Review Produk

Motor Matic Terbaik 2020 dengan Harga Murah dan Irit BBM

Motor Matic Terbaik – Kian besarnya ketertarikan masyarakat pada motor matic menjadi fokus para produsen motor berpacu untuk mengeluarkan produk andalan mereka.

Beragam tipe dan jenis keluar tiap tahunnya bahkan terkadang dalam hitungan bulan produsen sudah mengeluarkan tipe terbaru dengan harga bervariasi.

Motor matic sekarang memang menjadi alternatif masyarakat dalam mencari moda transportasi yang simpel dan mudah dikendarai.

Di samping faktor kenyamanan dan keamanan, motor matic juga dalam pengoperasian dan pemakaiannya lebih gampang daripada motor memakai gigi persneling.

Kian tinggi minat masyarakat itulah yang menjadikan banyak brand otomatif yang ikut serta menghadirkan motor matic dengan perbedaan spesifikasi.

Dari sekian banyak jenis motor matic yang beredar dipasaran, terkadang malah menjadikan masyarakat kebingungan untuk memilih yang terbaik.

Tidak khayal saat ini banyak brand otomotif yang ikut serta menghadirkan motor matic dengan spesifikasi berkelas dan tentunya dengan harga yang menjulang tinggi.

Walaupun demikian, ada juga beberapa brand ternama yang konsisten menghadirkan motor matic murah mereka untuk menjadi salah satu senjata dalam memberikan kepuasan kepada para konsumennya.

Sebelum anda memilih untuk membeli motor matic, ada baiknya anda simak kelebihan dan kekurangan motor matic yang biasa disebut dengan skutik ini jika dibandingkan dengan motor bebek atau motor manual dengan persneling.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan

1. Transmisi otomatis

Keunggulan utama yang dimiliki oleh motor matic ialah tidak perlu melakukan perpindahan transmisi seperti motor bebek atau motor manual.

Pengendara tinggal tancap gas tanpa perlu repot pindah gigi seperti manual. Pengendara cuma mengatur laju dan kecepatan motor yang sedang dikendarai.

2. Konsumsi bahan bakar semakin irit

Motor matic diciptakan sebagai motor yang hemat BBM. Namun pada kenyataannya, motor matic cenderung lebih boros daripada dengan motor bebek.

Tetapi itu dahulu, sebab pabrikan sepeda motor berupaya agar konsumsi bahan bakar pada skutik kian irit tanpa mesti mengorbankan kinerjanya.

Untuk motor matic keluaran terkini, konsumsi bahan bakarnya seimbang dengan motor bebek atau motor sport dengan kapasitas mesin yang sama.

Sebagai perbandingan, motor matic dengan motor bebek bermesin 125 cc konsumsi bahan bakarnya berkisar 45-50 km/liter.

Baca juga : Begini Cara Menghemat BBM Motor dan Mobil Sampai 40 Persen

3. Kapasitas angkut barang makin besar

Motor matic kerap disebut sebagai motor keluarga. Memang dari segi penggunaan motor matic cenderung lebih gampang dipakai oleh siapa saja termasuk para ibu rumah tangga bahkan anak-anak dibawah umur.

Ketika motor matic mulai naik daun, ukurannya masih ramping dengan bagasi kecil dan kabin sempit. Pada perkembangannya, skutik sekarang dapat menggantikan peran motor bebek secara keseluruhan. Skutik keluaran terkini bagasi di bawah jok cukup besar, sehingga dapat menaruh helm half face.

Kemudian desain kabin, ukurannya lebih lega sehingga dapat membawa barang lebih banyak. Untuk menunjang aktifitas sehari-hari, pastinya rangka kian kuat jika menyangga barang. menjdikan fungsi motor matic kian diandalkan sebagai motor keluarga.

Kekurangan

1. Ukuran roda kecil

Inilah salah satu kelemahan motor matic yang ada di Indonesia, yakni dimensi roda rata-rata berdiameter kecil. Itulah kenapa skutik kurang nyaman jika dipakai di jalan bergelombang atau jalan pedesaan yang belum diaspal.

Di samping itu, suspensi single shock di belakang juga tidak didesain untuk melalui jalan rusak. Motor bebek atau motor lelaki dengan kopling manual adalah pilihan yang pas jika dipakai pada perjalanan dengan jalan yang tak rata dan berlubang.

2. Suspensi belakang rentan ambles

Biasanya motor matic yang ada di Indonesia menggunakan suspensi single shock di belakang. Karakter suspensi seperti ini memang empuk dan nyaman namun tentu saja tidak dapat diajak bekerja keras seperti double shock atau monoshock.

Jika kerap dijadikan untuk angkut barang berat sangat rentan shockbreakernya ambles. Bukan cuma itu, suspensi seperti ini susah diajak bermanuver di jalan tanah atau semi off road.

Apabila dipaksakan terus-menerus, bukan tak mungkin shockbreaker jadi bocor sebab mesti bergerak hingga titik maksimalnya.

3. Perawatan relatif mahal

Perawatan skutik memang jauh lebih ribet daripada perawatan motor manual. Komponen CVT dan roller yang tertutup lebih repot ketika pengecekan sebab mesti membuka cover CVT.

Bandingkan dengan motor bebek, pengecekan rantai dan roda lebih gampang sebab posisinya yang terbuka. Ini yang menjadikan tarif servisnya relatif lebih murah ketika wajib bongkar roda.

Setelah anda mengetahui semua kekurangan dan kelebihan motor matic, silahkan pertimbangkan untuk memilih motor matic atau manual.

Kalau ingin motor yang simpel anda bisa pilih motor matic namun jika ingin motor yang bertenaga saya sarankan pilih motor bertransmisi manual.

Jika anda ingin membeli motor matic, tentu nama-nama besar seperti Yamaha, Honda, Suzuki tentu saja bukan lagi nama yang asing di kuping kita.

Dan merekalah yang cukup banyak memberikan kontribusi dalam pertumbuhan motor matic murah di tanah air dengan produk-produk yang mereka miliki.

Dengan harganya yang tergolong murah, motor matic sendiri mempunyai kapasitas mesin yang tidak terlalu besar yaitu mulai dari 110cc, 125cc, sampai 150cc.

Buat anda yang mau mencari motor matic terbaik dengan harga yang relatif terjangkau kantong, silahkan simak rekomendasi motor matic murah yang ada di pasaran berikut ini.

Daftar Motor Matic Terbaik yang Ada di Pasaran Indonesia Saat Ini

1. Honda Vario 150

spesifikasi-motor-honda-vario-150-esp

Vario 150 menjadi salah satu motor matic dari Honda yang terus paling banyak penjualannya. Salah satu faktor kenapa banyak masyarakat membeli motor ini ialah konsumsi bahan bakarnya betul-betul irit. Dengan bensin 1 liter, dapat mencapai jarak sampai 52,9 km.

Honda Vario 150 juga mempunyai desain yang modern dan telah memakai lampu Full LED. Motor ini cukup tangguh dan juga yang cukup menarik di motor ini telah disematkan fitur Keyless.

Belum lagi teknologi Idling Stop System yang dimilikinya kian membuat motor ini hemat bahan bakar. Teknologi PGM-FI dari Honda juga menjadikan motor ini ramah lingkungan.

Untuk dapat mempunyai motor matic keren ini anda perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp20 jutaan.

2. Yamaha N-Max

Yamaha N-Max

Motor matic dengan desain bongsor saat ini sedang menjadi incaran banyak orang di Indonesia. Bodinya yang besar menjadikan pengendaranya merasa nyaman dan tidak cepat lelah terutama ketika berkendara jauh atau touring.

Dengan bodi yang besar dan dilengkapi dengan mesin 150cc, motor matic buatan Yamaha ini pas sekali untuk anda yang menyukai berkendara dengan kecepatan tinggi karena cenderung lebih stabil.

Teknologi Blue Core Yamaha yang tentunya juga dihadirkan pada motor ini membuatnya irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Yamaha NMAX ini telah dilengkapi dengan mesin berteknologi VVA (Variable Valve Actutaion).

Dengan teknologi ini akan menjaga tenaga dan torsi di setiap putaran mesin dan dapat menciptakan performa yang responsif serta bertenaga.

Pada bagaian mesinnya memilliki kapasitas 155 cc dengan tenaga 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm. Di samping itu juga mempunyai}body yang gagah dan sporty.

Anda dapat membawa pulang motor matic yang keren ini dengan menyiapkan dana sekitar Rp30 jutaan.

3. All New Honda Beat eSP

motor matic terbaik honda beat

Honda Beat memang menjadi salah satu jenis motor matic paling banyak penjualannya di Indonesia. Seri terbaru dari varian honda Beat ini adalah All New Honda Beat eSP yang memperoleh sambutan positif dari masyarakat.

Dengan membawa mesin 110cc yang dipadu dengan teknologi eSP benar-benar menjadikan motor ini betul-betul irit. Pengujian terhadap motor matic ini bisa didapatkan data dengan 1 liter bensin bisa mencapai jarak sampai 59 km.

Bukan hanya irit, varian All New Honda Beat eSP juga dibekali dengan teknologi andalan yang menjadikan motor ini berbeda dari yang lain. Idling Stop System adalah teknologi terkini dari Honda yang akan membuat motor mati secara otomatis saat berhenti sekian detik.

Dilengkapi dengan mesin berteknologi 4 tak SOHC dan berpendingin udara serta eSP menjadikan motor matic murah All New Honda Beat ini menjadi incaran para penggila motor matic khususnya ibu-ibu dan remaja cewek.

Dengan harga yang berkisar Rp 15 – Rp 16 jutaan, anda sudah bisa memperoleh sebuah motor dengan mesin berkapasitas 108.2 cc yang mampu menghadirkan power sebesar 6.38 Kw pada 7.500 rpm dan torsi 9.01 Nm pada 6.500 rpm.

Dan yang lebih menariknya lagi disematkan pula system bahan bakar PGM-FI (injeksi) yang menjadi fitur favorit karena menjadikan motor matic murah ini jauh lebih irit.

Berminat untuk membeli All New Honda Beat eSP? Siapkan dana anggaran Rp16 jutaan terlebih dulu

4. All New Honda Scoopy

All New Honda Scoopy

Motor matic terbaik selanjutnya yang dijual lumayan adalah All New Honda Scoopy yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 18 juta-an. Honda scoopy adalah motor matic bergaya retro dengan desain stylish dan elegan.

Disamping harganya relatif murah, scoopy juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit dan telah mengadopsi lampu LED.

Scoopy juga telah tersemat fitur Power Charger dan Idling Stop System.

Bermodal sebuah mesin 4 tak SOHC, Pendingin Udara, serta teknologi eSP menjadikan motor berkapsitas 108,2 cc ini menghasilkan power sebesar 6.7 Kw pada putaran 7.500 rpm dan torsi sebesar 9.4 Nm pada 6.000 rpm.

Tidak ketinggalan ada juga sebuah system bahan bakar berupa Injeksi berteknologi PGM-FI dan juga transmisi otomatis V-Matic didalamnya.

5. Yamaha Mio Series

Yamaha Mio Series

Berbicara soal motor matic terbaik dengan harga murah, tentu saja tidak cukup rasanya kalau kita tidak membahas motor matic yang menjadi identitas berlogo garpu tala.

Ya, Diantara gempuran produsen motor lain seperti Suzuki, dan kompetitor beratnya Honda, Yamaha yang bisa disebut sebagai pioner motor matic juga mempunyai motor matic murah sebagai alternatif kita. Dan salah satunya yakni Keluarga Yamaha Mio dengan serie Mio Z.

Dibanderol dengan harga Rp 15.8 jutaan, motor ini mempunyai mesin silinder tunggal dengan kapasitas 125cc yang bisa menghasilkan power sebesar 7.0 Kw pada putaran 8.000 rpm dan torsi sebesar 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Hebatnya lagi motor matic murah yang satu ini juga dilengkapi dengan sitem bahan bakar Fuel injection yang mampu menjadikan penggunan bahan bakar jauh lebih irit.

Kecuali Yamaha Mio Z, anda juga dapat memilih motor matic murah Yamaha Mio M3 sebagai alternatif lainnya.

Dimana harga motor yang dibandrol dengan harga kisaran Rp 15.4 jutaan ini juga telah ditawarkan dengan fitur dan mesin yang cukup optimal.

Motor ini mempunyai mesin 125 cc dan sanggup menghasilkan power sebesar 7 Kw pada putaran 8.000 dengan torsi sebesar 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Dengan performa yang handal dipadu dengan harga yang relatif murah dibanding kompetitor lain tentu saja menjadikannya menawarkan kepuasan tersendiri bagi para penggunannya.

Apalagi motor matic murah ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection dan transmisi CVT Otomatis yang tentu saja kian memberikan rasa puas bagi penggunannya.

6. Yamaha Lexi

yamaha lexi

Yamaha Lexi ini didesain dengan mewah dan menarik. Motor ini ditenagai mesin 125 cc dengan 1 silinder yang sanggup menghasilkan power 8.75 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak sampai 11.3 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Telah dibekali dengn teknologi VVA dan lampu depannya juga telah Full LED. Kecuali itu, juga dilengkapi dengan fitur Power Charger.

Sementara ini Yamaha Lexi dibanderol dengan harga 20 jutaan dimana setiap pembelian akan memperoleh sebuah windshield yang bisa memberikan perlindungan pada para penggunannya dari terpaan angin secara langsung

7. Yamaha Fino Grande

yamaha fino grande

Yamaha cukup banyak merilis motor dari seri matic yang hampir semuanya menjadi produk yang laris di pasaran, salah satunya ialah Yamaha Fino Grande.

Desain dari motor yamaha fino grande sesuai untuk generasi muda yang senantiasa tampil trendy dalam mengendarai sepeda motor.

Mempunyai mesin yang berkapasitas 125 cc dan dilengkapi teknologi Blue Core yang menjadikan konsumsi bahan bakar 50% lebih irit.

Tersedia pula fitur Stop & Start System yang akan mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti lebih dari 5 detik. Untuk kapasitas bagasi juga tersedia cukup luas.

Dibanderol dengan kisaran harga 18 juta rupiah, motor ini juga{sanggup menghasilkan power sampai 7 Kw pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncaknya hingga 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

8. Yamaha Aerox 155

motor matic terbaik yamaha aerox

Yang cukup menarik dari Yamaha Aerox 155 yaitu desainnya yang sporty. Bodinya juga hampir sama bongsornya dengan NMAX 155, tetapi posisi berkendaranya jauh berbeda.

Yamaha membanderol motor matic mulai Rp. 24 Jutaan hingga Rp. 27 Jutaan tergantung variannya. Untuk varian tertinggi telah dilengkapi fitur ABS dan Smart Key System (Keyless).

Untuk jantung pacu yamaha aerox 155 ditenagai mesin 155,1 cc berteknologi Blue Core.

Mesin yang digunakan dapat menghasilkan tenaga sebesar 11.0 kW pada 8.000 rpm dan torsi hingga 13.8 Nm pada 6.250 rpm.

Dari power besar yang dimilikinya, motor ini dapat melaju kencang dan pastinya responsif.

9. Suzuki Nex II

motor matic terbaik suzuki next 2

Dari begitu banyak motor matic di Indonesia, salah satu yang terbaik ialah Suzuki Nex II. Dapat dikatakan motor ini merupakan motor matic termurah yang berasal dari Jepang. Kita dapat membelinya dengan harga 14 Jutaan hingga 15 Jutaan.

Bukan cuma murah, Suzuki Nex II juga menawarkan berbagai fitur terbaru yang membuatnya pantas disebut sebagai salah satu motor matic terbaik di Indonesia, seperti headlamp LED, USB Charger, dan mesin 1 silinder dengan sistem 4 langkah berkapasitas 113 cc

10. Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo

Motor matic terbaik yang terakhir yaitu Yamaha FreeGo. Motor ini telah dilengkapi mesin 125cc berteknologi Blue Core yang menjadikan konsumsi bahan bakarnya cukup irit dan lebih responsif.

Desain Yamaha FreeGo juga modern serta mempunyai bagasi cukup luas yang dapat menampung barang sampai 25 Liter.

Yamaha merilis 3 varian Yamaha FreeGo di pasar Indonesia. Untuk seri pertama terbilang cukup standar.

Motor dengan bandrol 18 juta rupiah ini mempunyai mesin 1 silinder dengan kapasitas 125cc yang sanggup memberikan tarikan sebesar 7 kw pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak sebesar 9.5 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Tetapi berbeda dari yang lain, odel standar ini tak dilengkpai dengan adanya fitur ABS. Sedang untuk varian termahal telah dilengkapi fitur Smart Key System serta pengereman ABS.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari motor ini adalah keberadaan tangki bahan bakar yang ada di luar sehingga kita tidak perlu membuka jok untuk mengisi bensin.

Demikian beberapa rekomendasi motor matic terbaik di tahun 2020 yang bisa anda jadikan pilihan untuk menunjang aktifitas sehari-hari dan jalan-jalan bersama keluarga kecil anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close