Internet

Microsoft: Corona Bisa Ubah Cara Manusia Bekerja

Akibat adanya pandemi Corona yang saat ini menyerang dunia, beberapa layanan panggilan audio dan video pun mengalami lonjakan pengguna, di antaranya adalah Zoom dan juga Skype yang notabene adalah layanan milik Microsoft.

Kamis lalu (9/4/2020), pihak Microsoft telah menyampaikan bahwasanya layanan mereka yang lain, yakni Microsoft Teams juga mengalami lonjakan jumlah pengguna dari 32 juta pengguna aktif harian menjadi 44 juta pengguna aktif harian hanya dalam kurun waktu satu minggu saja.

Baca juga: Corona, Jumlah Pengguna Skype Naik Sebesar 70 Persen

Corona Ubah Cara Manusia Bekerja

Saat ini penggunaan video conference terus mengalami peningkatan, Microsoft sendiri telah membuat catatan harian baru yang mengungkapkan bahwasanya telah terjadi 2,7 miliar menit pertemuan per harinya. Catatan tersebut naik 200 persen dari 900 juta menit pada pertengahan Maret di mana banyak bisnis beralih ke tren kerja jarak jauh.

Melihat fakta yang demikian itu, pihak Microsoft pun tak sungkan-sungkan mengatakan bahwasanya virus Corona telah mengubah cara kerja manusia. Pernyataan Microsoft itu diperkuat dengan temuan mereka yang mengungkapkan bahwa orang-orang di Norwegia dan Belanda lebih cenderung menggunakan panggilan video dengan persentase sebesar 60 persen.

Angka yang ditunjukkan di Norwegia dan Belanda ini jauh lebih besar ketimbang di Amerika Serikat dan Inggris di mana Amerika Serikat hanya memanfaatkan panggilan video sebesar 38 persen dan Inggris sebesar 47 persen.

Saat ini, Corona memang telah mengubah cara kerja manusia yang tadinya harus bertatap muka secara langsung menjadi bertatap muka melalui layanan digital. Di tengah wabah seperti sekarang ini, cara kerja tersebut diprediksi akan terus mengalami peningkatan dan menjadi sebuah solusi. Meskipun begitu, tren kerja jarak jauh akan mengalami penurunan.

“Menurut saya, video conference tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan, lama kelamaan kita akan melihat video conference akan berakhir dengan lonjakan jumlah penggunanya dan kemudian kembali turun,” ucap Jared Spataro selaku kepala Microsoft 365.

Baca juga: Dukung Kerja di Rumah, Skype Hadirkan Fitur Meet Now

Meskipun begitu, Spataro tetap meyakini bahwasanya pandemi Corona telah mengubah segala sesuatunya untuk jangka waktu yang cukup panjang, di antaranya adalah cara kerja dan belajar manusia. “Saya benar-benar merasa ini akan menjadi titik balik bagi cara kita bekerja dan belajar karena hanya ada beberapa hal praktis yang terjadi yang berarti kita tidak akan pernah kembali ke cara lama,” ungkap Spataro.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close