Review ProdukTekno

Nokia C1 Telah Dirilis, Smartphone Android Go dengan Harga 800 Ribuan

Harga dan Spesifikasi Lengkap Nokia C1

HMD Global telah merilis smartphone berbasis Android Go Edition terbaru miliknya yaitu Nokia C1. Smartphone tersebut baru tersedia di Kenya dan akan tersedia untuk wilayah Nigeria dan negara lain untuk kedepanya.

Spesifikasinya sendiri tidak jauh berbeda dengan Nokia 1 Plus yang dirilis pada bulan Maret lalu.

Nokia C1 dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki spesifikasi yang layak untuk smartphone berbasis Android Go.

Berikut informasi selengkapnya.

Nokia C1

Source: Nokia

SoC & Memori

Seperti yang sudah diterangkan, Nokia C1 adalah smartphone berbasis Android Go.

Untuk yang belum tahu apa itu Android Go, Android Go sendiri bisa dibilang adalah versi ringan dari Android OS yang diperuntukan untuk smartphone kelas bawah (Low-end).

Android Go hanya terdiri dari tiga fitur penting yaitu OS itu sendiri, Google Play Store dan Google Apps.

Intinya Android Go adalah OS ringan yang digunakan untuk aplikasi inti/penting saja dan oleh karena itu, Smartphone yang menggunakan Android Go memiliki spesifikasi yang rendah.

Nokia C1 dipersenjatai dengan Quad-Core SoC/Chipset dengan clockspeed up to 1.3Ghz. SoC/Chipset tersebut tidak memiliki nama namun kemungkinan besar adalah SoC/Chipset dari MediaTek.

SoC/Chipset tersebut dikolaborasikan dengan RAM berkapasitas 1GB dengan 16GB Onboard Storage yang bisa dibilang cukup besar untuk smartphone Android Go.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan microSD card untuk memperbesar kapasitas penyimpanan hingga 64GB.

Layar & Kamera

Untuk layar, Nokia C1 menggunakan IPS LCD Display berukuran 5.45-inchi dengan resolusi (480 x 960 pixels). IPS Panel mampu memberikan viewing angle/sudut pandang dan warna yang lebih baik daripada TFT.

Layar tersebut juga dilindungi dengan tempered glass untuk melindunginya dari goresan dan benturan.

Nokia C1
Source: Nokia

Untuk fotografi, Smartphone ini dilengkapi dengan kamera selfie yang menggunakan sensor 5MP. Kamera selfienya juga ditemani dengan LED flash untuk membantu penerangan saat di kondisi minim cahaya/low-light. LED flash adalah solusi yang jauh lebih murah daripada menggunakan AI yang nantinya membutuhkan SoC/Chipset dengan kekuatan yang lebih besar.

Nokia C1
Source: Nokia

Kamera belakangnya juga menggunakan sensor 5MP yang sama dan juga dilengkapi dengan LED flash.

Baterai, OS, Konektivitas & Fitur Lain

Nokia C1 mendukung dual SIM namun smartphone ini tidak mendukung jaringan 4G LTE. Kamu hanya akan mendapatkan jaringan 3G, akan tetapi kecepatan jaringan 3G sudah terbilang lebih dari cukup untuk aplikasi Go Apps. Selain itu, smartphone ini juga mendukung Wi-Fi 4 (802.11n).

Nokia C1 ditenagai dengan baterai berkapasitas 2,500mAh yang bisa di copot tanpa harus membongkar mesin (Removable) dan di-charge melalui microUSB Port.

Untuk OS, smartphone ini akan menggunakan Android 9 Pie (Go Edition)

Smartphone tersebut juga dilengkapi dengan 3.5mm headphone jack untuk musik seperti MP3 dan juga FM Radio. Namun Nokia tidak memberikan headset. Di dalam Box, kamu hanya akan mendapatkan Smartphone, Charger dan Quick start guide.

Harga dan Varian

Nokia C1 memiliki dua varian warna yaitu Red dan Charcoal.

Smartphone tersebut dibandrol seharga $59 di Kenya atau sekitar 800 Ribu’an. C1 juga akan hadir untuk negara lain. Namun hingga kini, Nokia/HMD Global sendiri masih belum memberikan informasi mengenai kehadiranya untuk wilayah lain.

Sekedar untuk informasi tambahan, HMD juga belum lama telah merilis Nokia 2.3 yang dijual dengan harga 1 Juta’an.

Namun Nokia 2.3 bukanlah smartphone berbasis Android Go, Smartphone ini menggunakan MediaTek Helio A22 Chipset dengan 2GB RAM + 32GB Onboard Storage.

Layarnya menggunakan IPS LCD berukuran 6.2-inchi dengan resolusi HD+.

Nokia 2.3 juga dilengkapi dengan dual camera setup yang menggunakan sensor 13MP + 2MP Depth sensor untuk kamera belakang. Sementara kamera selfienya menggunakan sensor 5MP.

Smartphone tersebut ditenagai dengan baterai 4,000mAh yang Nokia klaim mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian wajar.

Rangkuman Spesifikasi

SoC/Chipset Quad Core 1.3Ghz Chipset
Memori 1GB RAM + 16GB Onboard Storage
MicroSD card slot up to 64GB
Layar IPS LCD, 5.45-inchi, (480 x 960 pixels)
Kamera 5 MP (Main w/ LED flash)
5 MP (Selfie Camera w/ LED flash)
Baterai Removable Li-Ion 2500 mAh
OS Android 9 Pie (Go Edition)

Sumber


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close