Review ProdukTekno

Oppo Find X Bakal jadi Smartphone dengan RAM 10 GB Pertama di Dunia

Smartphone dengan kapasitas RAM 2 GB atau 3 GB sudah bisa dikatakan cukup memuaskan dan bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan berat. Kabar terbaru, muncul lagi smartphone dengan RAM 10 GB. Lantas seperti apa kinerjanya?

Dengan seiring perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat, tak jarang jika smartphone produk terbaru mempunyai kapasitas RAM yang lebih besar, mulai dari 4 GB, 6 GB, dan 8 GB.

Beberapa vendor smartphone android kini terus bersaing, bukan hanya layar, kamera, teknologi AI, dan Processor. Namun dalam segi RAM pun sangat diperhitungkan.

Karena teknologi terus berjalan dengan pesat dan kebutuhan akan kinerja ponsel semakin meningkat, maka smartphone dengan RAM 10 GB akan menjawab tantangan tersebut.

OPPO merupakan salah satu vendor yang sedang memanas dalam hal persaingan RAM saat ini.

Setelah sukses meluncurkan OPPO Find X dengan RAM 8 GB, vendor ini dikabarkan telah membuat smartphone dengan kapasitas RAM terbesar di dunia, setidaknya untuk saat ini.

Bocorannya dapat dilihat di TENAA, yang merupakan lembaga sertifikasi ponsel di China. Varian baru OPPO Find X dengan kapasitas RAM 10 GB sudah mulai beredar.

Baca jugaIntip Kemewahan Oppo Find X Lamborghini Edition

Loading...

Spesifikasi OPPO Find X

oppo find x

Layar

Untuk bagian layarnya, OPPO Find X dikabarkan tampil tanpa notch. Menggunakan layar berjenis Amoled sebesar 6,42 inchi 19,5 : 9 dengan resolusi 2340 x 1080 dengan rasio 93,8 persen.

Selain itu, smartphone ini hadir dengan tampilan depan dan belakannya tanpa lubang receiver.

Penyimpanan

Pada bagian penyimpanan internal OPPO Find X RAM 10 GB  ini mempunyai kapasitas yang sama dengan OPPO Find X RAM 8 GB, yakni sebesar 256 GB bahkan kemungkinan juga bisa lebih.

Kamera

OPPO dikabarkan akan menyematkan teknologi terbarunya yaitu kamera geser 3D tersembunyi.

Kamera di bagian depan sebesar 25 MP, sedangkan untuk belakang adalah dual kamera dengan  resolusi 16 MP dan 20 MP.

Untuk hasil fotonya, tentu akan lebih baik dibandingkan dengan OPPO F9. Dan hasil videonya sudah dilengkapi dengan OIS, jadi cocok juga untuk kegiatan ngevlog.

Apabila OPPO Find X varian 8 Gb RAM ini bisa melakukan video slow motion hingga 480p, maka varian OPPO RAM 10 GB ini kulitas videonya jauh lebih baik.

Dapur pacu

OPPO Find X varian 10 Gb ini menggunakan chipset besutan Qualcom Snapdragon 845 dengan kecepatan clock speed sampai 2,8 Ghz yang dipadukan dengan Adreno 630.

Untuk urusan OS, smartphone ini menggunakan tampilan Android 8 . 1 Oreo.

Daya Baterai

Pada baterainya pun tergolong sedang karena mempunyai daya sekitar 3730 mAh, yang didukung dengan VOOC fast charging.

Perkiraan Harga

oppo find x

OPPO Find X dengan RAM 8 GB dibanderol dengan harga 13 jutaan, sedangkan versi 10 GB RAM kemungkinan berada di kisaran 15 sampai 16 jutaan.

OPPO Find X telah berhasil menjadi smartphone dengan RAM 10 GB pertama di dunia, setidaknya untuk saat ini. Karena belum ada smartphone lain yang mengusung RAM sebesar itu.

Namun kemungkinan besar akan disusul musuh bebuyutannya yaitu Vivo yang juga sedang menggarap smartphone android dengan RAM 10 GB. Smartphone Vivo ini dirumorkan bernama Vivo Xplay 7.

Sedangkan vendor Asus pun tak mau ketinggalan untuk membuat smartphone dengan RAM 10 GB. ASUS juga dikabarkan sedang menggarap smartphone seri  gaming ROG Phone.

Kesimpulan :

Selain pada layar, desain, processor dan kamera, sepertinya pada bagian RAM juga akan menjadi persaingan yang sengit.

Teknologi berjalan sangat cepat, sehingga peningkatan pada sektor RAM menjadi prioritas dalam persaingan beberapa vendor smartphone.

Namun perlu diketahui, kapasitas RAM yang besar pada smartphone bukan sebagai penentu bahwa smartphone tersebut punya kinerja cepat.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button