Kisah Inspiratif

Sebuah Cara untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Ampuh dan Benar

Rasa percaya diri, merupakan sesuatu yang penting untuk umat manusia. Karena jika tidak ada rasa percaya diri, maka sangat mustahil manusia bisa terus berkarya dan berinovasi.

Selain itu, rasa percaya diri memang sangat berpengaruh besar bagi kondisi psikologis anak manusia. Jika seorang anak manusia tidak memiliki rasa percaya diri, sudah pasti dirinya akan berpotensi mengalami stres hingga depresi.

Apakah Anda termasuk orang yang kurang percaya diri? Jika iya, ijinkan saya memberikan sebuah tips sederhana supaya Anda kembali percaya diri.

Penolakan adalah penyebab rasa percaya diri seseorang hilang

Sebelum saya memberikan tips bagaimana agar kita bisa percaya diri, alangkah baiknya bila Anda tahu terlebih dahulu apa penyebabnya kita bisa sampai tidak percaya diri?

Sebenarnya, bila di telaah lebih dalam dan lebih dalam lagi, faktor penyebab seseorang tidak percaya diri adalah satu. Yaitu penolakan!

Apa maksudnya dengan penolakan? Maksudnya adalah, jika hidup Anda kurang percaya diri, percaya atau tidak, itu semua penyebabnya adalah karena Anda lebih sering mendapat penolakan dari orang lain, dibandingkan di terima.

Contohnya didalam keluarga: sejak kecil Anda selalu di larang oleh orang tua Anda untuk bermain bola. Atau ketika Anda membuat sesuatu (berkreasi), karya Anda tidak di hargai oleh orang tua Anda. Malahan di bilang nggak ada gunanya.

Contoh di luar rumah: Anda selalu mendapat perlakuan buruk oleh teman-teman Anda. Misal, selalu di ejek, di palak, di ancam, dan sebagainya.

Contoh lainnya bisa Anda pikirkan sendiri, hal apa yang selalu membuat Anda sakit hati dan merasa diri Anda tidak berharga? Itulah yang di sebut penolakan!

Dengan banyaknya penolakkan yang di dapatkan, itu berpengaruh besar pada psikologis diri kita. Kita akan menjadi orang yang memandang orang lain itu sebagai sesuatu yang menakutkan. Dan mungkin akan menganggap diri kita sebagai orang yang tidak berguna.

Intinya, maksud dari penolakan adalah segala sesuatu yang sepertinya menolak kehadiran Anda. Dan dari situlah di diri Anda muncul perasaan kesal, benci, sambil bertanya-tanya “apa yang salah dengan saya? Kenapa mereka tidak menghargai saya? Apakah hidup saya tidak berarti untuk orang lain?” Dan semacamnya yang membuat hati Anda jadi lemah.

Jika hati Anda sudah lemah, maka muncullah perasaan enggan keluar rumah, atau yang lebih parahnya lagi adalah takut ketemu orang lain. Mungkin ini sejenis trauma, tapi inilah awal yang membuat Anda kurang percaya diri.

Memilih menyendiri adalah awal hilangnya rasa percaya diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika Anda sudah mulai memiliki rasa takut bertemu atau bersosialisasi dengan orang lain, maka dalam diri Anda akan menemukan rasa kenyamanan hidup seorang diri. Dan pada saat itulah Anda merasa bahwa hidup seorang diri lebih menyenangkan.

Dampaknya dalam pergaulan, Anda jadi takut atau minder bila bertemu orang yang baru Anda lihat. Dan itu sangatlah tidak bagus untuk jiwa Anda.

BacaAnda Ingin Sukses? Hindarkan Rasa Takut Anda Sebisa Mungkin

Bersosialisasi dengan orang lain itu sangatlah penting! Karena kita sebagai manusia memang di haruskan untuk bersosialisasi. Ya walaupun hubungan antara umat manusia itu sangat merepotkan. Tapi jujur saja, kita tidak bisa hidup sendirian.

Saya juga pernah berada didalam posisi Anda. Saya sejak kecil sering mendapat penolakan. Dan saya tidak bisa melawan. Karena jika melawan, maka saya akan di jauhi teman-teman saya.

Kemudian setelah beranjak dewasa, saya lebih sering mendapat penolakan dari keluarga saya. Penolakannya berbentuk keraguan dalam diri saya.

Saya ingin melakukan ini di larang! Katanya nanti kayak gini! Ingin kerja di Jakarta, dilarang! Alasannya nanti kayak gitu. Intinya apapun keputusan saya, selalu saja di tolak. Terlebih dengan di berikan gambaran yang membuat saya menjadi lebih takut. Tentu saja itu membuat saya lebih kehilangan percaya diri.

Tapi didalam diri saya, saya tidak ingin terus-terusan berada didalam sangkar. Hingga akhirnya, saya memberanikan diri untuk melakukan hal apapun yang saya mau.

Hasilnya, sekarang tidak ada lagi yang melarang ataupun menolak keputusan saya. Keluarga saya jadi lebih menghargai keputusan saya. Dan selain itu, saya juga menjadi lebih dekat dengan teman-teman saya tanpa adanya penolakkan.

Lalu, cara apa yang harus dilakukan agar kembali percaya diri? Caranya cukup mudah dan hanya satu. Jika Anda adalah orang yang tidak memiliki rasa percaya diri sedikitpun, maka Anda harus segera melakukan hal ini. Karena dengan melakukan ini, saya yakin akan ada perubahan besar didalam diri Anda. Yaitu, mulai duluan.

Mulai duluan adalah kunci meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apa yang dimaksud mulai duluan? Dan apakah itu cara yang ampuh? Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, sekarang coba Anda renungkan! Apa yang Anda lakukan jika bertemu orang lain?

Jika di suatu hari Anda duduk di bangku taman, dan tiba-tiba ada orang tak di kenal duduk di sebelah Anda, apa yang akan Anda lakukan? Menyapanya, atau diam saja karena tidak kenal?

Saya yakin jawabannya adalah diam saja, kan? Karena Anda menganggap tidak kenal dengan orang tersebut, dan lagipula kalaupun ingin ajak bicara, Anda merasa malu, takut di tolak, karena tidak percaya diri, kan? Untuk itu, Anda harus memberanikan diri untuk mulai duluan.

Saya pun pernah juga mengalaminya. Dulu saya adalah orang yang tidak pernah mengawali pembicaraan terlebih dahulu dengan orang yang tak di kenal. Karena saya minder dan takut di tolak. Tapi setelah saya merantau, di situ saya merasa bahwa jika ingin di terima, saya harus mulai duluan.

Saya tidak peduli mau membicarakan apa. Yang penting harus mulai duluan. Dan pada saat itu yang saya lakukan adalah, mengeluarkan rokok sambil berkata “rokok bang!”. Hal yang tidak saya duga adalah, orang tersebut tersenyum dan bilang “nggak usah, saya punya sendiri”. Tentu saja itu membuat saya senang dan bahagia.

Setelah membuka percakapan lebih dulu, dan mendapat respon positif, itu membuat hati saya menjadi lega, meskipun hanya dengan dua kata “rokok, bang!” Hati saya benar-benar merasa seperti berbunga-bunga, karena mendapat penerimaan dari orang yang baru dikenal.

Ya walaupun orang tersebut menolak tawaran rokok saya, tapi dia menerima ucapan saya dan membalasnya. Itu yang membuat saya senang, dan percaya diri. Bahwa masih ada orang-orang yang mau menerima saya. Itulah mengapa Anda pun harus melakukannya!

Jika awalnya Anda malu atau ragu bila ingin dekat dengan orang lain, cobalah mendekatinya lebih dulu. Tidak perlu sok akrab dengan menawarkan sesuatu, cukup senyum dan sapa saja.

Apapun reaksinya, jangan kamu hiraukan dan dimasukkan kedalam hati. Kalau orang tersebut menolak kamu, cari orang lainnya. Karena setiap orang itu pasti memiliki daya tarik masing-masing. Maka dari itu, jangan ragu untuk memulai duluan.

Pilihan lain cara meningkatkan rasa percaya diri

Mungkin cara di atas begitu berat bagi Anda, karena mungkin juga Anda benar-benar minder bila bertemu orang lain. Untuk itu, cara ini bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu. Caranya yaitu, dekati orang-orang yang menerima keberadaan kamu.

Bagaimana saya bisa tahu? Orang bergaul aja jarang. Mungkin itu pertanyaan Anda kan? Nah, makanya saat ini saya menyuruh kamu untuk menutup mata sambil tarik nafas yang dalam-dalam, kemudian katakan “siapa orang yang menerima saya”. Dengan begitu kamu akan membayangkan orang-orang yang pernah dekat dengan kamu.

Dan ketika kamu ingat dengan beberapa orang yang senyum dengan kamu, atau kalau ngobrol dengan orang tersebut bawaannya itu selalu nyaman, maka orang tersebutlah yang harus kamu dekati.

Kamu harus ingat baik-baik, bahwasanya di dunia ini, semua orang mempunyai daya tarik masing-masing. Untuk itu, cobalah lakukan tips di atas. Dengan begitu, rasa percaya diri kamu akan meningkat dengan sendirinya.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close