Review Produk

Mobil SUV Terbaik 2020 di Indonesia Untuk Kenyamanan Mudik Lebaran

Mobil SUV Terbaik – Sport Utility Vehicle (SUV) adalah tipe kendaraan yang didesain khusus untuk beragam tipe medan jalan. Bagi yang merasa macho dan gagah saat berkendar, tipe mobil ini layak untuk Anda pilih.

Dengan mesin yang mumpuni dan desain eksterior yag gagah, mobil SUV layak untuk Anda pakai dalam beragam keadaan jalan. Bisa dipakai sebagai kendaraan harian dalam kota, dipakai untuk jalur berbatu dan tak rata juga bukan menjadi persoalan.

Berbicara tentang mobil SUV, ternyata masih banyak para pecinta otomotif sekalipun yang masih salah dalam membedakan antara mobil jenis SUV ini dengan mobil MPV.

Kedua jenis mobil ini sekilas memang tampak sama bentuknya tetapi sesungguhnya kedua mobil ini memiliki perbedaan baik dari sisi bentuk, komponen mesin hingga peruntukannya.

Mobil SUV terbaik
image from tribunnews

Perbedaan antara Mobil SUV dan Mobil MPV

Dikutip dari beberapa sumber, inilah perbedaan SUV dan MVP.

1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Kalau diperhatikan dari wujudnya, kendaraan SUV mempunyai bodi yang tangguh dengan komponen mesin yang terbilang gahar.

Mobil tipe ini sengaja diciptakan untuk melalui medan yang sulit, curam, on road ataupun off road . Boleh dikatakan sebagai kendaraan untuk semua medan.

Kapasitas mesin rata-rata di atas 1500 cc, bagasi lebar, fitur komplit} memuat 6 – 8 penumpang dan suspensi kokoh.

SUV dilengkapi Four Wheel Drive (4WD) atau penggerak 4 roda untuk menciptakan tenaga prima setara dengan bahan bakar yang dipakai.

Dan dengan spesifikasi yang serba gahar, harga mobil SUV tentu lebih mahal daripada MPV, bahkan ada yang hingga miliaran rupiah.

Beberapa merek kendaraan yang mewakili kelompok SUV diantaranya Pajero, Fortuner, Honda CRV, Daihatsu Terios, Nissan Juke dan Toyota Rush.

2. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Berbeda dengan SUV, MPV terkesan lebih mungil bodinya. Kendaraan tipe ini umumnya dibuat sebagai kendaraan keluarga.

Di samping harganya yang relatif lebih murah, mobil jenis MPV sebenarnya juga mempunyai bodi dan mesin yang tidak dapat disepelekan.

Sistem penggerak yang diusung Two Wheel Drive (2WD) alias penggerak 2 roda yang bermanfaat untuk efisiensi bahan bakar.

Sebagai kendaraan keluarga, mobil dalam kelompok MVP sanggup memuat 6 – 8 penumpang dengan ruang gerak yang lebih sempit daripada mobil SUV.

Deretan kendaraan MPV antara lain: Avanza, Innova Xpander, Xenia, Honda Freed, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Baca juga : Mobil MPV Terbaik untuk Mudik Lebaran 2020 Bersama Keluarga

Keunggulan Mobil SUV

Berikut lima keunggulan mobil SUV bagi kaum urban

1. Kenyamanan Membawa Penumpang

Mempunyai unsur genetik sebagai kendaraan yang dioptimalkan agar handal disegala medan, kendaraan ini walaupun mempunyai kapasitas penumpang yang memadai, soal kenyamanan tidak perlu diragukan.

Salah satunya perangkat suspensi yang mempunyai karakter sedikit lebih keras sehingga dalam kapasitas penuh dan menghadapi medan yang sulit sekalipun masih terakomodir dengan mudah.

2. Masih Efisien Meskipun Membawa Barang Banyak

Teknologi yang kini banyak dimiliki produsen mobil, sanggup mematahkan pandangan bahwa kendaraan SUV yang terkenal boros.

