Review ProdukTekno

Nintendo Diam – diam Telah Mengupgrade Switch Original Milik Mereka, Apa perbedaanya?

Nintendo Switch Versi Refresh

Nintendo Switch – Tak lama lalu Nintendo sudah mengeluarkan versi Lite untuk Console handheld milik mereka.

Switch Lite sendiri mempunyai beberapa perbedaan atau lebih tepatnya downgrade. Di mulai dari ukuran layar yang diperkecil yaitu 5.5 Inch yang memiliki resolusi HD, D-pad nya juga menjadi non detachable/sudah permanen.

Versi Lite ini juga tidak mempunyai fitur Docking yang membuat Console tersebut tidak bisa dikoneksikan ke TV atau monitor, akan tetapi dibandrol dengan harga $100 lebih murah tanpa adanya penurunan performa.

Dan baru-baru ini Nintendo telah mengupgrade Switch original mereka, Penasaran? yuk kita bahas.

Baca jugaGoogle Stadia Resmi Diperkenalkan, Kapan Masuk ke Indonesia?

Nintendo Switch Refresh

Nintendo Switch
Source: Nintendo

Baru minggu lalu Nintendo meluncurkan Switch versi Lite yang sudah di bahas tadi. Namun secara diam-diam, tanpa adanya pengumuman Nintendo telah mengeluarkan versi upgrade/refresh untuk Nintendo Switch original milik mereka di situs resminya.

Versi refresh/upgrade ini memiliki kelebihan yaitu battery life yang lebih lama.

Nintendo menggunakan SoC/Chipset terbaru mereka yang sama-sama digunakan untuk Switch versi Lite. SoC tersebut memiliki codename Mariko, yaitu salah satu variasi Nvidia Tegra X1 yang dipakai oleh Nintendo Switch original Codename Logan.

Ukuran SoC tersebut (Mariko) telah diperkecil yang tadinya 20nm menjadi 16nm. Proses pengecilan dalam fabrikasi SoC tersebut membuat ukuran SoC/chipset menjadi lebih kecil dan alhasil mengurangi konsumsi daya tanpa adanya penurunan performa.

Perbedaan lain yang juga berkontribusi dalam pengurangan konsumsi daya Switch Refresh ini adalah penggantian Nand flash memory yang di pakai yang kabarnya akan lebih efisien. Hal ini adalah salah satu perbedaan yang muncul di FCC fillings.

Hasilnya ketahanan baterai menjadi dua kali lipat. Switch Original menjanjikan ketahanan baterai selama 2.5 sampai 6.6 jam (tergantung game yang dimainkan).

Sedangkan Switch versi refresh menjanjikan ketahanan baterai selama 4.5 hingga 9 jam (tergantung game yang dimainkan juga).

Seperti yang telah dijelaskan, Nintendo sudah men-listed Switch versi baru tersebut di situsnya. Switch yang baru mempunyaI model number HAC-001(-01) yang membedakanya dengan Switch versi lama yaitu HAC-001.

Source: Nintendo

Switch baru juga mempunyai box yang lebih dominan berwarna merah, selain itu tidak ada perbedaan lain. Deskripsi produk di situs resmi juga menjelaskan perbedaan battery life nya agar mempermudah consumer dalam membedakan.

Gimana Gamers? siap merogoh kocek untuk Versi Switch baru ini? atau mungkin kamu masih senang dengan Switch original punya kamu?

Bagi yang ingin upgrade atau bahkan yang belum punya harus sabar menunggu karena menurut situs resmi nya, Switch baru akan mulai tersedia kira-kira pada pertengahan Agustus tahun ini dan akan dibandrol dengan harga $299.


Loading...

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close