Review ProdukTekno

Panasonic Rilis Lumix G100, Kamera Mirrorless Mungil Untuk Para Vlogger

Panasonic Lumix G100: Spesifikasi, Fitur, & Harga

Panasonic telah resmi merilis Lumix G100, kamera mirrorless mungil dengan lensa yang dapat diganti dan didesain khusus untuk kebutuhan vlogging.

Dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni $749 atau 10 juta’an, seperti apa sih spesifikasi dan fitur yang Lumix G100 tawarkan?

Yuk langsung saja kita bahas.

Panasonic Lumix G100: Kamera Mirrorless Untuk Para Vlogger

Sensor & Kemampuan Video Recording

Lumix G100 mengusung sensor 20.3MP Micro Four Third tanpa Low Pass Filter dengan 5-axis hybrid image stabilizer untuk mencegah camera shake/guncangan agar video terlihat mulus dan stabil. (Sangat penting untuk para vlogger yang selalu bergerak)

Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K @24p atau 30p atau 1080p @60p. Untuk yang masih awam, “p” artinya hampir mirip seperti FPS atau frames per second yang merujuk kepada seberapa banyak gambar yang dapat diambil oleh sensor suatu kamera per detiknya.

Pastinya, kamu juga dapat merekam video menggunakan Lumix G100 dalam berbagai macam aspect ratio seperti 4:5, 5:4, dan 9:16 yang biasanya digunakan untuk instagram.

Video juga dapat direkam dalam format Panasonic’s V-LogL. Ketika menggunakan format ini, video yang dihasilkan akan memiliki color profile yang flat yang nantinya akan memudahkan kamu saat proses color grading.

Fitur

Dibagian belakang, Lumix G100 memiliki field sequential electronics viewfinder yang mengusung lebih dari 3.68 juta pixels di-dalam layar LCD berukuran 3.0-inchi.

Layarnya mendukung touchscreen input dan dapat di putar (rotate) ke depan dan belakang untuk mempermudah pengguna terutama saat mengecek exposure dan focus.

Panasonic Lumix G100
Sumber: Panasonic

Kamera ini juga mengintegrasikan dukungan Nokia OZO Spatial Audio dengan triple microphone array yang mencakup 2x microphone dibagian depan dan 1x dibagian belakang.

Pengguna juga diberi kebebasan untuk memilih microphone mana yang akan digunakan, depan saja atau belakang saja atau ketiganya sekaligus.

Panasonic Lumix G100
Sumber: Panasonic

Selain itu, microphone dibagian depan juga dapat digunakan untuk melacak (track) wajah pengguna menggunakan mode face tracking. Fitur ini akan membantu agar suara (audio) untuk terdengar sama meskipun saat subjek bergerak diluar frame.

Dan untuk yang tidak mau repot, Lumix G100 juga menyediakan mode Auto. Dengan mode ini, sistem akan secara otomatis memilih konfigurasi microphone yang terbaik.

Koneksi & Harga

Panasonic Lumix G100 memiliki integrated Bluetooth dan dukungan Wi-Fi agar dapat terhubung ke perangkat lain seperti smartphone.

Kamera ini juga menyediakan micro HDMI port yang mendukung video di resolusi 1080p untuk external recorder. Tak ketinggalan microphone input yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan microphone external.

Sayangya, Lumix G100 masih menggunakan microUSB port untuk pengecasan dan kameranya juga tidak dapat digunakan saat di charge.

Untuk mounting, Panasonic Lumix G100 mendukung Micro Four Thirds mounting system. Dijual seharga $749 (10 juta’an), Lumix G100 dikirim dengan Lumix G Vario 12-32mm F3.5-5.6 ASPH power zoom lensa kit w/ built-in OIS. Pastinya, kamu juga dapat menggantinya dengan lensa lain.

Selain itu, Panasonic juga menawarkan DMW-SHGR1 mini tripod yang juga dapat berfungsi sebagai selfie stick. Namun, tripod ini dijual secara terpisah seharga $50 (700 ribuan).

Sumber: Panasonic

Untuk saat ini, Lumix G100 masih belum dirilis di Indonesia. Namun, untuk kamu yang berminat, kamu dapat melakukan pre-order di situs bhphotovideo.com karena mereka melayani pengiriman ke Indonesia.

Sumber


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close