Internet

Microsoft Segera Hentikan Dukungan Keamanan untuk Windows 7

Sistem operasi Windows yang sangat terkenal, yaitu Windows 7 sebentar lagi akan dihentikan dukungannya. Bukan Windows 7 yang berhenti beroperasi, melainkan dukungan keamanannya saja yang akan segera dihentikan oleh pihak Microsoft.

Keputusan Microsoft untuk tidak memperbarui keamanan bagi para pengguna Windows 7 memang cukup menyesakkan. Namun, kebijakan tersebut memang sengaja diberlakukan oleh perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates guna menggenjot penggunaan Windows 10.

Baca juga: Microsoft Mengenalkan Windows 10X, Seperti Apa?

Dukungan Keamanan Windows 7 Berhenti 14 Januari

Pihak Microsoft telah menyampaikan kepada publik bahwasanya dukungan pembaruan keamanan untuk Windows 7 akan berhenti pada 14 Januari 2020. Seperti yang sudah disebutkan di awal, penghentian ini memang sengaja dilakukan oleh Microsoft.

Alasannya, Microsoft ingin para pengguna Windows 7 untuk segera hijrah menggunakan Windows 10. Langkah Microsoft untuk menggiring para pengguna Windows 7 beralih menggunakan Windows 10 sendiri juga terbilang cukup lama, yaitu selama 4 tahun.

Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama, kebanyakan para pengguna masih enggan menggunakan Windows 10 karena para pengguna Windows 7 pun sampai saat ini masih banyak dijumpai. Windows 7 sendiri merupakan sistem operasi terfavoit selama 1 dekade terakhir ini.

Baca juga: Microsoft Ingin Pengembang Aplikasi Gunakan Fluent Design, Apa Itu?

Dukungan Keamanan Masih Mungkin Didapatkan

Dukungan keamanan Windows 7 akan resmi dihentikan pada 14 Januari 2020. Meskipun begitu, ternyata para pengguna tetap bisa memperpanjangnya. Namun, perpanjangan yang dimaksud hanya berlaku untuk para pengguna Windows 7 Enterprise saja.

Jadi, pengguna Windows 7 yang menggunakan komputer perusahaan bisa mendapatkan dukungan keamanan dengan mendaftar di Extended Security Updates (ESU). Dengan mendaftar di ESU, maka pihak Microsoft akan memberikan keamanannya hingga tahun 2023.

Mengingat layanan keamanan Windows 7 akan segera dihentikan, maka solusi terbaik yang bisa dipilih adalah beralih menggunakan Windows 10. Peralihan Windows 7 ke Windows 10 sendiri bisa dilakukan dengan membeli perangkat baru atau melakukan update.

Jika Anda memilih untuk melakukan update dari Windows 7 ke Windows 10, maka Anda tidak perlu merogoh kocek karena pihak Microsoft memberikannya secara gratis. Namun, Windows 7 yang Anda gunakan itu harus memiliki lisensi asli dari Microsoft.

Baca juga: Inilah 7 Produk Microsoft yang Gagal di Pasaran

Adapun jika para pengguna tidak beralih ke Windows 10, maka penggunaan Windows 7 akan menimbulkan bahaya sendiri bagi penggunanya. Bahaya yang dihadirkan berupa datangnya virus dan malware yang bisa menyerang komputer kapan pun itu waktunya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close