Ulasan Bisnis

3 Kelebihan Menjalankan Bisnis Dari Hobi Anda

Semua orang termasuk anda mungkin memiliki hobi yang berbeda-beda. Hobi bagi sebagian orang tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Hobi juga dapat dijadikan sebagai bisnis untuk menambah pundi-pundi uang kita. Ya, menjalankan bisnis dari hobi bukan lagi sekedar usaha sampingan pengisi waktu luang tetapi sudah menjadi tuntutan profesi.

Syarat menjadikan hobi sebagai sebuah bisnis adalah pelakunya harus memiliki sifat disiplin dan mau memperdalam skill dan pengetahuan hobi yang disukainya, pastikan fokus pada satu hobi saja untuk keperluan usaha. Hal itu dimaksudkan agar usaha yang dijalankan lebih fokus dan terarah.

Dalam pelaksanaannya, menjalankan sebuah usaha berdasarkan hobi biasanya akan sangat menikmati dalam proses perjalanannya. Bermacam-macam hobi dapat mendasari terbangunnya sebuah usaha, seperti olahraga, menulis, memasak, memelihara hewan atau tanaman tertentu dan lain sebagainya.

Ketika menekuni suatu bisnis dari hobi biasanya seseorang akan paham dan mengerti tentang berbagai hal yang berhubungan dengan hobinya tersebut.

Misalnya, seorang yang hobi sepakbola, maka dia akan sangat gamblang menyebut puluhan kesebelasan di dunia, hafal berbagai warna kostumnya, jadwal pertandingannya bahkan mereka juga tahu harga pakaian dan mobil yang dipakai idolanya.

Semakin tahu banyak hal tentang hobi yang disenanginya maka hal itu akan semakin menambah kebanggaan dihadapan sejawat pehobi yang lain dan tentunya merupakan suatu kepuasan batin tersendiri bagi pelakunya.

Untuk meraih itu semua maka tidak jarang puluhan bahkan jutaan rupiah dikeluarkan begitu saja demi tersalurkannya hobi dan terpuaskan secara batiniah yang tentunya memiliki keuntungan tersendiri.

bisnis dari hobi

Kelebihan membangun bisnis dari hobi

Berikut ini keuntungan membuka usaha yang berawal dari hobi :

Lebih menikmati proses berbisnis

Semua aktivitas dalam bekerja yang dilakukan berdasarkan kesukaan, cinta dan sebagainya biasanya meski mengalami kesulitan akan tetapi tetap dilaksanakan.

Berbeda apabila melakukan pekerjaan yang tidak didasari oleh kesukaan dan kecintaan, meski ringan, namun pekerjaan itu menjadi terasa memberatkan dan sulit untuk melaksanakannya.

Dengan menjalankan usaha yang sesuai dengan hobi, maka akan lebih bahagia dalam menjalankannya. Tentunya akan ada tambahan dari segi penghasilan dari usaha yang dijalankan berdasarkan hobi tersebut.

Lebih mudah menjalankan

Tentunya untuk menjalankan sebuah usaha perlu dibekali dengan skill dan pengetahuan yang memadai mengenai usaha tersebut.

Tanpa skill dan pengetahuan yang cukup seorang pelaku usaha akan kesulitan untuk menjalankan apalagi mengembangkan usahanya.

Satu nilai plus dari usaha yang dimulai dari hobi adalah pelaku usaha tersebut sudah memiliki pemahaman yang cukup terhadap usahanya karena mereka sudah sering berkecimpung di bidang tersebut walau sebatas hobi.

Tentunya seorang yang hobi otomotif pasti memiliki pemahaman yang cukup dengan dunia otomotif. Tinggal ditambah dengan pengetahuan dibidang marketing dan bisnis maka mereka sudah memiliki bekal yang sangat cukup untuk memulai usahanya.

Lebih tahan banting

Kegagalan merupakan suatu hal yang biasa dalam sebuah usaha.

Terpenting adalah bagaimana pelaku usaha dapat bangkit dari kegagalannya serta mau belajar dari kegagalan untuk mendapatkan manfaat dari kejadian tersebut.

Ketika seseorang yang memiliki usaha berdasarkan dari hobi, mereka tidak akan peduli dengan berapa banyak uang dan waktu yang dikeluarkan.

Hal ini karena mereka yang menjalankan usaha bisnis dari hobi, merasa uang bukanlah segalanya. Karena mereka lebih mengincar kepuasan batin pada dirinya.

Namun jika sebuah usaha yang berdasarkan hobi dipadukan dengan ilmu bisnis yang tepat, maka sebuah kesuksesan dapat diraih dengan mudah, tentunya dengan kekuatan untuk terus bangkit.

Beberapa hobi yang bisa menjadi sebuah bisnis

Olahraga

Hobi yang satu ini termasuk yang banyak penggemarnya. Mulai olahraga ringan seperti lari sampai olahraga yang supermahal seperti balap mobil semua mempunyai penggemar dan penghobi masing-masing.

Kalau anda termasuk yang punya hobi olahraga, maka anda tinggal mengembangkannya menjadi sebuah bisnis.

Misalnya kalau anda hobi sepakbola, anda bisa menjual pernak-pernik (merchandise) beberapa klub sepakbola, mendirikan toko olahraga, menyewakan peralatan olahraga, menjadi instruktur (pelatih) dan lain sebagainya.

Baca juga : 32 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungan

Otomotif

Salah satu hobi yang juga banyak penggemarnya adalah otomotif. Bagi anda para penghobi otomotif, bisa menyalurkan hobi anda menjadi sebuah bisnis dengan mendirikan bengkel, menjual onderdil dan asesoris, atau bisa menjadi makelar jual beli motor (mobil).

Memasak

Hobi yang identik dengan kaum hawa ini juga bisa menjadi ladang bisnis bagi yang suka memasak. Anda bisa membuka bisnis jasa catering, membuat aneka kue, atau kalau anda sudah jago memasak bisa membuka kursus tata boga.
Sebenarnya masih banyak hobi yang bisa menjadi ladang bisnis…tinggal kemauan dan kemampuan anda mengeksplorasi hobi anda masing-masing yang menentukan keberhasilan usaha anda.

Menjalankan bisnis dari hobi ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, selain dapat menyalurkan hobi juga bisa menambah pundi-pundi penghasilan tetapi jika tidak kita kelola dengan baik maka bisa menjadi bumerang.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close