Internet

Cara Menjaga Dan Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pelanggan, adalah aset besar bagi setiap perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan mungkin mendapatkan penghasilan tanpa adanya pelanggan. Dengan mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggan, tentunya itu akan menjadi modal besar untuk perusahaan agar tetap bisa berdiri kokoh, bersaing dengan perusahaan lainnya, serta tetap mampu membuka lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Untuk itu, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk mampu menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan.

A. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

hubungan baik dengan pelanggan

1. Tingkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Ketika seorang pelanggan membeli produk yang mereka inginkan, tentu mereka menginginkan kualitas yang bagus dari produk yang perusahaan Anda tawarkan. Jika hasilnya mengecewakan, tentu pelanggan akan merasa kapok dengan produk yang Anda tawarkan.

Meningkatkan kepuasan pelanggan, dibutuhkan perasaan yang peka, yang mampu meraba apa yang mereka butuhkan. Tampilan produk yang menarik, belum tentu membuat mereka tertarik. Tapi kualitas yang baik, akan membuat mereka menjadi tertarik. Maka dari itu sangat penting untuk lebih mengutamakan kualitas produk, di banding untung yang di dapatkan.

Memang, setiap pengusaha pasti mengharuskan keuntungan. Namun, jika hasilnya membuat pelanggan merasa kecewa, bukankah itu akan berpotensi mengurangi jumlah income? Apa hubungannya? Hubungannya adalah, ketika pelanggan merasa kecewa, tentu mereka akan berbicara pada rekan mereka untuk tidak ikut membeli produk yang kita tawarkan. Siapa sih orangnya yang mau mengeluarkan uang untuk produk yang tidak memuaskan?

Baca : Tips Menjadi Karyawan Yang Lebih Produktif Untuk Perusahaan Tempat Kita Bekerja

2. Layani pelanggan dengan baik

Semua orang pasti tahu, bahwa di saat melayani pelanggan, haruslah bersikap baik dengan mereka. Hal itu memang harus menjadi rutinitas bagi pemilik perusahaan. Mungkin Anda sebagai pemilik, sangat jarang melayani pelanggan secara langsung.

Tapi sangat di anjurkan untuk menyempatkan diri melayani pelanggan yang aktif. Gunanya, agar mereka merasa terhormat dilayani oleh pemilik perusahaan secara langsung. Pelanggan aktif yang saya maksud adalah, pelanggan yang sering datang dan sering membeli produk dari perusahaan Anda.

Atau jika Anda memiliki beberapa cabang dan tidak mungkin untuk kontak langsung dengan pelanggan, maka adakan sekali tawaran produk dengan diskon, atau mengadakan undian. Itu juga akan membuat pelanggan merasa dianggap di lingkungan perusahaan Anda. Tidak ada salahnya untuk memberi reward kepada pelanggan. Karena penghasilan perusahaan Anda, semuanya dari mereka.

3. Tanggapi keluh kesah pelanggan

Sebagus apapun produk yang Anda buat, pastinya masih memiliki kekurangan. Meskipun Anda memikirkannya dengan teliti, pasti saja ada kekurangannya. Kekurangan ini tentunya hanya pelanggan yang tahu. Karena merekalah yang menggunakan produk kita.

Untuk itu, jikalau ada keluh kesah dari pelanggan, tanggapi komentar mereka dengan bijak. Anggap Anda menyesal telah membuat mereka kecewa, dan berjanjilah untuk memperbaikinya. Jangan sekali-kali Anda menganggap keluhan mereka sebagai angin lalu. Jika tidak segera memperbaiki, kesempatan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan akan menjadi terbuang.

4. Tanyakan masalah pelanggan pada karyawan

Karena yang paling dekat dengan pelanggan adalah karyawan, tanyakan apa saja yang pelanggan keluhkan dalam pelayanan, kualitas produk, dan sebagainya. Hal ini bisa Anda tampung untuk di jadikan referensi sebagai dasar membangun kinerja perusahaan Anda lebih baik lagi dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Tampung semua keluhan dari pelanggan, dan mulailah berpikir untuk memperbaikinya. Entah itu pelayanan, kualitas, produk, atau yang lainnya. Karena itu semua akan menjadikan hubungan perusahaan dengan pelanggan menjadi semakin erat.

5. Buatlah akun media sosial

Adapun cara lain untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah, dengan membuat akun media sosial untuk perusahaan Anda. Saat ini media sosial sering di manfaatkan oleh perusahaan besar untuk lebih dekat dengan pelanggan mereka.

Andapun bisa membuatnya. Entah itu di Facebook, Twitter, atau Instagram. Hal ini memungkinkan untuk pelanggan bertanya mengenai produk baru, harga produk, atau mungkin ingin menyampaikan pendapatnya secara langsung. Ini akan membuat pelanggan menjadi semakin merasa dekat dengan perusahaan Anda.

B. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

hubungan baik dengan pelanggan

1. Kenali pelanggan secara pribadi

Jika ada seorang pelanggan aktif, yang sering membeli produk dari tempat Anda, sangat di sarankan untuk mengenalnya secara pribadi. Tanyakan nama, alamat rumah, dan juga usaha yang mereka kerjakan. Berbicaralah hal yang di luar pekerjaan, agar hubungan Anda dan pelanggan lebih erat dan mereka pun merasa sangat dihargai oleh Anda sebagai pemilik perusahaan. Tanyakan juga nomer hape mereka ataupun alamat email.

Sedikit perbincangan hangat mengenai bisnis juga sangat penting. Agar Anda gagal pelanggan bisa saling bertukar pendapat mengenai bagaimana caranya mengembangkan usaha. Siapa tahu Anda dan pelanggan Anda bisa bekerja sama nantinya. Intinya dekati pelanggan secara personal, bukan sebagai pembeli saja.

2. Hubungi pelanggan mengenai produk terbaru

Ada baiknya untuk memberitahukan pelanggan, bahwa perusahaan Anda telah mengeluarkan produk terbaru. Anda bisa mengubungi mereka dengan menggunakan alamat email yang telah mereka berikan kepada Anda, ataupun bisa mempostingnya di media sosial perusahaan Anda.

Tuliskan secara rinci mengenai produk terbaru tersebut. Semisal kegunaan dan cara pakainya, serta keuntungan menggunakan produk baru Anda itu. Semuanya jelaskan secara rinci, agar pelanggan bisa mengetahui secara langsung tanpa harus mengunjungi tempat Anda.

3. Buatlah situs web

Di era yang serba online saat ini, sangat di anjurkan untuk membuat sebuah situs web untuk perusahaan Anda. Website itu akan berguna untuk menampung semua informasi mengenai perusahaan Anda, harga produk, serta mungkin pemesanan secara online. Dengan memanfaatkan website, Anda gagal pelanggan bisa saling terhubung tanpa harus bertatap muka secara langsung. Buatlah informasi yang lebih mendetil di situs web perusahaan Anda itu. Layani juga bila ada setiap pertanyaan. Karena itu akan menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

4. Adakan acara perusahaan

Sesekali mengadakan acara untuk perusahaan itu juga perlu. Selain untuk me-refresh otak karyawan Anda yang terus tertekan karena pekerjaan (mungkin), juga bisa membuat hubungan Anda dan pelanggan semakin baik.

Namun, acara yang di buat haruslah yang mengikutsertakan pelanggan. Seperti mengadakan undian berhadiah liburan bareng perusahaan Anda, ataupun undian berhadiahkan hadiah yang menghibur. Cara ini akan membuat perusahaan Anda terlihat sangat memperhatikan pelanggan.

Jangan berpikir menghambur-hamburkan uang perusahaan, tapi berpotensi tenang kepuasan pelanggan. Apa yang perusahaan Anda dapat itu, semuanya tidak terlepas dari uang yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk membeli produk Anda. Jika perusahaan Anda ingin terus berdiri kokoh, usahakan mampu merebut hati pelanggan hingga mereka bisa merasa nyaman dengan pelayanan dari perusahaan Anda.

5. Ucapan rasa terimakasih

Jika ada orang yang berbuat baik kepada kita, tentu kita harus mengucapkan terimakasih. Itupun yang harus Anda lakukan kepada pelanggan Anda. Namun, ada baiknya untuk memberikan hadiah sebagai tanda rasa terimakasih Anda terhadap mereka.

Hadiah yang diberikan tidak perlu yang mahal-mahal, hadiah kaos berlogo perusahaan Anda pun, mereka merasa senang. Itu artinya perusahaan Anda benar-benar menghargai mereka. Cara ini juga sering di lakukan oleh perusahaan lainnya. Jika Anda tidak ingin memberikan kaos, bisa juga souvenir lainnya yang menarik. Yang terpenting, buat pelanggan Anda untuk terus tersenyum pada perusahaan Anda.

Kesimpulan

Hal yang paling mendasari pelanggan menyukai produk yang dikeluarkan oleh perusahaan kita, adalah di karenakan kualitasnya yang tidak mengecewakan. Semua pelanggan memiiki pandangan yang berbeda dan watak yang berbeda.

Ada yang mengharapkan hadiah dari perusahaan kita, ada juga yang tidak peduli. Yang terpenting bagi nya, produk yang mereka beli sangat memuaskan untuk digunakan.

Meski begitu, menghargai semua pelanggan yang telah mengeluarkan uang mereka untuk membeli produk dari perusahaan kita, sangatlah perlu. Hal ini tentunya kita tahu, yaitu agar pelanggan terus merasakan kepuasan setiap bertransaksi dengan perusahaan kita.

Semua catatan yang saya tulis di postingan ini, hanya bertujuan untuk memberikan referensi untuk Anda. Karena setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing, selebihnya saya pun kembalikan kepada Anda. Bagaimana cara Anda untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan, Anda pun bisa menentukannya.

Anda adalah seorang pebisnis. Seorang pebisnis pasti tahu cara meluluhkan hati pelanggan. Untuk itu, gunakan analisa Anda, dan puaskan hati pelanggan Anda. Dan buatlah perusahaan Anda menjadi lebih besar dari sebelumnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close