Meskipun sekarang mengusung mesin kompak, untuk menekan konsumsi bahan bakar menjadi efisien. Banyak produsen yang memakai perangkat turbo untuk mensupport tenaga yang lebih gahar. Langkah itu yang dijalankan Honda untuk mobil CR-V terbarunya.

Ruang baris ketiga pada mobil SUV terkini sekarang juga dapat difungsikan menjadi bagasi yang jauh lebih luas. Sehingga sanggup membawa kargo yang lebih banyak.

3. Mesin berkubikasi Compact

Teknologi mesin kapasitas kecil yang menjadi referensi banyak produsen untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar, sekarang telah menjadi tren.

Terutama persoalan tenaga yang kurang besar dalam pemakaian mesin dengan kubikasi mesin kecil, sudah tersolusikan dengan pemakaian perangkat turbo.

Teknologi inilah yang sekarang mematahkan pendapat bahwa kendaraan SUV boros seperti tahun-tahun sebelumnya dimana banyak produsen membekali produk SUV-nya dengan mesin kapasitas besar.

4. Mobil SUV mampu di segala medan

Ketangguhan SUV sebagai kendaraan di semua medan menjadi salah satu alasan banyak konsumen memilih kendaraan ini. SUV sendiri dimaksimalkan memang khusus untuk mengakomodir keperluan konsumen akan keberadaan mobil yang tangguh di aspal ataupun medan off road ringan.

5. Desain SUV terlihat gagah

Banyak desainer yang memberi arahan mobil SUV ke wujud tampilan yang gahar dan kekar. Hal ini disesuaikan dengan genetik mobil SUV yang mampu melumat semua medan.

Dengan tampilan yang gahar dan kekar ini, tentunya dapat lebih menambah kepercayaan diri pengemudi SUV ketika berada dibalik kemudi.

Nah, manakah mobil SUV terbaik yang cocok untuk Anda? Berikut ini merupakan sebagianrekomendasi mobil SUV di Indonesia yang cukup populer.

Daftar mobil SUV terbaik di Indonesia

1. Suzuki XL7

mobil SUV terbaik Suzuki XL7

Suzuki telah resmi meluncurkan seri terbarunya yaitu SUV XL7 di Indonesia pada tanggal 15 Februari 2020. Kendaraan SUV terkini Suzuki ini diperuntukkan sebagai Low SUV, dengan keunggulan yang dimaksudkan untuk mengakomodir beragam keperluan pengendara di medan beraspal.

Ground clearance XL7 yang mencapai 200 mm menjadikan tampilannya kian gagah, apalagi jenis SUV ini mengusung ban berukuran 195/60 R16. Walau diperuntukkan sebagai Low SUV, dimensi XL7 terbilang berotot dengan ukuran 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm.

2. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport

Rasanya jika berbincang-bincang mengenai sebuah mobil SUV, Mitsubishi Pajero Sport adalah kendaraan SUV yang tak perlu lagi Anda tanyakan mengenai kualitasnya. Dengan tampilan baru, Pajero terbaru ini tampil lebih futuristik dan dinamis daripada seri sebelumya yang mempunyai tampilan boxy.

Mitsubishi Pajero sendiri mempunyai empat buah varian yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda yakni Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 AT, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT, Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT dan Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 MT.

Untuk komponen mesin, kendaraan ini menawarkan dua tipe mesin yakni mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled (EURO II) yang ditanamkan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Sedang untuk varian lainnya memakai mesin 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC (EURO II).

3. Toyota All New Fortuner

mobil SUV terbaik Fortuner

Rasanya kurang komplit mendiskusikan mobil SUV tanpa mendiskusikan kendaraan yang satu ini. Toyota All New Fortuner adalah pesaing utama dari Mitsubishi Pajero Sport.

Toyota Fortuner kini juga hadir dengan wujud yang lebih sporty dan dinamis daripada seri terdahulunya. Tipe 2.4 VRZ 4×4 AT menjadi versi tertinggi untuk Toyota Fortuner.

Lalu untuk Toyota Fortuner edisi terkini dilengkapi dengan mesin 2.4L VTN dengan kapasitas silinder 2.393 cc. Mesin ini sanggup menghadirkan tenaga sampai 147,5 hp dan torsi maksimal 392 Nm. Untuk komponen interior, kendaraan ini telah dilengkapi dengan jok kulit yang memakai jahitan orisinil.

4. Honda CR-V

mobil SUV terbaik Honda CRV

Honda CR-V diproduksi pada tahun 1995 dan kini telah mengeluarkan serinya yang ketujuh. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, Honda CR-V memang tak mempunyai wujud yang garang untuk sebuah kendaraan SUV namun lebih mengarah ke Crossover SUV.

Namun dalam soal kinerja mesin, jenis SUV andalan Honda ini hampir sama dengan kendaraan SUV lainnya. Dengan dua pilihan mesin, 2.0L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dan mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW, kendaraan ini sanggup melaju dengan gampang untuk beragam jenis kondisi jalan.

Dari segi interior, kendaraan ini juga menawarkan kemewahan yang tak jauh berbeda dengan para pesaing sebelumnya. Bahan soft touch dnegan material kulit dapat Anda temukan di dalam kendaraan ini dengan gampang.

Dari segi keselamatan penumpang, kendaraan ini dilengkapi dengan SRS Airbag dengan rangka GCON + ACE dari Honda. Di samping kedua fitur tadi, fitur standar lainnya sepeti seatbelt, hill start asssits dan sebagainya telah tersedia.

5. Nissan X-Trail

mobil SUv terbaik

Salah satu nama yang cukup populer juga dalam kategori mobil jenis SUV di Indonesia yaitu Nissan X-Trail. Kendaraan ini sempat menjadi mobil SUV terbaik di eranya sebab tenaga dan ketangguhannya dalam mengarungi bermacam-macam medan.

Nissan X-Trail terkini hadir dalam wujud yang lebih compact dan elegan daripada seri terdahulunya. Dengan desain muka yang lebih dinamis, menjadikan mobil ini juga cocok untuk dikendarai sebagai kendaraan harian di dalam kota.

Komponen pada bagian dalam juga mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk mengejar pesaing lainnya dalam segmen ini. Pemakaian material kulit dengan sistem multimedia dan hiburan yang lebih mumpuni menjadi improvement yang dijalankan Nissan.

Untuk mesinnya sendiri menyediakan bermacam-macam tipe mesin yang berbeda-beda untuk tiap-tiap kelasnya. Mulai dari mesin bensin QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder sampai mesin MR20DD 2.0 Liter DOHC 16 Valve dengan Dual CVTCS untuk varian Hybridnya.

6. Toyota All New Rush

mobil SUV terbaik

Toyota Rush sendiri sebetulnya masuk ke dalam klasifikasi SUV cuma sebagai suplemen saja, sebab lumayan jauh jika kita bandingkan tingkat kenyamanannya dengan Fortuner. Kendaraan ini sendiri telah diluncurkan di Indonesia.

Mobil ini sekarnag tampil lebih dinamis dan sporty daripada generasi sebelumnya yang mengusung desain boxy semenjak pertama kali diluncurkan. Tampilan barunya menjadikan kendaraan ini benar-benar fresh dan menarik perhatian pecinta otomotif di Indonesia.

Di versi terbarunya ini, Rush dilengkapi Antilock Breaking System (ABS), Hill Start Assist, Vehicle Stability Control dan enam kantung udara. Sesuatu yang cukup mewah jika kita bandingkan dengan versi sebelumnya. Untuk mesinnya sendiri memakai mesin Dual VVT-i (2NR) berkapasitas 1500 CC yang sama dengan Avanza Veloz dan juga Sienta.

Demikian daftar beberapa mobil SUV terbaik yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Silahkan pilih kira-kira mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget anda untuk persiapan mudik lebaran ke kampug halaman nanti.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close