motif batik solo

Berbagai Pilihan Motif Batik Solo yang Bagus dan Menarik

Motif Batik Solo paling populer – Jika pada zaman dahulu batik hanya digunakan pada upacara-upacara tertentu, saat ini batik lebih banyak digunakan sebagai busana formal.

Misalnya untuk menghadiri pesta atau kondangan, acara-acara resmi, bisa juga digunakan untuk pergi ke kantor. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan busana batik untuk kuliah.

Dari sekian banyak motif batik yang ada di nusantara, batik Solo mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Alasan mengapa batik yang berasal dari kota Surakarta ini banyak disukai tidak lain dan tidak bukan adalah karena motifnya yang sangat khas.

Selain memiliki motif yang khas, batik Solo juga memiliki warna yang sangat cocok dengan kulit masyarakat Indonesia. Sehingga, siapapun yang mengenakannya akan terlihat makin menarik dan cerah.

Baca jugaInformasi Sejarah Batik Indonesia

Motif batik Solo paling Populer

Seperti halnya batik dari kota-kota atau daerah lainnya, batik Solo juga memiliki beberapa pilihan motif paling populer, di antaranya adalah:

Motif batik Bondet

Batik bondet
Motif batik Bondet

Secara tradisional, batik dengan motif Bondet umumnya akan dikenakan oleh pengantin perempuan di malam pertama pernikahan mereka.

Loading...

Namun di zaman modern ini, motif batik ini justru banyak diadopsi sebagai kemeja pria.

Motif batik Solo yang terkenal rumit dan menarik serta memiliki warna-warna natural yang tampak agak gelap ini memang sangat cocok dikenakan oleh laki-laki.

Motif batik mampu membuat pemakainya terlihat lebih berwibawa dan keren.

Motifnya yang sempit dan tidak terlalu besar serta simetris membuatnya cocok di kenakan pada hampir semua acara resmi maupun semi resmi seperti kondangan, ke kantor, atau menghadiri upacara adat dan acara tradisional.

Motif batik ceplok kasatrian

Motif Batik
Motif batik ceplok kasatrian

Motif batik Solo ini memiliki warna lebih cerah dan terlihat natural. Sangat cocok apabila digunakan sebagai bahan pembuatan blus atau baju wanita.

Itulah sebabnya Mengapa batik dengan motif ceplok kasatrian di zaman modern ini identik dengan baju-baju wanita.

Baju dengan motif ini lebih cocok digunakan untuk menghadiri acara yang tidak terlalu resmi seperti pesta pernikahan atau semacamnya.

Motif batik Parang Kusumo

Motif batik Parang Kusumo
Motif batik Parang Kusumo

Motif batik Solo populer lainnya adalah motif batik Parang Kusumo yang juga cocok apabila dijadikan sebagai baju wanita atau dijadikan sebagai bahan pembuatan bawahan (rok). Motif batik ini terlihat sangat feminim dan menarik.

Seperti halnya motif batik ceplok kasatrian, motif batik yang satu ini juga lebih cocok dikenakan pada acara-acara seperti pernikahan, lamaran, wisuda, serta pesta pernikahan atau kondangan.

Motif batik Semen Rante

Motif batik Semen Rante
Motif batik Semen Rante

Motif batik yang satu ini terlihat sangat rumit dan berukuran kecil-kecil. Walau demikian, tetap ada motif yang tampak lebih mencolok dan berukuran besar sehingga terlihat seimbang.

Warna dan motif batik ini sangat cocok apabila digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja atau blus. Batik seperti ini cocok digunakan untuk pergi ke kantor.

Motif batik truntum

Motif batik truntum
Motif batik truntum

Motif batik truntum adalah pilihan lain yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembuatan baju kerja karena bentuknya yang simetris serta warnanya yang tidak terlalu mencolok.

Motif batik ini cocok dikenakan oleh pria maupun wanita walaupun sejatinya motif batik ini diperuntukkan bagi orang tua.

Namun tentu saja, dengan desain dan rancangan yang modern, motif batik ini bisa jadi bahan terbaik untuk pembuatan kemeja maupun blus yang terlihat gaul dan kece.

Beli batik berkualitas dan murah di Bukalapak

Salah satu tempat membeli batik Solo yang pilihannya banyak atau lengkap, berkualitas, serta murah adalah di toko online Bukalapak

Saya sendiri cukup suka menjelajah di toko online yang satu ini karena produk yang ditawarkan sangat lengkap. Anda bisa memilih baju batik pria dan wanita sesuai model yang paling populer saat ini.

Tidak hanya menawarkan pakaian jadi, Bukalapak juga menawarkan berbagai macam kain batik seperti: batik tulis, kain batik motif Sidomulyo dengan berbagai warna seperti kuning hingga coklat, batik parang kalung jahe, batik Solo slogan Wijaya Kusuma, termasuk batik printing dan batik cap.



Loading...


Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *