InternetTekno

Game Argumented Reality Siap Menyaingi Game Pokemon Go

Balik lagi di postingan mengenai game. Sobat pembaca klik mania pasti sudah mengetahui game pokemon GO. Ya sebuah Game yang masih booming untuk saat ini.

Tapi tahukah kalian bahwa sebentar lagi akan ada yang bakal mengalahkan game pokemon go? Game apakah itu? Simak postingan ini.

Demam Game Pokemon Go

pokemon-go-660x350

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia masih terkena demam game pokemon go – Siapa sih yang tidak tahu game yang sangat fenomenal ini. Bahkan anak-anak kelas 1 SD saja banyak yang bermain game satu ini.

Perkembangan game pokemon go sangatlah besar. Terbukti dari awal keluarnya game ini sudah menembus 10 juta download dalam seminggu. Sungguh angka yang fantastis untuk game yang masih tergolong baru keluar.

Di Indonesia sendiri game Pokemon Go masih belum bisa didownload secara legal di playstore karena belum tersedia. Namun banyak teman-teman saya yang bermain game ini secara curang.

Bukan curang sih. Maksudnya bermain secara ilegal, karena data downloadnya tidak dari playstore ataupun app downlaod lainnya. Melainkan menggunakan apk mirror. Ya mau apa lagi jika sudah cinta dengan pokemon apapun akan di lakukan, yang penting bisa main.

Loading...

Minat orang indonesia terhadap game Pokemon Go ini sangatlah besar. Tidak mau kalah dari negara lain. Di indonesia sendiri juga banyak diadakan event-event yang berkaitan dengan pokemon go ini sendiri.

Salah satu event yang telah dilaksanakan di indonesia adalah event GATHERHOOD yang di adakan pada bulan Juli 2016 di SUGBK (Gelora Bung Karno) Jakarta. Event ini juga menarik banyak perhatian pencinta game pokemon GO. Terbukti acara ini dihadiri oleh ratusan Trainer Pokemon (Trainer adalah sebutan untuk player pokemon go) dari berbagai wilayah dijakarta dan sekitarnya.

Sosok Dibalik Pokemon Go

game pokemon goDibalik kesuksesan suatu game jelas tidak lepas dari peran seseorang dibalik kesuksesan ini. Jelas pokemon go juga seperti itu. Kesuksesannya ini tidak lepas dari peran pembuat game ini. Ada yang tahu siapa pembuatnya?

Sebelum pokemon secanggih ini. Ya! game Pokemon Go sudah sangat canggih sob. Pokemon atau nama panjangnya adalah pocket monster, jadi disingkat pokemon. Game ini awalnya dibuat di game boy.

Pada tahu kan game boy seperti apa? Seperti PSP (Play Station Portable) namun lebih jadul dari psp. Alias psp lebih keren karena keluarannya juga berbeda. Lanjut.

Game ini dibuat oleh Satoshi Tanjiri. Dia adalah orang yang membuat game pokemon. Konon katanya dia terisporasi membuat game ini karena dulu dia suka menangkap serangga. Sama seperti gameplay dari pokemon sendiri dimana kita disuruh menangkap-nangkap.

Saya juga nggak tahu itu binatang atau serangga atau boneka? Aneh masing-masing pokemon mempunyai kekuatan masing-masing. Secara hewan mana yang bisa keluar jurus. Kan serem pas lagi main ke taman. Niat nya nangkap kupu-kupu. Ehh malah ke setrum. Rupanya itu kupu-kupu pikachu. Walah parah kan.

Namun ide dan hobi aneh dari Satoshi Tanjiri ini justru membawa keuntungan tersendiri. Kebayang kalau dia tidak membuat game ini dan meneruskan hobinya dalam menangkap serangga?

Mungkin sekarang dia tidak menjadi seorang pencipta game. Tetapi menjadi seorang pemburu serangga yang handal. Walaupun itu aneh. Tapi pintarnya dia. Satoshi Tanjiri lebih memilih membuat game daripada berburu serangga.

Diawal pembuatan game ini. Sebenarnya namanya tidak langsung dibuat menjadi pokemon. Awalnya game ini dinamakan Capsule Monster. Kenapa capsule? Apa mungkin Satoshi menyukai obat kapsul?

Tidak! Ini diambil dari permainan dijepang yang namanya Gashapon dimana didalam permainan ini berisi kapsul berisi mainan. Mungkin game Gashapon ini mirip sama game di indonesia yang di mall mall itu loh. Yang mengambil boneka dengan capit lemes. Karena capitnya nggak bisa menggenggam boneka dengan kuat makanya jadi capit lemes.

Perkembangan pokemon selanjutnya

game pokemon go

 

Setelah menjadi sebuah game. Pokemon tidak hanya stuck disitu saja. pokemon langsung menebarkan sayapnya di bagian lain. Seperti film anime, kartu, kartu ini seperti yu gi oh tapi versi pokemon. Saya dulu ada kartunya. Di kasih sama teman, dulu teman saya masih bocah gitu jadi pas saya minta, eh dikasi beneran, lumayan.

Selanjutnya nasib pokemon masuk ketangan niatic. Dimana pokemon menjadi lebih keren, apalagi jika bukan pokemon go. Dimana ternyata lokasi-lokasi pokeshop dan gym memang disengajakan terletak ditempat-tempat penting.

Tempat-tempat penting itu bukan sembarang dipilih oleh pihak developer melainkan tempat-tempat tersebut adalah hasil rekomendasi para user. Jadi bagus juga konsep dari game pokemon go ini sendiri.

Bagus kan? Kenapa tidak? Jelas bagus. Karena tempat yang dituju adalah pusat keramaian seperti museum, situs sejarah dan tempat menarik lainnya. Setidaknya dengan adanya game pokemon go ini museum di indonesia bisa ramai pengunjung.

Tapi jangan cuma berburu pokemon ya. Tapi pelajari juga sejarah-sejarahnya. Namun tidak semua tempat itu sebuah keramaian. Setuju? Saya sih setuju baget.

Dari lokasi pokemon banyak banget yang menuai kasus yang unik. Ada yang lucu ada juga yang miris. Kalau di indonesia sendiri saya kurang tahu. Tapi jika melihat kasus dibarat banyak kasus yang unik.

Ada yang mencari pokemon sampai masuk kedalam kantor polisi. Bahkan sampai polisi memberikan peringatan terhadap para pemain pokemon ini. Untung yang masuk tidak di penjara ya. Kan kasian nggak bisa mencari pokemon lagi.

Ada juga yang mencari pokemon sampai tersesat ditambang tua. Sampai dipanggil polisi untuk membantu mereka. Aduh-aduh kok sampai bisa begitu ya. Memangnya mereka tidak lihat kanan kiri pas main.

Kelihatan nih terlalu fokus main pokemon. Tapi untungnya mereka bisa selamat setekal polisi datang membantu. Untung pak polisinya nggak ikutan main pokemon. Coba ikutan kan kasian orang-orang seperti mereka.

Pesaing game Pokemon Go

fatherio_gameplay02-930x523
Argumented Reality via www.father.io

Sekarang kita mau membahas siapa sih pesaing pokemon go? Game pokemon go game yang diiming-imingi terbaik sepanjang masa. Tapi saya ingat lagu Ari Lasso yang judulnya Badai pasti berlalu. Pokemon pasti berlalu.

Percaya atau tidak lihat aja nanti. Kabarnya akan ada beberapa game yang memuat fitur seperti game pokemon go. Fitur tersebut bernama Argumented Reality. Ya itu seperti gameplay-nya pokemon. Dimana user bisa bermain game yang langsung berhubungan dengan dunia nyata.

Memang sepertinya game Argumented reality selalu akan memikat hati para gamers. Setelah dulu sempat booming mengenai virtual reality dimana para player bisa bermain langsung dengan smartphone yang dipakai seperti kacamata.

Pernah lihat kan? Namanya ada yang virtual reality ada juga yang namanya cardboard (kalau tidak salah saya lihat, berarti benar, oke) virtual reality juga keren. Bisa main seperti layaknya game 3D alias tiga dimensi.

Tapi ada kekurangan dari VR atau Virtual reality dimana gamenya jarang yang online. Yang sering itu game offline seperti game halilintar (roller Coaster) atau game horror. Saya lupa nama gamenya yang jelas itu di download di playstore.

