Dunia InternetInternet
Trending

Menjadi Pintar Itu Lebih Mudah dengan Smart Drugs

Smart Drugs atau Cognitive Enhancer dapat Meningkatkan Daya Kerja Otak

 

Ada meeting atau hal yang harus diselesaikan dalam waktu dekat seperti skripsi, ulangan dan lainnya yang membutuhkan kamu untuk tetap fokus, rileks, lancar berbicara dan berenergi selama berjam-jam akan tetapi kamu tadi malam kurang tidur? Jangan khawatir! dengan Smart Drugs hal tersebut menjadi mungkin.

Pernahkah kamu menonton film berjudul “Limitless”?
Jika belum maka saya akan memberi sinopsis tanpa men-spoil film tersebut.

Film ini menceritakan tentang kisah hidup seorang penulis yang benama Edward Morra yang diperankan tidak lain oleh aktor favorit kita yaitu Bradley Cooper.

Edward mengalami masalah kreatifitas yang sangat merugikan hidupnya sebagai penulis. Dia mempunyai kontrak buku yang harus diselesaikan namun karena masalahnya tersebut dia tidak dapat mengarang bukunya.

Edward sangat kesulitan bahkan tidak satu kata pun tercurah. Masalah kreatifitasnya tersebut tidak hanya mempersulit dirinya akan kontrak buku tersebut akan tetapi juga membuat kualitas hidupnya menurun.

Hidupnya menjadi tidak karuan, seperti akan diusir dari kontrakanya karena telat membayar, di putuskan pacarnya, dan lain-lain.

Sampai disuatu jalan, ia tidak sengaja bertemu mantan kakak iparnya bernama Vernon yang dulu berprofesi sebagai pengedar obat-obatan. Edward di ajak mengobrol dan akhirnya menceritakan masalahnya dan pada akhirnya Edward di beri obat bernama NZT-48.

NZT-48 akan membuat si pengguna dapat menggunakan kapasitas otaknya secara penuh 100%. jika dibandingkan dengan manusia pada umumnya hanya dapat menggunakan sekitar 20%. Edward awalnya skeptical namun karena penasaran dan putus asa akhirnya edward mencobanya.

Dalam sekejap ia merasa sangat berbeda, pandangnya menjadi tajam dan vivid. Tiba-tiba ia dapat mengingat hal-hal yang sudah lama berlalu, Bicaranya menjadi lancar dan otaknya serasa penuh akan informasi.

Ia menjadi sangat termotivasi untuk melakukan sesuatu dan bukan hanya itu, ia juga mengerti apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukanya. Bahkan Edward dapat mengerjakan beberapa halaman bukunya dalam sekali duduk hanya dalam waktu satu malam.

Hidupnya berubah drastis, dengan adanya NZT-48 edward menjadi edward yang seharusnya. Dia menjadi sangat produktif bahkan belajar bahasa baru merupakan hal yang sangat mudah.

Bagaimana reader? Apakah jika NZT-48 itu benar-benar ada kamu minat untuk meminumnya?
Kalau saya sih sangat minat dan ternyata NZT-48 itu benar-benar ada di dunia nyata.

Baca jugaSelain Audrey Yu Jia Hui, Ini 7 Anak yang Menyandang Gelar Mahasiswa Termuda Indonesia

Apa itu Smart Drugs?

Smart Drugs
Source: CBC.ca

Tentu saja film Limitless terlalu melebih-lebihkan efek Smart Drug, Tidak ada Smart Drug yang akan memberikan efek sebegitunya kepada penggunanya.

NAMUN TUNGGU! jangan berhenti membaca karena Smart Drug itu benar-benar ada dan mungkin kamu akan terkejut dengan kemampuan mereka yang dapat merubah hidup kamu menjadi lebih produktif atau lebih baik secara umum.

Smart Drugs atau biasa dikenal dengan Nootropics tergolong sebagai Cognitive Enhancer yang dapat meningkatkan daya kerja otak.

Nootropics sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu Synthetic dan Natural.
Namun pada dasarnya Nootropics bertujuan untuk meningkatkan kinerja otak seperti Ingatan jangka pendek/panjang, fokus, konsentrasi, ketahanan mental (brain endurance), kelancaran berbicara (verbal fluency), kecepatan dalam belajar, dan lain-lain.

Namun beberapa Nootropics juga dapat memberikan efek lain seperti melawan stress, membantu tidur, merubah mood kamu menjadi lebih baik, menjadikan kamu rileks dan tenang dan lain-lain.

Terdengar menarik bukan?

Di artikel ini saya akan membahas Smart Drugs dari dasar karena Nootropics itu termasuk topik yang sangat rumit maka dari itu perlu penjelasan lengkap.

Natural Vs Synthetic Nootropics, Mana yang lebih baik?

Berbeda dengan Synthetic Multivitamins yang lebih susah di serap oleh tubuh, Synthetic Nootropics tidak walaupun tidak semua namun secara umum Synthetic nootropics akan mudah di serap tubuh.

Akan tetapi ada beberapa individual mengalami reaksi alergi terhadap nya walaupun kasusnya sangat jarang.

Secara umum perbedaan sangat mencolok antara Natural dan Synthetic Nootropics adalah reaksi mereka. Synthetic Nootropics akan memberikan efek yang lebih cepat sedangkan Natural tidak.

Walaupun ada Natural Nootropics memberikan efek cepat akan tetapi secara umum jenis ini akan membutuhkan waktu cukup lama untuk memberikan benefit/keuntungan bagi penggunanya.

Namun jika kamu adalah termasuk salah satu individual yang alergi terhadap Synthetic Nootropics maka Natural Nootropics adalah pilihan tepat untuk anda.

Di artikel ini saya akan membahas Synthetic terlebih dahulu, ayo kita bahas.

