Tekno

Alasan Software Open Source Untuk Perusahaan Adalah Pilihan Yang Tepat

Beberapa tahun terakhir, banyak yang sudah menggunakan software open source untuk perusahaan ataupun perorangan. Kira-kira apa alasannya dan apa yang membuat popularitasnya semakin meningkat.

Berikut ini kami rangkum alasan kenapa software open source penting sekali untuk menunjang bisnis Anda:

Tingkat Keamanan

Anda harus memperhatikan tingkat keamanan dari software yang digunakan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini dilakukan supaya data perusahaan dapat terlindungi. Karena software open source sering di uiji oleh banyak orang, jadi jika ditemukan sebuah bug dapat segera diselesaikan dengan cepat dan lebih efektif.

Bandingkan saja dengan software yang bukan open source atau software proprietary, Anda harus mengandalkan perusahaan pembuat software tersebut untuk mengidentifikasi masalah keamanan, sehingga hal ini memerlukan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan penyelesaian masalah pada software open source.

Kualitas

Untuk software open source biasanya tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki keseriusan dalam mengerjakannya. Mereka akan berusaha membangun sebuah perangkat lunak yang memiliki kualitas bagus dan manfaat untuk orang lain.

Selain itu juga dapat memberikan fitur sesuai kebutuhan pengguna dengan lebih baik. Karena pengguna dapat terlibat langsung atau hanya sekedar memberikan sebuah saran mengenai fitur apa yang perlu ditambahkan.

Kebebasan

Kebanyakan software proprietary biasanya di protect oleh perusahaan pembuat software tersebut, sehingga kita tidak dapat melakukan pengecekan apabila terdapat bug. Selain itu juga open source bersifat legal, jadi kita tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada sidak yang datang ke perusahaan.

Dengan menggunakan open source, pengguna memiliki kontrol terhadap software tersebut. Tidak hanya code yang tersedia, tapi juga ada komunitas pengembang dan user yang dengan senang hati siap membantu masalah yang ditemukan pada software yang digunakan.

Loading...

Biaya

Harga yang jauh lebih murah dan penggunaan yang tidak dibatasi adalah kelebihan lain menggunakan open source untuk perusahaan. Biasanya Anda bisa mencoba terlebih dahulu sebelum membeli, bahkan gratis. Selain itu juga Anda bisa menambahkan fitur sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Referensi lain : 19 Cara Jitu Menghemat Dana Perusahaan Supaya Profit

Kesimpulan

Dari semua hal di atas bukan berarti harus menggunakan software open source untuk perusahaan dan semua keperluan yang ada dibutuhkan. Tetapi setidaknya kita dapat mengetahui kenapa software open source layak dipertimbangkan untuk digunakan pada sebuah perusahaan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button