Menjadi Selebgram

Menjadi Selebgram, Cara Generasi Kekinian untuk Mendapatkan Ketenaran dan Kekayaan

Menjadi Selebgram – Blogger, Youtuber, Selebgram adalah profesi-profesi baru yang 20 tahun sebelumnya tidak pernah kita jumpai.

Namun kini, profesi Blogger, Youtuber, dan Selebgram sudah banyak ditemui. Bahkan, menjadi cita-cita anak muda zaman sekarang, karena potensi kekayaan yang dihasilkan begitu luar biasa.

Jika kamu disuruh memilih dari tiga pilihan pekerjaan yang sudah disebutkan tadi, manakah kira-kira yang akan kamu ambil?

Menjadi Selebgram, Bagaimana Caranya?

 

Untuk menjadi Blogger pasti kamu sudah mengetahui caranya, yaitu dengan membuat blog, baik itu dari Blogspot atau WordPress, kemudian menautkannya dengan Google Adsense.

Adapun untuk Youtuber, kamu pasti juga sudah tahu, dimana kamu harus membuat sebuah video original, kemudian menguploadnya di Youtube dan menautkannya dengan Google Adsense.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya menjadi Selebgram? Mau tahu caranya? Simak pemaparannya di bawah ini:

1. Persiapkan alat

Yang dimaksud alat di sini adalah handphone atau kamera untuk digunakan sebagai alat pengambilan gambar. Instagram itu identik dengan gambar.

Loading...

Untuk memulai menjadi Selebgram, kamu harus mempersiapkan handphone atau kamera yang berkualitas baik.

Baca: 22 Dual Camera Phone: Smartphone Fotografi dengan Dual Fungsi

Jika saat ini kamu hanya mampu untuk membeli handphone, maka belilah handphone saja.

Namun, sebelum membeli handphone pastikan kamu membeli handphone yang dapat menangkap gambar dan video dengan kualitas sempurna agar hasil postingan Instagram nanti juga keren.

2. Instal aplikasi

Aplikasi apa yang diinstal? Yaitu aplikasi Instagram. Untuk menginstalnya, kamu bisa lari ke Google Play (pengguna android), kemudian ketikkan “instagram” dan kamu bisa mengunduhnya.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, maka segeralah mendaftar agar kamu bisa mengupload foto atau video pertamamu untuk dijadikan modal sebagai seorang Selebgram. .

Usahakan kamu sudah membaca artikel di bawah ini, agar kamu tidak salah langkah dalam mengutak-atik akun Instagram.

Sudah Baca? Mempercantik Bio Instagram Agar Lebih Menjual dan Menarik

3. Tersambung dengan internet

Alat dan aplikasi sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah harus memiliki koneksi internet. Ya, yang namanya Instagram itu tidak akan pernah bisa tersambung dengan internet apabila kamu tidak memiliki koneksi.

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan koneksi internet?

Belilah kuota yang saat ini sudah bertebaran di toko-toko selular atau jika kamu malas untuk membeli kuota, opsi lain seperti memasang internet di rumah sendiri bisa menjadi pilihan.

Katakanlah rumah kamu berada di pelosok kampung dan ingin menjadi seorang Selebgram, maka itu bukan suatu masalah karena kamu bisa memasang RT/RW Net yang saat ini sudah merambah ke pelosok-pelosok desa.

Itulah tadi gambaran sederhana, apabila kamu mau menjadi seorang Selebgram. Sekarang kamu ikuti dulu saja, ketiga cara yang sudah disebutkan tadi. Setelah itu, kamu bisa mengikuti cara-cara selanjutnya.

Tahapan Selanjutnya

Menjadi Selebgram

Katakanlah kamu sudah memenuhi ketiga syarat awal yang sudah disebutkan tadi, maka untuk melaju ke tahapan selanjutnya, kamu bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan konsep

Konsep yang dimaksud adalah postingan-postingan yang ingin kamu buat, apakah itu fokus pada gambar (foto) atau terfokus pada video-video singkat.