Game yang siap mengalahkan game Pokemon Go adalah Father Io game apa itu sih? Bapaknya si IO? Siapa tuh? Atau ada yang kira ini game yang uler-uler makan-makan jadi gede itu ya? Bukan itu mah shilter.io. beda. Father.io adalah game yang berbasis Argumented Reality juga.

Ini bisa dibilang kabar baik bagi pencinta game FPS (First Person Shooter) kenapa bisa dibilang kabar baik? Karena ini tidak buruk makanya disebut kabar baik. Tidak! Bukan itu yang saya maksud.

Kabar baik Pencinta game FPS

Kenapa menjadi kabar baik. Karena bagi pencinta game FPS , sekarang kalian tidak perlu bermain game dengan fantasi kalian menjadi seorang tentara dan berperang melawan CPU atau melawan playar lain yang menggunakan komputer.

Karena sekarang kamu bisa berperang secara langsung. Perang disini bukan perang beneran ya. Bawa senapan gitu dijalanan sama masang ranjau disembarang tempat gitu. Tidak! Buka itu yang saya maksud.

Perang disini adalah memakai media. Media apa? Yang jelas bukan media cetak. Media yang digunakan adalah smartphone kalian. Keren abis gak? Jadi memang game Father io ini menggunakan Fitur Argumented Reality jadi kalian bisa berperang secara langsung.

Layaknya main paintball atau airsoftgun secara low budget itu deh. Lumayan kan bisa bermain perang-perangan dengan harga yang murah dan juga menyenangkan pastinya.

Game father io ini baru diliris versi betanya saja karena ini masih dalam tahap pembangunan. Jiah sudah seperti pembangunan gedung saja ya. Jadi developer masih mengembangkan game ini sehingga menjadi lebih bagus lagi.

Pihak develper juga masih membutuhkan dana yang bisa dibilang cukup fantastis. Yang jelas bukan ribuan atau jutaan. Angka dana yang dikeluarkan mencapai miliyaran sob. Kebayang dengan uang segitu berapa banyak bakso yang bisa kita beli. Wah.

Tampak jelas pihak pengembang sangat amat serius dalam megembangkan game yang satu ini. Dari segi permainan juga sangat berbeda. Meski ada beberapa fitur yang tak jauh dari pokemon seperti map.

Ya karena game ini juga berdasar pada map. Google map. Jadi kita bisa melihat letak musuh dari map tersebut.

 Berapa Biaya untuk game ini?

Harga dari game ini? Untuk harga dari pihak developer tidak menyebutkan harga dari game ini. Namun pihak developer mengumpulkan dana dari penjualan alat yang digunakan untuk bermain game ini.

Nama alat ini adalah inceptor dimana alat ini nantinya dipasangkan di kamera. Apa guna dari alat ini? Guna alat ini adalah untuk mengimprove atau untuk meningkatkan keleluasaan pemain. Sehingga pengalaman dalam bermain game ini jadi lebih baik dan seru pastinya.

Berapa harga dari alat ini. Mungkin harga alat ini bisa dibilang lumayan mahal. Satu inceptor dihargai $40 itu hanya satu Inceptor saja. mungkin jika dilihat cukup mahal juga ya sobat. Jadi penjualan inceptor ini nanti uangnya digunakan untuk pengembangan game ini.

Ibaratnya dengan membeli alat ini sobat juga membantu pihak developer dalam meingkatkan game ini. Mereka juga sudah mengatakan bahwa kurang dari sebulan game ini akan diliris. Tapi percaya atau tidak kita lihat nanti.

Maklum proses pembuatan sebuah game tidak seperti makan bakso. Nggak semudah dan seenak itu sob. Yoi nggak? Butuh dana yang gede. Bahkan juga membutuhkan sponsorship dan jelas bantuan dari penikmat game alias gamers.

Jadi Inceptor ini di jual secara terpisah dan harganya juga sangat beragam semangkin banyak membeli maka semangkin murah juga. Penjualan inceptor ini juga di paketin jadi per paket. Tiap paket berbeda harganya. Jika sobat membeli 2 inceptor maka sobat hanya perlu membayar $50 lebih hemat $10 kan? Lumayan $10nya bisa dipake buat beli kangkung di pasar heheh.

Terus inceptor ini fiturnya apa aja sih?

inceptor
Inceptor via www.father.io

Jadi inceptor ini menggunakan kekuatan blootooth. Dan juga infared jadi dengan tambahan inceptor ini kalian jadi lebih mudah menjangkau musuh kalian. Karena dengan inceptor kekuatan tembakan kalian mencapai 50 meter. Jauh juga kan?

Selain itu inceptor ini mempunyai 6 infared reciever dan juga dilengkapi dengan 2 buah led. Saya tidak tahu ini led ada fungsi atau hanya sekedar hiasan. Jika dilihat sepertinya hanya sebuah hiasan biar terlihat lebih keren dan modern.

“Kak kalau saya tidak mau membeli inceptor apakah bisa main?”

“Jelas bisa.”

Kenapa? Karena ini menggunakan sistem Argumented Reality dimana seperti pokemon. Yang jelas kamera kalian bisa menangkap gambar yang ada didepan kalian. Cuma ya jelas berbeda rasanya jika kalian bermain menggunakan inceptor jelas bakalan lebih keren.

Mode dalam Father Io

Dalam father io terdapat dua mode permainan. Yang pertama ada mode Quick Match jadi disini kalian bisa langsung bermain dengan player tanpa harus menunggu lama. Permainan bisa terdiri dari by one atau 1 lawan 1 atau juga 2 lawan 2.

Mode kedua ada Massive Multiplayer untuk mode ini adalah mode yang unoversal dimana mencangkup wilayah di seluruh dunia. banyak fitur lain yang berbeda dengan Quick mode pastinya.

Selain father io masih ada game yang akan keluar dengan sistem Argumented Reality. Game apa itu?

Yu Gi Oh Argumented Reality

Kebayang jika game kartu yang sangat fenomenal ini akan dikeluarkan dalam bentuk Argumented reality? Pasti keren banget. Kalian bisa duel monster dalam dunia nyata dan yang jelas monsternya berada didepan kalian. Waw keren sekali kan?

Namun game Yu Gi Oh ini belum jelas kepastiannya apakah akan keluar atau tidak. Namun konsep ini sudah dipikirkan oleh pihak developer itu sendiri dan juga gambaran gameplay yu gi oh ini juga sudah digambarkan pada video di youtube.

Video tersebut dipublish oleh GeneralKidd dimana terlihat ada video yang memperlihat kan gameplay yu gi oh secara hologram dimana para pemain bisa melihat karakter asli dari monster secara langsung.

Namun game yu gi oh ini dikabarkan akan lebih berat dari game pokemon GO  yang mengandalkan kekuatan smartphone sobat. Karena di dalam game yu gi oh ini memakai sistem hologram windows yang konon katanya berat.

Kebayang kan jika game ini terwujudkan? Pasti penggemar yu gi oh bakalan senang banget. Ya iyalah, gimana tidak. Game yang dulunya hanya menggunakan kartu dan monster yang fantasy di fikiran bisa langsung muncul didepan pemain. Walau hanya melalui smartphone.

Simak video Argumented Reality

Kita doakan bersama saja semoga game yu gi oh argumented reality ini benar dirilis. Karena dari pihak developer juga lagi mencari para relawan yang ingin membantu dalam design graphic animasi dan lainnya.

Semoga saja keseriusan ini benar-benar tercapai, dan kita lihat apakah game-game ini mampu menyaingi game pokemon go yang sudah berjamur ini. Semoga kalian terinspirasi juga. Saya harap developer indonesia tidak mau kalah juga.

Saya harap akan ada game berbasis Argumented reality buatan indonesia. Ntah itu bagaimana gameplaynya. Mungkin bisa membuat game Argumented reality versi horror. Misal hanya dapat dimainkan ditempat gelap. Terus bakal ada [email protected]@n khas indonesia seperti pocong, kuntilanak, mantan. Yah malah baper.

Baca juga : Bermain Game Bisa Jadi Kaya? Simak Ulasan berikut ini

Yakinlah sob indonesia juga nggak bakal kalah sama developer luar negeri. Kerena saya yakin indonesia mampu. Semangat sobat!

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *