Review Produk

Mobil Bekas Terbaik Harga Rp50 jutaan Paling Laris di Indonesia

Mobil bekas terbaik – Mobil bekas dengan kisaran harga  Rp 50 jutaan masih menjadi pilihan utama sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia.

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen tertarik memilih untuk membeli mobil bekas Rp.50 jutaan tentu saja karena harga mobil baru saat ini terus naik dan masih sulit dijangkau masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah.

Meskipun saat ini banyak penjual mobil menyediakan fasilitas pembiayaan yang katanya murah. Dengan memilih mobil bekas yang tepat, kita dapat saja memperoleh unit kendaraan dengan tahun yang relatif masih terbilang muda dan kondisi mesin yang prima.

Mobil bekas di rentang harga Rp50 jutaan ini  tentunya masih tergolong terjangkau bagi masyarakat menengah.

Latar belakang pembeli yang kebanyakan berasal dari pengguna sepeda motor yang ingin naik kelas, namun dengan budjet yang masih minim rasa-rasanya pilihan mobil bekas kisaran 50jutaan ini sangat tepat.

Anda yang ingin membeli mobil bekas di kisaran 50 jutaan ini sebenarnya sangat lengkap jenis dan pilihannya. Mulai dari sedan, mobil city car, MPV, hingga SUV pun tersedia.

Walaupun dapat dikatakan mobil bekas, namun dengan perawatan yang baik nantinya dapat mengembalikan performanya yang tangguh.

Untuk mendapatkan mobil bekas yang dalam kondisi baik, anda bisa mencarinya di beberapa dealer mobil yang ada di kota anda atau bisa melalui jasa perantara yang anda percayai.

Di samping itu, di era serba online ini anda bisa mencari dan membeli mobil-mobil second dengan kualitas yang baik melalui situs-situs jual beli mobil seperti carmudi, mobil123, momobil dan mobil88.

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips membeli Mobil Bekas Terbaik

Tidak semua orang menjual mobil mereka karena kondisi mobil yang tidak baik lagi. Namun, banyak pula, mobil yang dijual pemiliknya karena suatu alasan meskipun mobil mereka sebenarnya masih bagus kondisinya.

Jadi, bukan suatu hal yang aneh jika kita menemukan mobil dengan status second yang kualitasnya mendekati mobil baru. Tentunya untuk dapat menemukan mobil bekas berkualitas, dibutuhkan kejelian saat membelinya.

Selain jeli melihat kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Berikut ini beberapa kiat dalam memilih mobil bekas berkualitas

1. Waspada Terhadap Mobil dengan Harga Miring

Anda pasti pernah mendengar pepatah “ada rupa ada harga”, hal ini juga berlaku saat Anda membeli mobil bekas.

Bukan berarti Anda tidak dapat menemukan mobil kualitas bagus dengan harga murah, namun Anda harus lebih jeli dalam memeriksa kondisi mobil jika harga yang ditawarkan jauh di bawah harga pasaran.

Hal ini dikarenakan banyak mobil-mobil bekas akibat kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga murah agar cepat laku.

Di samping itu, jika anda membeli di showroom, terkadang mereka memasang harga murah hanya untuk memancing konsumen supaya datang ke showroom nya untuk ditawarkan mobil yang lain.

2. Lihat Catatan Servis Berkala Mobil

Salah satu kelengkapan yang penting untuk ditanyakan adalah catatan servis mobil tersebut. Apakah servis rutin dilakukan? Jika ya, apakah catatannya lengkap? Di bengkel mana servis dilakukan?

Catatan servis berkala penting karena mobil yang dirawat secara berkala, tentu akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima jika dibandingkan dengan yang jarang diservis apalagi jika kendaraan tersebut rutin digunakan.

Mobil yang rutin servis berkala mencerminkan bahwa pemilik sebelumnya betul-betul menjaga dan merawat kondisi mobilnya.

Jika memungkinkan, pilih mobil yang selalu servis di bengkel resmi, sehingga Anda dapat memastikan keaslian sparepart mobil incaran Anda.

3. Bawa Teman atau Mekanik yang Paham tentang Mobil Bekas

Sebaiknya Anda membawa teman yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas.

Meskipun Anda paham tentang mobil, bantuan dalam pengecekan akan dapat mengurangi kemungkinan adanya kerusakan yang terlewat. Dua orang tentunya akan lebih cermat dan teliti daripada 1 orang.

Jika Anda tidak ada teman yang dapat membantu, gunakan jasa mekanik yang handal dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas.

Dengan bantuan mekanik yang ahli di bidang otomotif, Anda tentu akan merasa lebih yakin dalam membeli mobil pilihan Anda

4. Cek Kondisi Mobil

Anda bisa mulai memeriksa mobil dari kondisi mesinnya. Buka kap mesin untuk mengecek kondisi mesin mobil.

Ini adalah bagian penting dari proses pemeriksaan. Mobil harus gampang dinyalakan, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin.

Mintalah untuk melakukan test drive pada penjual mobil karena kualitas  mesin mobil akan lebih terasa saat Anda mengendarainya langsung di jalan raya.

Hal ini disamping untuk memeriksa performa mesin, rem, transmisi dan kaki mobil, juga untuk menguji tingkat kenyamanan saat mengendarai mobil tersebut.

Setelah itu, periksa kondisi body dan eksterior mobil secara keseluruhan. Pastikan setiap bagian seperti pintu, kap mesin dan kaca mobil, masih asli atau tidak.

Selain itu perhatikan pula kondisi cat mobil, apakah masih asli atau sudah melalui proses pendempulan dan pengecatan ulang.

Yang paling penting saat memeriksa body adalah struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka atau chassis mobil masih dalam kondisi prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

Terakhir periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen yang perlu dicek fungsinya seperti AC, sistem audio, dan lampu. Pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. Coba duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet.

Perhatikan pula bau di dalam kabin, apakah tercium bau apek? Jika iya, ini dapat menjadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah terkena banjir.

5. Cek Kelengkapan Dokumen

Setelah mengecek kondisi mobil, selanjutnya periksa kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika kendaraan yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan pula nomor sasis dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa kendaraan yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

Daftar Mobil Bekas Terbaik Harga 50 jutaan paling laris di Indonesia

MPV/Minibus

Jenis mobil yang sangat banyak dicari oleh pembeli adalah jenis mobil MPV alias mobil keluarga.

Dengan rentang harga mobil bekas Rp50 jutaan jenis MPV atau minibus, Anda dapat memperoleh mobil dengan tahun yang relatif muda. Rata-rata mobil keluaran tahun 1990-2000an awal berupa minibus.

Dengan anggaran yang tidak terlalu banyak, Anda dapat membawa pulang MPV keluaran merek-merek ternama asal seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, hingga Mitsubishi.

Pembeli tidak perlu khawatir mengenai sparepartnya, karena tersedia hampir di seluruh Indonesia mulai dari yang asli hingga yang tiruan atau KW.

1. Isuzu Panther

mobil bekas terbaik panther

Rekomendasi mobil bekas terbaik yang pertama adalah isuzu panther. Minibus keluaran Isuzu ini termasuk kendaraan yang awet modelnya (long lasting).

Desain Isuzu Panther bertahan lama tanpa adanya banyak perubahan. Isuzu Panther hadir sebagai sebuah mobil keluarga yang mampu menampung hingga 7-8 orang.

Bermodal mesin diesel yang terkenal tangguh dan jarang rewel, menjadi nilai plus mobil yang satu ini.

Pada generasi awal (1991-1996), Isuzu Panther menggunakan mesin 2.3 liter OHV 4 silinder indirect injection berkekuatan 60 dk pada 4.300 rpm.

Lalu untuk generasi kedua hingga yang terbaru, Panther memakai mesin 2.5 liter OHV Direct Injection. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sampai 86 dk pada 3.900 rpm.

2. Toyota Kijang

mobil bekas terbaik kijang super

Dengan anggaran sekitar Rp45-55 juta, anda dapat membeli mobil bekas seperti Kijang generasi ketiga atau sering disebut sebagai Kijang Super.

Kijang pada awalnya adalah tipe kendaraan niaga. Kijang lalu bertransformasi menjadi mobil keluarga.

Kijang generasi ketiga diperkenalkan secara resmi pada akhir 1986. Toyota menyediakan dua tipe, KF40 Series yang mengusung wheelbase pendek dan KF50 Series yang memakai wheelbase panjang.

Pada generasi ini mulai digunakan teknologi Full Pressed Body. Sebuah teknik baru untuk mengurangi penggunaan dempul hingga 2-5 kg untuk setiap mobil yang diproduksi.

Perubahan kecil terjadi pada 1992. Tipe terbaru Kijang memakai pintu tengah sebelah kanan yang sebelumnya tidak ada.

Rancangan body Kijang Super mengadopsi nama baru dari Full Pressed Body menjadi Toyota Original Body.

Memilih mobil bekas terbaik Rp50 jutaan seperti Kijang ini dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin memuat seluruh anggota keluarga ketika bepergian.

Kalau anda punya anggaran diatas 50 juta, anda bisa memilih jenis kijang kapsul LGX dengan bahan bakar bensin

3. Suzuki Carry Futura

mobil bekas terbaik carry futura

Ingat Carry, pasti yang terbersit adalah jenis mobil angkot. Ya, Carry telah sejak lama dipakai sebagai mobil angkutan kota. Pengusaha angkot memilih Carry karena perawatannya gampang dan mesinnya yang bandel.

Pada tahun 1980 sampai1990-an Suzuki Carry mengalami masa kejayaan. Boleh dibilang jika mobil keluarga saat itu adalah Suzuki Carry.

Generasi awal Carry mengusung tipe mesin F10A berkapasitas 970cc dengan output 44 PS. Lalu, pada tahun 1991 Suzuki Carry berinovasi dengan desain baru.

Pada saat ini, mobil Carry terbagi dua bentuk yang berbeda antara pick up dan minibus. Carry minibus berubah menjadi Carry Futura, dengan mesin 1,5 liter mempertahankan gaya semi kapsul sebagaimana awal kemunculannya.

SUV

Bagi anda yang ingin tampil gagah dan macho tapi anggaran mepet masih dapat berburu mobil bekas SUV kisaran harga Rp50 jutaan.

Walaupun dapat dikatakan mobil bekas, kemampuan mobil SUV yang terkenal tangguh di segala trek ini tetap tangguh.

Sekalipun telah berumur, SUV masih diandalkan untuk menjelajah trek-trek yang terbilang sulit. Beberapa perubahan teknis membuat SUV kian perkasa melahap jalur yang sulit.

1. Daihatsu Feroza

mobil bekas terbaik feroza

Di pasar mobil bekas, Daihatsu Feroza dapat anda peroleh dengan harga 30 Jutaan hingga 60 Jutaan. Daihatsu pada awal tahun 1990-an memang masih setia dengan DNA off-road yang kuat dari model Taft dan Rocky.

Kelebihan mobil ini adalah mempunyai desain bergaya SUV yang gagah layaknya mobil Jeep.

Namun, Feroza belum memakai sistem penggerak 4WD, maka kurang cocok jika dipakai untuk offroad sehingga feroza memperoleh julukan jip banci. Hanya desainnya saja yang dibuat macho dan perkasa namun tenaga kurang maksimal.

Tercatat telah ada 3 seri Feroza, dimana seri pertama lahir pada tahun 1993-1996, lalu muncul Feroza Special Edition pada tahun 1996-1998, dan yang terakhir adalah Feroza G2 pada tahun 1996-1999.

Daihatsu Feroza mengusung mesin bertipe HD-C dengan kapasitas 1.6 liter, 4 silinder segaris, 16 katup SOHC, berbahan bakar bensin dan berpendingin air.

Untuk tipe standar dan special edition, tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 96.3 PS pada 5.700 rpm dan torsinya mencapai 13.1 kgm pada 4.800 rpm.

Sementara untuk tipe G2, tenaga maksimalnya mencapai 87,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 12.9 kgm pada 3.600 rpm.

2. Suzuki Katana

mobil bekas terbaik

Mobil bekas kategori SUV selanjutnya adalah Suzuki Katana. Mobil ini mempunyai sejarah panjang dalam perkembangannya di Indonesia. Katana adalah salah satu mobil legendaris keluaran Suzuki dan masuk ke dalam varian mini SUV.

Bagi pecinta offroad pasti tidak asing lagi dengan mobil ini. Pasalnya mobil tersebut sering kali dimodifikasi menjadi mobil offroad.

Padahal performa mesinnya tergolong standar, Suzuki Katana menggunakan mesin bertipe F 10 A SOHC, 4 silinder segaris, 8 katup dengan kapasitas mesin 1.000 cc.

Perbandingan kompresi mobil ini 1:8,8. Daya maksimum yang dimiliki 50 PS pada 5.500 rpm dengan torsi maksimum 7.5 kgm pada 3.500 rpm.

Sebagai salah satu rekomendasi mobil bekas terbaik, Katana menggunakan steering ball nut, dengan supensi leaf spring pada bagian depan dan belakang.

Untuk sistem penggerak roda, pada awalnya Suzuki Katana memiliki 2 pilihan penggerak roda, yakni 4 roda (4×4) dan 2 roda (4×2).

Alhasil mobil ini lebih cocok dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari. Anda yang ingin membeli Suzuki Katana harus paham jika mobil ini hanya didukung mesin yang kecil sehingga tidak cocok untuk digeber kencang di jalan raya.

Beda ceritanya jika berbicara soal kemampuan Suzuki Katana di medan off-road. Katana sangat handal untuk melewati tanjakan karena rasio gir mobil ini yang mendukung.

Di samping itu, Suzuki memang merancang Katana memakai bodi yang kokoh, sehingga cocok digunakan di segala medan. Anda yang ingin membeli mobil bekas dengan kemampuan off-road yang handal bisa melirik Suzuki Katana sebagai pilihan.

Seiring waktu, karena yang memakai penggerak 2 roda lebih banyak terjual di pasaran, maka semakin lama suzuki cuma mengeluarkan yang berpenggerak 2 roda belakang saja (RWD).

Mobil bekas seperti Katana ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk kebutuhan off-road ringan dan melibas medan sedang.

Sedan

Jenis mobil yang selanjutnya ini dapat dibilang peminatnya tidak sebanyak jenis mobil atas.

Umumnya, pengguna sedan mencari mobil yang nyaman digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan ukuran kabinnya lumayan lega.

Di samping itu sedan hingga kini masih menjadi simbol kemapanan atau gaya hidup berkelas.

Anda yang ingin terlihat gaya dapat memperoleh mobil bekas di rentang harga Rp50 jutaan dari jenis sedan. Deretan sedan bekas yang ada dapat dibilang melimpah, tersedia mulai dari merek Jepang hingga Eropa.

1. Toyota Corolla

mobil bekas corolla

Daftar mobil bekas terbaik yang pertama dari kelas sedan adalah Toyota Corolla. Inilah sedan dengan penjualan terlaris di dunia.

Toyota Corolla sukses menggeser popularitas Volkswagen Beetle di tahun 1997. Anda dengan modal uang Rp50 jutaan dapat memiliki seri Great Corolla atau disebut juga ‘Greco’.

Daya pikat Toyota Great Corolla masih sangat besar, meski umurnya tidak lagi muda. Mobil sedan ini dikenal tangguh dan gampang perawatannya.

Sparepart-nya gampang dicari, sehingga layak menjadi pilihan utama bagi anda yang mencari mobil 50 Jutaan terbaik di Indonesia.

Desain mobil ini terinspirasi dari desain Lexus dimana Toyota membuat Corolla menjadi lebih lega dan lebih mewah.

Ada dua varian yang tersedia dan dijual resmi di Indonesia yakni SE dan SE.G. Varian SE keluaran tahun 1992 dan 1993 memakai unit mesin 4E-FE berkapasitas 1.3 liter, sedang varian SE.G tahun 1994 sampai 1996 memakai mesin 1.6 liter.

Dipasar mobil bekas saat ini dapat diperoleh dengan harga mulai Rp. 45 Jutaan sampai Rp. 65 Jutaan, tergantung kondisinya.

Sejarah Toyota Corolla pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1970. Saat itu Corolla yang masuk ke Indonesia telah masuk generasi kedua.

Toyota mulai merakit Corolla pada Desember 1971 dengan model 4 pintu. Mobil ini disokong mesin 3K 1.200 cc dengan sistem transmisi 4 percepatan manual. Saat itu Toyota menyebutnya model Corolla KE20.

Memasuki tahun 1975, Toyota memperkenalkan Corolla generasi ketiga. Masih tetap dengan tipe sedan 4 pintu, Mesinnya 3K dengan kapasitas 1.200 cc. Toyota Corolla baru mengalami inovasi besar-besaran di 1980 atau generasi keempat.

Toyota menyebutnya Toyota Corolla DX dan berkode KE70, yang dibekali mesin 1.300 cc 4K. Pasca tamatnya generasi DX, Toyota kemudian merilis Corolla GL yang saat itu pertama kalinya menggunakan penggerak roda depan.

2. Suzuki Baleno

mobil bekas terbaik baleno

Rekomendasi mobil bekas terbaik yang terakhir merupakan produk dari pabrikan Jepang Suzuki. Merek Suzuki adalah jaminan keawetan sebuah mobil dengan dukungan suku cadang yang melimpah.

Bagi anda yang mencari sedan keluaran Suzuki dapat memilih Baleno. Sejak pertamakali diperkenalkan ke pasaran Indonesia pada pertengahan 1996, Baleno dapat memikat perhatian masyarakat luas.

Sedan ini menyuguhkan performa yang handal, irit bahan bakar dan desain yang menarik. Anda yang baru beralih dari roda dua ke mobil, tidak ada salahnya menjadikan Baleno sebagai pilihan.

Suzuki Baleno generasi pertama disokong mesin G-Family, SOHC, 16 katup, berkapasitas 1.600cc. Rentang tenaga yang mampu dihasilkan antara 85-97 PS.

Sedang untuk Suzuki Neo Baleno, mesin yang dipakai berkapasitas 1.500cc, 4 silinder segaris VVT, 16 katup DOHC.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimalnya mencapai 133 Nm pada 4.000 rpm dioptimalan oleh fitur Power Steering serta transmisi manual 5 percepatan

Suzuki Baleno keluaran 2001 dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang mencari mobil 50 Jutaan terbaik.

Demikian daftar beberapa mobil bekas terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk anda yang ingin mempunyai mobil namun hanya memiliki anggaran sekitar Rp50 jutaan saja. Semoga bermanfaat untuk anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close