Jika kamu bingung memilih mana yang cocok, maka kamu bisa memilih dua-duanya dengan membuat konten selang-seling, yakni beberapa kotak berupa gambar dan beberapa kotak lagi berupa video.

Setelah konsep ini ditemukan, biasanya kamu akan mulai nyaman menjalankan aktivitas sebagai seorang Selebgram, karena penemuan konsep yang tepat akan membuat bakat yang selama ini terpendam benar-benar keluar.

2. Sering-sering upload

Maunya menjadi Selebgram terkenal dan kaya raya, tapi jarang upload?

Mimpi kali! Ya, yang namanya Selebgram itu harus sering-sering upload.

Karena dengan sering-seringnya kamu upload sebuah konten, maka peluang untuk menggaet followers baru semakin besar dan para followers lama pun semakin setia, sehingga mereka tidak akan melakukan yang namanya unfollow.

Jadi, jika saat ini followers Instagram masih berjumlah ratusan, maka tetaplah bersabar.

Ketahuilah, bahwasanya para Selebgram besar yang ada di luaran sana, dulunya juga mengalami hal yang serupa (memiliki followers sedikit) sebelum akhirnya memiliki jumlah pengikut jutaan.

3. Berdoa

Manusia berharap, namun Allah Ta’ala yang menentukkan. Ya, inilah hidup. Bisa jadi kamu sudah menjalankan segala upaya yang sudah disebutkan tadi, namun ternyata jalanmu bukan menjadi seorang Selebgram.

Jika kegagalan yang kamu temui, apakah harus menyerah?

Tentu tidak, karena kamu harus berkarya. Siapa tahu, kegagalan pertamamu tadi memberikan pelajaran yang luar biasa, sehingga kamu memperbaiki diri dan di kesempatan yang kedua ini kamu berhasil.

Terkadang hanya membutuhkan waktu untuk seseorang mendapatkan impiannya, karena Allah Ta’ala itu lebih tahu kapan sebaiknya seorang hamba mendapatkan rezeki, menerima keberhasilan, dll.

Tiga langkah di atas adalah langkah yang harus kamu lakukan, ketika cita-cita menjadi seorang Selebgram sudah menggebu-gebu di dada.

Apakah Sudah Mendapatkan Untung?

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, seorang Selebgram itu mendapatkan uang dari mana? Jika kamu termasuk dari sebagian orang-orang yang bertanya akan masalah itu, maka inilah jawabannya.

Jadi, seorang Selebgram mendapatkan uang dari sebuah iklan produk atau yang biasa kita kenal dengan nama endorsement atau yang populer endorse.

Seorang yang memutuskan untuk terjun ke dunia Instagram atau yang lebih khusus menjadi Selebgram tidaklah langsung mendapatkan uang.

Untuk mulai mendapatkan uang via Instagram, seorang Selebgram haruslah berjuang terlebih dahulu untuk mendapatkan followers.

Semakin banyak followers yang didapatkan, misal 400 k dalam 7 bulan. Maka peluang endorsement semakin besar. Jadi, banyak atau sedikitnya followers amat sangat mempengaruhi penghasilan seorang Selebgram.

Menengok Selebgram Indonesia

Beberapa nama yang akan disebutkan di bawah ini adalah nama-nama yang sebelumnya belum kita kenal, yaitu nama-nama yang memang memperjuangkan cita-citanya untuk menjadi Selebgram sejak awal.

Jadi, nama-nama yang akan disebutkan ini memang memulai karirnya dari nol tanpa ada embel-embel status artis atau numpang tenar dari nama orang lain. Penasaran, siapa saja mereka?

Ini dia orang-orangnya:

1. Arbae

arbae
Gambar: instagram.com/arbae7

Arbae dalam salah satu acara televisi pernah menyampaikan, jika keadaan keluarga yang serba kesusahan memotivasi dirinya untuk berubah.

Ya, pemuda yang selalu tampil bersama adiknya ini memang sengaja ingin menjadi Selebgram, karena saat itu ia berpikir hanya menjadi Selebgram lah kehidupannya bisa berubah.

Sekarang apa yang diperoleh Arbae? Kini Arbae sudah bisa hidup mandiri, membantu orang tua, bahkan membeli mobil hanya dengan menjadi Selebgram.

Keberhasilan Arbae bukanlah sesuatu yang mengherankan, karena saat ini jumlah followers Instagramnya sudah menyentuh angka 1,4 juta.

Dengan jumlah pengikut yang begitu besar, nampaknya tidak terlalu sulit baginya untuk mendatangkan uang, karena tawaran endorsement pasti selalu ada.

2. Ricis

menjadi selebgram
Gambar: instagram.com/riaricis1795

Sebelum eksis di dunia Youtube, Ria Ricis adalah seorang Selebgram yang sangat dikenal oleh penduduk Instagram.

Postingannya yang mengocak perut dengan beragam ekspresi wajah yang berubah-ubah menjadi daya tarik tersendiri bagi perempuan 22 tahun tersebut.

Jumlah followers Ricis sendiri tergolong banyak untuk ukuran Selebgram, dimana ia memiliki 8,1 juta pengikut. Dengan jumlah pengikut yang begitu besar, mendapatkan endorsement bukanlah sesuatu yang sulit bagi Ricis.

Apalagi kini ia juga terjun ke dunia Youtube yang sudah pasti semakin membuat pundi-pundi kekayaannya semakin bertambah banyak.

3. Tahilalats

tahilalats
Gambar: youtube.com

Tahilalats memang bukan seorang Selebgram, sebagaimana Arbae dan Ria Ricis.

Tahilalats adalah karakter komik yang memang sengaja dibuat Nurfadli Mursyid yang notabene admin, comic creator atau otak dibalik semua kelucuan yang ditampilkan Tahilalats.

Tahilalats sendiri saat ini memiliki followers sebanyak 2,5 juta, sehingga tak heran apabila ada beberapa postingan yang berbau iklan alias endorsement. Postingan di bawah ini adalah salah satunya:

Dari Tahilalats, sebenarnya kita juga bisa mengambil sebuah pelajaran berharga, dimana dengan kreativitas, kita tetap bisa mendatangkan uang, meskipun posisi kita saat ini berada di belakang layar.

Hanya tiga orang saja? Iya, hanya tiga orang saja yang diangkat pada pembahasan kali ini, karena ketiga orang tersebut sangatlah menginspirasi.

Sebenarnya masih ada nama-nama Selebgram lain, namun ketiga nama di atas (2 Selebgram, 1 comic creator) dirasa sudah cukup untuk mewakili.

Kesimpulan

Sebelum menutup pembahasan tentang menjadi Selebgram ini, ada beberapa hal yang harus kamu ingat, yaitu:

1. Jangan umbar aurat

Terkadang ada beberapa orang yang rela dan secara sadar mengumbar auratnya untuk konsumsi publik hanya untuk menjadi Selebgram. Apakah hal tersebut salah?

Tentu salah, karena hal yang demikian itu akan membawa dampak buruk bagi generasi penerus bangsa. Lagipula, kalau kamu seorang muslim, apakah kamu tidak malu menampakkan keindahan tubuh yang seharusnya ditutupi?

2. Jadi diri sendiri

Menjadi Selebgram itu tak harus jungkir balik, bertingkah gila atau melakukan hal-hal konyol lainnya. Cukuplah kamu menjadi diri sendiri dengan mengupload postingan-postingan yang alami dan apa adanya.

Jika kamu seorang yang hobi fashion, maka upload saja baju-baju model terbaru di akun IG. Begitu pula ketika kamu hobi jalan-jalan, maka upload saja foto-fotomu ketika sampai di lokasi wisata tertentu.

Intinya tidak usah memberatkan diri, karena jadi diri sendiri itu lebih gampang, menyenangkan dan menghasilkan. Setuju?

Itulah tadi beberapa hal yang ingin disampaikan dan diingatkan. Tentu masih ada hal-hal lain yang masih bisa kamu tambahkan sendiri dan menjadi pengingat ketika kamu ingin menjadi Selebgram.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat, dan seperti biasanya apabila ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan kamu mencantumkannya di kolom komentar.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *