menjadi vlogger

Menjadi Vlogger Sukses dengan Menerapkan 4 Cara Ini

Menjadi Vlogger – Ingin berkarir di dunia Youtube, tapi masih bingung dengan konten yang ingin dibuat? Cobalah menjadi vlogger dan isi konten Youtubemu dengan kegiatan sehari-hari. Bagi yang belum tau istilah vlogger silahkan baca dulu bagaimana perincian dan cara Youtube membayar para Vlogger.

Mengapa harus vlogger? Karena proses editingnya mudah, syuting bisa dimana saja dan kapan saja, serta tak harus memikirkan konsep yang terlalu rumit.

Meski mudah bukan berarti setiap orang bisa menjadi vlogger, karena untuk sukses di dunia vlogging ini ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Dan untuk mengetahui cara-caranya, silahkan kamu menyimak penjelasannya dibawah ini!

4 Cara untuk Menjadi Vlogger Sukses

Sama seperti profesi lain, dimana segala sesuatunya tidak didapatkan dengan mudah dan membutuhkan kerja keras. Maka, kamu pun juga harus melakukannya agar cita-cita menjadi vlogger sukses bisa tercapai dalam satu atau dua tahun ke depan.

Dan untuk membantu kamu mencapai cita-cita itu, ada 4 cara atau tips yang harus kamu lakukan. Dan keempat cara tersebut adalah:

1. Karakter

Menjadi Vlogger
Gambar: Arief Muhammad

Di tahun 2015 dan 2016 awal, jumlah subscribers Arief Muhammad masih berada di angka puluhan ribu. Namun, setelah itu jumlah subscribersnya terus bertambah dan saat ini hampir mencapai satu juta subscribers atau sebentar lagi mendapatkan gold play button.

Salah satu faktor yang menunjang pertumbuhan channel Arief Muhammad adalah karena ia memiliki karakter, yakni pembawaannya yang santai, sederhana dan apa adanya.

Jadi, ketika kamu ingin menjadi vlogger sukses tidak perlu repot-repot membuat kalimat opening, seperti hey guys .. bla .. bla, apa kabs .. bla .. bla atau heyho .. bla .. bla.

Loading...

Cukuplah kamu menjadi diri sendiri, karena dengan menjadi diri sendiri kamu akan memiliki karakter dan karaktermu itu bisa jadi membuat orang lain jatuh cinta.

2. Kreativitas

Menjadi Vlogger
Gambar: Raditya Dika

Raditya Dika adalah Youtubers pertama Indonesia yang berhasil meraih Gold Play Button. Meski menjadi Youtubers pertama di Indonesia yang memiliki 1 juta lebih pengikut, nyatanya viewers dari Raditya Dika hanya mencapai puluhan ribu.

Seolah tak ingin kejadian tersebut berlarut-larut, Raditya Dika pun membuat berbagai macam konten dari main game, interview, serial komedi hingga review makanan.

Setelah melewati berbagai macam konten, akhirnya video yang berjudul “Perang Makanan” akhirnya sukses dilihat ratusan orang. Bahkan, selalu menghiasi kolom trending Youtube Indonesia.

Jadi, untuk menjadi vlogger sukses dibutuhkan kreativitas agar penonton tertarik melihat video yang kamu buat. Dan poin ini tidak hanya berlaku untuk vlogger saja, karena semua yang berkecimpung di dunia Youtube membutuhkan yang namanya kreativitas.

3. Konsisten

Menjadi Vlogger
Gambar: Ujung Oppa

Ujung Oppa atau yang dikenal Ricky Ujung ketika berada di Indonesia adalah Youtubers asal Korea Selatan yang saat ini sudah memiliki jumlah subscribers sebanyak 210 ribu lebih.

Di tahun 2016, jumlah subscribersnya masih berada di angka puluhan ribu. Namun, berkat kegigihannya mengupload video setiap hari. Kini, para subscribersnya sudah mencapai 200 ribu lebih dan sukses meraih silver play button.

Poin yang bisa diambil adalah bagaimana perjuanganmu untuk konsisten mengupload video setiap hari pasti tidak akan pernah sia-sia, karena suatu saat akan mendatangkan hasil yang manis dan memuaskan.

Lagipula seorang vlogger memang harus sering-sering mengupload video, paling tidak seminggu satu kali atau dua kali agar video-video yang kamu buat tidak tenggelam oleh video-video dari vlogger lain yang lebih konsisten.

4. Kualitas

Menjadi Vlogger
Gambar: AuthenTech – Ben Schmanke

Kualitas sebuah video menjadi salah satu penyebab kesuksesan seorang vlogger di dunia Youtube. Namun, apabila saat ini masih belum cukup uang untuk membeli kamera yang bagus, gunakanlah kamera seadanya yang setidaknya mampu menghasilkan gambar cerah dan tidak buram.

Menggunakan kamera yang seadanya bukanlah sesuatu hal yang buruk, karena Bayu Skak pun juga pernah menyampaikan nasehatnya kepada Youtubers pemula untuk segera beraksi, meskipun kamera yang saat ini digunakan tidak terlalu bagus.

Intinya tidak usah membebani diri. Namun, ketika rezeki sudah ada dan mampu untuk membeli kamera yang lebih bagus, maka belilah agar kualitas gambar, resolusi hingga pengambilan gambar bisa diperbaiki.

Referensi6 Kamera yang Sering Digunakan YouTubers Untuk Membuat Vlog

Menjadi Vlogger Lebih Menjanjikan?

Menjadi Vlogger
Gambar: Gokil Abis

Apa yang kamu lihat dari gambar diatas? Pasti kamu akan langsung tertuju dengan penghasilan dollar di dashboard yang nilainya cukup fantastis, yakni 2.621.68 dollar. Sebuah pemandangan yang menakjubkan, sekaligus membuat orang iri, karena Youtubers lain untuk mencapai angka 100 dollar saja masih kesulitan.

Gambar diatas adalah salah satu bukti, jika konten vlogging memang lebih menjanjikan. Lantas, apakah konten lain tidak menjanjikan? Sama-sama menjanjikan. Namun, dari segi konsep membuat vlog lebih mudah, karena kamu hanya tinggal berbicara di depan kamera.

Mungkin akan ada yang tidak setuju dengan alasan diatas, karena bagaimanapun seorang vlogger juga harus memikirkan konsep yang ingin ia buat agar konten yang dihasilkan tetap berkualitas.

Memang betul demikian, karena bagaimanapun seseorang tetap harus memiliki konsep. Namun, mari kita kembalikan lagi dari segi kemudahan, dimana vlog amat sangat mudah untuk dijalankan, karena ketika mau ke pasar, kerja atau mungkin ke pesta pernikahan kamu tetap bisa membuat vlog.

Sekarang bandingkan dengan Calon Sarjana, sebuah channel yang membahas mengenai hal-hal unik, misterius dan lucu. Kira-kira apakah sang pemilik channel bisa dengan mudahnya membuat konten? Pasti jawabnya tidak, karena dalam pembuatan video Calon Sarjana membutuhkan waktu, menggali topik hingga sumber referensi.

Kesimpulan

Ketika memutuskan terjun di dunia Youtube sebagai vlogger, maka tetaplah menjadi seorang vlogger dan tidak usah membelot ke jalan lain. Apabila sewaktu-waktu bosan dengan kegiatan vlog, kamu bisa membuat konten yang berbeda, seperti challenge, reaksi atau game.

Dengan fokus menjadi seorang vlogger, berarti kamu sudah memberitahu para penonton bahwa isi channelmu memang kegiatan sehari-hari. Sehingga, apabila suatu saat nanti kamu membuat konten yang berbeda, kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mengembalikan jati dirimu sebagai seorang vlogger.

Baca: Rahasia Youtubers Dalam Membangun Channel, Pahamilah!

Berbeda halnya, apabila kamu terjun ke dunia Youtube dan memutuskan menjadi seorang prankster, kemudian kamu jarang membuat video prank dan beralih ke vlog, maka apa jadinya channelmu? dan yang pasti subscribers setiamu akan kecewa, bahkan bisa saja mereka unsubscribe.

Jadi, perhatikanlah itu dan gunakan 4 cara yang sudah disebutkan tadi, apabila ingin menjadi seorang vlogger yang sukses di dunia Youtube Indonesia.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Avatar

    adel

    ( - 16:50)

    mas, maaf melenceng dari topik
    kenapa yah penghasilan youtube berkurang drastis, di cek di analis – Lifetime tetep aja 11$ dari sebelum nya pendapat 90$

      Leo Setiawan

      Leo Setiawan

      ( - 21:06)

      Mungkin, sebagian viewers memasang pemblokir iklan. Itu hanya salah satu faktor, tentu masih ada faktor lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *