Review ProdukTekno

OPPO Luncurkan ColorOS 7 dan Pamerkan Reno 3 5G, Berikut Infonya

Oppo baru saja merilis Custom Skin terbarunya yaitu ColorOS 7 di China. Mereka mengklaim bahwa ColorOS versi 7 akan lebih ringan dari versi sebelumnya karena Oppo juga telah membuang apps dan elemen UI lainya yang dianggap tidak penting

ColorOS 7 sendiri masih memiliki desain yang hampir mirip dengan versi sebelumnya. Namun kali ini Oppo mengurangi saturasi warna dan menambahkan lebih banyak spaces (ruang/tempat) dengan warna putih untuk mengurangi mata lelah saat pemakaian lama.

Oppo ColorOS 7

Custom Skin tersebut juga memiliki desain icon terbaru dengan komposisi visual yang lebih minimalis.

Di acara yang sama, Oppo juga memamerkan smartphone terbaru keluarga Reno miliknya yaitu Reno 3 5G.

Penasaran? yuk kita bahas.

OPPO ColorOS 7

Source: Weibo

Selain hal di atas, Oppo juga melengkapi ColorOS 7 dengan system-wide dark theme (dark mode).

Fitur tersebut akan mengaktifkan tampilan Dark Mode bahkan di 3rd party apps sekalipun.

Namun jika kamu tidak terlalu menyukai Dark Mode. Custom Skin terbaru Oppo ini juga menyediakan fitur Eye-Protection.

ColorOS 7 memiliki beberapa perubahan untuk memudahkan penggunanya. Sebagai contoh jika kamu ingin membuat jadwal alarm atau kontak baru, halaman aplikasi akan muncul dengan mode one-handed berupa desain kartu dibagian bawah.

Tentunya, custom skin tersebut juga memiliki animasi baru seperti weather animation, charging animation, screen lock animation, dsb

Custom skin ini hadir dengan aplikasi ART+ Project yang memiliki berbagai macam pilihan wallpaper dan live wallpaper yang merespon sentuhan penggunanya.

Mengambil screenshot juga menjadi lebih mudah. Kamu hanya perlu menyentuh dan tahan dengan tiga jari di layar bagian bawah untuk mengambil vertical screenshot.

Focus mode

ColorOS 7 juga hadir dengan fitur Focus Mode. Fitur ini diperuntukan agar pengguna tidak melupakan kegiatan sosial/sehari-hari dengan berbagai macam cara.

Contohnya, Sistem akan secara otomatis mengaktifkan Driving Mode jika smartphone terhubung dengan Mobil melalui Bluetooth, mengaktifkan mode DND (Do not disturb) saat jam tidur sudah tiba, Dsb

Untuk yang gemar selfie, Custom skin ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur camera centric seperti Portrait Mode 2.0, Night Mode, Super Stabilisation, Dsb

Tidak hanya itu, UI pada aplikasi dan fitur portrait beauty di custom skin ini juga telah ditingkatkan.

Dan untuk yang gemar edit video juga bisa menggunakan Soloop video editor yang telah disediakan. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk menambahkan background music atau subtitle di video.

Oppo juga tidak melupakan soal keamanan karena ColorOS 7 dilengkapi fitur password manager terbaru yang didukung oleh Google.

Oppo juga melengkapi ColorOS 7 dengan fitur Cross-band file transfer yang dapat digunakan untuk mentransfer data melalui berbagai macam platform.

Berbicara tentang performa, Oppo meng-klaim bahwa ColorOS 7 meningkatkan kecepatan aplikasi saat dibuka (app startup) sebesar 25% serta kelancaran sistem dan penggunaan RAM sebesar 30% & 40% dibandingkan versi sebelumnya.

Custom skin ini juga memiliki fitur OPPO Hyperboost yang dapat digunakan untuk menaikan performa sistem saat bermain games.

Fitur tersebut dapat meningkatkan frame-rate hingga 19% dan touch response sebesar 15%.

Jadwal Rollout ColorOS 7

Berikut adalah jadwal Rollout ColorOS 7 untuk smartphone Oppo dan Realme:

OPPO

Fase 1 (November 25, 2019)

Fase 2 (Desember 2019)

  • Oppo Reno 2

Fase 3 (Q1, 2020)

  • Oppo Reno 2 Z
  • Reno Z
  • Oppo Find X
  • Oppo R17
  • Oppo R17 Pro
  • Oppo K5

Fase 4 (Q2, 2020)

  • Oppo R15
  • Oppo K3
  • Oppo A9
  • Oppo A9x
  • Oppo A11
  • Oppo A9 (2020)

Realme

Fase 1 (Februari, 2020)

  • Realme X
  • Realme 3 Pro

Fase 2 (Maret, 2020)

  • Realme Q
  • Realme 5 Pro

Fase 3 (April, 2020)

Oppo Reno 3 5G

Di acara yang sama, Oppo juga memamerkan Oppo Reno 3 5G.

Menurut bocoran dan informasi yang beredar, smartphone tersebut akan dipersenjatai dengan SoC dari Qualcomm yaitu Snapdragon 735 yang dilengkapi dukungan 5G.

Reno 3 5G akan hadir dalam dua konfigurasi memori yaitu dengan 8GB LPDDR4X RAM + 128GB atau 256GB UFS 2.1 Onboard Storage.

Layarnya akan menggunakan AMOLED Display berukuran 6.5-inchi dengan resolusi Full HD+ (2,400 x 1,080 pixels) yang juga memiliki in-display fingerprint scanner.

Untuk kamera, Oppo Reno 3 rumornya akan dilengkapi empat kamera module dengan sensor 60MP Sony IMX686 sebagai kamera utama.

Sensor tersebut ditemani dengan sensor 8MP, 13MP dan 2MP yang kemungkinan besar gabungan dari lensa Ultrawide, Telephoto dan Depth sensor.

Smartphone tersebut juga kabarnya masih menggunakan pop-up fin shark untuk kamera depanya yang akan menggunakan sensor 32MP.

Untuk baterai, Reno 3 5G akan ditenagai dengan baterai berkapasitas 4,500mAh dan mendukung 30W VOOC 4.0 fast charging.

Harga dan Varian

Oppo sendiri belum memberikan informasi harga secara resmi, namun rumornya smartphone tersebut akan dibandrol seharga 6 hingga 7 Juta’an untuk varian 4G.

Sedangkan untuk varian 5G kemungkinan akan lebih mahal, estimasi harganya mungkin bisa mencapai 8-9 Juta’an.

Reno 3 5G akan dirilis pada bulan Desember mendatang.

Sumber|Sumber1


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close