yogyakarta

Paket Hemat Wisata Kaliurang Yogyakarta, Serunya Jalan-jalan Alam Pegunungan

yogyakarta atau Jogjakarta dan sering disebut Jogja – Siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini. Kota ini dijuluki kota pelajar karena banyak sekali mahasiswa rantaunya. Jelas tujuan ke jogja untuk menuntut ilmu. Walau sebagaian mungkin hanya jalan-jalan saja.

Yogyakarta juga disebut Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena memang di tempat yang satu ini banyak hal yang bisa dibilang istimewa sekali. Jika ke Yogja pasti ada aja kenangan yang nggak bakal kalian lupakan.

Tapi bagaimana dengan daerah utara dari daerah istimewa ini? Ya kaliurang. Suatu tempat yang berada di utara Yogyakarta. Tempat wisata apa saja yang ada di daerah satu ini?

Jika kalian penasaran mari ikuti postingan mengenai trip hemat menuju Kaliurang. Cekidot.

Destinasi yang Keren di Kaliurang Yogyakarta

yogjakarta

Kaliurang – Bagi sebagian orang mungkin sedikit asing. Apalagi kalian yang tidak suka berpetualang. Jelas bakalan tidak tahu tempat yang nggak kalah istimewa dari Yogyakarta. Karena apa? Karena disini juga terdapat banyak tempat wisata.

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan? Apalagi menikmati keindahan alam yang bakal membuat kalian tercengang. Tidak hanya keindahan alam yang kalian dapatkan kalian juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai budaya indonesia.

Loading...

Letak kaliurang lebih dekat dari Yogyakarta. Jadi kalian bisa hemat bensin. Walau di kaliurang jelas berbeda tempat wisatanya. Jika di Yogyakarta kalian bisa menikmati baju-baju murah yang ada di Jalan Malioboro.

Sudah pada tahu kan dimana Malioboro? Jelas tahu lah ya? Ini kan tempat yang sangat populer di Yogyakarta. Apalagi buat kalian yang suka menghabiskan uang dengan shopping alias belanja.

Kalian pasti akan tergiur dengan harga-harga baju disini. Karena memang murah-murah banget. Tidak hanya baju sob. Kalian juga bisa membeli makanan yang murah juga. Makanan seperti bakpia tersedia juga disana.

Selain itu kalian juga bisa membeli pernak pernik tradisional yang jelas menunjukkan nuansa Yogyakarta banget. Pernak-perniknya juga beragam. Ada yang menyerupai gantungan kunci. Ada juga yang lain. Macem-macem deh.

Kalian bisa beli buat teman, saudara, pacar (kalau punya pacar, kalau kalian jomblo mungkin kalian bisa beli untuk calon pacar kalian. Ehemmmm gebetan gitu sob.) karena harga yang diberikan juga murah banget.

Untuk wisata sejarah. Di dekat malioboro juga ada museum peninggalan belanda. Namanya apa hayo? Nah iya! Betul sekali. Pokoknya itu ya. Memang agak susah sob namanya. Jadi rada ribet.

Pokoknya didalam terdapat cerita tentang penjajahan belanda jaman dulu. Yang pastinya museum ini memberikan pengetahuan sejarah yang sangat penting buat kalian. Apalagi kalian orang Yogyakarta asli.

Wah! Harus tahu tuh. Karena didalam juga isinya seputar sejarah belanda di Yogyakarta. Jadi kalian harus tahu lah. Iya kan?

Bagaimana dengan kaliurang?

Jika Yogyakarta sudah ada malioboro. Bagaimana dengan Kaliurang? Apakah dia kalah dari Yogyakarta? Jelas tidak. Di Kaliurang juga mempunyai museum sejarah yang tak kalah keren dari Museum yang ada di Yogjakarta.

Namanya adalah museum Ullen Sentalu. Dimana museum ini adalah museum milik Pribadi. Jadi jelas dimuseum ini murni koleksi pribadi. Sehingga tidak ada kaitan dengan pemerintahan.

Namun di Museum Ullen Sentalu kalian di tidak diperkenankan untuk mengambil gambar didalam museum. Karena apa? Karena didalam museum ini hak cipta sangatlah dijaga. Hal ini disebabkan karena benda-benda didalam adalah benda-benda yang jarang sekali berada di museum luar.

