Kisah Inspiratif

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 Versi Forbes

Setelah diartikel sebelumnya dibahas mengenai orang terkaya di Indonesia, kali ini ingin membahas mengenai orang terkaya di dunia untuk tahun ini. Sumber yang kami himpun adalah dari forbes yang merupakan majalah paling berpengaruh dan paling terkemuka yang baru baru ini merilis daftarnya. Pada akhir Maret ini memang forbes mengumumkan beberapa daftarnya.

Menurutnya, jumlah orang terkaya di dunia saat ini yang berhasil di data naik mencapai 13 % dari tahun lalu. Jadi peningkatannya adalah dari 2042 orang menjadi 1810 orang. Dari semua itu, kekayaan sejumlah 233 orang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Menurutnya ini adalah peningkatan terbesar dalam sejarah selama 31 tahun dari setiap pelacakan data yang dilakukan oleh majalah Forbes.

Lalu siapa sajakah orang orang terkaya dunia di tahun ini? Apakah terjadi perubahan yang signifikan peringkatnya dari tahun lalu? Untuk mengetahuinya silakan simak terus pembahasannya di bawah ini.

Orang terkaya di dunia tahun 2017

Jajaran orang terkaya di dunia ini setidaknya bisa menjadi contoh dan teladan bagi kita dalam mengembangkan suatu usaha. Ambil sisi positifnya dari setiap orang orang berikut untuk bisa diterapkan dalam kehidupan anda.

1. Bill Gates

orang terkaya di dunia

Total kekayaan yang dimiliki oleh orang terkaya di dunia nomor 1 ini adalah senilai US $ 86 miliar yang naik dari tahun sebelumnya dengan jumlah total US $ 75 miliar. Ia selama 4 tahun berturut turut bertahan dalam menjadi orang terkaya di bumi ini.

Selain itu, ia juga menjadi top orang terkaya dunia dari tahun 1995 hingga 2007 berturut turut. Sumber kekayaan yang menjadi masukan besar saat ini adalah dari hasil investasi.

Bill gates ini adalah orang pertama di era ini yang memiliki uang lebih dari 1000 triliun rupiah. Karena jika dirupiahkan, 86 miliar dollar amerika dengan kurs saat ini yaitu mencapai 1144 triliun rupiah. Sungguh angka yang fantastis bukan. Angka segitu kalau dibagikan ke seluruh penduduk Indonesia semua kebagian setengah juta lebih per orang.

Namun hampir semua kekayaannya akan dibagikan atau disumbangkan melalui yayasan yang dikelola bersama istrinya yaitu bill and melinda gates foundation. Dari yayasan itu jugalah menjadi tempat bagi para filantropi untuk menyalurkan uang untuk disumbangkan. Bahkan Mark si CEO facebook dan Warren si investor tersukses pun sudah menandatangani bahwa mereka akan menyumbangkan separuh hartanya untuk melalui yayasan amal ini.

Pernah memiliki kekayaan diatas 100 miliar dolar

Mantan CEO dari microsoft ini sebenarnya pernah memiliki jumlah kekayaan senilai lebih dari 100 miliar US dollar tepatnya US $ 101 miliar. Saat itu adalah pada tahun 1999, namun memasuki era tahun 2000an saham microsoft anjlok yang juga disertai dengan sumbangan miliaran dollar kepada yayasan amal. Ia sendiri pun tak suka dengan predikat orang terkaya dunia dan mendapatkan sorotan banyak orang.

Pada tahun 2008 posisinya geser, lalu pada 2009 posisinya kembali naik ke peringkat 1 dan di tahun 2010 tergeser lagi oleh Carlos Slim Helu yang sekarang di tahun 2017 ini dia menempati posisi ke enam. Ya begitulah semua kondisi kehidupan, sulit untuk stabil.

Bill gates terus menerus mendapatkan pemasukan yang super besar saat ini justru bukan dari microsoft lagi. Karena dia sudah tidak punya saham di microsoft dalam jumlah banyak. Bahkan tidak sampai 3% saham miliknya di microsoft. Kekayaan yang terus didapatkan adalah dari investasi di berbagai perusahaan perusahaan yang telah ia investasikan.

Contohnya adalah di Cascade Investment LLC sebauh perusahaan investasi dan holding, bgC3 perusahaan sebagai wadah pemikir baru, Corbis perusahaan jasa lisensi digital, Terra Power perusahaan dalam hal desain reaktor nuklir.

2. Warren Buffet

orang terkaya di dunia

Warren Buffet saat ini memiliki total kekayaan senilai US $ 75,6 kekayaannya atau 1000 triliun lebih 5 triliun. Itu mengalami kenaikan sebanyak US $ 14,8 miliar dari tahun sebelumnya. Warren lahir di Prancis pada tahun 1930 sekarang ia berumur 87 tahun.

Ia sebagai investor sekaligus pengusaha memang sudah memiliki bakat dari kecil. Buktinya ia telah melokoni beberapa pekerjaan untuk mengumpulkan pundi pundi uang. Diantaranya adalah menjual permen karet, jualan minuman, majalah, perangko, bola golf, mengantarkan koran, menyemir, bekerja di toko dan masih banyak lagi.

Selain itu soal investasi ia juga sudah tertarik sejak kecil. Karena dia seringkali mengunjungi bursa saham di umurnya 10 tahun saat itu. Dia juga berinvestasi untuk memberi areal pertanian dari hasil tabungannya lalu disewakan kepada para petani. Dan saat ia kuliah sudah berhasil memiliki dana 90000 dollar Amerika.

Dari sini kita bisa tau, bahwa dengan sering sering kita berjualan dan berinvestasi maka kita akan semakin memiliki naluri tentang itu. Sehingga hal itu akan membawa kita untuk terus menerus memiliki bakat disitu.

Untuk saat ini, penghasilan terbesarnya adalah dari Berkshire Hathaway yang merupakan pemegang saham terbanyak di perusahaan itu. Ia pun menjadi CEO di perusahaan tersebut. Tentunya di lain itu banyak penghasilan yang didapatkan dari investasi lain.

3. Jef Bezos

orang terkaya di dunia

Jef Bezos di cap oleh forbes sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US $ 72,8 miliar dollar atau senilai Rp960 triliun. Ini adalah peningkatan kekayaan terbanyak yaitu hingga US $ 27,6 miliar dari tahun 2016. Dari deretan top 10 orang terkaya, dia yang memiliki grafik paling melonjak ke atas.

Hal ini dikarenakan bahwa amazon selalu berinovasi dan mengembangkan daerah bisnisnya di berbagai negara. Bahkan dikabarkan akan masuk ke Asia Tenggara dan juga masuk Indonesia. Hal itu telah kami singgung dalam artikel yang bertemakan tren e commerce asia tenggara tahun 2017.

Amazon didirikan pada tahun 1994 oleh Bezos. Ide itu pun digagas pada saat ia mengendarai mobilnya dari New York menuju Seatle. Saat itu garansi rumahnya pun menjadi kantor baginya. Lalu untuk tahun 2004, dia kemudian mendirikan perusahaan yang dinamakan olehnya Blue Origin. Perusahaan ini memiliki tujuan dalam misi penerbangan sipil ke luar angkasa.

Pendapatan utamanya adalah dari Amazon.com. Walaupun di tahun 2006 saja kepemilikan saham atas amazon tinggal 24 persen, namun dia tetap mendapatkan peringkat yang bagus dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Baca : Karakter Pendiri Amazon ”Jeff Bezos” yang Membuatnya Sukses

4. Amancio Ortega

orang terkaya di dunia

Total kekayaan Amancio untuk saat ini adalah senilai US $ 71,3 miliar yang setara dengan 948 triliun rupiah. Jumlah ini sebenarnya turun dibandingkan bulan September tahun lalu yang sudha menembus angka US $ 79.5 milar. Bagi yang kenal dan akrab dengan zara, kebanyakan pasti tahu siapa dia. Ya dia adalah pendiri dari Zara.

Kekayaan yang dimilikinya berasal dari Inditex group (Indutrias de Diseno Textil Sociedad Anomina) miliknya. Inditex ini merupakan induk dari zara. Inditex selain membawahi Zara juga memiliki lebih dari 6 ribu toko dengan berbagai merk.

Diantaranya adalah Oysho, Massimo dutti, Kiddy’s Class, Zara Home, Pull and bear, Tempe, Stradivarius dan juga Bershka. Jumlah karyawan yang dimilikinya pun leih dari 90 ribu orang.

Amancio adalah orang yang sederhana dan tertutup. Bahkan ia tidak suka untuk berhadapan dengan publik dan pers. Bahkan saat ia dikantornya, pakaian yang dipakainya pun bukan dari buatannya sendiri. Namun di tahun 2011 dia memilih untuk hengkang dari Inditex group.

5. Mark Zuckerberg

orang terkaya di dunia

Siapa sih yang gak kenal dengan sosok Mark Zuckerberg. Walau kekayaannya masih jauh dibawah Amancio Ortega, namun kepopulerannya masih jauh tinggi Mark. Dia memiliki total kekayaan senilai US $ 56 miliar atau jika dirupiahkan senilai 745 triliun. Dari kejeniusannya dia itulah yang menjadikan Mark sesukses sekarang ini.

Pria berumur 32 tahun ini memang orang terkaya di dunia paling muda. Bagaimanapun juga, kekayaannya ini bertumbuh sangat pesat seiring meningkatnya saham dari Facebook dan instagram. Belum lagi nanti dari akuisisi whatsapp jika sudah dimonetise pasti akan sangat menghasilkan banyak uang.

6. Carlos Slim Helu

orang terkaya di dunia

Carlos Slim yang berkebangsaan Meksiko ini lahir pada tanggal 28 Januasri 1940. jadi umur sekarang ini adalah 77 tahun. Kekayaan yang dimiliknya terus menerus turun, sehingga pada saat ini ia memiliki total kekayaan sejumlah US $54,5 miliar atau senilai dengan IDR 725 triliun rupiah.

Padahal di tahun 2010 ia berhasil menjadi orang terkaya di dunia nomor 1. Dan pada tahun 2011, total kekayaan yang dimiliknya 63,3 miliar dolar US.

Ia mendapatkan penghasilan dari berbagai perusahaan yang dimilikinya. Hal itu meliputi Telcel, Telmex, dan juga America Movi. Dia menjadi CEO dan pemimpin utama di perusahan perusahaan tersebut.

Selain itu, ia juga mendapatkan penghasilan besar dari berbagai investasi. Salah satunya adalah dari perumahan mewah di Mexico City yang ia beli di tahun 1921.

7. Larry Elison

orang terkaya di dunia

Total kekayaan yang dimilikinya yaitu US $ 53,2 milar atau senilai dengan 692 triliun rupiah. Nilainya turun dari tahun lalu yang totalnya adalah 55,6 miliar dollar US.

Pria yang memiliki nama kecil Lawrence Joseph Ellison ini lahir pada tanggal 17 Agustus tahun 1944, tepatnya setahun sebelum kemerdekaan RI.

Ia memiliki bakat yang luar biasa dalam hal matematika. Lalu pada saat ia masih muda, ia bekerja di perusahaan bernama Ampex. Karena kecintaannya terhadap matematika dan data, ia mendirikan proyek yang bernama Oracle.

Perusahaan software database oracle corporation ini juga merupakan gudang data untuk CIA. Sekarang ia menjabat sebagai CEO dari oracle.

8. Charles Koch

orang terkaya di dunia

Kalau di Indonesia ada Hartono bersaudara yaitu Michael dan Budi Hartono, di tingkat top 10 orang terkaya di dunia pun ada yang bersaudara, yaitu Koch bersaudara. Pendapatan yang mereka hasilkan juga sama karena bersama sama dari satu sumber. Total kekayaannya mencapai US $ 48,3 miliar atau jika dirupiahkan sama dengan 642 triliun rupiah.

Sama halnya seperti Hartono bersaudara, mereka berdua pun menjalankan usaha dengan melanjutkan usaha milik ayahnya yang bernama Fred C. Koch. Usaha tersebut bernama Koch industries yang menjalankan berbagai macam bidang produksi. Dia sendiri menjabat sebagai Co founder,CEOdan ketua dewan dari Koch Industries.

Di perusahaan itu mencakup banyak sekali hal meliputi produsen polimer, serat, mineral tanaman, pupuk, jasa komoditas. Selain itu ada juga dalam bidang pengendalian polusi peralatan teknologi peternakan serta hasil hutan. Berbagai merk merk perusahaan yang berada di bawah bendera Koch industri meliputi stainmaster yang merupakan produk karpet. Ada juga Lycra yang menjual serat spandex, dan dixie cup serta quilted northern.

Dari situlah kekayaanya terus menerus berdatangan. Sehingga ia bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Sama seperti david, pria berumur 81 tahun ini juga merupakan seorang filantropis.

9. David Koch

orang terkaya di dunia

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa kekayaan david dan charles itu sama yaitu senilai US $ 48,3 miliar. Sebenarnya mereka dalam satu keluarga tidak hanya 2 bersaudara, melainkan 4 bersaudara. Ada saudara lainnya yang tak ikut bisnis yaitu Frederick R koch serta Bill Koch. Nah David sendiri merupakan adik dari Charles Koch yang memiliki selisih umur 5 tahun lebih muda darinya.

Di koch industries, ia memiliki jabatan sebagai Exevutive Vice President. Di perusahaan itu keduanya masing masing memiliki 42 persen dari Konglomerat. Perusahaan multinasional berbasis di Kansas Amerika ini sudah memiliki lebih dari 50 ribu karyawan di USA dan lebih dari 20 ribu karyawan yang tersebar di 59 negara.

Ayahnya yang merupakan insinyur kimia membuat david sangat tertarik akan dunia kimia. Selain itu, ia pun memiliki ketertarikan dengan dunia politik. Tak hanya dunia kimia dan politik, ia pun menyukai dunia seni. Hal ini dibuktikan dengan sumbangan yang dilakukan olehnya pada The New York State Theater Lincoln Center sebesar 100 juta US dollar. Sungguh angka yang sangat fenomenal

Di tahun 1992 ia didiagnosa terkena penyakit kanker prostat. Dari situ jiwa kedermawanannya mulai terlihat. Ia pernah memberikan dana sebesar 395 juta US dollar dari tahun 1998 hingga 2012 untuk disumbangkan dalam proyek penelitian penyembuhan kanker.

10. Michael Bloomberg

orang terkaya di dunia

Pria berumur 75 tahun yang lahir pada tanggal 14 Februari tahun 1942 ini memiliki kekayaan senilai US 47,5 miliar dollar atau jika dirupiahkan senilai 632 triliun. Total jumlah kekayaan tersebut naik US 0,2 miliar dollar atau 3 triliun dari tahun lalu yaitu US $ 47,3 miliar dollar.

Miliarder yang masuk top 10 orang terkaya di dunia ini merupakan seorang politikus. Ia pernah menjabat menjadi walikota new york City dar tahun 2002 hingga tahun 2014 sebelum digantikan oleh Bill de Blasio. Dia ini adalah pendiri dari Bloomberg LP.

Apakah anda ingin seperti mereka? Jika ya maka anda harus percaya bahwa semua di dunia ini pasti akan terjadi. Yang tak mungkin bisa jadi mungkin. Jadi walau kondisi ekonomi anda saat ini tidak memungkinkan, jangan pernah pesimis kalau anda tak akan pernah berhasil dan bisa seperti mereka. Toh banyak dari jajaran orang orang terkaya di dunia yang masa kecilnya miskin bahkan sangat miskin.

Tapi yang perlu anda ingat juga adalah bahwa untuk mencapai posisi seperti mereka perjuangan yang dibutuhkan itu besar. Kita butuh banyak modal, baik modal keberanian mengambil risiko, modal uang, dan juga modal pengetahuan yang memadai. Karena faktor keberuntungan hanya sebagian kecil yang menjadikan mereka bisa seperti itu, tapi karena perjuangan yang melebihi dari yang lain yang terus menuntunnya mencapai kondisi sesukses sekarang.

Semoga pembahasan mengenai daftar orang terkaya di dunia tahun 2017 versi forbes ini memberikan manfaat buat kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mendapatkan beragam informasi terbaru di blog ini. Terima kasih atas kunjungannya.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close