Adsense Di Youtube

Pengen Banget Menjadi Youtuber Sukses? Pahami Pedoman Berikut Ini

Youtuber Sukses Indonesia – Sekitar tahun 2011, Youtube Indonesia masih sulit untuk dimonetisasi. Hanya channel dengan popularitas tinggi dan menerima tawaran dari Youtube sendiri yang dapat melakukan monetisasi.

Waktu itu tidak banyak pemain Youtube di Indonesia, hanya ada beberapa video musik, video komedi, dan beberapa genre video lainnya yang tidak terlalu banyak variasi.

Hingga Google Adsense masuk ke Indonesia pada tahun 2012, maka di saat itulah Youtube mulai memberikan akses bagi siapapun untuk bermain di Youtube dan menghasilkan uang. Apa yang ditanam oleh beberapa Youtuber pada tahun 2012, itulah yang dapat kita temukan saat ini : KESUKSESAN.

Mulai dari debut Raditya Dika yang memang sudah banyak memposting tentang aksi Stand Up Comedy yang ia bawakan, sampai di tahun yang sama video Gangnam Style menjadi video paling banyak ditonton dengan 1 Milyar Viewers. Rekor yang sangat fenomenal saat itu.

Youtuber Sukses

Perlahan namun pasti , Youtube mulai diburu, apalagi setelah diketahui video Gangnam Style karya PSY tersebut mendapatkan kurang lebih U$8 juta dollar yang bila dirupiahkan sekarang nilainya mencapai  Rp. 104 milyar ( U$1 = Rp. 13.000,- ) .

Raditya Dika juga mencapai popularitas yang sangat tinggi saat ini berkat konsistensinya dari tahun ke tahun, kini ia merupakan Youtuber Sukses dengan subscriber paling dashyat di Indonesia, sudah lebih dari 1,5 juta subscribe.

Memang, Raditya Dika adalah fenomena tersendiri di Indonesia, karena sebelum ketenarannya di portal video daring ini, si Radit, panggilan akrabnya sudah sukses menjadi blogger populer di Indonesia. Bahkan debut bukunya pertama – Kambing Jantan, adalah salah satu blook , atau blog yang dibukukan beralamat di kambingjantan.com yang menjadi debut pertamanya di dunia film, dan itu yang mengawali karir filmnya.

Loading...

Namun seperti yang pernah saya tulis , membukukan blog punya konsekuensi tersendiri . Konsekuensinya , blog tersebut ditutup dengan alasan komersil.

Selain dua fenomena, antara PSY dan Raditya Dika, ada beberapa fenomena lain yang menandai perkembangan awal Youtuber Sukses di Indonesia.

Fenomena Youtuber Sukses Indonesia

Youtuber Sukses

Di waktu yang sama ( 2012 ) saya ingat benar, video apa yang sangat populer di Youtube . Yakni : K-POP. Korean Pop adalah genre musik terpopuler di Indonesia pada tahun 2012. Begitu banyak artis-artis korea yang menunjukkan taji nya setelah Gangnam Style merajai tangga viewers di Youtube. Mulai dari 2PM, Super Junior, Big Bang, sampai SNSD.

Lalu diikuti oleh beberapa penggiat musik Indonesia , membuat format yang serupa. Maka muncullah SMASH, Dragon Boys, sampai Cheryy Belle.

Di tahun itu , video musik dengan genre musik dentuman pop sangat populer, mengikuti influence dari Korea. Bisa dikatakan tahun 2012 adalah awal yang sangat manis bagi eksistensi Youtube di Indonesia . Beberapa musisi internasional yang sangat populer saat ini memulai debutnya. Sebut saja One Dicection dan Adele.

 Namun seperti batu akik yang musiman, tidak semua bertahan. Seiring dengan hilangnya euforia, mereka kehilangan posisi nya sebagai hits maker

Menjadi Youtuber musiman bukanlah pilihan yang tepat, namun inilah yang paling sering terjadi. Tidak hanya di Indonesia namun di tingkat dunia : Sudah hits, lalu jatuh dengan cepat

Kini , hampir setiap nama yang saya sebutkan di atas ( musisi K-POP ) banyak menghilang dari layar monitor Youtube Indonesia , digantikan dengan genre lain yang lebih mantap.

Hal itu dikarenakan mereka yang muncul hanya mengandalkan euforia tersendiri, menjadi pengekor, dan tidak punya satu keunikan tersendiri yang akan menjual sepanjang waktu.

Youtuber Sukses Harus Pandai Menilai Zaman

Bila anda adalah salah satu Youtubers , tentu tahu video musik apa yang paling laris saat ini ? Di tahun artikel ini dibuat : 2016.

DANGDUT.

Ya, benar sekali, video dangdut merajai musik Indonesia saat ini.

 Hanya menunggu waktu saja, saya yakin genre ini akan terganti dengan genre lain yang lebih segar. Karena memang tren selalu berganti ibarat sebuah siklus

Untuk itu anda perlu tahu satu hal yang penting : Orang Indonesia mudah termakan euforia.

Maka dari itu, peluang menjadi seorang Youtubers sangat besar, karena apa yang unik di sekitar kita dapat menjadi sebuah euforia . Dan membuat video “ numpang tenar “ dari sebuah topik sangat dapat diandalkan mendapat banyak viewers dari Youtube, yang otomotis memberikan penghasilan luar biasa.

Euforia sendiri di sini adalah apa yang sedang digilai oleh netizen, apa yang sedang hangat dibicarakan, bila anda membuat video dengan topik ini , maka niscaya video anda akan sangat ramai ditonton. Namun sama seperti tahi ayam, hangatnya hanya sebentar.

Apa contoh sederhananya ?

Ketika seorang Justin Bieber merilis video musik berjudul What Do You Mean tahun 2015 lewat , maka video apa yang mengikuti ketenarannya ?

Buatlah Parodi

Banyak parodi dari lagu-lagu yang hits , dan sama seperti lagu utama, lagu parodi yang menarik juga akan mendatangkan banyak penonton.

Youtuber Sukses

Selain itu, anda bisa mengandalkan prinsip : “ Orang Yang Tepat Di Waktu Yang Tepat “ .

Apa maksudnya ? Jadilah bagian dari sebuah topik hangat.

Bila suatu waktu , ada peristiwa yang sangat fenomenal , seperti contohnya kerusuhan supporter Indonesia di GBK , maka video apa yang membuat channel anda mendapat ketenaran ?

Ya , anda dapat menjadi bagian dari video tersebut. Rekam yang terjadi.

Misalnya ada sebuah kejadian luar biasa , jatuhnya sebuah pesawat di kota dan anda berada tidak jauh di lokasi kejadian, maka rekamlah yang terjadi, dan pasti video anda menjadi viral dan mendatangkan banyak sekali penonton.

Atau , ketika sedang hangat-hangatnya Pemilu Indonesia, maka video apa yang bisa hits ?

Tahun 2014 adalah contohnya, dimana pemilih mayoritas adalah anak muda dan dari keseluruhannya sudah mengkonsumsi internet. Maka banyak kampanye dan pesan-pesan pemilu disampaikan lewat internet.

Beberapa video juga memuat parodi-parodi yang memberikan sindiran halus bagi satu maupun calon lainnya.

Video bertemakan jingle untuk salah satu kandidat pemimpin, ataupun Speech Compose juga menjadi yang paling laris .

Banyak bintang baru muncul ketika masih panas-panasnya suasana Pemilu 2014, namun seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya  : Mayoritas gugur digulung zaman.

Maka, kalau anda punya ide, buatlah sesuatu yang “ lekat “ dengan kepopuleran suatu peristiwa

Inilah pedoman mendapatkan banyak penonton. Memang kita tidak tahu kapan “ keberuntungan “ itu datang, kapan anda bisa mendapatkan video yang menarik, kapan anda berada di tempa yang tepat,  namun dengan membaca sub topik ini, setidaknya anda bisa memanfaatkan momentum yang ada sebaik mungkin. Bawalah kamera setiap saat, entah itu via smartphone atau kamera digital , lalu abadikanlah momen yang menurut anda dapat menjadi magnet tersendiri di kalangan penikmat Youtube.

Bakat Asli

Video musiman memang menggiurkan, bila anda berada di waktu yang tepat , berada di satu zona hangat dan bisa merekamnya, maka kepopuleran akan mengikuti channel yang anda bangun.

Namun seperti video musiman, maka tidak menjadi jaminan anda selalu berada di titik hangat tersebut.

Untuk menjadi Youtuber konsisten, dan menghasilkan uang yang amat banyak, apalagi menjadi Youtuber Full Timer, anda tidak  bisa hidup hanya dari “ ads” saja , melainkan dari sumber lainnya, buatlah sebuah video dengan bakat asli.

Apa yang dimaksud dengan bakat asli ?

Video bakat asli adalah kemampuan yang anda miliki untuk membuat sebuah video berdasarkan bakat yang anda miliki, dan itu tidak akan habis meski dieksplorasi sebanyak mungkin

Salah satu video jenis ini yang banyak di Youtube adalah : Parodi, Vlog, Fashion, Desain, Games, Explainer, How To, Traveler, dan lain sebagainya.

Video jenis ini , kuantitas produksinya pasti sangat banyak, dan pastinya keuntungan yang anda dapatkan tidak sekedar dari “ ads “ melainkan dari sumber lain.

Mau contoh  ?

Video bakat asli akan memberikan anda pemasukan bukan dari iklan saja, melainkan penampilan offline dan konversi strategis lainnya

Kenalkah anda dengan Edho Zell ?

Salah satu Youtuber sukses hits Indonesia yang selalu membawa parodi dan genre humor dalam tiap ekspos nya.

Maka, apakah anda yakin bahwa Edho Zell bisa hidup dari iklan Youtube saja ?

Kalau lihat sekilas, Edho Zell ini tampaknya sangat aktif dalam membuat video Youtube , setiap harinya bahkan .  Dan membuat kita menyimpulkan bahwa ia tidak punya pekerjaan lain selain hanya Youtube dan Youtube.

Pemikiran ini tidak salah, dan tidak benar 100 %…

Simak video Edho Zell, salah satu Youtuber Sukses Indonesia.

Edho Zell memang mendapat banyak sekali uang dari iklan Youtube, namun ia punya debit penghasilan lain dari sumber yang juga relevan dengan bakatnya dalam mengkomunikasikan kegelisahannya menjadi sebuah komedi.

Apa itu ?

MC / Presenter.

Biasanya Youtuber sukses yang terkenal  melakukan ekspansi bisnis nya ke bidang offline untuk memaksimalkan earning.

Menjadi presenter contohnya di event-event , mulai skala kecil sampai skala besar. Contohnya saja Pandji Pragiwaksono, yang memang banyak mendapat job untuk menjadi presenter, mulai dari acara ulang tahun, sampai pernikahan.

Belum lagi diundang dalam sebuah talkshow , membuat buku, menjadi brand ambassador, menjadi mitra marketing sebuah perusahaan, menjadi pembicara, dan kalau Youtuber berkumpul  , mereka bisa saja membuat film layar lebar sendiri .

Dan itu memang sudah mereka lakukan

Solidaritas seorang Youtuber cukup kuat, dan generasi ini didukung oleh Raditya Dika yang sejak awal memang menjadi “ rajanya “ di Indonesia. Contoh paling sederhana adalah dalam film terbaru Raditya Dika yang akan tayang lebaran tahun ini, Koala Kumal yang diangkat dari judul novel yang sama.

Film tersebut adalah keroyokan beberapa youtuber Indonesia yang cukup hits, sebut saja Kevin Anggara, yang disebut-sebut masuk dalam list pemain di film ini.

Kesimpulan

Kalau anda hanya berpikir mencari uang di Youtube untuk mendapatkan uang sampingan, mencoba-coba saja, tes keberuntungan, maka menjadi Youtuber musiman adalah jawabannya .

Buatlah banyak video lewat pengamatan di sekitar anda, atau cara paling umum : Dengan membuat video remix dari lagu yang hits.

Karena mencari uang dari Youtube cukup mudah, buatlah video produktif setiap hari, semakin banyak video yang anda miliki, semakin besar potensi yang didapat. Namun ingat, jangan SPAM !

Dan biasanya Youtuber sukses musiman hanya fokus pada peningkatan earningnya, tidak banyak berpikir meningkatkan elektabilitas namanya, dan berpikir secara jangka panjang pada progress channel nya .

Namun kalau anda merasa , Youtube adalah solusi untuk perbaikan taraf hidup, mulai eksplorasi bakat anda yang memang bisa dikonversikan menjadi sebuah video. Tidak mengejar earning semata, tetapi juga kepopuleran jangka panjang.

Baca juga : Mengapa Banyak Blogger Yang Hijrah Ke Adsense Youtube?

Karena biasanya kepopuleran akan sejalan dengan penghasilan. Maka buatlah dirimu terkenal dan rengkuhlah uang sebanyak mungkin.

Populer dan bakat dalam hal ini bukan bermuatan negatif, seperti : Menghina orang, menjelekkan agama tertentu, membuat video kontroversi menggunakan tubuh ( mengarah ke p*rnografi ).

Buatlah video yang menampilkan bakat positif, dan kelak bisa membuat penonton mengikuti videomu setiap saat.

Semua di adsense soal minat, kembangkan minat anda, pertunjukkan, dan carilah peminat serupa sebanyak mungkin dan konversikan menjadi penggemar anda

Itulah esensi sebenarnya mencari uang di Youtube.

Sebut saja musisi kelas dunia yang memulai debutnya dari video Youtube. Justin  Bieber dan PSY adalah contoh yang paling nyata, dan kepopulerannya tetap bertahan sampai saat ini.

Penutup

Nah , semua kembali kepada anda . Bawalah sense dalam beraktivitas di Youtube , agar kegiatan ini tidak menjadi beban yang membuat anda sampai tidak nyenyak tidur dan makan karena terlalu memikirkan nya, atau mengeluh soal pendapatan yang teramat kecil.

Boleh berharap penghasilan besar dari portal daring ini, namun tetap rasionalistis, hanya video berkualitas baik sajalah yang bisa menghasilkan banyak pundi.

Memang , banyak yang mengeluhkan , mengapa ketika videonya ditonton jutaan orang . namun uang yang ia terima sedikit, tidak sebanding dengan cerita-cerita sukses yang pernah dilontarkan oleh mereka yang sudah lebih dulu menghasilkan banyak uang dan membagikan triknya.

Apa yang salah ? Youtube kah yang salah ?

Tidak. Ada sesuatu yang ganjil pasti pada video anda.

Entah itu tidak ramah pengiklan, lama penayangan yang sangat singkat, sampai konten yang mengandung hak cipta.

Bahkan saya pernah mendengar dari salah satu orang yang disebut-sebut master adsense, Mbak Indri Lidiawati, bahwa video dengan penayangan 7000 menitlah yang mendapat kelipatan earning U$1 , bukan dihitung dari jumla pemirsa di video tersebut.

Bila pun video yang anda buat ditonton jutaan orang,  hanya dengan durasi 0.30 detik saja, lewat hitngan diatas maka penayangan video anda hanya menghasilkan U$42 dollar saja, atau Rp. 557.000 saja.

Bagaimana menurut anda ?

Sekali lagi , itu belum tentu indikator yang dipakai Youtuber sukses sebenarnya. Anda bisa buktikan sendiri.

Demikian, semoga bermanfaat !



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Artikel terkait

5 Comments

  1. Kalau ingin mencapai banyak dollar dari Youtube, buat video dengan durasi panjang minimal 3 menit. Lebih bagus lagi kalau di atas 7 menit. Karena berdasarkan yang pernah saya baca, hitungan dollar bukan berdasarkan penayangan, melainkan lama penayangan itu sendiri. Semoga membantu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *