Dunia Internet

Pandemi Tak Kunjung Usai, Pendidikan Kian Terbengkalai?

Pandemi COVID-19 sampai saat ini belum diketahui kapan akan berakhir. Bahkan sebagian masyarakat ada yang enggan lagi mendengarkan berita seputar COVID-19 karena justru menambah beban pikiran mereka mengingat COVID-19 memang menghadirkan dampak negatif bagi seluruh sektor seperti sektor ekonomi.

Selain sektor ekonomi, sektor yang mengalami dampak dari pandemi COVID-19 adalah sektor pendidikan. Bahkan sebagian orang tua ada yang sudah menyerah untuk mendidik anak-anak mereka lantaran ketidakmampuan mereka untuk menjadi pendidik yang baik.

Bukan hanya itu saja, pembelajaran yang dilaksanakan secara daring juga dianggap tidak efektif, karena anak-anak dianggap tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan. Bahkan di sebagian wilayah, tugas yang diberikan oleh para guru justru dikerjakan oleh para orang tua, dan anak-anak malah dibiarkan asyik bermain dengan kawan-kawannya.

Pandemi Buat Pendidikan Terbengkalai

Musibah pandemi COVID-19 memang menghadirkan gaya belajar baru, yaitu belajar secara daring. Namun seperti yang sudah disampaikan, pembelajaran secara daring juga tidak terlalu efektif, terlebih lagi apabila para orang tua tidak ikut membantu anak dalam proses pembelajaran seperti mengarahkan anak, menjelaskan, dan yang semacamnya.

Di saat pandemi seperti inilah, para orang tua akhirnya juga semakin sadar bahwasanya untuk menjadi pendidik itu tidaklah mudah. Selain itu, para orang tua juga semakin mengenal gaya belajar dari anak-anaknya. Terkait gaya belajar ini, tidak semua orang tua mengetahui karena hanya para orang tua yang belajar saja yang akan mengetahui gaya belajar anak-anaknya.

Maksud belajar di sini adalah para orang tua yang rajin membaca bahasan terkait pola pendidikan anak dan yang semisalnya sehingga mereka cepat mengetahui karakteristik anak-anaknya sehingga dalam mendidik atau yang lebih tepatnya membantu anak belajar, para orang tua juga tidak mudah cepat frustrasi meski saat ini dunia pendidikan memang terbengkalai akibat COVID-19.

Belajar Dunia Pendidikan di Kelasqu

Mempelajari dunia pendidikan, khususnya dalam hal gaya belajar anak memang tidak mudah. Namun di era seperti sekarang ini, di mana ilmu bisa didapatkan melalui internet, para orang tua bisa mencari referensi-referensi terkait dunia pendidikan dengan mudah.

Salah satu referensi yang bisa para orang tua akses saat ini adalah Kelasqu. Kelasqu adalah website yang membahas berbagai materi, khususnya materi yang terkait dunia pendidikan. Selain itu, di dalam Kelasqu juga dibahas atau dibagikan informasi seputar pengetahuan umum, tutorial daring, sejarah, artikel inspirasi dari berbagai tokoh dunia dan tanah air.

Tidak sampai di situ saja, Kelasqu juga menyediakan kumpulan file yang diperlukan di dunia pendidikan seperti referensi PTK, jurnal, contoh surat, dan laporan. Jadi, website yang satu ini sangat cocok untuk digunakan berbagai kalangan, baik itu para orang tua maupun para pendidik karena di dalamnya dibahas seputar dunia pendidikan.

Baca juga: Kabar Gembira, Pelajaran Coding Akan Diajarkan di Sekolah

Terkait masalah pendidikan anak, yaitu gaya belajar mereka, di Kelasqu juga disebutkan di mana gaya belajar anak itu ada beberapa tipe seperti visual, auditori, kinestetik. Jadi sebagai orang tua yang baik, harusnya kita mengetahui, masuk ke tipe yang manakah anak-anak kita itu.

Dengan mengetahui tipe gaya belajar anak, maka ketika membantu mereka menjelaskan terkait tugas yang diberikan melalui daring, para orang tua tidak akan cepat frustrasi karena tipe gaya belajar anak sudah diketahui. Jadi di masa pandemi seperti sekarang ini, bukan hanya anak saja yang belajar, namun orang tua juga harus belajar untuk menjadi pendidik yang baik.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close