Tekno

7 Negara Produsen Smartphone Terbaik Dari Seluruh Penjuru Dunia

Negara Produsen Smartphone Terbaik Di Dunia. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi smartphone pun tidak mau ketinggalan. Banyak produsen dari berbagai negara tetap berusaha dan menunjukkan eksistensinya dan memproduksi smartphone dengan fitur – fitur terbaru mereka.

Perangkat smartphone pun terus berkembang, baik itu dari segi desain dan body, spesifikasi yang semakin mumpuni, serta fitur – fitur smartphone yang semakin canggih. Hasilnya, pasar smartphone saat ini dipenuhi dengan berbagai macam brand dari berbagai negara. Kita sebagai konsumen tentu diuntungkan dengan hal seperti ini, karena memiliki banyak pilihan sebelum membeli smartphone.

Persaingan yang ketat dan pasar yang menjanjikan membuat para vendor smartphone terus – menerus berusaha menciptakan inovasi baru. Bahkan, iklan smartphone saat ini pun sudah sangat mudah kita temukan di berbagai media dan internet. Hal ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan smartphone saat ini.

Jika dulunya setiap tahun, maka sekarang tidak lagi. Smartphone terbaru selalu muncul setiap bulan, bahkan hampir setiap minggu. Ada smartphone yang mengandalkan baterai berkapasitas besar, ada yang mengandalkan RAM dan memori internal besar, dan ada juga yang mengandalkan kamera dengan kemampuan mumpuni, bahkan diklaim setara dengan kamera DSLR.

Tentu kita akan berpikir, apakah memang semudah itu membuat smatphone?. Sebenarnya memang tidak semudah itu, hanya saja persaingan yang sangat ketat-lah yang mengharuskan para vendor agar harus selalu bertindak agresif dalam memproduksi dan memasarkan smartphone masing – masing.

Nah, dengan perkembangan smartphone yang semakin pesat ini, tentu ada beberapa negara yang kita kenal sebagai produsen smartphone. Indonesia memang belum masuk perhitungan, namun tetap saja Indonesia menjadi negara prioritas beberapa produsen smartphone. Berikut adalah beberapa negara produsen smartphone terbaik di dunia.

China – Negara Produsen Smartphone Terbaik Pertama

Berbicara mengenai perkembangan teknologi, negara China memang tidak bisa dianggap sepele, termasuk dalam perkembangan teknologi smartphone. Walaupun masih tergolong negara baru yang ikut dalam persaingan smartphone dalam skala internasional, namun perkembangan mereka sangatlah pesat.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Xiaomi Mi Mix 2 via gsmarena.com

Selain sanggup memproduksi smartphone dengan spesifikasi mumpuni, negara ini juga bisa memberikan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan smartphone dari negara lain. Jika dulu kita kita membeli smartphone dari negara Korea Selatan dan Kanada, belum tentu karena kita memang menyukai smartphone tersebut. Namun dikarenakan tidak ada pilihan lain lagi yang memiliki spesifikasi setara.

Loading...

Harga smartphone dari China bisa murah memang didukung oleh beberapa faktor, antara lain gaji tenaga kerja disana yang tidak tergolong murah, bahan baku yang melimpah dengan harga murah, juga berlakunya sistem kontrak tenaga kerja.

Selain memproduksi beberapa smartphone merek lokal, China juga memproduksi beberapa merek smartphone raksasa yang sudah mendunia. China juga diketahui membuatkan smartphone terkemuka seperti Apple. Bukan hanya itu, Samsung juga menempatkan 2 basis produksi smartphone mereka di China.

Beberapa smartphone merk lokal dari China yang telah mendunia, antara lain : Oppo, Xiaomi, OnePlus, Meizu, dan ZTE. Merek Motorola dari Amerika Serikat juga telah dibeli dan diambil alih oleh Lenovo, yang merupakan produsen smartphone dari China. Alcatel dari Prancis akhirnya dibeli oleh TCL.

Nah, walaupun masih tergolong baru dalam persaingan smartphone berskala internasional, namun smartphone dari China memang sangat laris di pasaran.

Korea Selatan – Negara Produsen Smartphone Terbaik Kedua

Smartphone dari Korea Selatan memang masih menjadi raja smartphone di dunia hingga saat ini. Adalah Samsung yang merupakan rajanya teknologi untuk sekarang ini. Jika Jepang merupakan rajanya otomotif, maka Korea Selatan adalah penguasa teknologi.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Samsung Galaxy S8 via iphonehacks.com

Samsung memang sudah sejak lama bermain dalam teknologi ponsel. Mulai dari zaman dulu ketika ponsel masih menjadi barang yang sangat langka dan sangat mahal, Samsung sudah memproduksi. Ketika teknologi sudah semakin berkembang dan banyak vendor bermunculan, namun Samsung tetap eksis dan diminati di dunia.

Sebagai negara yang kaya, wajar saja jika memang vendor Korea Selatan sanggup untuk bertahan dari gempuran para vendor lain. Walaupun hanya mengandalkan Samsung dan LG, namun dukungan penuh dari pemerintah tetap sanggup untuk membuat kedua vendor ini berjaya.

Belakangan ini, Bank Dunia mengumumkan kalau negara ini masuk dalam urutan 14 sebagai negara dengan ekonomi paling kuat. Hal ini memang wajar saja, mengingat basis dari teknologi smartphone dan peralatan elektronik lainnya berasal dari negara ini.

Vendor LG pun masih bertahan hingga saat ini. Walaupun memang harus diakui, kalau jumlah smartphone LG yang terjual memang tidak sebanyak penjualan Samsung, namun LG masih tetap sanggup untuk memproduksi smartphone – smartphone terbaru dengan fitur – fitur yang mumpuni. Bukan hanya itu, teknologi yang dipakai LG pun tidak kalah jauh dari teknologi Samsung.

Jepang – Negara Produsen Smartphone Terbaik Ketiga

Kita tentu tidak akan asing dengan salah satu vendor besar dari Jepang, yakni Sony. Sejak dulu, Sony memang sudah memproduksi ponsel, ketika ponsel masih mengandalkan fungsi telepon dan berkirim pesan. Waktu itu, Sony juga sudah memperkenalkan beberapa ponsel kamera. Memang semua itu tidak dilakukan oleh Sony sendirian, karena mereka bergabung dengan perusahaan Ericsson.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Sony Xperia via youtube.com/ConceptCreator

Memasuki era smartphone, Sony dan Ericsson pun kembali berpisah. Sony kemudian melanjutkan untuk memproduksi smartphone hingga sekarang ini. Memang harus diakui kalau smartphone keluaran Sony tidak sebanyak smartphone dari vendor lain.

Untuk sekarang ini, Sony hanya memproduksi smartphone mereka pada lini Xperia saja. Walaupun hanya satu lini, namun Xperia ini memang memiliki pasar tersendiri. Tidak seperti vendor lain yang terkesan ikut – ikutan, Sony selalu berusaha tempil beda.

Kita lihat saja desain smartphone Sony yang sangat mengotak pada keempat sudutnya, sangat berbeda dengan smartphone lain kebanyakan yang memiliki lekukan lebih dinamis. Selain itu, smartphone Sony juga memiliki ketahanan yang lebih. Bahkan bisa dikatakan kalau sertifiakat IP68 sudah menjadi standar mereka, yakni smarpthone yang sanggup bertahan pada air.

India – Negara Produsen Smartphone Terbaik Keempat

Negara India memang tidak memiliki vendor atau brand yang terkenal di pasar internasional. Namun kebijakan pemerintah India membuat mereka menjadi negara produsen smartphone terbaik di dunia juga. Harus diakui kalau negara India memang menjadi salah satu pasar smartphone paling menjanjikan.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Huawei via consumer.huawei.com

Karenanya, pemerintah India pun berusaha menerapkan peraturan Made In India. Di Indonesia sendiri disebut dengan TKDN, yaitu Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Negara ini memberlakukan peraturan kalau smartphone yang masuk ke negaranya harus lulus uji tersebut.

Mau tidak mau maka beberapa vendor smartphone yang ingin berjualan di negara ini pun harus tunduk. Mereka pun akhirnya membuat basis produksi disana dan memasarkanya sampai ke luar negeri. Dengan kebijakan ini, maka warga India pun akan mendapatkan pekerjaan dan negara mendapatkan pemasukan.

Beberapa vendor yang sudah membuat basis produksinya disana adalah Xiaomi, Huawei, dan Lenovo/Motorola. Tidak ingin ketinggalan, beberapa vendor selain dari China juga ikutan membuat basis produksi di negara ini, seperti LG. Maka tidak heran kalau banyak smartphone terbaru yang diperkenalkan pertama kali di negara ini.

Walaupun tidak memiliki vendor smartphone, namun basis produksi smartphone bisa dimiliki oleh India. Bahkan banyak yang memperkirakan, kalau beberapa tahun kedepan India akan memproduksi lebih banyak smartphone dari smartphone yang diproduksi di China, yang notabenenya adalah pemilik vendor.

Taiwan – Negara Produsen Smartphone Terbaik Kelima

Bukan hanya teknologi Laptop dan PC, teknologi smartphone pun dimiliki oleh negara ini. Negara ini sendiri memiliki vendor Asus, Acer, dan HTC. Acer yang awalnya hanya berfokus untuk memproduksi Laptop dan PC, belakangan ini ikutan memproduksi smartphone.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Asus Zenfone via androidauthority.com

Vendor dari negara ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan hadirnya Asus sebagai penggerak smartphone berprosesor Intel beberapa tahun silam. Bahkan banyak yang memperkirakan waktu itu, jika Asus akan merajai pasar smartphone dunia, mengalahkan Samsung.

Namun kenyataanya berbeda, Asus yang mengandalkan Intel harus beralih dan menggunakan prosesor seperti yang kebanyakan digunakan oleh brand lain, yakni prosesor Qualcomm Snapdragon. Dominasi vendor ini pun tidak mampu mengalahkan vendor sebesar Samsung.

Memang harus diakui kalau seri Zenfone dari Asus sudah cukup terkenal di berbagai negara dan bisa diterima konsumen dengan baik. Keadaan ini menyebabkan Asus terus menggenjot dan memperbaharui smartphone Zenfone mereka.

HTC sendiri ternyata tidak hanya memproduksi samrtphone mereka di Taiwan, melainkan di negara India juga. HTC kabarnya sedang mempersiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya, yang diperkirakan akan diberi nama “Marlin” dan “sailfish”.

Selain 3 vendor diatas tadi, ada juga vendor kecil yang sedang berkembang di Taiwan, yakni Nexbit Robin. Smartphone ini memang belum dijual resmi di Indonesia, namun bisa dibeli dari luar negeri melalui toko online yang ada di luar negeri, seperti di China.

Kanada – Negara Produsen Smartphone Terbaik Keenam

Kita tentu tidak asing dengan vendor Balckberry Smartphone. Negara Kanada inilah tempat kelahiran smartphone tersebut. Aplikasi berkirim pesan mereka, yakni Blackberry Messenger membuat vendor ini cukup diminati dimasanya. Namun memang harus diakui kalau kejayaan mereka sudah tidak seindah dulu lagi.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Blackberry Priv via pricerunner.se

Ditengah keterpurukanya karena gempuran smartphone Android, vendor ini terpaksa menjual aplikasi mereka kepada Android dan Apple. Sejak saat itu, smartphone Balckberry pun semakin ditinggalkan, karena dulunya para pecinta Balckberry hanya menginginkan aplikasi BBM-nya saja.

Walaupun sudah digempur habis – habisan oleh Android, namun Balckberry tidak menyerah begitu saja. Mereka sempat memproduksi smartphone dengan memperbaharui sistem operasi mereka. Sistem Operasi Blackberry 10 yang mereka perkenalkan akan memungkinkan untuk menerima instalan aplikasi Android.

Namun lagi – lagi cara mereka ini tidak berhasil, sampai akhirnya mereka harus meninggalkan sistem operasinya dan beralih menggunakan Android yang semakin diminati belakangan ini. Beberapa smartphone Android pun mereka perkenalkan untuk mempertahankan Balckberry-nya, seperti Blackberry Aurora, Blackberry Keyone, Blackberry DTEK50, DTEK 60, dan Blackberry Priv.

Amerika Serikat – Negara Produsen Smartphone Terbaik Ketujuh

Amerika Serikat memang bukanlah negara yang canggih mengenai teknologi smartphone. Namun harus kita akui kalau keberhasilan Apple adalah keberhasilan negara ini juga. Apple pertama kali didirikan dan berbasis di California, Amerika Serikat.

Negara Produsen Smartphone Terbaik
Apple iPhone 8 via metro.co.uk

Sekarang ini Apple sendiri hanya memproduksi Macbook dan Smartphone. Untuk perangkat smartphone sendiri juga tidaklah terlalu banyak. Hanya diisi oleh beberapa line up Apple iPhone, Apple iPad, dan Smartwatch. Namun walaupun hanya memiliki sedikit smartphone, produk Apple selalu menarik perhatian para konsumen.

Fitur keamanan adalah fitur yang paling diandalkan dari produk Apple. Selain itu, sistem operasi yang beda dari smartphone kebanyakan. Jika Blackberry tidak mampu bertahan dengan sistem operasi mereka sendiri, maka Apple masih sanggup dengan iOS hingga saat ini.

Semua produk Apple memang dibanderol dengan harga yang fantastis. Namun walaupun sangat mahal dan terkesan tidak wajar, penjualan produk Apple, seri iPhone khususnya selalu tinggi setiap tahunnya. Smartphone ini juga menyebar luas ke seluruh negara dan memiliki peminat tersendiri.

Kesimpulan

Banyaknya vendor smartphone tentu akan memberikan kesenangan tersendiri buat para konsumen. Konsumen tidak akan hanya berpatok pada satu vendor saja, namun juga bisa melirik smartphone dari vendor lain. Jika konsumen merasa brand ini terlalu mahal, maka bisa memilih smartphone dari vendor lain yang harganya lebih murah, namun memiliki spesifikasi yang setara.

Pada umunya, konsumen yang mengandalkan image dan prestige, maka akan memilih smartphone dari vendor Apple ataupun vendor Samsung. Namun kalau ingin yang lebih murah tetapi dengan spesifikasi yang tidak kalah, maka bisa memilih smartphone dari vendor – vendor yang berasal dari negara China.

Baca Juga : 



Loading...

Baca selengkapnya

ronauli80

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *