Bisnis OnlinePeluang usaha

Ingin Menjalankan Bisnis Online Tanpa Modal Besar? Ini Triknya!

Menjalankan bisnis online tanpa modal besar – Kecanggihan teknologi semakin hari semakin besar saja dampaknya bagi kehidupan kita, juga termasuk pada kehidupan perekonomian. Salah satu bidang yang juga ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi adalah bidang merketing atau penjualan.

Banyak orang yang kini beralih pada jual beli berbasis online daripada jual beli secara konvensional. Salah satunya adalah banyaknya orang yang beramai – ramai menjalankan bisnis online.

Namun demikian, tak jarang jika memulai sebuah bisnis online pun kita perlu modal yang cukup besar. Mulai dari modal mempersiapkan produk yang akan dijual hingga modal untuk membuat sebuah flatform jualan.

Kapan ide menjalankan bisnis online mulai populer?

Kurang lebih pada tahun 1995, ada dua tonggak kemunculan bisnis online di dunia yaitu ebay dan Amazon. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komputer dari tahun ke tahun, maka bisnis online pun perlahan namun pasti mulai mewabah ke seluruh dunia.

Di indonesia sendiri, sejak tahun 2000an internet mulai semakin berkembang, dan seiring itu pula bisnis online mulai dilirik.Lalu, semakin banyaklah situs – situs jual beli online bermunculan. Kehadiran situs ini semakin memudahkan para konsumen yang ingin membeli sebuah produk secara lebih praktis.

Sejak itu pula tren berbelanja online semakin dikenal. Semakin hari, perkembangan dunia internet marketing makin meningkat saja, selain lewat situs jual beli online, berbelanja online pun bisa dilakukan lewat penggunaan sosial media.

Situs jual beli online yang banyak digemari masyarakat Indonesia

Kehadiran situs jual beli online memang memberikan dampak positif bagi para konsumen. Menurut mereka yang suka berbelanja secara online, membeli sesuatu lewat situs jual beli online dinilai lebih praktis.

Disamping itu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga karena harus keluar rumah dan mendatangi toko ini dan itu secara konvensional. Selain itu, produk yang ditawarkan juga sangat bervariasi.

Adapun beberapa situs jual beli online yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia, diantaranya:

  1. shopee

Situs jual beli online yang satu ini digemari masyarakat Indonesia karena adanya program gratis ongkir. Sehingga, konsumen tak segan untuk belanja banyak tanpa takut rugi akibat ongkir yang tinggi.

  1. Bukalapak

Situs jual beli online ini terkenal karena penawaran produk yang menarik, dan selalu ada event menarik yang wajib diikuti, seperti aneka promo yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, kekuatan promosi situs jual beli online ini sangat menarik.

Contohnya, kita mungkin sering melihat iklan Buka Lapak di Televisi yang hingga saat ini sangat kita hafal, contohnya lagu Cincay Buka Lapak yang bukan hanya terdengar lucu dan menggelitik, tapi ternyata mampu menarik konsumen untuk berbelanja di Situs ini

  1. Tokopedia

Hampir sama seperti Buka Lapak, situs jual beli online satu ini juga sering memberikan penawaran menarik dan cara promosi iklan situs mereka yang menarik. Banyak pula orang yang menjual barang mereka di situs Tokopedia ini

  1. Situs jual beli lainnya

Selain ketiga situs jual beli online di atas, ada lagi beberapa situs jual beli online yang juga cukup digemari masyarakat, seperti OLX, Lazada, Blanja.com, Mataharimall, dan masih banyak lagi.

Media Sosial, lapak terbesar untuk jual beli online

Dari semua kehadiran situs jual beli online yang ada, akun media sosial menjadi salah satu lapak terbesar yang digunakan untuk jual beli secara online. Media sosial dipandang sebagai cara jualan paling mudah dilakukan juga paling friendly dengan semua orang karena hampir semua orang memiliki akun sosial media.

Beberapa contoh akun sosial media yang sering dijadikan lapak untuk jual beli online adalah instagram, facebook, dan BBM.

Selengkapnya: Merintis Bisnis Online? Ikuti Kiat Suksesnya!

Kemudahan menjual produk di akun media sosial memang menjadi pilihan bagi banyaknya penjual online. Kita hanya cukup mengunggah foto produk beserta deskripsi sejelas mungkin, lalu proses jual beli pun dapat dilakukan dengan mudah lewat kolom komentar, messennger facebook, atai di arahkan pada jalur pribadi seperti sms dan whatsapp.

Ingin menjalankan bisnis online tanpa modal besar? ikuti triknya

Beberapa kendala yang sering dihadapi saat seseorang ingin menjalankan bisnis online adalah modal. Misalnya, modal untuk menyiapkan produk yang akan dijual. Karena adanya masalah seperti ini, akhirnya tak sedikit orang yang mengurungkan niatnya untuk berjualan online.

menjalankan bisnis online

Padahal banyak sekali trik yang bisa dilakukan agar tetap bisa berjualan online meski tanpa modal besar. Mau tahu? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ini adalah cara yang paling mudah. Anda hanya perlu memasarkan produk lewat situs jual beli atau akun sosial media apa saja dengan cara mengunggah foto produk berikut harga dan deskripsinya. Lalu, jika ada yang membeli, anda hanya perlu menghubungi produsen atau distibutor untuk mengirimkan barang ke alamat pemesan.

Baca : Tips Bisnis Dropship : Langkah Sukses Berbisnis Hanya Dengan Modal Smartphone

  1. Mencari Agen atau Distributor yang tidak mewajibkan membeli produk awal dengan nominal yang besar

Beberapa distributor atau agen terkadang mewajibkan resellernya untuk membeli produk awal dengan nominal tertentu. Untuk itu, carilah agen atau distributor yang tidak mewajibkan pembelian produk awal atau yang mewajibkan pembelian produk awal dengan nominal harga yang tidak besar

  1. Bekerja sama dengan orang lain

Anda juga bisa bekerja sama dengan orang lain, misalnya rekan anda yang akan memberikan modal produk, sementara anda yang akan menjualnya. Keuntungan bisa dibagi sesuai dengan kesepakatan

Nah, dapat kita rasakan jika menjalankan bisnis online itu tidaklah sulit selama kita berhasil menemukan jalan mudahnya. Jangan ragu untuk mengumpulkan pundi – pundi rupiah lewat jualan online dan gunakan kecanggihan teknologi ini dengan cara yang positif dan bermanfaat. Selamat mencoba!


Loading...

Hallo... Menulis memang sudah menjadi hobi saya. Saya mencoba berbagi apa saja yang saya tahu melalui rangkaian huruf sehingga menjadi sebuah kata dan kalimat sederhana yang bermakna. Semoga tulisan ini bermanfaat yaa..

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close