Internet

Mudah, Begini Cara Mengatur Hasil Penelusuran Google

Secara default, hasil pencarian atau penelusuran Google akan menampilkan 10 hasil per halaman. Hal yang demikian itu dilakukan oleh pihak Google agar hasil penelusuran lebih cepat diakses dan agar tampilan antarmuka lebih enak dipandang mata.

Namun, tahukah Anda jika jumlah dari hasil penelusuran Google itu bisa diubah sesuai dengan keinginan kita selaku para pengguna. Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana caranya mengubah atau yang lebih tepatnya mengatur hasil penelusuran Google? Jika belum, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga: Google Siap Berikan Label untuk Situs yang Lemot

Cara Mengatur Hasil Penelusuran Google

Untuk mengatur hasil penelusuran di Google, Anda bisa melakukannya melalui dua cara. Pertama, Anda bisa mengaturnya melalui menu setelan. Kedua, Anda bisa mengaturnya melalui kode khusus yang bisa Anda letakkan di bilah alamat.

1. Mengatur Melalui Menu Setelan

1. Silakan buka google.com atau google.co.id di peramban yang Anda gunakan.

2. Klik setelan yang terletak di pojok kanan bawah.

3. Klik setelan penelusuran.

4. Pada hasil per halaman, silakan pilih jumlah hasil penelusuran yang ingin Anda pilih. Jika Anda memilih 100, maka hasil penelusuran yang akan ditampakkan akan berjumlah 100.

5. Jika sudah memilih jumlah hasil penelusuran, silakan klik simpan.

6. Selesai.

2. Mengatur Melalui Kode Khusus

1. Silakan lakukan pencarian terlebih dahulu di mesin pencari Google.

2. Jika hasil pencarian sudah ditampilkan, silakan tambahkan kode “&num=X” di bilah alamat. X adalah jumlah hasil pencarian yang ingin Anda tampilkan pada satu halaman.

3. Sepert ini contohnya “google.com/…=UTF-8&num=3.”

penelusuran google 1

4. Jika sudah silakan tekan enter, dan hasilnya akan sesuai dengan jumlah yang Anda cari.

5. Selesai.

Jangan Memilih Jumlah yang Terlalu Banyak

Di awal sudah disebutkan jika secara default, hasil pencarian atau penelusuran Google akan menampilkan 10 hasil per halaman di mana fungsinya untuk mempercepat mesin pencari menampilkan hasil yang sedang dicari oleh para pengguna.

Baca juga: Google Siap Bantu Para Pengguna dalam Pengucapan Kata

Itu artinya, ketika Anda memilih jumlah hasil yang lebih besar seperti 100, maka algoritma pencarian Google akan bekerja lebih lambat. Jadi, jangan mencari terlalu banyak hasil per halaman, atau Anda akan menghadapi masalah kecepatan internet.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. Kenapa login bentrok teruuuuuuus, dll ? Kenapa fb , wa, ig di satukan ? , segera pisahkan fb,wa , ig , doong , biar gak bentrok teruuuuuuuus, dll tapi warna, model baru : warna logo nya. Nama logo jgn berubah, dong spt nama merek yg dulu hilang , kenapa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close