Review ProdukTekno

Motorola Moto Z : Ponsel modular dengan berjuta Fitur !

Smartphone Motorola Moto Z yang dapat bongkar pasang – Hello sobat pengunjung setia klikmania. Jika mendengar kalimat mengenai sebuah smartphone maka kita akan berpikiran pada sebuah ponsel yang membawa sistem operasi IOS, Android OS dan Windows Phone OS. Atau bahkan berpikir pada sebuah telepong genggam yang berkelas seperti Iphone.

Akan tetapi pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari smartphone bertaraf modular dari perusahaan raksasa Motorola. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut yang menjalin kerja sama dengan Lenovo meluncuran sebuah smartphone dengan konsep Modular. Perusahaan raksasa Motorola tersebut meluncurkan smartphone Motorola Moto Z yang membawa konsep Modular Phone.

Teknologi smartphone dengan konsep modular phone ini sebenarnya telah lama diperkenalkan pada kalangan publik sebagai smartphone yang dapat bongkar pasang. Teknologi tersebut memang sudah akan dikembangkan oleh banyak perusahaan  besar di Eropa yang dapat mengganti dan menambah banyak komponen.

Akan tetapi, teknologi tersebut tidak berjalan sesuai rencana dikarenakan banyak terjadi kegagalan pada saat penginstallan atau penambahan sebuah komponen ponsel modular. Meskipun demikian, banyak perusahaan besar lainnya yang tetap mengembangkan teknologi smartphone dengan konsep smartphone modular.

Seperti smartphone yang  sempat menghebohkan dunia teknologi smartphone yang dapat dibongkar pasang dengan mudah yaitu Fairphone 2. Untuk menyaingi teknologi dari smartphone tersebut maka perusahaan asal Amerika Serikat tersebut meluncurkan Motorola Moto Z. Selain dapat dibongkar pasang, smartphone Moto Z juga dapat ditambah beberapa perangkat atau aksesoris tambahan.

Smartphone Motorola Moto Z yang membawa konsep ponsel modular yang dapat dibongkar pasang tersebut biasa disebut Moto Mods (Moto Modifikasi). Smartphone yang berkonsep modular phone tersebut terkenal sangat manis dibandingkan ponsel dengan konsep smartphone modular lainnya. Motorola Moto Z yang diluncurkan kepada publik pada bulan Juni tahun 2016 silam tersebut dibanderol seharga dua belas jutaan saja untuk kapasitas 32 GB dan tiga belas jutaan untuk kapasitas 64 GB.

Gallery smartphone Motorola Moto Z yang membawa konsep Modular

Motorola Moto Z
via Lazada

Motorola Moto Z

Smartphone Motorola Moto Z yang membawa desain mewah dan modern

Baiklah saya akan membahas hal utama yang sangat dipertimbangkan oleh seorang calon pembeli yaitu desain dari sebuah smartphone. Perusahaan raksasa Motorola yang menjalin kerja sama dengan perusahaan elektronik Lenovo tersebut meluncurkan Motorola Moto Z pada Juni 2016 silam.

Perusahaan raksasa asal negeri Amerika tersebut memang sudah mendapatkan nama pada kalangan publik sebagai produsen yang menciptakan banyak perangkat cantik. Smartphone yang membawa konsep modular phone tersebut sangat berbeda dengan smartphone dengan konsep modular phone lainnya.

Loading...

Pada umumnya dikarenakan konsep yang dapat dibongkar pasang dan penambahan perangkat pada modular smartphone yang menghasilkan desain sangat simple dan cenderung membosankan. Hal ini sungguh sangat berbeda dengan smartphone Motorola Moto Z yang mengikuti arus perkembangan zaman yang mengharuskan penerapan desain yang mewah dan modern.

Smartphone jagoan dari perusahaan raksasa asal Amerika tersebut telah diluncurkan dengan pilihan warna yang mewah. Selain itu, smartphone Motorola Moto Z menerapkan desain two color untuk rancangan fisik dari smartphone berkosep modular tersebut. Smartphone tersebut diluncurkan dalam pilihan warna Black and Gray yang khas cowok, black and Rose Gold yang anggun, Black and Gold yang mewah dan white yang modern.

