      Begini, untuk mempermudahnya bisa dibuat Channnel atau saluran baru dalam 1 akun youtube mas. Artinya dalam 1 akun dengan email yang sama bisa dibuat sampai ratusan channel yang berdiri sendiri-sendiri, ini seperti halnya jika kita mempunyai blogspot, dalam satu blogspot bisa dibuat blog lain dalam 1 email yang sama.

      Nantinya akan lebih mempermudah mas Ananda untuk mengelola 1 akun youtube, tetapi dengan banyak saluran baru. Begitu pula dalam 1 akun Adsense bisa dikaitkan sampai dengan 500, baik untuk blog maupun untuk youtube. Nah dengan begitu nama penerima pembayaran Adsense adalah satu nama saja, simple dan praktis.

      • mas saya mau tanya,,apakah pengahasilan yang diberikan adsense adalah tergantung banyak klik iklan atau banyaknya orang menonton vidio kita,,,mohon bantuannya

  23. mas mau tanya. saya sudah punya vidio di youtube dari tahun 2013. dan sekarang 2016, viewer nya lumayan banyak sekitar 14rb, tetapi saya baru daftarin ke adsense belum ada 1 bulan. apakah sbelum di daftarin adsense itu tetap di hitung mas?

    • Jika fitur monetize (iklan) diaktifkan sejak dari dulu maka akan tetap dihitung sebagai halaman Aktif.

      Dan jumlah penghasilan akan ditotal dan diakumulasi sampai saat ini.

      • monetize baru saya aktifkan semingguan yg lalu mas. dari dulu gatau soalnya. brti dihitung dari 1 minggu itu ya mas?

  24. mau nanya mas,kita mendapat bayaran dari youtube dengan jumlah tayang video secara keseluruhan maksudnya apa? terima kasih atas jawabannya

  25. Wah terimksh mas atas pencerahannya nie, jadi tmbh ilmu buat sy, slm knl

  26. Channel YT sampean opo Mas? Penghasilan YT saya cuma Rp.1000,/ hari. Hehe…maklum cuma video slideshow saja jadi lambat berkembang walaupun udah upload 35 video.

    • Tingkatkan terus jumlah video, capai jumlah target pertama untuk 50 video. Original channel saya bisa ditemukan disidebar blog ini, atau ketikkan ganisebastian di google. 😀

  27. Bener bgt nih Mas…ngena bgt ke sy, video baru belasan dan durasi kecilaja, hampir setiap jam cek earnings YT n adsense…hihihii . Bahkan udah mau coba2 buat aku baru, wong akun lama aja baru sgitu..wkwkw. Aniwey, mau tanya nih mas :
    * Sy bebrapa hari yang lalu baru saja upload video dan monetize, tapi barusan sy liat sudah ada yang ambil video saya dan di share ke YT secara public. Koq bisa yahh Mas? Bukankah itu video sy? Bisa sy klaim kah? Need advice mas.
    * Apakah setiap mas Gani buat artikel baru, muncul di email aku, itu tandanya sudah subscribe mas? maklum newbie..hihii
    * video creative commons itu apa yahh mas?
    * Jika video orang lain, kita jadikan playsit di channel kita, apakah boleh? Jika boleh apakah harus di monetize ulang? dan bagaimana perhitungannya jika memang boleh?

    Borongan lagi nihh mas…hihiii…Sukses buat Mas Gani, syalut buat artikel dan motivasi2nya.

    • – Sebaiknya video dikasih watermark, tapi kalau lebih aman lagi dibuat content ID, tp syaratnya berat sekali.

      Video sampeyan dengan lisensi standar youtube, walaupun di copy orang kemungkinan besar tidak bisa di monetize (walaupun iklan tampil, tetapi earning tidak berjalan)
      Sebab harus verifikasi keabsahan video dari pengunggah pertama kali.

      – Setiap pengunjung yang memberi komentar ada pilihan “beritahu saya akan tulisan baru melalui surel” Itu yang menjadikan sampeyan
      berlangganan artikel baru secara otomatis. (bisa di cancel kapan saja)

      – Video creative commons adalah jenis video dengan lisensi dengan syarat yang bisa di monetize lagi. Banyak kok Video CC dengan lisensi Publik, jadi tidak perlu syarat apapun untuk di upload ulang.

      – Playlist another channel video adalah cara yang tepat untuk memperbanyak jumlah pageview (tayangan) . Jika video tersebut satu kategori dengan video kita.

      Hak monetize berada di tangan pengunggah video masing-masing.

  28. pingin nyoba berbagi video lewat youtube juga, tapi stok video asli buatan sendiri baru 2 biji mas +Gani, itupun berbentuk tutorial.. hihi ^_^

    • Selama Ini saya hanya mengumpulkan video creative commons mas @indra, yang bisa di monetize lagi.
      Bagus lho video tutorial mas, diperbanyak lagi, sapa tau suatu saat menghasilkan. 😀

        • Ketahui dulu jenis video creative commons sesuai dengan yang tingkat lisensinya. Biasanya yang paling aman adalah lisensi publik.

      • mas,saya pemburu video cc juga nih
        tapi view nyak banyak dan bisa di monentisasi.akan kah suatu saat video saya akan di delete

        • Yang penting ikuti aturan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam lisensi CC mas, misalnya menautkan link sumber video pada diskripsi ataupun tidak mengubah sumber asli video, karena ada beberapa jenis video CC yang mengharuskan mentaati ketentuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0