Internet

Nintendo Bakal Berhenti Buat Gim Mobile, Kalah Saing?

Di masa pandemi seperti sekarang ini, bisnis gim mengalami nasib baik ketimbang bisnis lain di mana lonjakan penggunanya cukup besar hingga mampu mendatangkan keuntungan yang berlipat bagi siapa saja yang terjun ke dalam bisnis tersebut.

Berdasarkan laporan dari NPD Group, bisnis gim di Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun 2020 berhasil mengalami kenaikan sebesar 9 persen. Adapun riset Newzoom, dilaporkan bisnis gim di tahun 2020 secara global mampu menghasilkan USD159,3 miliar.

Baca juga: COVID-19 Buat Industri Gim Alami Peningkatan Pendapatan

Nintendo Pilih Berhenti Garap Gim Mobile

Di saat industri gim tidak mengalami dampak COVID-19, salah satu pelaku bisnis tersebut, yakni Nintendo justru memilih mundur dari salah satu kategori bisnis gim yang ada. Kategori yang Nintendo pilih untuk mundur adalah kategori gim mobile.

Apa yang dilakukan Nintendo ini cukup mengejutkan. Pasalnya, kategori gim mobile adalah salah satu kategori yang mampu membuat pendapatan industri gim meningkat di tahun 2020. Menurut laporan Newzoom, pangsa pasar gim mobile sangatlah besar. Bahkan, di tahun 2020 ini mampu menghasilkan USD77,2 miliar.

Namun seperti yang dilansir dari Gizmochina, (25/6/2020), Nintendo tak lagi berminat untuk terjun ke bisnis gim mobile. Alasannya, gim mobile yang mereka keluarkan tidak mampu berbicara banyak dalam peta persaingan. Hasilnya, pihak perusahaan pun memutuskan untuk tidak lagi membuat gim mobile baru.

Selama beberapa tahun terakhir, Nintendo telah merilis gim seperti Super Mario Run, Tur Mario Kart, dan Dr. Mario World. Sayangnya, tidak satu pun dari gim-gim yang sudah disebutkan itu mampu menjadi besar layaknya gim mobile lain seperti PUBG.

Di gim mobile-nya, Nintendo menggunakan sistem penetapan harga yang berbeda untuk permainannya yang mencakup langganan untuk Mario Kart Tour dan pembelian satu kali untuk Super Mario Run. Ini berbeda dengan pendekatan yang dilakukan gim lain yang menggunakan model freemium dengan peningkatan karakter dan senjata yang membutuhkan biaya.

Bisa jadi, strategi tersebut yang membuat gim mobile buatan Nintendo kalah saing. Selain alasan di atas, permainan yang ditawarkan dalam gim mobile keluaran Nintendo yang kurang seru, mungkin juga menjadi alasan mengapa gim mobile keluaran mereka tidak terlalu banyak digemari oleh para pecinta gim.

Baca juga: Nintendo Diam-diam Telah Meng-upgrade Switch Original Milik Mereka, Apa perbedaanya?

Masih melansir dari Gizmochina, dilaporkan bahwa Nintendo akan mengalihkan fokusnya ke gim yang sudah dirilis. Dengan melakukan hal yang demikian itu, mereka berharap gim-gim mobile yang sudah dikeluarkan mampu berbicara banyak, yaitu mengalami peningkatan dari sebelumnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close