Internet

Minggu Ini, IGTV Resmi Menjalankan Program Monetisasi

Pada 17 Maret 2020 lalu, Instagram mengkonfirmasi bahwasanya mereka telah meluncurkan tahap pertama program monetisasi. Di tahap pertama ini, pihak perusahaan telah memilih beberapa kreator untuk berpartisipasi dalam pengujian awal iklan di video IGTV.

Informasi saja, program monetisasi yang dicanangkan oleh media sosial pimpinan Adam Mosseri tersebut hanya untuk para kreator top saja sementara ini. Nantinya pihak perusahaan akan memberikan pendapatan kepada para kreator sebesar 55 persen dari semua iklan di IGTV.

Baca juga: Instagram Luncurkan Tahap Pertama Monetisasi IGTV

200 Kreator Siap Jalani Monetisasi di IGTV

Pada Maret lalu, pihak Instagram tidak menjelaskan berapa kreator konten yang sudah mereka ajak berpartisipasi. Namun untuk saat ini, berapa kreator yang mereka ajak itu diperjelas oleh pihak perusahaan.

Seperti yang dikutip dari The Verge, pihak perusahaan dikabarkan akan mengajak 200 kreator untuk mulai menjalankan program monetisasi. 200 kreator yang diajak oleh Instagram adalah para kreator top seperti yang sudah disebutkan, dan hanya yang berbahasa Inggris saja.

Beberapa kreator top yang akan menjalankan program monetisasi ini di antaranya adalah Adam Waheed dan juga Lele Pons. Jika program monetisasi berjalan sukses, pihak Instagram berencana akan membawanya kepada seluruh kreator kontennya. Dan program monetisasi sendiri akan dimulai minggu ini.

Justin Osofsky selaku COO Instagram menjelaskan cara kerja iklan di IGTV, yaitu iklan hanya akan muncul ketika para pengguna mengklik untuk menonton video IGTV dari pratinjau di feed mereka. Iklan sendiri akan tampil selama 15 detik dengan posisi vertikal.

Baca juga: Instagram Perbarui IGTV, Fitur Discover Disematkan di Aplikasi

Instagram Juga Kenalkan Badges di IG Live

Tempat monetisasi atau menghasilkan uang tidak hanya akan difokuskan di platform IGTV saja, karena pihak perusahaan masih memiliki cara lain bagi para penggunanya untuk menghasilkan uang di platform mereka, dan cara lain tersebut adalah dengan memanfaatkan Instagram Live.

Masih melansir dari The Verge, pihak perusahaan berencana menghadirkan badges di Instagram Live. Melalui badges ini, para kreator bisa mendapatkan penghasilan dari para pemirsa yang menyaksikan Live mereka. Cara kerja dari badges ini adalah para pemirsa akan menyumbangkan uang kepada kreator favorit mereka.

Adapun untuk badges ini, pihak perusahaan masih akan mulai melakukan uji coba di beberapa negara seperti AS, Brasil, Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Turki, Spanyol, dan Meksiko. Badges diharapkan mampu membantu akun kreator kecil dan juga akun kreator bisnis.

Terkait badges ini, Osofsky menjelaskan bahwasanya akan terdapat tiga lencana atau badges yang berbeda yang bisa dipilih, yaitu badges USD0,99, USD1,99, dan USD4,99. Ketika salah satu badges dibeli, maka badges tersebut akan muncul di depan nama pembelinya ketika mereka berkomentar.

Baca juga: Instagram Sudah Bisa Berbagi Siaran Langsung ke IGTV

Kreator konten sendiri saat melakukan Live juga bisa melihat siapa-siapa saja yang membeli badges. Osofsky menambahkan, selama pengujian awal ini, Instagram tidak akan mengambil potongan pendapatan sehingga para kreator konten akan mendapatkan penghasilan secara utuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close