Merintis Bisnis Online? Ikuti Kiat Suksesnya

Tips dan kiat merintis bisnis online – Semakin lama, kemajuan teknologi seolah tidak ada habisnya. Semua bidang kehidupan bahkan tak luput dari kecanggihan teknologi ini. Pelayanan medis semakin canggih dengan hadirnya teknologi penyembuhan terbaru, bahkan teknologi juga hadir dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah bisnis online.

Penggunaan sosial media dan internet mejadi dua senjata utama untuk Anda dalam merintis bisnis online tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti beberapa kiat sukses meraih keuntungan besar dalam berjualan online berikut ini.

 

Kiat Sukses Merintis Bisnis Online

Merintis Bisnis Online

Tidak dapat dipungkiri jika persaingan di bidang bisnis semakin ketat dari hari ke hari. Sebagai contoh, saat anda memutuskan untuk berjualan pakaian anak – anak di sebuah toko, maka kompetitor anda juga akan semakin banyak.

Untuk itu, beralihlah atau tambahkanlah metode berjualan terbaru dengan merintis bisnis online. Dengan begitu, anda akan mendapat keuntungan yang lebih banyak karena pembeli bisa datang dari mana saja. Lalu, bagaimanakah caranya untuk memulai langkah anda dalam merintis bisnis online?

Cobalah dengan Satu Buah Akun Sosial Media

Cara paling mudah untuk membuat sebuah bisnis online, khususnya jika Anda ingin menjual sebuah produk tertentu, maka cara paling mudah adalah dengan mempergunakan satu buah akun sosial media sebagai permulaan.

Akun sosial media seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram adalah beberapa contoh akun yang memiliki banyak penggunanya. Daripada hanya sekedar menggunakan akun tersebut untuk upload foto pribadi, lebih baik Anda memanfaatkan dan menggunakan media sosial sebagai ladang usaha untuk berjualan online.

Contoh paling sederhana adalah dengan menggunakan Instagram. Buatlah sebuah akun instagram dengan nama yang sesuai dengan jenis barang yang anda perjualkan. Misalnya, mainan_anak_murah, jika anda akan berjualan mainan anak secara online.

Langkah pertama

Jika Anda adalah orang yang baru merintis bisnis online, maka carilah pengikut instagram anda lebih banyak. Berikut adalah artikel tentang Cara menambah follower Instagram gratis

  • Pertama kali yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunggah foto produk anda. Pilihlah foto yang paling bagus dan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan caption atau keterangan pada foto produk yang telah diunggah.
  • Selanjutnya, tambahkan informasi lengkap tentang cara pemesanan.
  • Jangan lupa pula untuk menambahkan hashtag atau tanda pagar sebagai salah satu cara orang dalam memudahkan pencarian produk yang sedang dicari. Buatlah tanda pagar seperti #mainananakmurah #mainananakbandung #trustedonlineshop, dsb,

Setelah itu, anda bisa melakukan promosi dengan berbagai cara. Anda bisa memberitahukan secara langsung pada kerabat anda atau memanfaatkan akun sosial media lainnya untuk mempromosikan akun sosial media jualan online anda.

Silahkan baca : 7 Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

Ikuti atau follow akun instagram orang lain sebagai salah satu cara agar akun yang anda ikuti melihat akun jualan anda.

Jangan Malas Mengunggah Foto Produk

Jika Anda ingin memiliki reputasi yang baik sejak anda mulai merintis bisnis online hingga berjalan di kemudian hari, maka salah satu kiatnya adalah jangan malas untuk selalu mengunggah foto produk.

Paling tidak, usahakan untuk selalu mengunggah satu foto produk setiap harinya agar orang – orang atau calon pembeli Anda tahu jika anda merupakan Online Shop yang aktif.

Buat Foto Semenarik Mungkin

Seperti sebuah ungkapan, jika penampilan bisa menunjukkan kesan pertama. Agar setiap calon pembeli tertarik dengan produk yang anda jual, buatlah foto produk semenarik mungkin. Jangan ragu untuk meminta bantuan fotografer yang sudah ahli agar dapat menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Atau jika Anda ingin memotret produk sendiri, gunakanlah kamera yang memiliki resolusi yang baik. Jangan lupa untuk menata produk Anda dengan tambahan dekorasi cantik lainnya namun tetap menutamakan foto produk.

Selalu Rajin Akses Akun Sosial Media

Kita tidak pernah tahu ada berapa banyak orang yang bertanya, berkomentar, atau memesan produk jualan kita jika kita tidak rajin – rajin mengakses akun sosial media yang dijadikan alat untuk berjualan. Maka dari itu, sempatkan waktu khusus untuk melayani setiap pertanyaan, komentar, hingga pembelian.

Anda dapat menunjuk seseorang untuk dijadikan sebagai Admin yang bertugas untuk mengurus semua kegiatan marketing melalui akun sosial media tersebut. Jika Anda tidak rajin online, maka Anda bisa kehilangan kesempatan untuk meraih keuntungan.

Kembangkan Media Online Anda

Jika semua langkah awal dalam merintis bisnis online sudah anda penuhi dan merasa jika usaha anda berkembang semakin pesat, maka mulailah untuk mengembangkan bisnis dengan menambah media online lainnya.

Anda bisa memulai dengan menambahkan akun sosial media lain hingga memiliki website tersendiri khusus untuk menjual produk Anda. Jika sudah begini, jangan lupa untuk menambah admin untuk mengurus semua media online jualan Anda dengan baik

Nah itulah beberapa kiat sederhana dan mudah yang bisa anda lakukan jika ingin merintis bisnis online dengan cepat dan juga berhasil. Sejatinya, keberhasilan pun harus disertai dengan niat yang tulus serta kerja keras yang maksimal. Namun yang paling utama dan tak boleh Anda lupakan adalah Doa pada Sang Maha Pemberi Rizki.

Related Posts

About The Author

Add Comment