Optimasi Blog

Cara Ini Terbukti Meningkatkan SERP Artikel Di Halaman Google

Blog ini hanya menggunakan tehnik sederhana untuk memperkuat dan meningkatkan serp artikel di halaman google. Sudah tau pengertian SERP (Search Engine Result Page), yaitu urutan artikel di halaman pencarian google.

Dalam kasus ini, artikel sudah di posting sebelumnya, dan entah kenapa harapan anda meleset dan jauh dari perkiraan. Ternyata artikel tersebut tidak menempati peringkat halaman utama google, misalnya berada di urutan 15 – 30 atau bahkan bisa lebih parah lagi, yaitu berada di peringkat ke 50. Mengenaskan bukan?

Padahal Tehnik SEO sudah anda terapkan, seperti riset kata kunci, menempatkan kata kunci di judul dan artikel atau tehnik apapun itu yang berhubungan dengan SEO. Rasanya agak kurang Sreg juga kan, hasil kerja keras kita tidak membuahkan hasil, dan pada akhirnya artikel terpuruk dari halaman pertama google. Sabar, anda hanya perlu meningkatkan SERP artikel tersebut agar perlahan lahan mencapai peringkat halaman google.

Baca : Memenangkan persaingan halaman google

Baiklah, anda sudah belajar tentang SEO pastinya. Saya tidak akan mengajari SEO, karena terkadang SEO itu menyesatkan. Untuk meningkatkan serp artikel di halaman google memang membutuhkan kesabaran, sebab kita berhadapan dengan kompetitor (pesaing) yang mungkin memiliki level yang lebih tinggi, misalnya faktor usia domain dan jumlah backlink. Lantas apakah blog baru mempunyai kesempataan menduduki peringkat di halaman utama google?

Jawabanya bisa..blog baru bisa saja memiliki kesempatan untuk menduduki peringkat di halaman google. Tapi yang pasti kita harus bersabar melakukannya. Tehnik ini sudah terbukti dan saya terapkan di blog ini, perlahan lahan artikel bisa mencapai halaman utama google, meskipun harus merangkak dari dari bawah. yah itu tadi, semua butuh kesabaran.

meningkatkan serp artikel
Gambar dari SERP Mojo

Tehnik Meningkatkan SERP pada artikel

Seperti yang terlihat pada gambar di samping, membutuhkan waktu menempati halaman 10 google. Pelan tapi pasti, artikel  perlahan lahan merangkak naik menuju halaman utama. Tehnik yang saya gunakan sangat sederhana sekali, dan yang pasti anda bisa terapkan di  blog masing masing.

  • Tehnik Internal link

Tehnik ini sangat sederhana sekali dan terbukti memperkuat dan meningkatkan serp artikel, yang di maksud dengan tehnik internal link adalah membuat link yang terkait dalam satu artikel menuju artikel lain dalam satu blog. Buat artikel yang lain, dan berikan link pada artikel yang ingin di tingkatkan SERP nya. contohnya seperti di bawah ini (termasuk internal link juga)

Baca : Fungsi dan manfaat internal link untuk blog

  • Hindari penggunaan eksternal link

Sebaiknya jangan menggunakan eksternal link untuk posting di artikel anda, tau kan yang di maksud eksternal link? yaitu link yang mengarah keluar dari blog anda, misalnya anda menempatkan link hidup yang menuju halaman blog lain. Ini buruk untuk SEO, anda bisa menonaktifkan penggunaan link hidup dengan menulis alamat dengan HTML biasa.

  • Tehnik mendapatkan backlink dengan berkomentar

Cari artikel di blog lain yang terkait dengan niche blog anda, beri komentar dengan menggunakan link dari artikel yang ingin di perkuat SERP nya. Untuk hal ini anda bisa mencari blog yang berkualitas, yang mempunyai peringkat. Tetapi perlu di ingat, tidak semua blog mengijinkan link lain kecuali link home page pada komentar.

Tipsnya : Berikan komentar cerdas dan relevan dan agak sedikit panjang. Terkait artikel yang sedang di bahas, jangan hanya mengandalkan komentar basa basi, karena kemungkinan komentar anda tidak akan di muat.

Nah, sederhana sekali bukan? Kita bisa membuat internal link dalam jumlah berapapun dalam setiap artikel yang anda tulis, asalkan artikel tersebut nyambung dengan artikel yang sedang di bahas. Beri keterangan yang jelas, misalnya “baca”,silahkan di baca”, “simak artikel ini”, atau kata lain. Jangan membuat internal link yang hanya menautkan link saja dalam kalimat.

Demikian sedikit tips mengenai cara meningkatkan SERP artikel di halaman google, kita hanya membutuhkan kesabaran saja, sampai artikel yang kita targetkan benar benar terbukti dan menduduki peringkat di halaman utama google…Jika anda perhatikan pada blog ini, pasti terdapat internal link pada setiap artikel, Tahu kan yang saya maksud??  Semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

114 Comments

  1. sutus ini sangat berguna dan bermanfaat pak , saya terus belajar dari blog ini

  2. Waduh cara yang untuk menghapus external link nya baru tau nih, soalnya di plugin Yoast kalo ga ada external link SEO nya gak ijo ijo berarti itu sesat donk? Cuma mengoptimasi SEO tapi tidak menaikkan SERP? Lha terus SEO itu bukan pengaruh bagi kenaikan SERP? Mohon pencerahannya

  3. Ternyata external link kurang bagus to? Selama ini artikel saya selalu pake eksternal link,,, mana banyak lagi 🙂

  4. terimaksih infonya gan, klo artikel kita udah masuk di halaman google tetapi di page 1 apa ada cara untuk mendongkrak supaya naik di page 1 gan, maaf pemula.

  5. tolong cek website saya mastah.. menurut mastah penerapan long tail keyword keywordnya sudah benar.. terimaksih banyak

  6. bagaimana penerapan long tail keyword? long tail itu penempatannya bagus di dalam artikel atau di judulnya mastah? terimaksih atas jawabannya…

  7. hoalah selama ini pemahaman ane soal penulisan artikel banyak salah nya, mana banyak lagi ane masukan eksternal link nya hahaha kacau… btw terima kasih gan sudah buat artikel yang berguna untuk orang orang seperti ane yang belum tau cara cara membuat artikel dan meningkatkan rank nya.. 2 jempol dulu nihhhh….

  8. Mas kalo mau buat internal link apakah harus se topik dengan artikel yang sedang di bahas ? soalnya kan blog baru artikelnya baru dikit dan topiknya tidak hanya satu.

  9. Mas ada yang bilan kalau menaruh link keluar ke blog lain dapat menaikan peringkat web misalnya menaruh link keluar di wikipedia, apakah itu jika kita memasang link wikipedia di blog kita berpengaruh buruk terhadap blog kita?

  10. boleh tau alasannya kenapa tidak boleh ada external link? apakah sangat berpengaruh sekali/

    thanks

  11. Sy sudah sring berkunjung ke website ini, dan memang menampilkan berbagai macam kualitas konten yg bagus untuk dipelajari, mohon ditambah lagi artikel” seeprti ini untuk terus brbagi kpda sesama.. Sy nubi trbntu sekali dngan konten ini

  12. Sy sudah sring berkunjung ke website ini, dan memang menampilkan berbagai macam kualitas konten yg bagus untuk dipelajari, mohon ditambah lagi artikel” seeprti ini untuk terus brbagi kpda sesama

  13. Wah keren…

    Btw saya maunya artikel tertentu gan ang mau di rank page one, bisa gak? gmn caranya gan 🙂

  14. Gan mau tanya kenapa ya keyword halaman page website saya tidak muncul diserp padahal kalau saya ketikkan linknya di google sudah terindex tapi kalau saya cari menggunakan kata kunci yang sudah saya targetkan tidak mau muncul diserp. kira-kira kenapa ya masalahnya. terimakasih sebelum untuk jawabannya..

  15. Menurut saya, Meningkatkan serp artikel dengan menggunakan keyword (low-medium competition) yang kita tentukan sendiri mungkin lebih mudah untuk menempati posisi teratas. Namun ketika mengikuti kontes dengan keyword yang telah di tentukan kok rasa”nya sangat susah untuk bisa menembus halaman 1 di hasil pencarian.

    Adakah cara khusus yang bisa diterapkan untuk mengalahkan peringkat artikel dari peserta lain yang ikut kontes tersebut?

  16. masih belum paham gan… untuk menautkan link disetiap artikel yg di posting bagusnya menautkan link artikel sbelumnya atau menautkan link halaman fans page fb contohnya bagusnya yg mana??

  17. salam gan,,,saya sudah berutak atik website ,,tapi terkadang naik sampai halaman 1 tapi tidak lama,,,tiba-tiba langsung drstis turun hingga halaman 6,,apa kira-kira penyebabnya yah gan ?

  18. Mas nanya….saya lihat blog sampeyan populer tentang seputaran topik tips blogging. Boleh nanya gak….ada pengaruh gak dari sisi banyaknya visitor kalo kita menggunakan custom domain dengan yang tidak. Banyak artikel luar negerinya…katanya kalo pake https://www.klikmania.net krg baik dari sisi google search organic kecuali posting kita unik dan krg bersaing.
    Oleh krn itu saya ingin tanya sampeyan….apa betul ?. Mengingat jumlah artikel sampeyan banyak dan sering dijumpai di google search.
    dan mohon koreksi situs saya mas http://jasa-gbpointblank.com
    apakah ada yang salah.
    mohon di balas saya tunggu lwat email

  19. saya lagi mengikuti cara ini gan, cuma setiap artikel saya nongol sehari , besok nya sudah ilang lagi gan, gimana permasalahnya gan?

  20. baru beberapa minggu ini saya menerapkan cara seperti pada artikel ini, hasilnya memang belum maksimal tetapi hasil serp lama-lama juga meningkat, saya jadi lebih semangat untuk update artikelnya.

  21. Terima kasih infonya mas, coba saya terapkan artikelnya untuk meningkatkan ranking artikel. Artikel blog saya menghilang dari google akibat domain expire. Perlu kerja keras utk memulihkannya kembali.
    Salam.

  22. saya sedang mencari bagaimana meningkatkan pagerank blog saya di google,lalu menemukan artikel ini. sekarang ini blog saya di halamam pertama google akan tetapi masih di rank 7. semoga dengan mencoba jurus internal link bisa meningkatkn rank blog saya.

  23. Wah baru tahu mas, kalau internal link itu mempengaruhi SERP. langsung praktekan ke blog mudah – mudahan bisa masuk peringkat 1 google. namun memang semua itu ada waktunya, kita harus bersabar dan terus berusaha agar bisa mendapat apa yang kita inginkan 🙂

  24. Kebetulan saya sedang fokus ke SEO, dan ingin belajar lebih dalam tentang SEO di blog ini 🙂 saya baca di blog Mas Gani mudah dipahami _^

  25. Wah bermanfaat mas,misalkan umur blog kita udah lama ga dipakai terus sekarang dipakai lagi apakah bagus juga buat serp mas?
    Thanks

  26. Mas mau tanya, terkait serp artikel dan seo. Saya punya artikel tanpa adanya h2 dan h3 pada isi. Mungkin judulnya h1. Tapi kok bisa pada posisi pertama ya, dan artikel saya yang sering saya kasih h2 h3 malah sulit.

  27. Mas gani salam kenal gmana kalau kita memberi internal link terlalu banyak ke 1 postingan apakah aman kalau mencabut link yang terlanjur di pasang ke postingan tersebut,terima kasih & salam sukses

    1. Tidak menjadi masalah mas, asalkan dari artikel yang berbeda, justru akan semakin kuat posisi SERP nya di mesin pencari.

  28. Salam mas, selain meningkatkan SERP artikel, apakah ada saran khusus untuk meningkatkan SERP pada home page? Untuk artikel mungkin tantangannya kurang asal persaingan keyword tidak terlalu tinggi.
    Kemudian mas, minta saran kira-kira sebyah artikel itu perlu di-update dalam berapa lama? Umpama 1x dalam 3 bulan atau gimana. Terima kasih

    1. SERP hanya berlaku untuk konten, home page yang berisi konten juga bisa ditingkatkan.
      kalau update artikel, semakin sering ya semakin bagus, kalau satu kali dalam 3 bulan itu namanya bukan update 😀

  29. Kalau serp yang ilang-ilangan itu kenapa ya mas, kadang posisinya bagus tapi selang beberapa hri ilang dan muncul lagi.Apkh memang msih belum stabil mas??

  30. berapa internal link yang direkomendasikan untuk bisa meningkatkan SERP? Kalau yang saya pakai di web saya pada umumnya dua atau tiga link internal dalam tiap postingan. Terima kasih sebelumnya atas tanggapannya

  31. internal link sama SILO sama tidak ya mas?
    dalam satu page kira-kira perlu dikasih berapa internal link-nya?
    hehe…banyak tanya 🙂

    1. SILO apa ya mas ? 😀
      Untuk jumlahnya tergantung dari panjang artikel, buat standar untuk 300 kata maksimal gunakan 2 internal link saja.

  32. Saya sudah menerapkan cara ini mas. Tapi masih kalah dalam persaingan kata kunci. Apa yang hasrus saya lakukan lagi mas?.

    1. Untuk mencapai peringkat SERP butuh kesabaran dan bukan secara instan, artinya tidak sekaligus SERP menjadi bagus. Terus buat internal link melalui artikel lain yang mengarah ke artikel yang akan diperkuat, nanti pasti peringkatnya pasti akan lebih baik.

  33. gan. nama aplikasi androidnya apa, untuk mantau page ranking artikel itu … ^_^ ,pengen nyoba ane.

  34. kalau saya jika ingin menautkan link keluar, maka saya selalu menggunakan anchor text yang nofollow yang mana artinya google robot tidak akan merayapi situs tersebut

  35. Mas, untuk lamanya blog ini merangkak ke halaman pertama butuh berapa bulan? Kemudian, kalo backlink dari sosial media seperti Twitter atau Facebook itu menurut mas berpengaruh terhadap SERPP gak?

    Makasih Mas, Salam kenal. 🙂

    1. Bisa 2 sampai 3 bulan mas, tergantung kepadatan kata kunci dan kompetitornya. Itupun jika dioptamasi secara terus menerus dengan internal link.
      Backlink dari media sosial merupakan nofollow link..jadi tidak akan berpengaruh apa-apa, hanya menambah trafik saja ketika di share.

  36. tips nya bisa saya coba mas .. intinya perbanyak link yang terkait dengan artikel serupa di dalam postingan! 😀

  37. Saya setuju sekali nih walaupun ada 1 ulasan ttg Link Keluar yg masih membuat saya berpikir dan ragu. Untuk poin lain saya sepakat mas. Dan artikel yg dibuat mas Gani ini adalah contoh artikel yg berhasil ada ke Page 1 di SERP Google. Saya cari info tentang ini bkn tanpa alasan. Alasan terkuat saya adalah untuk mengoptimalkan artikel saya di SERP Google. Belum lama ini ikut lomba soalnya. Lomba yg di gawangi oleh mas Gani. Tema Kompetisi SEO dan Kata kunci yg mas Gani kasih itu seinget saya Potensi Blog Untuk Generasi Muda. Jujur, walaupun KW yg di perlombakan mudah di buatkan artikel, ada kesulitan tersendiri. Karena metode pembuatan judul yg menarik blm tentu disambangi orang. Karena KW tersebut sangat minim pencarian. Dilema.. Saking dilema nya saya ke Google Search dan menemukan artikel ini. Terima kasih mas, sangat bermanfaat.

    1. Maaf mas Nino baru balas, maklum piket pagi 😀 serangan Fajar 😀
      Untuk kata kunci tersebut sebelumnya saya sudah eksplor..ARtinya memang membuat kata kunci yang volume pencariannya sedikit, tetapi tema mudah dipahami. Lumayan susah juga lho,karena keberadaan kata kunci yang semakin padat.

      Kalau kebetulan menemukan artikel ini berati apa yang saya terapkan selama ini sedikit mendekati kebenaran 😀 walaupun belum sepenuhnya bertengger dihalaman 1 google.

    1. Wah kalau ke home page biasanya yang akan keluar adalah diskripsi dari blog, itu akan diberikan google berupa sitelink. Artikel kan adanya pada URL artikel itu sendiri yang bersaing melawan atikel lain di search engine tho mas 😀 dan kebanyakan orang datang melalui artikel yang ditemukan di google.

  38. Jadi Exsternal link harus di hindari ya gan, pantesan serp blog saya nurun krena bnyak link keluar…,mksih infonya!

  39. mas gani, terimakasih sebelumnya, tapi sedikit saya masih bingung, bagaimana jika saya membrikan ekternal link ke wikipedia dengan link nofollow, apakah baik kah untuk serp?

  40. mas itu nama aplikasi androidnya yang di gambar apa ya? saya ingin liat juga perkembangannya. hehe. btw ijin komentar juga di sini ya kalau gitu. siapa tau bisa memperkuat posisi artikel saya di SERP 😀 kalau komentar di blog orang lain, menggunakan nama keyword apa nama sendiri ya baiknya mas. maaf dalam komentar ini saya menggunakan keyword. nama saya Bli Gede. 🙂

    1. Itu aplikasi SERP mojo, boleh mas..pakai URL artikel, bisa memperkuat artikel tersebut di SERP. Nah itu blognya juragan APK 😀

  41. om kalo ugah banyak exsternal link nya berarti harus di hapus dong.. soalnya punya ane karakter blognya kaya gitu

    1. Kaya gitu yang bagaimana ya? 😀
      Eksternal link adalah link yang menuju ke halaman lain, selama masih satu niche dengan blog kita tidak menjadi masalah kok, justru akan memperkuat keberadaan blog kita juga.

  42. saya jadi lebih paham sekarang dulu waktu kenal internal link gak tahu kalau itu juga bisa naikin serp… taunya biar artikel yang lain tentunya yang nyambubg dinbaca juga eh ternyata naikin serp.. makasih mas

  43. Berhubung ada pembahasan soal backlink di artikelnya. Makin semangat juga buat bisa dapetin backlink yang bener-bener berkualitas mas. Sekalian bw juga. Terima kasih ilmunya mas. 🙂

  44. Oh begitu mas, segera dipraktekan deh. Oh iya mas, kalau keyword yg kita targetkan itu serpnya sedang tidak menentu, gimana ya cara mengatasinya? Bingung saya terkadang artikel saya ada, di lain waktu tidak muncul, dan muncul kembali.

    Baca ya juga ya mas artikel saya 🙂

    1. Bisa diperkuat lagi dengan internal link mas, jika kebetulan membuat artikel baru dan berhubungan dengan artikel yang ingin diperkuat hasil SERP nya. Bisa kita tautkan link yang menuju ke artikel tersebut.

      Tapi semua juga butuh waktu, SEO pekerjaan yang tidak bisa dibuat instant 😀

    1. Perkuat lagi dengan internal link mas, (buat artikel terkait dengan link artikel yang akan di dongkrak) Seperti contoh artikel saya dengan kata kunci “perbedaan akun adsense”. Dulunya artikel ini pertama kali di publish mendapat urutan nomor 62 dan sekarang bisa menjadi no 1, itu yang selama ini saya praktekkan. 😀

  45. Terimakasih sekali dengan artikel ini saya semakin mengerti dan menjadi lebih bersemangat ngeblog, karena saya masih awam dan terus belajar lage 🙂

  46. Sepakat mas, memang internal link sangat menguntungkan. Saya sendiri sudah memanfaatkan internal link, malah ada di suatu halaman awal google, di sana ada lebih dari 3 artikel-artikel saya dalam 1 topik. Hal demikian sangat memungkinkan para pengunjung meneklik /memilih blog saya untuk dikunjungi

    1. Klo blog ini pelan pelan dari bawah, mungkin banyak pesaing dengan niche yang sama. Sukses selalu buat blognya mas syamsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close