Internet

Mudah, Begini Cara Mengakses Internet Aman Menurut Kominfo

Pengguna Internet Indonesia Harus Tahu

Semua orang pasti sadar jika internet membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Salah satu dampak positif internet adalah masyarakat bisa mencari informasi dan berkomunikasi dengan sangat mudah. Selain itu, peluang kerja juga semakin banyak berkat adanya internet.

Namun dibalik dampak positif tersebut, tentu juga ada dampak negatif. Dan dampak negatif yang ditimbulkan internet sendiri juga cukup banyak, di antaranya adalah risiko keamanan data, konten negatif yang bertebaran, hingga cyber bullying.

Melihat dampak negatif internet yang cukup meresahkan para pengguna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku lembaga yang mengawasi urusan komunikasi dan informatika telah memberikan tiga tips kepada netizen agar mereka aman ketika berselancar di dunia maya. Berikut ini tiga tips tersebut.

1. Kenali Platform yang Digunakan

Dilansir dari Telset, menurut Staff Ahli Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi, tips pertama untuk mengakses internet aman adalah para pengguna harus mengenali platform digital yang sedang mereka gunakan.

Maksud dari mengenali platform yang digunakan adalah para pengguna wajib mengetahui apa saja fitur keamanan yang disediakan oleh platform terkait, seperti pengaturan keamanan yang disediakan untuk melindungi privasi data pengguna.

2. Harus Tahu Etika

Tips kedua menurut Dedy Permadi, para pengguna internet harus mengetahui etika atau rambu-rambu ketika mengakses internet itu sendiri. Salah satu contoh etika dalam mengakses internet adalah menjaga perasaan pengguna internet lain dengan tidak melakukan cyber bullying, menyebarkan konten negatif atau hate speech, dan tindakan-tindakan lain yang tidak beretika.

Membuat atau mengunggah konten yang tidak berbau kontroversi juga termasuk salah satu etika dalam mengakses internet. Jadi, kita hanya mengunggah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat kepada orang lain. Jangan sampai konten yang sifatnya privasi malah kita umbar ke publik.

3. Harus Memiliki 4 Dasar

Berikut ini 4 dasar yang dimaksud:

  • Pengetahuan.
  • Nilai.
  • Keterampilan.
  • Sikap.

Dedy Permadi tidak menjelaskan secara rinci 4 dasar yang sudah ia sebutkan. Namun jika kita pelajari atau pahami sendiri, seorang pengguna internet itu haruslah berwawasan. Artinya, para pengguna internet itu bukanlah orang-orang nakal yang tidak berpendidikan.

Baca juga: Mengenal Cyber Bullying dan Dampaknya Bagi Psikologis Korban

Itulah tiga tips untuk mengakses internet aman menurut Kominfo. Jika ketiga tips di atas benar-benar dijalankan, harusnya dunia internet bisa terasa lebih sejuk. Jadi, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda semua.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close