Bahkan didalam museum ini lukisannya dibuat dengan pelukis khusus. Bayangkan keren nggak? Jelas keren lah. Karena lukisan yang ada di museum ini adalah lukisan yang mirip banget dengan lukisan atau gambar asli dari kejadian masa itu.

Dari sekian lukisan ada beberapa lukisan yang dibuat tiga dimensi. Sehingga lukisan tersebut seolah-olah hidup. bukan hidup seperti manusia ya. Yang bisa bergerak gerak gitu. Tidak! Itu mah nyeremin.

Yang dimaksud tiga dimensi adalah dimana mata dari lukisan ini bisa mengikuti pergerakan kita. Seperti yang ada di foto gitu guys. Padahal itu 100% murni adalah lukisan manual. Tapi bisa ngikutin gerakan kita gitu loh. Keren banget ya.

Apa saja yang ada di Museum Ullen Sentalu?

jogjakarta
Museum Ullen Sentalu via http://www.kotajogja.tv

Mungkin ada yang bertanya. Kak ini museum tipe apa sih? Lah ini bukan handphone dek, pake tipe-tipe segala. Hehehe. Mungkin yang dimaksud adalah ini museum yang membahas apa? Gitu ya?

Jadi di museum ini membahas mengenai sejarah kerajaan yang ada di Jogjakarta dan di Solo. Diamana kedua ini ada berhubungan dan sejarah tersebut di simpan didalam museum ini. Sekali lagi ini museum pribadi loh. jadi murni hasil koleksi. Pemiliknya juga masih dalam darah kerajaan.

Didalam museum kalian akan membahas mengenai sejarah perkembangan Keraton yang ada di Jogja dan Solo. Disini saya mendapat beberapa pengetahuan baru. Dimana ternyata diawal keraton awalnya hanya dua.

Karena ada penjajahan waktu itu kerajaan jadi terpecah menjadi beberapa sistem kerajaan. Mungkin sudah pernah di pelajaran sejarah ya? Tapi saya nggak nyimak sepertinya. Wah! Tapi ada pengetahuan lain.

Jadi pengetahuan yang saya dapat adalah ternyata kerajaan Solo dan Jogja jelas berbeda sob. DimanaYogyakarta sebagai daerah istimewa. Kenapa istimewa? Karena Yogyakarta Rajanya bertugas sekalian memimpin daerah atau kota tersebut.

Sedangkan sistem kerajaan di Solo jelas berbeda. Di Solo Raja hanya berperan sebagai simbol. Karena di Solo mempunyai kepala kota alias walikota tersendiri. Seperti walikota solo dulu.

Tahu kan siapa? Masa sih tidak tahu? Jadi walikota solo dulu adalah Pak Presiden Joko widodo. Nah sekarang tahu kan? Sama. Jadi gitu sob perbedaannya.

Mengenal Makna Patung Sejarah

Lanjut. Tidak hanya sistem kerajaan. Didalam museum ini kalian juga bisa menyimak patung-patung dan juga alat musik tradisional seperti gamelan lama dan beberapa alat musik yang ada sangat tradisional.

Patung-patung yang ada disana juga beragam. Ada patung Ghanesa. Yang kita tahu namanya juga dipakai dalam bimbingan belajar. Ada yang tahu? Anak anak kelas 6SD atau kelas 9 dan 12 pasti sebagian tahu.

Karena Ghanesa ini adalah simbol dari pendidikan alias pengetahuan. Dimana Ghanesa ini memiliki pengetahuan yang luas. Tahu nggak kalian kenapa perut Ghanesa buncit? Itu bukan buncit karena kenyang atau banyak makan.

Lah memangya seperti kamu. Buncit. Lah! Jadi konon katanya buncitnya perut Ghanesa dikarenakan kepintaran yang dia punya. Lah kok bisa ada hubungannya dengan perut? Memangnya kenapa?

Ya! Jadi dibilang bahwa buncitnya perut Ghanesa ini karena ia tidak sanggup menyimpan pengetahuannya didalam kepala. Sehingga dia menyimpan pengetahuannya didalam perutnya. Unik tetapi ini cukup logis. Apa jangan-jangan anak jaman sekarang juga mengikuti jejak Ghanesa.

Tidak hanya Patung Ghanesha disana juga terdapat patung dewa lainnya. Seperti dewa yang bertangan delapan yang memegang senjata? Melawan lembu? Nah disana juga ada patung itu. Dan specialnya lagi semua patung tersebut dijelaskan secara detail.

Menikmati Minuman Awet muda

Wah awet muda. Siapa yang tidak mau menjadi awet muda. Pasti kalian juga kepingin menjadi awet muda kan? Nah disini kalian akan diberikan minuman awet muda. Tenang saja minuman ini aman.

Aman banget. Jadi ini bukan minuman yang magic gitu. Tidak seperti yang ada didalam kartun putri salju yang bisa tidur bla…bla…bla… kenapa seperti itu? Karena minuman yang diberikan adalah minuman yang berasal dari bahan herbal.

Minuman awet muda ini adalah minuman hasil warisan para ratu kerajaan. Wah kalian bisa mencicipi minuman ratu tanpa bayar. Keren bukan. Jadi munuman ini memang terbuat dari racikan bahan-bahan tradisional. Jadi aman sob.

Jika kalian penasaran bagaimana rasanya. Rasanya seperti jamu. Ya jamu jahe gitu. Jadi jika kalian minum minuman ajaib itu. Kalian akan merasakan sedikit rasa hangat dari minuman tersebut. Yup.

Masalah Foto berfoto

Meski kalian tidak boleh mengambil foto. Tapi tenang aja teman-teman kalian masih boleh mengambil foto kok. Karena diluar wilayah sejarah ada satu tempat yang dikhususkan untuk berfoto bersama.

Jadi moment kalian tetap dapat diabadikan. Dimana ada suatu tempat yang berisikan foto budaya yang miring kesebelah kiri. Sebenarnya bukan foto. Melainkan ukiran baru yang miring.

Ini memiliki makna sob. Dimana maknanya adalah mengenai kelakuan anak aman sekarang yang sudah sering mengabaikan budaya. Sehingga budaya semangkin dikesampingkan. Jelas ini memberikan dampak yang berbahaya.

Maka dari itu dari pihak museum juga mengajarkan para pengunjung untuk tetap melestarikan budaya. Dari pihak pengelola museum jelas mengajarkan hal yang baik kepada pengunjung dan hal ini juga berdampak pada kemajuan Indonesia sendiri.

Sisi lain Kaliurang

yogjakarta
Lereng merapi kaliurang yogjakarta via http://www.parwito.com

Jika kalian sudah selesai menikmati budaya dan pengetahuan di Museum. Saatnya beristirahat sejenak. Karena jika kalian kelelahan dan bangun kesiangan maka kalian akan melewatkan hal yang sangat keren.

Apa itu? Jadi keesokan harinya kalian dapat menikmati sunrise. Buat yang nggak tahu sunrise itu matahari terbit. Jadi disana kalian bakal melihat keindahan alam indonesia. Itu baru sebagian keindahan indonesia sob.

Buat yang belum tahu sunrisenya dimana. Jadi saya sarankan ya jelas di gunung merapi. Eit’s bukan di puncak merapinya loh ya. Melainkan ada lokasi tersendirinya. Kira-kira terletak beberapa kilometer dari puncak merapi.

Namun jika kalian ingin menikmati sunrise disini. Kalian harus bangun pagi. Subuh. Sekitar jam 3-4. Karena jika tidak. Kalian tidak bisa melihat matahari terbit sob. Soalnya suasana ketika matahari mau terbit berbeda banget.

Berhubung saya perginya dengan anak-anak fotografi maka fokusnya lebih ke pemotretan. Memang sunrise lebih keren jika dilihat dengan mata kamera. Apalagi jika kalian suka banget selfie atau berfoto ala anak hits.

Wah ini pasti destinasi yang pas banget untuk kalian. Kalian bisa mengambil foto sepuas kalian. Namun saya saranin ingin selfie. Bagusnya pas sunrise karena kalian akan disuguhi backgrond yang bagus.

Campuran awan biru ke orangean. Menghiasi dibelakang layar. Walaupun muka kalian tidak akan tidak akan terlihat jelas. Namun kalian akan membentuk sebuah siluate alias bayangan yang keren.

