Internet

Nasib Mata Uang Digital Libra Milik Facebook Kian Tak Menentu

Setelah Paypal, Kini Visa dan Mastercard juga Tarik Dukungan

Setelah sebelumnya PayPal menarik keanggotaannya dari Libra Association, kini giliran Visa dan Mastercard juga ikut menarik dukungannya. Nasib mata uang digital Libra Facebook ini kian tak menentu.

Libra Association adalah organisasi nirlaba yang memiliki 28 anggota lembaga atau perusahaan, lembaga ini dibentuk pada Juni 2019 lalu untuk mengawasi Libra.

Selain PayPal, Visa, Mastercard, dua perusahaan lain yakni Stripe, dan Mercado Pago juga ikut mengundurkan diri.  Kelima perusahaan tersebut dikabarkan sedang mempertimbangkan keanggotaan mereka dari asosiasi.

Dikutip dariThe Verge (13/10), juru bicara Visa mengatakan, perusahaan jasa keuangan multinasional itu memutuskan mundur karena ragu dengan kemampuan asosiasi untuk memenuhi tuntutan regulasi.

Menurut laporan Financial Times sebelumnya, PayPal telah mengundurkan diri dari proyek Libra di tengah pengawasan ketat dari regulator. Sikap PayPal ini terkait kekhawatiran platform Libra bagamana nantinya akan memerangi kegiatan pencucian uang.

Sama halnya dengan Mastercard dan Visa, serta platform pembayaran digital Stripe, juga mempertimbangkan penarikan dari asosiasi karena masalah pencucian uang yang serupa.

Mata Uang Digital Libra Milik Facebook Banyak di Kritik

Libra Facebook adalah mata uang digital atau cryptocurrency  yang merupakan jenis mata uang yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online.

Mata uang digital ini dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran dari berbagai layanan di seluruh dunia dan transaksi akan menjadi lebih mudah dan aman.  Salah satu mata uang digital yang paling populer adalah Bitcoin.

Baca jugaInilah 5 Cryptocurrency Paling Mahal Hingga Saat Ini

Sebelumnya, mata uang digital Libra memang mendapatkan banyak kritik. Salah satu permasalahan utamanya adalah belum ada regulasi yang mengatur mata uang digital. Hal ini sering memunculkan kekhawatiran terhadap sistem keuangan global.

Dengan keluarnya PayPal, Visa, Mastercard, eBay, Stripe, dan Mercado Pago, kini jumlah anggota Libra Association menjadi 22 lembaga atau perusahaan.

Anggota Libra Association lainnya akan menggelar pertemuan tahunan di Jenewa, Swiss, pada 14 Oktober 2019. Pertemuan tersebut diperkirakan akan membahas komitmen dari semua perusahaan.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close