Smart Drugs Pertama

Nootropics mempunyai sangat banyak varian namun akan kita bahas Smart Drug pertama, The Mother of Smart Drugs.

Piracetam

Source: Wikipedia

Piracetam adalah Synthetic Smart Drug pertama kali di buat, di ciptakan sebagai Cognitive Enhancer lebih dari 50 tahun lalu.

Walaupun Piracetam adalah Smart Drug pertama, Piracetam masih sangat populer dan masih digunakan sampai sekarang oleh banyak orang.

Piracetam adalah Smart Drug yang paling banyak diteliti dengan ribuan penelitian dan percobaan klinik (Clinical Trials).
Piracetam sangat populer lebih dari 50 Tahun dan menjadi Brain Booster (Peningkat otak) yang sangat dapat di andalkan dengan keuntungan baru masih terus diteliti dan ditemukan hingga sekarang.

Keuntungan Piracetam

Piracetam membantu meningkatkan aliran darah di dalam otak, Kemampuan kognitif bergantung kepada cukupnya aliran darah di otak, mengantarkan oksigen dan nutrisi penting ke sel-sel otak agar berfungsi dengan efisien.

Piracetam juga memberikan efek positive terhadap metabolisme otak menjadikan otak dapat menggunakan oxygen dan nutrisi lebih cepat dan efektif.

Penelitian juga menunjukan bahwa Piracetam membuat penyerapan neurons di otak membuat oxygen dan nutrisi terserap lebih efisien dan tidak terbuang sia-sia.

Pengguna Piracetam melaporkan bahwa Piracetam dapat meningkatkan energi, fokus, kreatifitas dan kelancaran berbicara.

Piracetam juga dapat membantu meringankan tanda-tanda depresi seperti stress dan gelisah menjadikan penggunanya tetap tenang dan membantu fokus.

Penelitian juga menunjukan bahwa Piracetam mempunyai sifat neuroprotective secara efektif melindungi otak terhadap penurunan kognitif yang disebabkan oleh umur.

Nootropics satu ini juga meningkatkan aktifitas Acetlycholine, Acetylcholine adalah salah satu neurotransmitters yang sangat penting dan berperan dalam proses belajar (Learning), daya ingat, konsentrasi dan aspek kognitif lainya.

Piracetam juga dipercaya dapat mengatur reseptor glutamate di otak.
Glutamate adalah neurotransmitter perangsang yang terlibat dalam koneksi sinapsis di otak.

Glutamate sangat vital untuk Synpatic Plasticity, yaitu kemampuan sinapsis untuk menjadi kuat dan kendur seiring waktu.
Synaptic plasticity itu sangat penting untuk fungsi kognitif seperti proses belajar dan daya ingat dan dengan meningkatkan sensitifias glutamate reseptor, Piracitam dapat secara signifikan meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Jadi intinya Piracetam dapat meningkatkan kemampuan belajar, daya ingat, kelancaran berbicara/verbal, konsentrasi, fokus, kreatifias dan aspek kognitif lainya.

Dosis

Dosis umum Piracetam sebagai peningkatan kognitif untuk orang dewasa yang sehat adalah 4800mg/hari atau 4.8Gram dibagi dalam 3 dosis.

Penelitian menunjukan bahwa 4.8Gram adalah dosis paling efektif, penelitian lain juga menyimpulkan bahwa 1.2Gram dibagi menjadi tiga kali sehari mempunyai efek positif terhadap fungsi kognitif.

Piracetam memerlukan waktu 60-90 menit untuk bekerja dan agar efeknya terasa dan mempunyai half life (dimana suatu obat mulai berkurang efeknya secara 50%) kira-kira 5 jam.

Efek positif mungkin bisa dirasakan seketika, namun biasanya akan mulai sangat terasa jika terus menkonsumsinya selama kurang lebih dua minggu agar dapat merasakan efeknya secara penuh.

Jika kamu belum pernah menkomsumsi Piracetam dianjurkan untuk mencobanya pada dosis paling rendah.

Efek Samping

Tiada obat tanpa efek samping, namun Piracetam tergolong aman dan ditoleransi dg baik oleh tubuh.

Akan tetapi beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka merasakan pusing, gelisah dan susah tidur dan biasanya karena kekurangan Choline.
Oleh karena itu disarankan agar pengguna juga menkonsumsi Choline dengan Piracetam seperti Choline (Citicoline), Alpha GPC atau CDP Choline.

Namun apa itu Choline? kita akan bahas di artikel berikutnya.

Kesimpulan

Piracetam adalah Synthetic Nootropics paling tua dan salah satu yang paling banyak di teliti sebagai peningkat kognitif.

Kemampuanya sebagai peningkat kognitif sudah di dokumentasi secara menyeluruh, dengan ribuan penelitian dan percobaan klinik yang tersedia untuk publik.

Piracetam termasuk aman, mempunyai sangat sedikit efek samping dan ditoleransi dengan baik.
Jika kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan kognitif kamu dengan obat yang sudah terbukti aman dan efektif, Piracetam layak dipertimbangkan.

Akan tetapi sebelum menkonsumsi Nootropics alangkah baiknya jika anda berkonsultasi kepada para professional.

Di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang Choline yang dikenal sangat penting untuk kemampuan belajar dan salah satu nootropics harus di konsumsi dg nootropics lain.

Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Disclaimer!

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi, Kami bukan dokter atau professional.

Hanya mereka yang mempunyai pengetahuan dan pelatihan untuk menyarankan supplement atau obat apa yang baik untuk anda.

Penulis tidak bertanggung jawab atas hal-hal tidak di ingingankan yang terjadi akibat penggunaan obat/supplement di artikel ini.

Referensi:

Untuk referensi klik link ini


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :)

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close