Jika kalian sudah menikmati sunrise. Sekitar jam 6 kalian sudah bisa melihat gunung merapi dengan jelas. Karena gunungnya masih normal-normal saja. jadi tidak terlalu gimana gitu. Bahkan asap juga tidak ada terlihat.

Menggunakan Jasa Lava Jeep Tour

jogjakarta
Jadi untuk menikmati sunrise saya sarankan kalian untuk menggunakan jasa Lava tour. Dimana kalian akan tour menggunakan Jeep. Kenapa saya menyarankan menggunakan jasa Jeep yang ada di merapi?

Karena dengan menggunakan jeep jelas bakalan lebih seru. Secara kalian memang harus menggunakan jeep untuk naik keatas merapi. Jadi kalian jangan harap bisa menggunakan mobil keluarga.

Apalagi sedan atau mobil keluarga lainnya. Jangan. Kecuali kalian memang kepingin merusak sparepart yang ada didalam mobil kesayangan anda. Kan sayang kalau mobil bagus malah jadi rusak.

Mendingan mobilnya dikirim ke saya saja. keuntungan lain jika kalian menggunakan jasa Jeep yang ada. Kalian akan mendapat pengetahuan baru dari pengalaman para supir Jeep tersebut.
Namun kalian harus pandai dalam memilih jeep yang akan kalian gunakan. Karena jika kalian salah memilih mungkin harga yang akan dibayar cukup mahal. Tiap jasa Jeep mempunyai destinasi yang berbeda.

Jangan salah pilih paket destinasi

Maksud saya adalah paket destinasi yang berbeda. Jadi kalian sebelum memesan jeep. Kalian akan ditanya mau paket yang mana saja. tiap paket jelas memberikan fitur yang berbeda-beda.

Karena saya memakai paket yang biasa. Jadi hanya jalan-jalan di sekirat merapi. Masih ada destinasi lain. Nanti akan saya jelaskan lagi. Nah paket mahalnya apa? Jadi ada paket mahalnya sob.

Bahasa bisnisnya adalah paket yang gold gitu. Ada juga paket yang silver. Dimana paket silver akan mendapatkan bonus berkunjung ke rumah juru kunci Mbah Marijan. Pada tahu kan? Yang sering ada di iklan minuman berenergi itu loh.

yogyakarta
Mbah Marijan via http://archive.tabloidbintang.com

Mbah Marijan adalah seorang juru kunci yang memegang gunung Merapi. Namun Mbah Marijan sudah meninggal karena insiden meletusnya merapi lalu. Meninggalnya Mbah Marijan tidak melunturkan rasa penasaran masyarakat.

Karena rasa penasaran masyarakat yang tinggi. Ini menjadi salah satu peluang dari mengendara jeep untuk membuat paket seperti itu. Jadi untuk masalah paket memang berbeda.

Jika kalian memesan paket silver akan mendapat bonus untuk berkunjung ke rumah Mbah Marijan. Saya sendiri tidak tahu kondisi jelas rumahnya Mbah Marijan. Apakah masih ada yang huni apa tidak.

Sedangkan jika kalian memilih paket gold. Maka kalian akan mendapatkan paket plus plus. Dimana selain kalian berkunjung ke rumah Mbah Marijan. Kalian juga akan diajak untuk berkunjung ke makam Mbah Marijan.

Makamnya berada di lokasi yang berbeda. Namun Lava Jeep ini menyediakan paket untuk kesana. Katanya waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam. Ya bisa dibilang cukup lama. Karena memang ini special. Namun harganya juga special biasanya.

Paket Biasa Tidak Kalah Seru

Jika kalian penasaran dengan isi dari paket biasa. Oke akan saya jelaskan. Jadi didalam paket biasa terdapat jalan-jalan melihat sunrise (ini hanya bisa pas subuh) kalau di jam lainnya saya kurang tahu. Mungkin ada paket yang untuk melihat sunset karena lokasi gunung cukup tinggi.

Setelah kalian menikmati indahnya sunrise. Kalian akan menuju ke bunker jaman dulu. Letaknya tidak jauh dari area sunrise. Hanya butuh beberapa langkah saja jika mau kesana. Didalam bunker ada abu jaman letusan merapi dulu.

Konon katanya didalam bunker tersebut menjadi saksi meninggalnya dua orang warga sekitar sana. Jadi ceritanya mereka bersembunyi didalam bunker tersebut. Namun miris awan panas alias wedus gembel berhasil menerobos bunker karena di pintu bunker ada yang terbuat dari kaca.

Sehingga kedua orang ini tewas. Yang pertama tewas di pojok kiri. Sedangkan yang satunya tewas berada di bak mandi dengan posisi jongkok. Konon katanya orang tersebut berusaha berendam. Karena suhu yang memanas. Namun air didalam malah menjadi mendidih sehingga menewaskan orang itu secara mengenaskan.

Didalam bunker tidak banyak yang dapat kalian lakukan karena space yang terbatas. hanya terdapat satu batu besar yang tadi saya bilang dari abu vulkanik. Ditambah dua ruangan. Yang satu adalah wc yang satu tempat penyimpanan oksigen jaman perperangan dulu.

Maka dari itu didalam bunker kalian tidak dapat melakukan banyak aktifitas. Palingan kalian hanya dapat berfoto. Namun jelas kalian membutuhkan penerangan seperti flash dan teman-temannya.

Batu Alien Kaliurang

yogyakarta
Batu Alien via http://www.imgrum.net

Alien? Apakah alien sudah berhasil menduduki bumi? Tidak! Alien disini bukan alien yang beneran. Melainkan sebuah batu besar yang menyerupai wajah manusia. karena mukanya aneh seperti alien.

Makanya batu besar ini disebut dengan batu alien. Konon katanya batu ini bukanlah batu peninggalan jaman purba atau jaman nenek moyang kita. Melainkan batu ini baru ada sejak tragedi merapi 2010 yang lalu.

Jadi warga juga heran dan terkejut kenapa ada batu sebesar ini dan saat dilihat ternyata menyerupai wajah manusia. nggak serem sih. Unik. Namun ada yang lebih menggoda dari batu alien.

Letaknya tepat didepan batu alien tersebut. Ada yang tahu? Tidak? Jawabannya adalah tukang siomay. Walah. Pagi-pagi melihat sunrise nggak sarapan. Pas banget momentnya. Tidak salah jika saya menyerbu tukang siomay terlebih dahulu.

Untungnya dari pihak pengelola batu alien mengijinkan pengunjung membawa makanan. Jadi sambil menikmati alam sambil makan siomay. Saya sarankan jika kalian tidak bisa melihat batu alien ini secara langsung. Kalian bisa menggunakan bantuan kamera handphone kalian.

Sehingga penampakan sosok ‘Alien’ yang di banggakan terlihat dengan jelas. Ohh iya. Dari batu alien ini kalian bisa melihat pemandangan gunung merapi yang sangat jelas. Pas juga jika kalian ingin mengambil foto dengan background gunung merapi.

Museum Merapi

Setelah perjalanan dari batu alien. Kalian akan diajak mengunjungi museum merapi. Sebenarnya ada nama khususnya namun saya lupa. Intinya museum ini akan memberikan kalian gambaran mengenai suasana pasca terjadi letusan gunung merapi.

Isi dari museum ini beragam. Intinya merupakan barang yang tersisa dari kejadian erupsi. Dimana barang-barang yang sudah rusak ini dikumpulkan dan dipajang sebagai barang hasil peninggalan.

Barang tersebut ada yang berupa jam bekas. Panci atau alat masak yang kondisinya sudah rusak parah akibat panasnya lahar dan wedus gembel. Ada juga bangkai sepeda motor yang hancur. Didalam museum juga terdapat fosil dari hewan ternak yang ada disana.

Tidak hanya benda namun didalam museum kecil tersebut terdapat juga foto pasca kejadian. Dimana ada foto yang menunjukkan lahar yang keluar. Suasana tugu Yogyakarta yang ditutupi abu vulkanik. Sampai ekspresi para warga yang mengalami bencana.

Mitos Merapi

Setelah mengunjungi ini saya jadi tahu beberapa mitos yang ada di merapi. Seperti tanda-tanda yang terjadi jika merapi ingin erupsi atau meletus. Tanda-tandanya memang nggak masuk akal sih. Karena berbau dengan mitos warga sekitar.

Mitos tersebut seperti. Adanya asap yang berbentuk wajah. Selain wajah asap juga membentuk muka manusia kera, bukan sung go kong ya! Itu beda. Manusia kera disini sering disebut sebagai anoman.

Jadi konon katanya jika mau terjadi seperti bencana erupsi. Muka anoman ini sering tertangkap oleh kamera. Jadi mukanya ini biasanaya muncul di asap gunung merapi. Selain anoman juga akan ada muncul jembatan misterius.

Kenapa misterius karena jika mau terjadi bencana maka jembatan ini dapat tertangkap oleh kamera. Konon katanya jembatan ini menjadi jembatan penyebrangan korban merapi untuk menuju ke keraton merapi. Kata pemandu kami.

Selain itu juga sering terdengar suara-suara seperti orang bermain gamelan. Wah yang ini horror beneran sob. Tapi saya tidak menanyakan kelanjutan dari suara gamelan misterius ini. Namun katanya memang ada jika mau terjadi erupsi.

Selain itu masih banyak lagi mitosnya. Tidak bisa saya sebutkan. Bahkan tidak hanya mitos ketika sebelum erupsi. Ketika erupsi terjadi saja masih sering terjadi penampakan.

Goa Jepang

goa-jepang-kaliurang

Ngomongin soal jepang. Ya goa jepang! Apa yang ada dipikiran kalian? Hmm apa hayo? Sushi? Atau Jav? Lah! Kalau saya sendiri pasti terbayang dengan kejadian yang terjadi pada waktu itu.

Jadi jika kalian sudah ke kaliurang jangan lupa pergi ke goa jepang. Saran dari saya. Jika kalian kesini siapkan fisik kalian ya. Karena kalian akan diberikan kejutan. Yap! Medannya yang gokil parah.

Pada saat kalian masuk kedalam lokasi goa ini kalian akan disambut dengan kera-kera yang ada disana. Namun itu bukan tujuan utama kami kesini. Melainkan tujuan utama kami adalah mengunjungi goa jepang.

didalam goa jepang terbagi menjadi dua bagian. Maksudnya dua jalan. Jalan yang satunya adalah jalan menuju ke bukit dan jalan yang satunya untuk ke goa jepang itu sendiri. Jarak yang ditempuh sekitar 800m dengan jalan tangga dari bebatuan.

Saya tidak memasuki semua goa. Karena capek cuy. Karena goa tersebut terpisah. Ada sekitar 25 goa yang ada didalamnya. Dimana masing masing goa berbeda jaraknya. Konon katanya goa ini menjadi tempat persembunyian jepang.

Perjuangan Rakyat Indonesia

Kebayang nggak sengsaranya rakyat indonesia. Mesti naik ke atas gunung untuk membuatkan jepang goa? Bahkan saya yang hanya berjalan membawa kamera saja capeknya minta ampun.

Apalagi berjalan sambil membawa alat penggali. Wah pasti capek banget sob. Lagian ini bikin tempat persembunyian jauh amat coba. Belom perang saja udah capek ntar.

Tapi tenang aja sob. Jika kalian capek atau lapar. Diatas ada yang jualan kok. Jadi tidak perlu kwatir kalian akan kelaparan atau kehausan. Kalian juga bisa menyewa senter jika kalian mau.

Tapi dengan flash kamera saja sudah cukup untuk menyinari goa tersebut sob. Jadi kalian tidak perlu sewa-sewa senter segala sih. Satu kata lagi. Siapin fisik kalian guys dan hati-hati juga.

Karena jalannya yang berbatu dan bawahnya adalah jurang. Wah bahaya banget kan. Makanya kalian mesti berhati-hati jika kalian mau ke sini. Pakai sepatu biar semangkin safety gitu.

Jadi bagaimana sob? Kalian tertarik untuk liburan ke kaliurang? Jika kalian tertarik mungkin kalian bisa menggunakan tempat wisata yang sudah saya sarankan. Karena memang setelah mengunjunginya banyak hal-hal baru yang saya dapatkan.

Referensi lain : 1 Hari Bisa Puas Keliling Semarang Jalan-jalan Santai

Tepatnya pengetahuan tentang alam dan budaya pastinya. Jadi semoga sobat pembaca Klik Mania Juga bisa mendapatkan pengetahuan baru juga.

-RJ-


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *