opera vpn ditutup

Olaf Resmi Pensiun, Opera VPN Ditutup Akhir Bulan Ini

Opera VPN Ditutup – Olaf pensiun, itulah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pihak Opera terkait status Opera VPN. Ya, dengan adanya pernyataan tersebut, menunjukkan Opera VPN pun akan ditutup.

Kabar yang dikeluarkan oleh Opera ini memang cukup mengejutkan, karena di tahun 2016 kemarin, mereka mengatakan akan memberikan layanan VPN melalui Opera VPN secara gratis seumur hidup.

Jadi, apakah Opera ingkar janji?

Opera VPN Ditutup, Alasannya?

Dalam laman resminya, Opera tidak menjelaskan mengapa layanan Opera VPN ditutup. Mereka justru menjelaskan secara rinci mengenai SurfEasy Ultra VPN. SurfEasy Ultra VPN adalah layanan VPN yang direkomendasikan oleh Opera.

Dalam laman resminya, Opera mengatakan, SurfEasy Ultra VPN menawarkan penggunaan tak terbatas pada lima perangkat, akses ke 28 wilayah, dan kebijakan tanpa-log yang ketat, serta tersedia di iOS dan Android.

Meski alasan penutupan Opera VPN belum jelas, MakeUseOf (salah satu website teknologi) menyebutkan, berpindahnya kepemilikan ke konsorsium China menjadi penyebab utamanya.

Opera VPN Ditutup Akhir April

30 April 2018, para pengguna Android dan iOS sudah tidak bisa menggunakan Opera VPN. Sebagai gantinya, mereka bisa menggunakan TunnelBear, Windsribe, atau SurfEasy.

Bagaimana dengan VPN yang ada di browser?

Loading...

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang bagus, karena apabila VPN untuk Android dan iOS dihilangkan, berarti untuk browsernya pun akan dihilangkan.

opera vpn ditutup
Layanan VPN di Browser Opera

Yang jelas belum diketahui secara pasti apakah layanan VPN di browser juga akan dihilangkan. Namun yang jelas, segala kemungkinan tetap bisa terjadi, dan layanan VPN di browser pun juga berpeluang untuk dihilangkan.

Seberapa Penting VPN Itu?

Kebanyakan netizen Indonesia menggunakan VPN untuk mengakses situs web atau layanan tertentu yang diblokir oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Manfaat VPN itu sebenarnya ada banyak, di antaranya adalah:

1. Proteksi

Ketika Anda menggunakan VPN, segala aktivitas yang Anda lakukan akan disembunyikan dari peretas, mata-mata, dan siapa pun yang memantau jaringan.

2. Mencegah pelacakan

Dengan menggunakan VPN, Alamat IP Anda akan disembunyikan, sehingga Anda dapat melakukan penjelajahan secara anonim dan tidak bisa dilacak.

Selengkapnya: 3 Alasan Wajib Menggunakan VPN

Kesimpulan

Jika Anda adalah pengguna Opera VPN, khususnya pengguna Opera Gold, maka segera tukarkan langganan gratis 1 tahun ke SurfEasy Ultra VPN, sebagaimana yang sudah dijelaskan Opera di laman resminya.

Namun apabila Anda bukan pengguna Opera VPN, menggunakan internet ala kadarnya menjadi pilihan utama dan merupakan pilihan yang bijak.

Jadi, baik menggunakan VPN atau tidak, gunakanlah internet secara bijak dan gunakanlah internet untuk hal-hal yang positif saja.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *