Review ProdukTekno

Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546, Monitor Terbaik untuk Bermain Game

Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546 – Memainkan game-game saat ini seperti PUBG, Frontnite bahkan eSport dengan kualitas HD membutuhkan perangkat yang juga harus mumpuni untuk memperoleh pengalaman dan kenyamanan bermain game yang menyenangkan. Salah satu perangkat yang harus dipertimbangkan adalah monitor yang benar-benar terbaik.

Salah satu perangkat monitor yang bisa menjdi pilihan adalah BenQ Zowie yang sangat familiar di kalangan para gamer esport tanah air ataupun mancanegara. Penyuka game fps sekarang telah banyak melirik monitor yang satu ini untuk bermacam-macam tipenya.

Mulai dikenalkan pada tahun 2008, BenQ sendiri sejatinya cuma mengakuisisi brand gaming terbaik dunia ini menjadi bagian dari produk series mereka.

Sampai sekarang BenQ Zowie Series terdapat 2 type yaitu Zowie RL dan juga Zowie XL. Monitor gaming Zowie sendiri lahir untuk mengatasi pembatasan respons time lambat yang kerap dialami para gamer saat bermain memakai console Playstation, Xbox ataupun PC.

Selama ini pendapat mengenai pemakaian layar besar monitor pc merupakan yang terbaik sebab dipastikan mempunyai fps tinggi.

Tetapi rupanya, masih ada kendala, pasalnya tampilan grafis sebuah game tentunya berbeda dengan tampilan grafis sebuah video dan juga sinetron. Saya teringat saat bermain game Tekken dan juga Mortal Combat memakai layar TV LED yang membuat mata merah dan pusing.

Baca juga : TV Atau Monitor Untuk Gaming? Manakah yang Lebih Baik?

Kalibrasi warna dan ketajaman yang kurang memadai mengakibatkan saya mengalami hal tersebut. Tetapi sesudah bermigrasi ke monitor gaming, bermain jadi lebih santai dan lebih lama.

Apalagi sekarang, tiap pasang mata memainkan game PUBG yang sedang naik daun, hingga ada wacana fatwa haram PUBG oleh MUI sebab terlalu banyak pemainnya.

Zowie sendiri juga menjadi monitor gaming PUBG yang senantiasa loyal menjadi partner tiap acara berlevel internasional sampai populer dengan istilah event Zowie PUBG.

Tanpa panjang lebar, saya akan coba mengulas salah satu produk monitor gaming pubg terbaik ini, yaitu BenQ Zowie gaming monitor XL2546 24,5 inci.

 

Seperti apa rasanya, dan apa saja fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam tiap-tiap permainan? Berikut review dari BenQ esport monitor Zowie pubg gaming terkini.

Review Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546

Desain

Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546

Seperti ulasan produk-produk lain, kita mengawali dari sisi desain gaming monitor BenQ Zowie XL2546. Sebagai esport monitor gaming, BenQ ini punya sedikit karakteristik yang berbeda dengan monitor-monitor lainnya.

Tak berbeda jauh dengan monitor gaming lain, tetapi lekukan dinamisnya yang jadi pembeda. Lekuk pada sisi layar menghasilkan cahaya yang dikeluarkan layar tak terlalu memantul secara deras ke mata dan tak berpendar di sisi monitor.

Bagian penopang memang tak ada kontrol lock sehingga monitor gampang turun ke dasar atau memang desain ergonomis yang diberi sedemikian rupa sehingga mempermudah gamer untuk bermigrasi fase monitor pas dengan kenyamanan cuma dengan 1 jari.

Setting ruler terdapat di sisi leher penopang monitor sebagai pembantu mengingat posisi terbaik ketika memakai monitor. Mungkin saja Anda seperti saya dan teman-teman yang bergantian mencoba kenyamanan monitor gaming sehingga setingan posisi yang enak tiap orang berbeda.

Tombol Setting layaknya sebuah shortcut pada komponen bawah panel monitor, hal ini sebab pengoperasiannya yang berbeda dengan monitor gaming murah lainnya dan terkesan lebih kelihatan high tech.

Layar

Tingkat kecerahan layar ideal, juga terdapat adjustment otomatis untuk kadar kecerahan dan juga kepadatan frame yang cocok dengan klasifikasi.

Klasifikasi setting terdiri dari standar, movie, game dan lain-lainnya. Layar BenQ gaming monitor XL2546 memang dirancang khusus untuk Gamer pro yang memerlukan ritme permainan yang kencang dan tanpa jeda.

Monitor zowie ini dirancang untuk tipe Game terkini yang lebih didominasi tampilan grafis 3D riil, rumit, dan serba kencang. Bicara soal flicker, telah ada claim dari BenQ soal monitor gaming Zowie 240Hz Monitor Gaming (Indonesia) mereka yang dibekali Flicker-gratis. Pada sesi uji calibrasi, flicker yang terasa cukup halus hampir tak terasa ada.

Saya dan teman-teman mencoba untuk menonton film dari youtube dengan membandingkannya pada monitor gaming lain, alhasil BenQ jauh lebih nyaman dari sisi warna dan juga tingkat kecerahan. Layar 24,5 inci mempunyai resolusi Full HD yang dua kali lebih bagus dibanding layar HD standar.

Monitor BenQ XL2546 dibekali Refresh Rate dan Response Time super kencang sehingga transisi gambar adegan berkecepatan tinggi tampil lebih halus dan bebas blur.

BenQ XL2546 mempunyai tombol S-Switch Arc Remote Control yang mempermudah mengontrol tampilan dan memilih mode settingan gambar secara manual. BenQ XL2546 merupakan solusi ideal untuk hadirkan performa aksi mengagumkan dari Game-Game unggulan Anda.

Bagi saya, status layar dengan model panel TN yang dimiliki benar-benar aman dengan mata saya. Secara teknis, response time menghasilkan 1ms(GtG) telah sesuai untuk dipakai dalam esport gaming kelas kakap.

Untuk sekadar bermain PUBG, layar sanggup menonjolkan aksi nyaman meski kembali lagi pada tipe kartu VGA yang kita pakai. Kebetulan saya masih memakai Gigabyte RX540 4GB, masih cukup untuk memainkan game casual ataupun FPS yang sewajarnya.

Fitur

Layar Monitor BenQ XL2546 juga hadir dengan fitur settingan layar yang fleksibel. Fitur 20 Level Color Vibrance memberikan Anda keleluasaan untuk memilih settingan warna yang cocok untuk keperluan anda. Tipe Game apa saja yang dimainkan, Anda dapat memilih komposisi warna yang paling ideal.

Tampilan layar bahkan dapat disesuaikan ulang dengan Display Mode dan Smart Scaling. Dengan fitur ini Anda dapat merubah tampilan layar menjadi 17 Inch, 19 Inch, 19 Inch Wide, 21.5 Inch Wide, 22 Inch Wide, dan 23 Inch Wide.

Fitur eQualizer bisa menjadikan gambar yang gelap menjadi lebih jelas. Fitur ini pas untuk dipakai ketika bermain Game FPS, RPG, RTS, atau apa saja Game yang punya visual dominan gelap.

Konektivitas port tersedia di komponen bawah dan juga di sisi kiri layar. Sebagai info tambahan kian besar Refresh Rate, gerakan obyek pada gambar akan kelihatan lebih halus.

BenQ XL2546 mempunyai Refresh Rate 240Hz atau dua kali lebih tinggi dibanding Monitor standar yang berkisar 120Hz atau 144Hz Monitor Gaming (Indonesia).

Refresh Rate dan Response Time merupakan dua hal yang cukup penting pada Monitor Gaming disamping ukuran layar dan resolusi. Response Time sendiri merupakan kemampuan Monitor dalam merespons sinyal gambar dari PC ke Monitor.

Kian singkat Response Time maka gambar tetap tajam dan tidak kabur khususnya ketika memperlihatkan obyek bergerak cepat.

Tombol S Switch Arc merupakan tombol settingan layar eksternal yang dapat dipakai untuk ubah settingan layar. Settingan layar yang dapat dipilih dapat disesuaikan entah itu untuk bermain Game, bekerja, atau merasakan hiburan multimedia. Tombol bulat ini mempermudah Anda mengontrol settingan layar secara cepat.

Tombol Auto Mode memungkinkan layar Monitor bisa menyesuaikan settingan layar tergantung tipe Game atau komposisi visual. Anda bahkan dapat menambahkan sampai tiga mode sesudah layar supaya dapat dipakai ketika diperlukan.

Teknologi Low Blue Light

BenQ Zowie XL2546 mengadopsi teknologi terkini Low Blue Light yang mengurangi frekuensi cahaya biru dari layar. Cahaya biru mempunyai panjang gelombang 400-500nm atau 3 kali lebih kuat dibanding cahaya matahari.

Kalau tanpa Low Blue Light mata akan gampang terpapar cahaya biru sehingga menyebabkan mata rusak dan pusing.

Teknologi Flicker hilangkan kedipan, bias warna, dan memuluskan tampilan obyek gambar bergerak. Teknologi Flicker juga sanggup mengurangi kelelahan pada mata terlalu lama menatap layar Monitor.

Berbeda dengan layar Monitor LCD yang rata-rata punya Flicker 200 kali/detik, Monitor BenQ tak ada Flick sehingga mata Anda tidak cepat lelah.

Kenyamanan bertambah dengan adanya shield kiri dan kanan, jadi dapat terhindar dari contekan lawan. Apalagi bermain game seperti Fortnite dan juga PUBG memerlukan taktik, jangan ketahuan posisi Anda.

Monitor juga dapat diposisikan menelentang maupun merunduk sesuai kemauan pengguna.

Spesifikasi Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546

Kriteria Spesifikasi
Panel Type TN
Screen Size 24.5 inch
Resolution 1920 x 1080
Response Time 1 ms
Refresh Rate 240 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 1000:1
Brightness 320 cd/m2
Color Display 16.7 Million
Viewing Angles 170 °
Power Comsumption 55 W
Weight 7.5 kg
Dimensions 515.43 x 569.94 x 226. mm
Colors Hitam
Tipe Monitor LED
HDMI Ports 2 Port(s)
Other Ports DVI- DL

Kesimpulan

Selama saya dan teman-teman mencoba bermain game dengan monitor ini, performa yang dihasilkan terbilang oke untuk memainkan beberapa jenis game yang terbilang cukup berat. Saya cukup menyarankan bagi Anda penggemar gaming, baik pemula maupun veteran untuk mencoba monitor gaming ini.

Untuk urusan harga secara spesifik Anda bisa langsung mengunjungi BenQ Store. Anda bisa memilih sendiri kriteria dari masing masing produk esport zowie monitor yang ingin Anda miliki. Di BenQ Store Anda juga bisa menemukan BenQ Gear atau Zowie Gear untuk menambah ketrampilan bermain game Anda.

Demikian review Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546, semoga bisa menjadi referensi anda, terutama gamers sejati atau anda yang cuma bermain game untuk mengisi waktu luang juga tidak ada salahnya memilih monitor yang satu ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close