Dunia Internet

Menjadi Guru yang Kreatif dalam Proses Pembelajaran

Mengenal dan Menghargai Sosok Guru – Pada Kesempatan ini kami akan menulis tentang apa yang harus diketahui untuk menjadi guru yang kreatif. Guru adalah sosok yang sangat mulia, bahkan disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Orang-orang besar yang ada di sekitar kita, adalah jasa dari gurunya.

Guru yang mencintai tugasnya tidak pernah mandek dengan rintangan yang dihadapinya. Peluh yang bercucur badan letih dan capek akan selalu dihadapinya dengan senyuman dan hati yang lapang. Karena ada kenikmatan lain yang tidak bisa mereka ungkapkan.

Bagaimana Cara Untuk Menjadi Guru Yang Kreatif

Hal utama sebagai dasar untuk menjadi guru yang kreatif adalah dengan menjadikan keaneka ragaman siswa didiknya sebagai suatu potensi besar untuk dikembangkan. Ini adalah sebuah tantangan dalam kemajuan hasil didikan mereka.

Dengan demikian, imbasnya adalah kepada metode pembelajaran yang harus disampaikan untuk anak didiknya. Selalu berusaha memperbaiki diri serta senantiasa mencari inovasi dalam pengajaran.

Jika hal utama tersebut telah tertanam pada diri seorang guru, maka segala kejadian yang didapati selama proses belajar mengajar akan terasa ringan, tenang menikmati prosesnya.

Adapun penjabaran terperinci berkenaan dengan cara untuk menjadi guru yang kreatif akan kita coba uraikan seperti di bawah ini :

guru yang kreatif

Faham Atas Profesi Yang Diemban Sebagai seorang Guru

Profesi Guru adalah berkaitan dengan tanggung jawab yang sangat besar, sebagaimana kita ketahui bahwa objek dari profesi seorang guru adalah manusia yang memiliki akal bukan benda mati yang tidak berakal.

Loading...

Disini, kesadaran diri akan profesi yang diemban seorang guru harus benar-benar tertanam dalam. Sehingga apa yang disampaikan baik secara lisan maupun perbuatan akan benar-benar bisa diterima oleh para muridnya.

Berarti dengan sendirinya guru akan menjadi kreatif dikarenakan guru merasa terpanggil oleh sebuah tanggung jawab besar tentang apa yang diajarkannya.

Menjadi Guru Yang Kreatif Dengan menghargai pentingnya waktu

Guru yang kreatif akan dengan sadar diri memanfaatkan waktunya secara maksimal dalam proses pembelajaran. Ini dimaksudkan tiada lain bahwa dia sebagai seorang guru memiliki cita-cita yang sangat mulia, yaitu ingin melihat keberhasilan semua peserta didiknya kelak.

Dengan penghargaan atas waktu, guru akan datang lebih awal, pulang lebih akhir dan segala bahan yang akan diajarkannya pun telah dipersiapkan secara matang.

Membaca Menjadi Kebiasaan Bahkan Kebutuhan

Satu keadaan yang memiliki keterkaitan dengan penghargaan waktu guru yang kreatif adalah memiliki jadwal khusus membaca, baik bahan ajar untuk siswa maupun materi umum penambah wawasan pribadi.

Keikhlasan Guru ditunjukan dengan bangganya hati mereka ketika melihat anak didiknya lebih pintar dari dirinya dalam materi tertentu. Akan tetapi guru yang memiliki prinsip bahwa membaca adalah kebutuhan, sudah dipastikan akan mampu mengikuti irama peserta didiknya.

Minat Besar Dalam Menulis

Satu dari pemicu tumbuhnya minat menulis adalah dari kegemaran membaca. Jadi seolah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, walaupun bisa saja bisa menulis akan tetapi kurang gemar membaca.

Guru yang kreatif menyadari betul tajamnya makna yang terkandung dalam sebuah kata, sehingga apa yang akan disampaikan dalam bahan ajar untuk siswanya pun akan syarat dengan makna mendalam.

Suasana Berbeda Dengan Sesuatu yang baru

Keberanian guru dalam mencoba sesuatu yang baru dalam proses pembelajaran seolah menyediakan secara tidak langsung ruang evaluasi khusus dari apa yang disampaikannya. Perbaikan dengan orientasi hasil pun akan terlihat dari respon siswa yang beragam. Senang dengan suasana yang berbeda dalam pengajaran kami kira perlu dicoba.

Jadilah fasilitator, bukan aktor dengan kekuasaan dan pengetahuannya. Coba sedikit berbeda, lebih akrab dengan siswa misalnya, kegiatan belajar dilakukan di luar ruangan, atau apapun yang sekiranya tidak monoton pada alur belajar yang itu – itu saja.

Guru juga harus senantiasa mendorong dalam keaktifan siswa (Motivator). Tapi Perlu diingat bahwa guru juga adalah sang pembelajar.

Contoh Guru Yang Kreatif Di Era Teknologi

Di era kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi, yang telah merambah juga sampai kalangan pelajar menjadikan para pembelajar sudah terbiasa dengan sesuatu yang bersifat Audio Visual.

Lantas apa kaitannya dengan proses pengajaran guru ke murid ? Jawabannya adalah “Manfaatkan Media itu”

guru yang kreatif

Buatlah proses belajar menjadi menyenangkan. Rasakan perbedaan ketika belajar dengan hanya mendengarkan berbicara dengan pembelajaran menggunakan media audio visual, akan sangat jauh berbeda hasilnya. Ini  bagian dari kreatifitas dan inovasi.

Buatlah Media Pembelajaran dalam bentuk Video, temukan Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Untuk Para Guru di Sekolah. Ini sangat-sangat luar biasa, berbekal perangkat yang ada tapi menjadikan pembelajaran tampil beda.

Demikian tulisan kami tentang Menjadi Guru Yang Kreatif dalam Proses Pembelajaran, semoga bisa bermanfaat dan sukses dalam penerapan.

Bagaimana pun juga Kreatifitas Guru menjadikan Siswa Aktif, mulailah terjadi Interaktif dan ruang belajar pun semakin berwarna serta kaya akan makna.

Referensi lainGuru Go Blog : Kerja Sampingan Guru Menjadi Blogger Sukses Sebagai Publisher 



Loading...

Baca selengkapnya

Blogger DepoJabar Senang Berbagi Informasi Positif dan Belajar Menulis

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *