Ingin Menjadi Full Time Blogger? Perhatikan Langkah Dasarnya, Agar Tidak Menyesal Belakangan

Keputusan seseorang menjadi full time blogger, adalah keputusan yang sangat berani. Apakah Anda termasuk blogger yang berpikiran seperti itu? Jika iya, mari kita bahas selengkapnya disini.

Menjadi Full Time Blogger

Semakin hari berganti, semakin banyak blogger baru yang bermunculan. Dan semakin banyak blogger baru bermunculan, maka semakin banyak juga persaingan di antara para blogger.

Bagaimana tidak?

Untuk membuat postingan di blog kita mampu menembus halaman pertama mesin pencarian seperti Google, di perlukan perjuangan yang tidak main-main. Karena sudah pasti banyak blogger lain juga yang kemungkinan menuliskan artikel dengan tema yang sama dengan yang kita tulis.

Itu sudah tidak bisa di pungkiri.

Ditambah sekarang, semakin banyak blogger baru dan pasti juga sebagian dari mereka menulis hal yang sama  dengan kita.

Lalu, apakah Anda benar-benar ingin Menjadi Full Time Blogger? Jika iya, tolong pikirkan baik-baik!

Saya menuliskan hal ini bukan berarti saya melarang keputusan Anda, melainkan saya akan mendukung penuh keputusan tersebut.

Bagaimanapun juga, saya adalah seorang blogger, dan saya sangat memahami perasaan Anda. Dimana anda sudah lelah bekerja dibawah aturan atasan, dan waktu untuk diri Anda hampir tidak ada karena terus bekerja pada orang lain.

Dan menjadi full time blogger, adalah jalan satu-satunya. Benar, bukan? Itu adalah keputusan yang tepat! Tapi, apakah Anda sudah benar-benar menguasai ilmu blogger? Itu harus Anda jawab sendiri.

Berbicara tentang menjadi full time blogger, kita harus flash back dimana pertama kali Anda ingin menjadi seorang blogger. Apa tujuan Anda sebenarnya menjadi seorang blogger? Apakah karena uang? Atau karena kesenangan sendiri?

Itu akan menjadi pondasi Anda kedepannya untuk menjadi seorang full time blogger. Karena jika tujuan Anda memang untuk mendapatkan uang, maka Anda harus memberanikan diri untuk mengambil langkah besar yang mungkin juga akan menjadi dilema untuk Anda.

Dan dibawah ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan menjadi seorang full time blogger.

1. Waktu Anda

Menjadi Full Time Blogger

Waktu adalah hal yang paling utama yang harus Anda perhatikan. Karena dengan adanya waktu, Anda akan dapat membuat jadwal sendiri untuk mengelola blog Anda.

Jika sekarang Anda masih bekerja dan juga mengelola blog, bagaimana caranya Anda mengatur waktu Anda? Atau apakah Anda tetap bekerja namun blog jarang di kelola (update posting)?

Atau sebaliknya?

Anda terus mengelola blog namun kerja tidak fokus gara-gara lebih fokus ke blog? Jika seperti itu, maka Anda harus belajar membagi waktu terlebih dahulu. Atau mungkin, Anda pilih salah satunya.

Iya, seperti yang saya katakan di atas, jika Anda ingin menjadi seorang full time blogger, maka Anda harus mengambil keputusan yang berani. Bekerja sambil mengelola blog itu, bukanlah hal yang mudah.

Terlebih waktu untuk kita sendiri sering tidak ada karena kita harus terus bekerja dan terkadang mendapat tugas lembur. Kalaupun ada waktu, yang ada kita sudah lelah dan merasa ingin beristirahat, sehingga tidak ada mood untuk mengelola blog.

Itu harus menjadi pikiran keras Anda!

Tapi, bukan berarti saya menyuruh Anda berhenti bekerja. Melainkan semua keputusan ada di tangan Anda.

2. Keuangan Anda

Jika Anda memutuskan untuk menjadi full time blogger, bagaimana dengan keuangan Anda? Apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Atau mungkin Anda memang tidak perlu mengkhawatirkannya?

Jika Anda memutuskan untuk berhenti bekerja karena ingin menjadi full time blogger, maka yang harus Anda perhatikan adalah keuangan Anda! Karena kita pasti sudah tahu, kalau tidak bekerja, tentu tidak dapat uang, kan?

Kecuali Anda adalah seorang pelajar. Tentu Anda tidak perlu mencemaskan keuangan dan tetap bisa fokus untuk menjadi seorang full time blogger.

3. Apakah blog Anda cukup menjanjikan?

Hal ketiga yang perlu di perhatikan adalah, apakah blog Anda benar-benar menjanjikan untuk di jadikan ladang usaha Anda? Apakah tiap bulannya bisa PO (Pay Out) secara rutin? Jika belum, sebaiknya Anda urungkan dulu niat Anda dan buat blog Anda lebih menjanjikan lagi.

Baca ini baik-baikButuh Berapa Lama Blog Menghasilkan Uang Dari Adsense Untuk Pemiliknya?

Itu semua agar membuat Anda terhindar dari masalah ekonomi yang mungkin akan membuat Anda depresi dan akhirnya tujuan utama Anda menjadi full time blogger akan jadi sia-sia.

Berbeda jika blog Anda sudah bisa PO secara rutin tiap bulannya. Itu artinya, blog Anda mempunyai potensi untuk lebih di kembangkan lagi dan sudah pasti akan menjadi ladang usaha yang tetap.

Itu adalah tiga hal dasar yang harus Anda perhatikan sebelum Anda benar-benar memutuskan menjadi full time blogger.

Dan sekarang, bila Anda sudah siap akan semua yang saya jabarkan diatas, ini adalah waktunya Anda untuk mempersiapkan apa saja yang di perlukan seorang full time blogger.

1. Blog yang ramai pengunjung

Adalah hal konyol jika blog Anda yang masih sepi pengunjung di jadikan ladang usaha dan membuat Anda ingin menjadi full time blogger. Jika Anda nekat, bagaimana cara Anda mendapatkan uang dari blog Anda tersebut?

Sedangkan mendatangkan pengunjung saja kesulitan, bagiamana bisa menghasilkan uang?

Meskipun Anda menggunakan layanan pengiklan Google AdSense, percuma saja jika setiap harinya cuma bisa mendapat kunjungan di antara 100 page view.

Mau berapa lama Anda menunggu PO? Sedangkan kebutuhan Anda setiap hari harus terpenuhi.

Sebelum memutuskan menjadi full time blogger, kembangkan dulu view blog Anda setiap harinya. Pantau kemajuan trafiknya. Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk dapat memantau trafik blog Anda dan tipe pembaca Anda.

Sedangkan untuk mengembangkan trafik, Anda bisa menggunakan layanan Facebook ads atau Google AdWords express Atau bila Anda hanya ingin gratisan dalam mengembangkan trafik blog Anda, Anda bisa juga mempromosikan sendiri secara manual ke media sosial Anda. Tapi ingat, jangan nyepam!

Sebenarnya, jika Anda benar-benar serius ingin menjadi full time blogger, Anda harus mengorbankan sedikit uang Anda untuk kepentingan blog Anda sendiri. Seperti halnya memasang iklan di Facebook atau Google AdWords, itu akan sangat membantu untuk meningkatkan trafik blog Anda dengan sangat cepat.

Jika sudah banyak yang berkunjung ke blog Anda, bukankah pendapatan iklan pun akan masuk? Dan pastinya akan mengganti modal awal Anda. Dan untuk seterusnya Anda bisa melakukan promosi biasa.

2. Siapkan lebih dari 1 blog

Satu blog saja tidaklah cukup untuk menjadi full time blogger. Ingat, persaingan setiap harinya terus bertambah. Untuk itu, buatlah lebih dari satu blog untuk jaga-jaga.

Paling tidak sedikitnya 4 blog, masing-masing blog memiliki Niche yang berbeda dan usahakan fokus pada satu Niche saja tiap blognya.

Dengan cara seperti itu, akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendapatan iklan yang besar. Bayangkan saja, jika masing-masing blog perharinya mendapat 1000 tayangan. Berarti keseluruhan akan mendapat 4000 tayangan.

Otomatis Pendapatan iklan perharinya bisa terbayang di pikiran Anda, bukan? Apalagi jika lebih dari itu, pasti tiap bulan Anda akan mendapatkan gaji tetap dari blog Anda.

3. Pelajari ilmu SEO

Ilmu SEO itu bukan soal kata kunci, On page dan Of page saja. Ada banyak hal untuk mempelajari dan memperdalam tehnik SEO. Seperti membuat artikel yang berkualitas dan ditargetkan benar-benar untuk pembaca, bukan untuk mesin telusur. Itu adalah hal yang sangat penting.

Masih banyak diantara sekian blogger yang membuat artikel hanya untuk menargetkan kata kunci saja, atau lebih tepatnya untuk dibaca mesin telusur saja, tanpa memikirkan perasaan pembaca.

Konten seperti itu sangatlah tidak dibutuhkan untuk menjadi seorang full time blogger. Jika Anda serius ingin menjadi seorang blogger, maka serius pulalah dalam membuat konten.

Dimanapun tempatnya, kepuasan pelanggan adalah yang paling utama. Jadi trafik yang tinggi saja tidak cukup. Jika semua pengunjung yang datang kecewa dengan artikel Anda, maka di kemudian hari jika menemukan blog Anda, mereka akan enggan membacanya.

Begitupun kebalikannya, jika artikel Anda di sukai, maka kapanpun blog Anda muncul, mereka akan percaya dan tanpa ragu untuk membacanya. Itulah pentingnya membuat artikel berkualitas yang benar-benar di tunjukkan kepada pembaca (bukan mesin telusur).

Nah, itu adalah tiga dasar utama untuk menjadi full time blogger. Jadi intinya, fokuskan terlebih dahulu perkembangan blog Anda. Jika perbulannya sudah bisa PO secara rutin, maka sudah saatnya Anda untuk memutuskan menjadi seorang full time blogger.

Alternatif lain, membuat blog afiliasi

Namun, jika Anda ingin mendapatkan pendapatan yang lebih dari blog yang Anda kelola, jangan hanya bermain AdSense saja! Tapi cobalah untuk membuat blog afiliasi dan blog yang di khususkan iklan mandiri (iklan tanpa pihak ketiga).

Blog afiliasi sangat dipercaya dapat membuat Anda mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari blog Anda. Anda cukup memahami produk apa yang sedang Anda review, kemudian buat tulisan yang menarik tentang produk tersebut

Dan jika ada orang yang membeli produk tersebut melalui blog Anda, maka Anda bisa mendapatkan upah dari produk tersebut.

Biasanya Anda akan mendapat sekitar 75% dari harga produk yang dijual. Bukankah itu cukup besar? Anda bisa menemukan website yang menawarkan jasa affiliasi terpercaya melalui mesin pencarian seperti Google. Silahkan untuk bereksperimen.

Kemudian mengenai iklan mandiri..

Iklan mandiri ini bisa di katakan Anda menaruh space kosong pada blog Anda. Dan nantinya, jika blog Anda benar-benar menarik perhatian pengiklan, maka blog Anda akan mendapat tawaran dari pengiklan tersebut secara langsung tanpa melalui pihak ketiga seperti AdSense.

Buatlah kontrak yang sesuai dengan pihak pengiklan, dan yakinkan bahwa produk mereka akan di lihat oleh pembaca blog Anda. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa blog Anda mendapat tayangan yang fantastis, agar pihak pengiklan tidak ragu untuk memasang iklan di blog Anda.

Itulah beberapa poin yang bisa Anda lakukan jika Anda benar-benar ingin menjadi full time blogger. Tentu saja, langkah di atas hanya sekedar langkah dasar saja. Untuk ke depannya, silahkan Anda bereksperimen sendiri.

Ilmu yang paling mujarab adalah, ilmu berdasarkan apa yang sudah dialami dan dipelajari. Untuk itu, selamat berjuang dan semoga berhasil menjadi seorang full time blogger. Salam blogger.

Related Posts

About The Author

18 Comments

    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13
    • Ahaerudin13
      Ahaerudin13

Add Comment