Review ProdukTekno

7 Merek Smartphone Terlaris di Indonesia, Ada Punyamu?

Setelah jatuhnya tren ponsel Blackberry, muncullah tren ponsel dengan OS Android. Pada saat itu, ponsel-ponsel Android dari Samsung langsung menjadi smartphone terlaris di Indonesia.

Namun kini, selain Samsung ada banyak brand smartphone lain yang bersaing di pasar tanah air. Brand-brand tersebut memikat pengguna di Indonesia dengan menawarkan beragam kelebihan. Selain OS Android, ada pula smartphone dengan iOS yang juga menjadi cukup populer.

Baca juga : 7 Smartphone dengan Fingerprint di Layar Terbaik dan Terbaru 2019

7 Merek Smartphone Terlaris di Indonesia

Menurut statistik dari laman Stat Counter, saat ini 7 merek yang mendominasi pasar smartphone di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

1. Samsung – 25,75 persen

Di posisi teratas ini ada Samsung yang masih terus menjadi merek smartphone terlaris di Indonesia. Hingga bulan Mei 2019, market share yang dimiliki Smasung sebesar 25,75 persen.

Meski demikian, angka tersebut cenderung turun dibandingkan dengan data pada bulan Mei tahun 2018 lalu, yaitu sebesar 29,34 persen.

Samsung memang merupakan salah satu produsen yang terus konsisten menciptakan smartphone dengan berbagai kelas sesuai target market mereka.

Saat ini, perusahaan besar teknologi asal Korea Selatan tersebut telah beroperasi di 58 negara dengan jumlah karyawan mencapai sekitar 208.000 orang.

2. Xiaomi – 20,98 persen

Dari tahun ke tahun, Xiaomi memang terus konsisten melahirkan ponsel-ponsel degan kualitas mumpuni namun memiliki harga yang dapat bersaing dengan merek-merek lainnya.

Tak heran, pada statistik bulan mei 2019 mereka memiliki market share sebesar 20,98 persen. Angka ini mengalami pengingkatan dibandingkan dengan data setahun yang lalu, yaitu sebesar 17,89 persen.

Angka tersebut bisa jadi terus meningkat dengan semakin meningkatnya kepercayaan dan kepuasan masyarakat pengguna Xiaomi di Indonesia.

Perusahaan elektronik asal China dan bermarkas di Beijing ini juga tak henti berinovasi dan mengikuti tren saat ini pada smartphone terbaru buatan mereka.

3. Oppo – 18,42 persen

Di peringkat ketiga ada Oppo yang pada periode Mei 2019 memiliki market share sebesar 18,42 persen. Seperti halnya Xiaomi, angka tersebut juga mengalami kenaikan dibandingkan pada bulan Mei 2018 yang hanya sebesar 13,35 persen.

Market share smartphone merek Oppo juga diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Itu karena mereka juga terus berinovasi dengan menciptakan ponsel dengan berbagai kelas.

Perusahaan elektronik asal Guangdong, China, tersebut dikenal berkat inovasi mereka pada sektor kamera, terlebih kamera selfie-nya.

4. iPhone – 5,52 persen

smartphone terlaris di IndonesiaDi urutan keempat pada smartphone produksi Apple yang angka market share-nya cukup jauh dengan peringkat ketiga. Per Mei 2019, hanya ada 5,52 persen persen dari pengguna di Indonesia yang menggunakan iPhone.

Angka tersebut naik sedikit dari periode bulan Mei tahun 2018 yang hanya sebesar 3,77 persen. Ada berbagai faktor yang membuat smartphone dengan merek iPhone memiliki angka market share yang cukup rendah, seperti harganya yang cukup mahal, kapasitas baterai kecil, hingga tidak adanya slot memori eksternal.

Di balik harganya yang terbilang mahal, iPhone memiliki kelebihan tersendiri. Mulai dari performa, keamanan privasi, hingga lebih cepatnya update software. Selain itu, bisa jadi ada kebanggan tersendiri bagi orang yang menggunakannya.

Namun, dengan semakin berkembangnya berbagai merek smartphone lain, terlebih dengan OS Android, salah satu perangkat dari perusahaan multinasional yang bermarkas California, Amerika Serikat, tersebut bisa saja akan mengalami penuruan jumlah pengguna.

5. Asus – 4,08 persen

Lebih terkenal sebagai produsen laptop dan produk-produk yang berkaitan dengan komputer, Asus kemudian juga melebarkan sayap mereka dengan memroduksi smartphone dengan OS Android yang sedang tren.

Mereka sebenarnya sempat memiliki berbagai seri smartphone yang cukup laku di pasar Indonesia. Namun, pengguna ponsel buatan mereka terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Pada data statistik bulan Mei 2019, market share yang dimiliki Asus berada di angka 4,08 persen. Angka ini cenderung turun daripada periode tahun lalu di bulan yang sama dengan market share sebesar 4,98 persen.

Kurangnya inovasi hingga dikenal sebagai hp yang cepat panas merupakan di antara faktor yang membuat mereka semakin tertinggal dari para kompetitor lainnya. Hal ini pun akhirnya membuat banyak pengguna yang beralih ke merek lain yang dianggap lebih baik.

6. Lenovo – 1,85 persen

smartphone terlaris di IndonesiaLebih tertinggal jauh lagi, ada brand Lenovo yang per periode Mei 2019 memiliki market share sebesar 1,85 persen di Indonesia. Angka ini cenderung turun karena pada Mei 2018, market share dari Lenovo sebesar 3,67 persen.

Senasip dengan Asus, Lenovo juga semakin tertinggal karena kurangnya inovasi sehingga kalah bersaing dengan tiga brand teratas dalam daftar ini.

Meski demikian, seperti juga Asus, perusahaan teknologi asal China ini juga lebih dahulu memroduksi laptop dan perangkat komputer lain.

7. Huawei – 1,13 persen

smartphone terlaris di IndonesiaPada urutan terakhir dalam daftar ini ada brand asal China, Huawei, yang nilai market share mereka hanya sebesar 1,13 persen. Meski mengalami penurunan, namun angka tersebut masih tergolong stagnan, karena pada tahun 2018 market share mereka 1,2 persen.

Tahun ini, bisa jadi market share yang dimiliki Huawei akan terus anjlok seiring semakin memanasnya perseteruan perang dagang antara China dengan Amerika Serikat. Jika hal tersebut tidak berhenti, permintaan pasar terhadap smartphone Huawei bisa terus menurun.

Nah, itulah 7 brand smartphone terlaris di Indonesia yang menguasai pasar saat ini. Dari statistik di atas, kita bisa melihat bahwa mereka yang terus berinovasi, menyesuaikan target market, dan selalu konsisten memiliki angka penjualan pada posisi teratas.

Jadi, apakah ada merek ponsel-mu dalam daftar tersebut?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close