in ,

Dapatkan 1 Juta Lebih Pengunjung dengan Penerapan Sistem Multi Level Marketing Pada Blog

multi level marketing pada blog

Penerapan sistem multi level marketing pada blog mungkin sedikit membingungkan bagi sebagian orang. Padahal, sistem ini mampu menaikkan traffic pengunjung Blog menjadi meningkat tajam.

Banyak orang akan langsung menolak jika ditawarkan bisnis yang bersifat MLM karena sudah mendapatkan pandangan buruk dimata masyarakat. Namun, apa jadinya jika konsep MLM ini diterapkan pada Blog?

Penerapan sistem multi level marketing pada blog pada dasarnya hanya menggunakan konsep dasar bisnis MLM yang memprioritaskan jaringan. Konsep penerapan ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para pembisnis online seperi web IDN Times yang membagikan point bagi artikel yang dimuat dan mencapai minimal 1.000 viewers. Atau juga situs klikmania.net yang memberikan royalti bagi artikel yang dipublish dari banyak contributor.

Atau Anda bisa baca artikel ini sebagai rujukan : Top 100 MLM Blogs In The World

Konsep dasarnya adalah menggunakan kemampuan orang lain untuk mendukung perkembangan bisnis. Namun ada perbedaan dari konsep MLM pada blog, yaitu alur proses yang  akan dilalui dan goal yang akan dicapai. Konsep ini diteliti oleh saya sendiri dan saya coba tawarkan bagi para Blogger yang masih baru mau memulai bisnis dibidang web.

MLM Blog

Penerapan Sistem Multi Level Marketing Pada Blog

Multi Level Marketing adalah konsep pemasaran yang menggunakan basis jaringan dan menggunakan level pada setiap tingkatannya. Konsep ini hampir sama dengan pengembangan Blog yang saya tawarkan. Yaitu mengembangkan jaringan dan menentukan level atau peringkat anggota.

Ada dua jenis Blog yang sering digunakan oleh Blogger, yaitu blogger.com yang dikembangkan oleh Google, dan wordpress keluaran perusahaan Automattic milik Matt Mullenweg. Dua jenis Blog ini memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri jika diterapkan konsep MLM Blog.

Blogger.com

Penerapan sistem multi level marketing pada blog dengan menggunakan sub domain blogspot.com ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  1. Blogspot.com merupakan situs subdomain gratis
  2. Merupakan keluaran Google yang otomatis dapat langsung dikoneksikan secara langsung pada Google Adsense
  3. Memiliki fitur Google Drive sehingga memungkinkan kita untuk membuat Formulir Online, Katalog Bergambar Online, Spreadsheet, dan lain sebagainya secara gratis yang bisa digunakan sebagai fitur tambahan pada blog yang dikembangkan.
  4. Memiliki fitur penambahan user kontributor.

Sedangkan kekurangan blogspot.com adalah penambahan kontributor penulis hanya terdiri dari dua jenis, yaitu Admin dan Penulis.

Penulis juga memiliki hak untuk memposting artikelnya sendiri tanpa persetujuan Admin serta mengedit dan menghapus artikel yang dimuat.

WordPress

Penerapan sistem multi level marketing pada blog dengan menggunakan sub domain wordpress.com memiliki beberapa kelebihan :

  1. Merupakan subdomain gratis
  2. Memiliki fitur penambahan kontributor yang terdiri dari beberapa tingkatan seperti, admin, editor, dan penulis.

Ini membuat setiap publikasi artikel harus melalui editor dan melalui persetujuan admin.

Namun wordpress gratis memiliki beberapa kekurangan seperti tidak adanya plugin. Kita harus mengupgrade wordpress menjadi wordpress berbayar. Jika tidak, blog tersebut hanya dapat dijadikan media tulisan. Karena kita tidak dapat menyematkan iklan pada kode plugin adsense.

Tidak seperti blogspot.com, terdapat plugin adsense pada tampilan layoutnya yang otomatis muncul jika blog tersebut sudah memenuhi syarat.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog
Online Market Menjadi Bisnis Menjanjikan

Alur Proses dan Goal multi level marketing pada blog

Sebelum menjelaskan alur proses ini, perlu diketahui bahwa konsep ini tidak untuk menjual Blog dan mendapatkan point serta menghasilkan uang. Melainkan menggunakan konsep bisnis jaringan untuk menaikkan traffic serta menciptakan goal yang akan dibahas kemudian.

Perlunya mengembangkan jaringan adalah untuk menjaga keberlanjutan Blog yang akan dikelola. Penerapan sistem multi level marketing pada blog, menjadikan kita perlu menentukan blog yang digunakan. Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam masing-masing blog tersebut.

Namun saya lebih merekomendasikan blogspot.com bagi yang baru memulai bisnis web. Hal ini disebabkan blogspot adalah layanan gratis dan dapat terkoneksi langsung pada adsense. Terdapat empat tahapan dalam mengembangkan blog dengan sistem MLM ini.

Tahap Perencanaan Blog

Penerapan sistem multi level marketing pada blog ini dimulai dengan tahap perencanaan. Dibutuhkan setidaknya 10 orang untuk memulai blogging dengan konsep MLM ini. Ke-10 orang inilah yang akan menjadi CEO atau Tim Leader. Tim Leader ini bertugas untuk mengembangkan Blog pada tahap awal. Tahap perencanaan ini terdiri dari beberapa proses :

  • Mencari blogger yang memiliki visi misi yang kuat untuk mengembangkan bisnis Blog.

Hal ini merupakan pondasi awal yang harus dibentuk secara kuat. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama karena tidak semua blogger akan memiliki visi misi sama atau menyerupai.

Sebaiknya, kamu bisa membangun tim dari teman terdekat yang sudah cukup mengetahui tentang blog. Hanya saja ini akan mempengaruhi luas jaringan blog yang akan dikembangkan.

  • Mendiskusikan konsep blog yang akan dibangun.

Diskusi blog menjadi bagian yang penuh akan debat, argumentasi, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut malah akan membangun sebuah tim yang solid.

Konsep Blog yang perlu dibahas adalah manfaat blog bagi pembaca, bentuk bisnis yang akan dijalankan pada blog seperti layanan pembuatan jasa blog, penempatan iklan, ataupun promosi produk pihak ketiga. Serta pembagian hasil dari pengembangan web yang akan dibahas pada akhir artikel.

  • Menentukan nama blog yang efektif dan bersifat umum.

Penentuan nama blog disarankan tidak terlalu spesifik, karena akan mempersempit niche blog. Seperti handphone.blogspot.com, laptop.blogspot.com, dan lain sebagainya. Karena dengan memfokuskan nama blog dengan satu nama yang spesifik akan membuat bisnis layanan fokus pada produk tertentu.

Sebagai ilustrasi :

Handphone.blogspot.com memiliki traffic pengunjung 10.000 view/ harinya. Dikarenakan blog tersebut dapat melayani promosi produk pihak ketiga, tentu saja selain Produk Handphone, tidak ada yang dapat dipromosikan. Jadi pemilihan nama Blog jangan terlalu spesifik.

Untuk tahap perencanaan ini, kamu bisa menentukan sendiri ke-tiga proses tersebut sebelum menentukan blogger yang akan direkrut.

Tahap Management Blog

Setelah tahap perencanaan berjalan dengan baik, selanjutnya melakukan tahapan management yang terdiri dari :

  1. Strategi Pengembangan Blog

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa konsep ini menggunakan konsep Multi Level Marketing yang dimana fokus kepada jaringan menjadi faktor utama keberhasilan blog. Strategi pengembangan bisnis ini melibatkan keseluruhan anggota dalam mengembangkan blog. Berikut strategi pengembangan bisnis yang dapat dilakukan :

  • Membuat Blog Utama

Setelah disepakati visi misi, konsep, dan nama Blog, buat Blog atas nama akun e-mail salah satu orang anggota. Namun password blog hanya boleh diketahui oleh satu orang saja.

  • Wajib Memiliki Blog Pribadi

Setiap orang dalam tim wajib memiliki Blog Pribadi Aktif, dan disarankan memiliki Blog yang telah berumur minimal 6 bulan. Fungsi dari Blog Pribadi ini untuk menunjang perkembangan Blog Utama

  • Undang setiap orang dalam tim melalui e-mail pada setelan pengguna dalam blog untuk menjadi kontributor.

Namun hanya boleh satu orang yang menjadi Admin. Hal ini untuk menjaga upload artikel  yang melanggar ketentuan seperti artikel judi, asusila, yang menyebabkan diblokirnya google adsense.

  • Tentukan niche atau kategori yang wajib diupload oleh masing-masing orang dalam tim.

Disarankan untuk membuat paling sedikit 5 kategori utama seperti Kategori Teknologi (Gadget), Dunia Internet (YouTube, Blogging, Adsense), Tutorial dan Tips, Review Produk (Promosi Produk/ Bisnis), dan Berita Viral.

  • Setiap orang dalam Tim wajib membuat minimal 2 artikel setiap harinya.

Hal ini berarti blog akan memiliki 20 artikel setiap harinya. Admin bertugas untuk mengedit tulisan dan gambar agar sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimizer). Admin juga bertugas membuat tautan artikel atau internal link lainnya pada setiap artikel agar pengunjung dapat dengan mudah membaca artikel lainnya.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog
SEO Sebagai Indikator Pendukung Traffic Blog
  • Penulis boleh menyertakan tautan yang diarahkan ke blog pribadinya.

Hal ini untuk membantu perkembangan blog pribadi anggota. Namun, pada setiap blog pribadi juga wajib menyertakan tautan yang diarahkan ke Blog Utama. Timbal Balik seperti ini akan menjadi pertimbangan Google dalam menyetujui Adsense pada Blog Utama nantinya.

2. Strategi Pengelolaan Blog

Setelah strategi pengembangan sudah dijalankan, maka perlu dilakukan pengelolaan. Setiap anggota wajib mengelola artikel sesuai dengan niche blog atau kategori yang telah ditentukan. Strategi pengelolaan blog pada tahap perencanaan ini terdiri dari beberapa langkah, yaitu :

  • Setiap artikel yang diupload wajib di share dan di-tag pada Media Sosial masing-masing anggota.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog, memerlukan admin yang dapat diandalkan. Admin wajib membagikan setiap artikel pada Fans Page Facebook. Pengunjung akan semakin meningkat jika artikel yang dimuat dirasa bermanfaat bagi pembaca.

Jika setiap anggota memiliki pertemanan sebanyak 500 orang dalam media sosial, dan juga memiliki grup online dalam medsos seperti facebook, kemungkinan ada 50 orang yang akan membaca artikel yang dishare tersebut.

Berarti dengan 10 anggota, akan ada 500 orang yang akan membaca masing-masing satu artikel yang dishare. Estimasi viewers dapat dijelaskan pada tabel berikut :

Keterangan : V = Viewers

Anggota 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Artikel Ke – 1 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V
Artikel ke-2 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V 50 V
JML V 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

Total

1.000 V/ Hari

Total viewers dalam sehari dapat mencapai diangka 1.000. Jika pembaca tidak hanya membaca dua artikel dari hasil Tag pada Facebook, maka pertumbuhan viewers akan semakin luar biasa.

Sebagai contoh :

Anggota ke-1 telah menandai artikel pada 50 orang di medsos Facebook dan 50 orang tersebut membaca kedua artikel yang di tandai. Namun, setengah dari orang yang ditandai tersebut juga membaca artikel dari anggota ke-2 hingga anggota ke-10.

Hal ini akan membuat Viewers dapat mencapai di angka 50.000 s/d 100.000 viewers/Hari. Masuk akal bukan? Inilah konsep MLM Blog yang saya tawarkan.

  • Pada halaman beranda blog, terdapat artikel utama yang bersifat statis.

Artikel utama tersebut berisi Layanan Kerjasama Kontributor. Layanan kerjasama kontributor ini sama halnya dengan mengajak orang lain untuk menuliskan artikel miliknya. Biasanya orang akan tertarik mengikuti program layanan ini untuk mempromosikan produk jualannya.

Untuk tahap awal, Tim tidak boleh meminta bayaran atas produk yang dipromosikan. Namun ada syarat yang tetap dipatuhi oleh kontributor, yaitu larangan membuat artikel bersifat : Penipuan, Hoax, Judi, Plagiarisme, Asusila, dan aturan lainnya yang diatur oleh kebijakan Google Adsense.

Kontributor wajib Like Fans page Blog dan membagikan setiap kiriman pada Blog di media sosial dengan tag Fans page blog. Jika kontributor tidak mengikuti aturan, artikel tersebut dihapus tanpa persetujuan penulis.

Namun kontributor tersebut tidak mendapatkan royalti dari blog. Jika setiap anggota dapat mencari 1 kontributor setiap minggunya, maka pengunjung blog akan semakin banyak.

  • Pada dasarnya, Blog akan mendapatkan penawaran Google Adsense jika berumur selama 6 bulan.

Seperti pengalaman pribadi saya, jika blog aktif dan memiliki upload artikel setiap harinya, dalam kurun waktu 1 bulan Google akan memberikan penawaran Adsense. Namun ini bukan berarti bahwa blog akan langsung bisa menempatkan iklan. Karena Google akan melakukan review ke-2 untuk meninjau kelayakan blog. Hal ini berarti bahwa Blog harus lebih aktif dalam menerbitkan artikel yang berkualitas.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog memerlukan penerbitan artikel yang lebih banyak. Saya menyarankan bahwa setiap anggota wajib menerbitkan minimal 4 artikel berkualitas setiap harinya ketika terdapat penawaran Adsense.

Ini berarti akan ada 40 artikel yang di share pada setiap akun media sosial. Penjabarannya dapat terlihat pada tabel berikut :

Asumsi : Setiap anggota membuat 2 artikel setiap hari pada bulan pertama, dan pada bulan selanjutnya membuat 4 artikel setiap hari.

Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5 Total
Jumlah Artikel Anggota 600 1200 1200 1200 1200 5400
Jumlah Artikel Anggota Kontributor 20 20 20 20 20 100

Jumlah

620 1220 1220 1220 1220 5500

Pada bulan ke-5 berarti ada 5.500 artikel yang diupload dengan estimasi viewers sebagai berikut :

Cara perhitungan : Jumlah Minimal Viewers Setiap Hari x 30 Hari
Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5 Total
Jumlah Viewers Dari Anggota Tim 50.000 * 30 = 75.000 * 30 = 75.000 * 30 = 80.000 * 30 = 100.000 * 30 1.140 V
Jumlah 150Rb V 225Rb V 225Rb V 240Rb V 300Rb V

Pada bulan ke-5 kemungkinan besar terdapat Viewers sejumlah 1.140.000,- pengunjung. Ini adalah angka yang fantastis bagi sebuah blog yang baru berumur 5 bulan. Dan ini adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Dengan bantuan 10 orang anggota, dan konsistensi pada aturan main, maka target viewers 50.000 orang setiap hari pasti tercapai.

  • Membuat akun Google Adsense ketika Blog berumur 3 bulan.

Walaupun tawaran google adsense telah muncul pada bulan pertama, saya menyarankan untuk membuat akun adsense pada bulan ke-3. Hal ini untuk mencegah fokus anggota yang akan pecah karena harapan Google Adsense yang berlebihan. Ingat, Adsense yang ditawarkan tidak selalu diproses cepat oleh pihak Google.

Biasanya terdapat tahapan yang harus dilalui agar dapat menautkan iklan pada blog. Dengan membuat akun Adsense pada bulan ke-3, diharapkan para anggota tetap fokus untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas artikel.

Akun Adsense yang dibuat harus atas nama admin agar Google menilai bahwa keamanan blog dijaga oleh satu admin saja. Setelah Akun dibuat, maka Admin wajib mengundang 9 anggota lainnya menjadi pengelola pengguna pada pilihan “User Management” di jendela Akun Adsense.

Dari sini setiap anggota dapat melihat perkembangan Blog seperti jumlah pendapatan yang didapat. Namun untuk dapat diundang menjadi Pengelola, anggota terlebih dahulu memiliki Akun Adsense Pribadi.

Strategi Optimalisasi Pendapatan

Jika Google telah menyetujui penempatan iklan pada Blog, maka perlu dilakukan Optimalisasi. Biasanya Akun Adsense yang dibuat dari Blog akan bersifat Hosted Account. Optimalisasi pendapatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan akun blog orang lain.

Disini kita dapat mengoptimalisasi pendapatan dengan menempatkan iklan adsense pada blog setiap anggota. Hal ini akan meningkatkan penghasilan adsense Blog Utama. Namun jika blog pribadi anggota telah memiliki izin untuk menempatkan iklan, maka tidak disarankan untuk menempatkan kode iklan yang berasal dari Blog Utama.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog pada tahapan Optimalisasi pendapatan juga dapat dilakukan dengan memberlakukan tarif terhadap Layanan Jasa review bagi yang ingin mempromosikan produknya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat formulir pemesanan menggunakan Form Google Drive.

Dengan traffic pengunjung yang sangat besar, akan banyak pembisnis menawarkan iklan dan promosi produk pada Blog. Mustahil?? Tentu tidak.

Tahapan Pemantapan Blog

Penerapan sistem multi level marketing pada blog
Sistem Sederhana Penggunaan MLM Pada Blog

Setelah blog mengalami perkembangan sesuai yang direncanakan, maka diperlukan pemantapan blog. Pemantapan blog disini adalah dengan melibatkan Kontributor seperti yang dilakukan situs klikmania.net ini. Kita dapat memberikan royalti dari artikel yang dibuat. Hal ini perlu dilakukan, agar jaringan sebaran artikel dimedia sosial semakin meningkat tajam.

Kita juga perlu mengupgrade blog yang awalnya subdomain menjadi domain (co.id/ com/ net/ dll). Disinilah tindakan pemantapan yang akan menentukan apakah blog ini dapat bertahan atau tidak. Perlunya kontributor handal selain dari anggota tim, akan menunjang pertumbuhan dan kualitas blog.

Penerapan sistem multi level marketing pada blog pada tahapan pemantapan ini memerlukan komunikasi aktif antar anggota. Walaupun anggota memiliki blog pribadi dan juga mulai berkembang, tugas penerbitan artikel dari anggota tetap harus dilakukan. Agar artikel yang terbit seimbang dalam setiap kategori.

Setiap anggota juga wajib membimbing 10 orang lainnya sebagai kontributor tetap. Sistem duplikasi seperti penjelasan awal diperlukan agar keberlanjutan blog ini dapat terjaga. Namun, kontributor tersebut tidak perlu menjadi penulis dalam User Management Blog.

Kontributor cukup mengirimkan artikel mereka pada Blog Utama melalui tombol Formulir Unggah Artikel. Tombol Formulir Artikel ini dapat dibuat pada tombol “Page” yang tidak perlu ditampilkan pada beranda utama. Sehingga hanya kontributor pilihan saja yang mengetahuinya. Kontributor tersebut diberikan royalti dari setiap artikel yang diupload pada Formulir Unggah.

Tahap Pengelolaan Keuangan

Tahapan ini merupakan tahapan akhir yang dimana merupakan Goal atau tujuan dari menggunakan sistem multi level marketing pada blog. Setiap penghasilan yang didapat baik itu berasal dari iklan pada Blog Utama ataupun Blog anggota diberikan secara merata kepada setiap anggota dengan memperhitungkan pengurangan pemberian royalti kepada kontributor.

Setiap pendapatan yang diterima dari pihak ketiga seperti Perusahaan yang memanfaatkan fasilitas, akan dibagi secara merata kecuali pemesanan langsung melalui anggota. Anggota yang dihubungi oleh pihak ketiga mendapatkan tanggung jawab penuh dari permintaan pihak ketiga tersebut. Tahapan pengelolaan ini juga meliputi laporan keuangan yang dapat diterima oleh setiap anggota.

Kesimpulan

Penerapan sistem multi level marketing pada blog adalah sebuah konsep bisnis yang dapat diterapkan oleh siapa saja yang memiliki konsistensi yang baik. Banyak orang tidak dapat bertahan dikarenakan tidak mengetahui Alur Proses dan Goal yang paling utama.

Untuk itu, saya menawarkan kepada setiap pembaca untuk ikut serta mengembangkan sebuah Blog yang luar biasa dengan konsep Multi Level Marketing ini.

Silahkan klik disini jika berminat untuk bergabung bersama saya.

Author etrosinaga

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter.
Butuh bantuan? Visit Us

Komentar

Tulis Komentar
  1. menurut saya hal ini sangat cocok diterapkan untuk orang yang benar-benar terjun dalam dunia blogging, untuk yang memanfaat blogger hanya sebagai pekerjaan sampingan saya rasa kurang efektif karena membutuhkan waktu tenaga serta biaya

  2. Mantap idenya mas. Saya sudah pakai ini, tapi masih belum kuat dengan konsistensi penulisan artikel 2 perorang. Saya baru punya 4 orang tim, tapi mereka (termasuk saya) belum fokus, maslahnya belum full time blogging.

  3. cara yang cukup rumit bro untu diterapkan diblog….
    minimal kita harus punya omset untuk merekrut orang untuk mengelola blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0