Anda tidak akan kecewa dengan desain yang menawan dan mewah dari smartphone Motorola Moto Z yang membawa konsep Modular Phone. Meluncur dengan desain two color metalic yang mewah dan strip grey metal pada bagian sampingnya. Sisi depan dari smartphone ini seperti ponsel pintar Lumia besutan perusahaan raksasa Microsoft yang berdesain black color.

Sementara peletakan desain kamera pada smartphone ini sungguh mewah dengan dual tone flash layaknya smartphone Iphone pada umumnya.

Jadi untuk urusan desain dari smartphone Motorola Moto Z yang membawa konsep modular smartphone ini sungguh mewah dengan two color. Tidak seperti smartphone modular pada umumnya.

Smartphone Motorola Moto Z yang cocok untuk memotret momen asikmu

Motorola Moto Z
www.bgr.in

Setelah membahas mengenai desain yang memukau dari smartphone modular besutan perusahaan Amerika tersebut. Maka selanjutnya saya akan membahas suatu spesifikasi yang sangat diperhatikan oleh kebanyakan orang baik kaum adam ataupun hawa. Hal ini dikarenakan, fasilitas kamera pada sebuah smartphone sangat diperlukan untuk kegiatan harian.

Apalagi kebanyakan kaum wanita dari dulu hingga saat ini sangat hobi dalam kegiatan berfoto selfie dan kaum cowok yang hobi memotret alam ataupun hunting. Meskipun hanya sebuah smartphone dengan konsep modular phone yang terkenal hanya membawa kamera beresolusi rendah dan dapat dibongkar pasang. Akan tetapi perusahaan asal Amerika yakni Motorola tersebut sepertinya tidak memfokuskan kamera ganti melainkan  perangkat kamera tambahan.

Smartphone Motorola Moto Z telah dibekali dengan kamera utama dengan resolusi hingga 13 MP yang dilengkapi dengan laser autofocus dan dual tone flash. Meskipun tidak terlalu besar dikelasnya yang biasanya menempatkan kamera berkekuatan 16 MP hingga 20 MP. Akan tetapi, spesifikasi kamera dari Motorola Moto Z yang membawa konsep modular phone sudah dirasa sangat cukup.

Sementara untuk urusan kegiatan foto selfie yang sangat disukai oleh kebanyakan orang sudah mengandalkan kamera berkekuatan 5 MP LED Flash. Yang dirasa sudah cukup sebagai pemenuh kebutuhan seperti berfoto selfie sendiri dan bersama kerabatmu. Kamera pada smartphone tersebut juga telah dibekali dengan segudang fitur seperti Geo tagging, touch focus, face detection, HDR dan Panorama.

Selain memiliki kamera dengan resolusi besar, smartphone tersebut juga telah mendukung perekaman momenmu dengan video hingga kualitas [email protected] dan [email protected] Hal ini sungguh menguntungkan bagi anda seorang yang membutuhkan sebuah smartphone yang dapat merekam dengan kualitas tinggi. Jika anda seorang pemburu berita atau biasa disebut wartawan maka memiliki sebuah perangkat yang dapat merekam kualitas tinggi adalah kebutuhan pokok.

Ditambah lagi dengan Moto Mods Hasselblad True Zoom dapat melakukan zoom hingga 10x dengan Xenon flash. Smartphone anda bisa menjadi layaknya sebuah kamera saku yang menggiurkan.

Smartphone Motorola Moto Z yang dapat dijadikan powerbank tahan seharian

Motorola Moto Z
https://www.incipio.com

Setelah kita membahas desain yang memukau dan kamera beresolusi besar. Maka selanjutnya saya akan menguraikan mengenai kelebihan ketiga dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang besar. Jika anda merupakan seorang yang sangat sibuk dan membutuhkan smartphone powerful maka Motorola Moto Z adalah jawaban terbaik.

Smartphone besutan perusahaan raksasa asal Amerika yakni Motorola tersebut membekali jagoannya dengan baterai berkapasitas 2600 mAh. Mungkin bagi anda yang memiliki minat pada perkembangan teknologi khususnya dunia ponsel cerdas maka akan mengatakan angka 2600 tidaklah besar.

Akan tetapi, smartphone Moto Z yang dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh sanggup tahan hingga seharian penuh. Hal ini dikarenakan perusahaan Motorola telah menyisipkan sebuah teknologi mereka yang dapat menghasilkan smartphone berkonsep modular phone tersebut dapat bertahan selama seharian penuh.

Dengan konsep modular phone pada smartphone Motorola Moto Z maka akan memberikan sebuah nilai plus sendiri dalam sektor daya. Smartphone jagoan perusahaan raksasa Motorola tersebut telah disematkan teknologi plug modular smartphone.

Smartphone Motorola Moto Z sudah memiliki fitur yang tidak kalah penting yaitu Turbo Power Charging yang memungkinkannya untuk mengisi baterai lebih cepat. Teknologi ini tampaknya sama seperti teknologi fast battery charging, akan tetapi perusahaan Motorola mengklaim bahwa kemampuan Turbo Power Charging dapat menandingi teknologi fast battery charging.

Teknologi fast battery charging sudah tampak biasa disematkan pada smartphone terbaru saat ini berkelas menengah hingga atas. Akan tetapi, Motorola Moto Z sepertinya rakus dalam penyematan dua teknologi besar pada spesifikasinya.

Seperti yang telah saya bahas diatas, smartphone Motorola Moto Z menawarkan sebuah smartphone berkonsep Modular Phone. Perusahaan raksasa asal Amerika tersebut menyebutnya sebagai Moto Mods. Pada sektor daya dari smartphone ini sudah dapat dimodifikasi dengan menggunakan Offgrid Power Pack.

Moto Mods yang satu ini diklaim dapat meningkatkan peforma daya tahan dari smartphone ini. Anda tidak perlu risau ketika ingin menambah daya tahan baterai tanpa harus meninggalkan aktivitas penting anda.

Smartphone Motorola Moto Z dengan spesifikasi dapur pacu premium

Motorola Moto Z

Setelah saya menguraikan mengenai desain yang memukau, kualitas kamera yang memukau, dan daya tahan hingga seharian penuh. Maka hal keempat yang akan saya uraikan mengenai spesifikasi dapur pacu dari smartphone Motorola Moto Z.

Sektor dapur pacu dari sebuah smartphone merupakan hal yang umum diperhatikan oleh seorang calon pembeli dan pengguna. Hal ini dikarenakan spesifikasi dapur pacu smartphone sangat mempengaruhi kinerja dari smartphone. Semakin tinggi kelas dapur pacunya maka sudah dapat dipastikan semakin lancar dan smooth pulsa kinerja yang dihasilkan.

Smartphone andalan dari perusahaan raksasa Motorola tersebut telah disematkan dapur pacu chipset Qualcomm MSM8996 atau Snapdragon 820. Pada chipset Snapdragon 820 sudah membawa dua jenis prosesor.

Perusahaan Motorola meluncurkan Moto Z pada dua fokus yaitu Amerika Serikat dan Internasional. Untuk edisi Moto Z bagian Amerika Serikat sudah membawa prosesor Quad Core bertenaga 2 x 2.15 GHz Kryo & 2 x 1.6 GHz Kryo. Sementara pada edisi global membawa prosesor Quad Core bertenaga 2 x 1.8 GHz & 2 x 1.6 GHz Kryo.

Hal ini sudah tampak jelas bahwa perusahaan tersebut memang memprioritaskan produk mereka pada pasaran Amerika Serikat. Ketika kita melihat kekuatan dari Motorola Moto Z edisi USA lebih tinggi dibandingkan edisi umum atau internasional.

Selain itu, chipset Snapdragon 820 sudah membawa pengolah grafis atau GPU Adreno berjenis 530. Pengolah grafis atau GPU Adreno 530 yang dapat memberikan anda sebuah visual yang tajam dan smooth dimata.

Jadi untuk urusan dari kinerja smartphone Motorola Moto Z sudah sangat gesit dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 820. Sementara itu, untuk urusan pengolahan grafis tidak kalah handal dengan Adreno 530.

Smartphone Motorola Moto Z dengan spesifikasi konektivitas masa kini

Hal kelima yang akan saya bahas setelah desain memukau, kamera tajam, daya tahan baterai seharian dan spesifikasi dapur pacu premium. Maka saya akan menjelaskan mengenai spesifikasi konektivitas dari smartphone ini. Jika kita membahas mengenai sebuah konektivitas maka tidak akan lepas dari perkembangan teknologi ponsel cerdas.

Smartphone Motorola Moto Z sudah mendukung teknologi 4G LTE dengan kemampuan download hingga 300 mbps yang terdapat pada jaringan GSM. Namun dukungan dari jaringan 4G LTE ini masih terdapat kendala keterbatasan daerah cakupan yang monoton pada kota besar di Indonesia saja. Hal ini tidak menjadi sebuah kelemahan dari smartphone ini karena juga masih terdapat jaringan standar dibawah 4G LTE.

Untuk jaringan yang standar selain 4G LTE adalah HSDPA dengan kecepatan hingga 21 mbps dan HSUPA hingga 5.76 mbps. Tidak ketinggalan pada smartphone Motorola Moto Z juga sudah mendukung fasilitas WiFi yang mendukung Tethering, WiFi Direct dan WiFi Display yang dapat menampilkan visualisasi langsung. Disamping itu smartphone Motorola Moto Z ini juga sudah dibekali USB Tipe C, NFC, microUSB v2.0 dan Bluetooth 4.1 yang memang spesifikasi terbaru dikelasnya.

Pada sistem navigasi Motorola Moto Z sudah disematkan GPS berjenis A-GPS dan GLONASS teknologi tersebut akan meningkatkan penguncian lokasi dan tingkat akurasi yang semakin maju.

Jadi untuk urusan konektivitas dari smartphone Motorola Moto Z sudah sangat  optimal dengan dukungan jaringan 4G LTE. Dan pada sektor konektivitas lainnya sudah sangat lengkap seperti Bluetooth versi terbaru yakni 4.1 yang semakin cepat dalam sharing data.

Smartphone Motorola Moto Z yang membawa Android Marshmallow yang dapat diupgrade

Pada sektor ini cukup diperhatikan oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan banyak aplikasi terbaru yang memiliki persyaratan minimum spesifikasi sistem operasi.  Seperti kebanyakan smartphone pada tahun 2016 yang telah membawa sistem operasi Android Marshmallow dan begitu juga pada Moto Z.

Hampir seluruh smartphone luncuran dari Motorola dengan kelas ponsel pintar membawa sistem operasi Android. Setiap keluaran smartphone terbaru dari perusahan tersebut baik kelas bawah hingga kelas menengah selalu membawa sistem operasi Android keluaran terbaru dari Google. Smartphone Motorola Moto Z juga telah membawa sistem operasi terbaru untuk saat itu yaitu Android Marshmallow OS.

Meskipun hanya disematkan sistem operasi Android Marshmallow OS tetapi untuk pembelian saat ini sudah membawa sistem operasi Android Nougat OS. Tetapi jika kamu sudah terlanjur membelinya dengan Android Marshmallow OS juga masih dapat kamu meningkatkanya menuju Android Nougat OS.

Sistem operasi Android Nougat OS pada smartphone ini sudah optimal digunakan sehari – hari. Dan seperti sistem operasi Android lainnya, smartphone ini juga telah membawa UI khas mereka yang menyediakan banyak tema keren untuk ponselmu.

Jadi untuk urusan sistem operasi dari smartphone Motorola Moto Z sudah optimal digunakan selama seharian dengan dukungan spesifikasi premium dikelasnya.

Smartphone Motorola Moto Z dengan berjuta fitur unggulan dan harian

Setelah kita membahas beberapa kelebihan utam dari smartphone ini maka selanjutnya saya akan menguraikan beberapa fitur unggulan lainnya. Smartphone dengan konsep modular phone ini memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki ponsel cerdas manapun yakni Moto Mods.

Moto Mods memungkinkan penggunanya untuk menambahkan aksesoris seperti Camera HTZ, Speaker JBLSoundboost, IS Projector, IO PowerPack, MotoStyle Shells. Hal ini sungguh menambah nilai plus dibandingkan smartphone lain sekelasnya.

Referensi lain : Sedia dua jutaan ? Yuk beli Sony Experia E5

Apakah anda tertarik memiliki Moto Z ?



Loading...

Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *