Inilah 5 Negara dengan Hacker Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Negara Dengan Hacker Terbanyak – Hai sobat semua, apa kabar kalian pada kesempatan kita hari ini? Semoga sobat Klik Mania semua senantiasa selalu di berikan kesehatan serta keselamatan oleh Tuhan semesta alam yang maha esa, amin. Kali ini penulis bakal sharing beberapa informasi menarik seputar dunia teknologi komputer nih guys.

Kalian familiar gak dengan yang namanya hacker, guys? Percaya atau tidak percaya, pada awalnya kata hacker itu memiliki artian yang positif yang bermakna bahwa seseorang memiliki kemampuan komputer dan jaringan yang handal serta mampu membuat suatu sistem menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Tentu saja pengetahuan ini sangatlah berlawanan dengan pengertian hacker yang selama ini di ketahui oleh umum. Hacker dewasa ini lebih di artikan sebagai suatu sosok yang jahat, kriminal, licik, sangat menyukai tantangan dan uang. Seorang hacker kini bahkan banyak di pekerjakan dengan bayaran yang tinggi untuk berbagai pekerjaan kotor.

Seorang hacker yang handal bahkan bisa meretas apapun, di manapun dan siapapun bahkan jika itu sebuah komunitas atau Negara sekalipun. Mereka hidup untuk menikmati tantangan dan menerima keuntungan dari tantangan tersebut.

Menurut informasi dari berbagai referensi, hacker dewasa ini terbagi menjadi dua jenis yang memiliki kecenderungan yang bertentangan satu sama lain, diantaranya :

White Hat Hacker (Hacker)

Mereka adalah peretas sebenarnya yang memiliki kemampuan komputer di atas rata-rata. Mereka bekerja untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan memodifikasi suatu sistem komputer dan membangun sistem tersebut menjadi lebih baik. Dan yang pastinya mereka sama sekali tidak menyalahi aturan dan bersifat positif.

Black Hat Hacker (Cracker) 

Loading...

Mereka adalah peretas yang memiliki aktifitas yang sedikit berbeda dengan white hat hacker. Mereka adalah para peretas yang banyak mengakibatkan kerugian untuk banyak pihak di karenakan oleh aksi-aksinya yang terbilang ilegal dan menyalahi aturan.

Mereka memiliki kebiasaan untuk menyisipkan suatu Virus pada sistem dan mencoba untuk mengobrak-abrik isi sistem untuk kepentingan jahat dan tidak terpuji.

Selain itu, hacker juga memiliki tingkatan-tingkatannya sendiri yang membuat mereka berkelas. Peringkat tersebut mulai dari tingkatan : Elite, Semi Elite, Developed Kiddie, Smart Kiddie dan tingkatan paling rendah yaitu Lame.

Hacker bukan tergantung dari skill yang dia miliki, tetapi tergantung dari golongan mana ia berasal. Sepintar apapun seorang hacker, jika di manfaatkan untuk keburukan, tentu saja itu adalah tindakan yang salah dan menyalahi aturan hukum.

Baca Juga : Sederhana, Ini Dia 5 Cara Mengantisipasi Hacker yang Harus Kamu Ketahui

5 Negara Dengan Hacker Terbanyak di Dunia

Di dalam setiap Negara termasuk di Indonesia, keberadaan hacker atau seseorang yang memiliki kemampuan komputer dan jaringan yang sangat bagus memang tak bisa di hindari. Mereka ibarat seperti amoeba yang tercipta di karenakan oleh tuntutan kemajuan jaman dan tak bisa di hapuskan begitu saja.

Bahkan di beberapa Negara, kemampuan seorang hacker itu sangatlah di butuhkan untuk mengantisipasi serangan-serangan yang di lancarkan oleh para cracker yang jahat. Berikut ini adalah beberapa daftar Negara dengan jumlah hacker terbanyak di dunia.

1. China – Persentase Serangan Cyber Mencapai 41%

Negara Dengan Hacker Terbanyak
Source : zerohedge.com

Negara China ternyata bukan hanya sebuah Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak tetapi juga jumlah hacker terbanyak di dunia. Hal ini bukanlah suatu fakta yang mengejutkan lagi mengingat kemajuan teknologi yang sangat pesat di Negara itu.

Negara China dari dulu sudah di kenal sebagai Negara yang selalu di juluki sebagai professional di bidang cyber. Faktanya, di tengan-tengah dunia yang kini sedang gigih mencari penanganan di bidang cyber, China justru telah mampu mendapatkan superioritas dari berbagai Negara di dunia maya.

China telah mempromosikan keamanan cyber-nya sebagai suatu budaya dan cukup efektif. Literasi cyber ini nyatanya terbukti mendidik para pemuda didiknya. Tak ada yang bisa masuk dan keluar, China bahkan tidak menggunakan Facebook, Twitter, atau Instagram sebagai media sosialnya, mereka memiliki yang lebih canggih dari itu.

Hal ini tentu saja membuat kejahatan cyber di Negara ini menjadi semakin membeludak dan meningkat drastis dari tahun ke tahun. Menurut berbagai survei dan penelitian, hampir 41% serangan cyber yang di alami oleh dunia berasal dari Negara China.

Selain itu juga, di yakini bahwa di Cina terdapat suatu jaringan hacker yang telah terorganisir, hal ini menjadi kemungkinan yang sangat kuat.

2. Amerika Serikat – Persentase Serangan Cyber Mencapai 10%

Negara Dengan Hacker Terbanyak
Source : RT.com

Kita sudah tidak heran lagi dengan Negara yang satu ini. Justru kita semua pasti akan heran jika Negara Amerika Serikat tidak termasuk ke dalam daftar. Pada KTT G20, Presiden Barrack Obama mengatakan bahwa Amerika Memiliki segudang persenjataan maya paling banyak dan paling canggih di dunia.

Meski hanya memiliki persentase 10% dalam menyumbang serangan cyber ke seluruh dunia, sebagai Negara dengan hacker terbanyak Amerika telah mengaku sangat baik dalam bidang ini. Tak heran jika Amerika Serikat sangat sering di juluki sebagai rumahnya para hacker-hacker terkenal.

Amerika sangat sering memanfaatkan keahlian di bidang peretasan untuk mengacau balaukan siapapun yang menghalangi langkah Amerika untuk menuju kemenangan. Bisa di bilang, jika Amerika benar-benar mau, Amerika bahkan bisa meretas semua kendali misil nuklir dari seluruh dunia dan mengendalikannya dari jarak jauh.

3. Turki – Persentase Serangan Cyber Mencapai 4,7%

Negara Dengan Hacker Terbanyak
Source :hackread.com

Mahkota perunggu di berikan kepada Negara Turki pada lalu lintas cyber dunia sebagai Negara dengan hacker terbanyak. Turki merupakan sebuah Negara yang terbilang cukup menyumbang dan aktif di bidang ini selama beberapa dekade terakhir.

Kalian pasti bingung karena sebelumnya sangat jarang bahkan mungkin belum pernah mendengar Negara ini ternyata sangat gencar di bidang cyber.

Tetapi, sepertinya fakta memang alat yang sangat efektif sebagi metode pembuktian. Negara Turki memang kurang terdengar dalam skala dunia jika membahas mengenai dunia peretasan.

Tetapi, dari beberapa kasus yang tercatat, para peretas asal Turki memang memiliki segudang keahlian Elite yang gak di remehkan oleh para hacker berskala global.

Hal ini terbukti oleh kasus peretasan yang di lakukan oleh peretas asal Turki terhadap Google Play yang sudah selama 2 kali mengalami sistem crash. 

Selain itu, mereka juga telah berhasil menyerang sekelompok peretas atau Hacker tingkat atas yaitu salah satunya Syrian Electronic Army.

4. Rusia – Persentase Serangan Cyber Mencapai 4,3%

Negara Dengan Hacker Terbanyak
Source : thehackernews.com

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Negara Rusia jika membahas seputar dunia hacker. Negara dengan hacker terbanyak yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu Negara di mana para hacker terkenal lahir. Meski hanya menempati peringkat ke-4, hacker Rusia tetap saja di takuti karena terkenal sangat ahli di bidangnya.

Dari data yang di dapat, hampir 4,3% serangan cyber berskala global di lakukan dari Negara Ini. Peretas asal Rusia memang terbilang sangat menakutkan. Salah satunya adalah Evgeniy Bogachev, seorang peretas yang sangat terkenal dan ahli di bidang kejahatan komputer.

Pada tahun 2012 dan 2014 FBI bahkan berani memberi hadiah sebesar US$ 3.000.000 atau Rp 38,6 milar bagi siapapun yang berhasil menangkap hacker paling di cari yang satu ini.

Bukan hanya itu, Evgeniy Bogachev bahkan di tuding telah terlibat pada beberapa kasus kejahatan komputer yang membuat Amerika mengalami kerugian lebih dari US$ 100 juta akibat malware yang di buatnya.

5. Taiwan – Persentase Serangan Cyber Mencapai 3,7%

negara dengan hacker terbanyak
Source : Cryptome

Gak cuma Negara Cina saja yang masuk ke dalam daftar Negara dengan hacker terbanyak, Taiwan sebagai Negara kecil yang merupakan Negara tetangga Cina juga ternyata andil alih dalam perkara ini. Taiwan memang sudah  terkenal dengan teknologi nya yang canggih, dan bahkan sudah merambah ke seluruh dunia.

Seperti Motto Taiwan, kecil bukan berarti lemah. Taiwan juga terkenal sebagai pusat para peretas handal yang telah tersebar di berbagai daerah. Hampir sebanyak 3,7% serangan cyber global berasal dari Negara kecil yang yang kuat ini.

Terus Bagai Mana Dengan Indonesia?

Negara Dengan Hacker Terbanyak
Source : techinasia.com

Percaya atau tidak percaya berdasarkan data yang berasal dari laporan tahunan Akamai pada tahun 2013, Negara Indonesia bahkan pernah menginjak peringkat pertama sebagai Negara dengan hacker terbanyak.

Indonesia menempati jumlah persentase serangan cyber global sebanyak 38%, mengalahkan Cina yang hanya memiliki sebanyak 33% pada saat itu.

Meski kini dari tahun ke tahun jumlah hacker di Indonesia malah menjadi semakin sedikit, tetapi kita semua tahu bahwa Negara Indonesia juga merupakan salah satu Negara yang memiliki hacker-hacker terbaik dan terbanyak di dunia. Kalian bisa Browsing lebih lanjut untuk mengetahui siapa saja mereka.

Akhir Kata

Terima kasih karena telah menyempatkan diri untuk singgah menyimak sejenak. Semoga beberapa tulisan mengenai Negara dengan hacker terbanyak di atas bisa memberikan manfaat beserta hiburan bagi kalian semua, sobat klikmania tercinta di manapun kalian berada.

Semoga apa yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kita kali ini bisa juga bermanfaat bagi orang lain dangan cara meng-klik share agar teman/saudara/keluarga/dll juga bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti yang kalian rasakan.

Sampai jumpa pada kesempatan kita yang selanjutnya ya guys! []


Loading...

Bagikan

Basirudin Mokoginta

Penulis

Seorang penulis professional yang selalu berupaya untuk menciptakan konten berkualitas tinggi dengan pengaplikasian SEO semaksimal mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *