Blogging

7 Alasan Mengapa Harus Menjadi Blogger Di Usia Muda

Ada beberapa faktor yang sangat mendukung ketika menjadi blogger di usia muda. Memang ketika di usia muda, banyak kegiatan yang jauh lebih menggiurkan dibanding menjadi seorang blogger, karena prinsip banyak anak muda kebanyakan adalah “ Hidup senang “ .

Sehingga masa muda dihabiskan dengan sifat konsumeris dan karakter bergaya gemerlap, tidak fokus menata masa depan, dan lebih memanfaat masa luang dengan berleha-leha, berkumpul dengan komunitas yang kegiatannya banyak menghabiskan uang saja, pergi ke tempat-tempat baru agar gengsi lebih tinggi, dan rutininas tidak produktif lainnya.

Padahal, kalau setiap kegiatan bernuansa muda itu  diekspos dalam format media seperti blog atau video Youtube, maka bisa menjanjikan penghasilan dan masa depan yang cerah.

Tak berlebihan bila penulis mengatakan bahwa menjadi blogger di usia muda adalah sesuatu yang sangat menguntungkan, karena membangun blog hingga bisa berhasil membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak hanya 1 hari, bahkan ada blogger yang selama satu tahun lebih berkarya, baru mampu menghasilkan penghasilan bulanan secara rutin.

Bila memulai blogger di usia muda, maka apa yang dicapai hari ini akan berguna beberapa tahun ke depan. Bisa saja ketika agan berada di umur 25 tahun, dan blog yang dibangun sudah berumur 3 tahun dan di masa itu banyak teman-teman agan yang sibuk mencari pekerjaan, sedangkan agan sudah hidup dengan penghasilan yang layak , penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan agan , dan semua itu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Maka, mulailah blogging sejak muda, karena ada 8 keuntungan ketika agan memulainya sekarang.

Keuntungan menjadi blogger di usia muda

1. Tenaga Lebih Kuat

Anak muda pasti nya memiliki tenaga yang lebih kuat. Tenaga di sini bukan hanya bersifat mengetik, bukan hanya fisik seperti otot tangan untuk mengetik cepat , melainkan kekuatan imajinasi, kekuatan inspirasi, dan dunia anak muda yang terasa lebih berwarna.

Loading...

Ketika memulai blogging di usia muda, energi, kondisi tubuh masih sangat prima dan sehat. Inspirasi juga sangat banyak dari kelakuan teman , cerita teman, atau apa yang agan saksikan dari petualangan hidup sehari-hari.

Ini bisa menjadi materi konten yang sangat bermanfaat dan menghibur buat pembaca nanti. Sehingga pada kondisi seperti ini lah kamu harus berupaya membangun blog .

2. Beban Tidak Banyak

Biasanya anak di usia muda, ketika masih dalam jenjang pendidikan, semua kebutuhan dirinya baik dari kebutuhan primer ( pangan, sandang. Papan ) , hingga kebutuhan tersier seperti peralatan komputer, jaringan internet, masih diback up oleh orang tua.

Orang tua pada umumnya masih berperan mutlak dalam mencukupi kebutuhan anaknya selama masa sekolah. Beban pikiran agan tidak banyak , paling hanya satu : Belajar akademik. Itu pun tidak banyak di porsir, sehingga waktu luang yang banyak seharusnya bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan menguntungkan secara jangka panjang.

menjadi blogger

Blog adalah jawabannya, Blog bila digunakan dan diisi dengan konten yang menjual  maka kelak akan menjadi aset / investasi masa depan , yang sangat berharga. Dalam bahasa marketing / bisnis nya, blog bisa menjadi pendapatan passive.

Kalaupun penghasilan awal tidak terlalu besar, yang penting ada uang masuk, dan bagi anak muda yang masih sekolah  / kuliah itu bisa menjadi tambahan uang jajan tanpa meminta lagi bantuan orang tua.

3. Modal Masih Mencukupi

Modal dalam kegiatan blogging itu tidak banyak . Hanya perlu koneksi internet, blog berdomain ( optional )  , hosting ( optional ) , konten, dan sedikit kemampuan optimasi, maka blog akan mengudara di internet. Tidak sulit dalam memulai blogging, Yang sulit adalah konsisten dalam membuat postingan berkualitas , dan modalnya tidak muluk-muluk, hanya kesediaan mengisi waktu untuk menulis.

Modal ini lah, modal waktu yang menjadi keunggulan di usia muda. Selain Itu, ada modal lain yang tak kalah membantu. Apa itu ? Modal uang. Uang ini bisa digunakan untuk mendukung promosi konten, bisa juga untuk mendukung penulisan konten, belajar menulis artikel , ikut seminar, membeli buku tentang blogging yang memang bisa membawa manfaat positif dan lain sebagainya.

Modal ini memang mengeluarkan uang, namun bagi kebanyakan anak muda di Indonesia , apalagi anak perkotaan yang biaya hidupnya masih tergantung dari orang tua, pastilah punya kesempatan lebih besar ketika meminta orang tuanya modal untuk belajar sesuatu yang menjadi passionnya.

menjadi blogger

Orang tua mana coba yang tidak mau menbantu keterampilan anaknya, apalagi keterampilan itu jelas-jelas menjamin masa depan ? Karena memang kegiatan blogging sudah terbukti menghasilkan banyak uang, banyak mencetak jutawan baru setiap harinya. Tahun ini bisa menjadi kesempatan emas buatmu

4. Jaringan Pertemanan Lebih Banyak

Ini juga kelebihan anak muda. Karena anak muda itu pasti khas dengan kemampuannya dalam bergaul, dan memang masih jaman nya “ bermain-main” sehingga kalau ada satu orang anak muda / teman yang kelihatannya melakukan sesuatu yang unik, langka, dan tak biasa, seperti kegiatan blogging, maka akan memudahkan agan dalam mempromosikan blog tersebut.

Apalagi ketika anak muda, terlebih di masa SMA, lingkungan pertemanan itu sangat hangat dan erat. Bila kamu bisa memaksimalkan jalinan itu menjadi trafik ke blog yang kamu buat, tentu jadi kesempatan yang sangat besar, peluang untuk membuat blog mu populer, dan ketika blog yang agan punya itu populer , tinggal menunggu saja earning itu datang.

5. Nothing To Lose, Kesempatan Belajar

Kalau misalnya agan sudah bekerja nanti di perusahaan, sudah punya anak, sudah punya istri ( ya pasti ) , atau sudah punya tanggungan yang harus dihidupi, maka kesempatan belajar itu sangat langka. Orang yang dalam posisi banyak beban, maka tiap langkahnya akan beresiko bila salah.

Justru di usia muda, yang notabenenya tugas agan adalah belajar, maka ketika ada tantangan, ketika kesulitan, ketika agan salah dalam melangkah , tak apa, tidak beresiko, kerugiannya tidak besar, karena masih di usia muda. Istilah nya “ nothing to lose “ kalaupun kalah , atau salah tidak masalah karena masih dalam zona belajar. Untuk itulah, manfaatkan masa mudamu sebaik mungkin.

6. Nilai Lebih Di Mata Orang Lain

Orang tua mana yang tidak bangga kalau anaknya bisa berhasil mengumpulkan uang dari sebuah kegiatan yang positif dan tentunya halal ? Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya berhasil, dan keberhasilan agan kelak di usia muda itu tidak hanya menjadi kebanggaan bagi orang tua, melainkan menjadi viral informasi di lingkungan seputaran agan tinggal.

Maka, setiap agan berkumpul di komunitas manapun, dengan label yang agan bawa “ blogger muda “ atau  “ menjadi blogger muda yang sukses di Indonesia  “ , “ blogger yang sudah bisa menghasilkan uang “ , orang lain yang berkenalan dengan agan akan menaruh nilai tambah lain, karena jarang anak muda seperti agan yang masih muda , namun sudah menghasilkan dari blog .  Bukankah menyenangkan ?

7. Investasi Yang Sangat Berharga

Bayangkan kalau agan memulai semua kegiatan blogging itu di umur masih 15 tahun, umur yang masih “ hijau “  , masih dalam tahap belajar.  Bukankah tak terasa 3 tahun agan konsisten dalam blogging, maka hasilnya akan sangat tampak di usia agan 18 tahun ?

Seperti yang sudah penulis terangkan di atas, bila agan memang serius, konsisten menulis ribuan artikel selama 3 tahun , maka penulis sangat yakin kesuksesan itu sudah digenggam. Intinya adalah ketika agan memulai dari usia yang masih muda, kelak , cepat atau lambat , blog tersebut pasti hits. Blogger yang konsisten pasti selalu berhasil ! Ini adalah hukum yang tak bisa dipungkiri.

Baca juga : 7 Identitas Mendasar Yang Menandakan Blog Berkualitas

Namun ingat, konten yang ditulis haruslah baik, tidak boleh mengandung penyalahgunaan SARA , dan konten illegal yang tidak dikehendaki Google dan hukum IT di Indonesia .  Contohnya membuat jurnal harian , blog seperti ini memang banyak, namun hampir semua nya tidak konsisten .

Nah, agan bisa menjadi blogger yang berbeda, yakni blogger yang berkomitmen akan selalu posting artikel selama 3 tahun ( contohnya ) .  Pasti, agan akan hits, dan mendapatkan banyak uang dengan kematangan umur dan konten di blog seperti itu.

Penutup

Nah , itu dia 7 alasan mengapa harus menjadi blogger di usia muda. Sebagai anak muda memang banyak godaan yang kadang membuat agan berpaling dari kegiatan blogging kepada kegiatan lain yang jauh menyenangkan, bermain game di gadget, kumpul-kumpul di kafe untuk membuktikan diri anak zaman , touring naik motor keliling kota, atau sibuk mengurus jumlah followers instagram seperti anak muda lain kebanyakan.

Namun , di era digital sekarang, agan bisa menghasilkan kepopuleran, menghasilkan uang, dari laman online yang kita selalu sebut “ blog “ itu . Blog bukan cuma benda mati, ia adalah medium bagi setiap orang yang mau mengenal dan mengeksplorasinya menjadi  sebuah karya yang fantastis dan menjual.

Jangan hanya menjadi konsumen dari karya orang lain, memuji secara buta karya orang lain,  mengikuti karya orang lain, bergosip tentang kejelekan karya orang lain, atau menjelek-jelekkan apa yang agan tidak suka di social media.

Membuat karya yang baik, apalagi artikel, bukanlah sesuatu yang mudah.

Buatlah karya untuk diri agan sendiri, supaya agan tahu bagaimana proses kreatif menjadi seorang penulis , menjadi blogger. Kelak, ketika agan membaca karya orang lain, agan jadi paham betapa sulitnya proses membuat satu artikel berkualitas . Dan dari pemahaman itu, agan tidak lagi meremehkan profesi yang satu ini.

Cobalah untuk berkarya nyata dari hari ini, ketika agan berhasil, tunjukkan eksistensi itu kepada teman-teman yang agan miliki. Bila bernasib baik , semoga agan menjadi blogger dengan nama besar di Indonesia.

Usia muda jangan disia-siakan, karena di usia muda, kesempatan itu paling banyak datang, di usia muda segalanya tampak mudah, dan di usia muda agan harus belajar mencari sesuatu yang berhubungan dengan passion agan.

Akan ada hari sulit, dan jangan menunggu hari itu untuk berbuat, persiapkan semua dari sekarang.

Semoga mencerahkan !



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Artikel terkait

4 Comments

  1. sangat insfiratif gan, namun aktivitas blogging masih banyak yang menganggap buang buang waktu saja, padahal seperti yjng kita tau, bahwa ngeblog juga ada duitnya. hehe

  2. Sangat menarik dan renyah pemaparannya. Dan menjadi blogger terlihat begitu menawan di saat banyak anak muda lain hanya bisa mengkritis di sosial media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *