Artikel Adsense

Panduan Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Banyak para sobat yang ingin memiliki akun google adsense terutama akun adsense non hosted, karena kode iklannya bisa dipasang di blog mana saja atau di pasang di beberapa blog sekaligus (banyak blog) tanpa meminta persetujuan lagi dari pihak google adsense.

Akun jenis non hosted juga bisa di gabungkan dengan akun youtube, sehingga penghasilan dari youtube menjadi satu dengan penghasilan blog. Ini akan memudahkan anda dalam hal penerimaan pembayaran sekaligus mengelola banyak blog dan banyak chanel youtube dalam satu alamat penerima pembayaran.

Nah menarik bukan? Agar kode unit iklan bisa ditampilkan di semua jenis blog maka kita perlu melakukan perubahan akun, dengan cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted.

Sebelum proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted, ada baiknya sobat mengetahui apa perbedaan dari akun adsense yang di keluarkan oleh pihak google. Karena google sendiri yang mengeluarkan akun adsense menjadi 2 jenis, dan masing masing akun mempunyai fungsi yang berbeda, terutama hal penempatan iklan.

Silahkan baca : Mengetahui perbedaan akun adsense hosted dan non hosted

Jadi intinya akun adsense hosted hanya bisa menampilkan iklan di youtube dan blogspot saja, yaitu situs yang di hosting oleh pihak google, tidak bisa di pasang di blog yang menggunakan domain sendiri. Seperti blog yang menggunakan domain dot com, dot net, dot org dan sejenisnya.

Cara mendapatkan akun adsense hosted youtube

Untuk mendapatkan akun adsense hosted youtube pengguna di haruskan mempunyai video yang di upload di youtube menggunakan akun gmail, untuk jenis video harus original dan tdak melanggar TOS atau kebijakan program adsense. Cara ini yang paling mudah untuk mendapatakan akun adsense jenis hosted, sebab 1 video saja bisa di setujui asalkan sesuai dengan ketentuan. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di youtube saja.

Loading...

Baca : Cara daftar adsense melalui youtube 

Cara mendapatkan akun adsense hosted blogspot

Untuk mendapatkan akun adsense blogspot pengguna harus mempunyai blog yang menggunakan fasilitas dari blogger, menulis artikel original dan tidak melanggar TOS atau kebijakan program adsense. Berbeda dengan youtube, untuk mendaftar adsense hosted blogspot pengguna di wajibkan menunggu sampai blog layak untuk di daftarkan.

Blog harus berisi artikel setidaknya 20 sampai 30 artikel, atau dalam waktu 3 bulan. Setelah itu baru bisa di daftarkan melalui tab earning yang tersedia di pengaturan dashboard blogspot. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di blogspot saja.

Baca : Syarat daftar adsense melalui blog agar diterima

Agar kode iklan kedua akun adsense hosted di atas bisa di tampilkan di situs yang di hosting diluar google atau di situs sendiri maka kita perlu melakukan upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted dengan syarat menyediakan domain tingkat atas (Top level domain) atau sering di sebut TLD domain, ini berlaku untuk blogspot maupun youtube.

upgrade adsense hosted
gambar dari google
  •  Bagi pengguna blogspot di wajibkan mempunyai nama domain sendiri, dengan cara custom domain.
  • Bagi pengguna wordpress bisa menggunakan fasilitas CMS dari wordpress.org yang di hosting sendiri.

Baca : Panduan custom domain blogger di rumahweb

Cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted

  • Masuk ke akun adsense
  • Pilih ikon roda gigi dan pilih setelan (untuk akun adsense youtube langsung pilih action saja pada gambar merah)
upgrade adsense hosted youtube
upgrade adsense hosted ke non hosted
  • Di sebelah sisi kiri, klik Akses dan otorisasi.
  • Di bagian “Tampilkan iklan di situs web lain”, masukkan URL situs. Gunakan www.bloganda.com.
  • Jika sudah, klik kirim.
upgrade adsense hosted ke non hosted
upgrade adsense hosted ke non hosted

Terakhir, Anda harus menerapkan kode iklan AdSense di blog anda.

Setelah itu Tim google adsense akan mereview blog anda kembali, untuk proses ini kita hanya menunggu sampai tim google adsense memutuskan kelayakan blog anda untuk mendapatkan persetujuan sepenuhnya, kita bisa menunggu sambil tetap update artikel seperti biasa.

Jika anda di terima akan ada pemberitahuan melalui email bahwa akun google adsense non hosted anda telah di aktifkan sepenuhnya.

Untuk masalah lamanya waktu tergantung dari Tim google adsense, biasanya sekitar 2-3 hari jam kerja atau mungkin bisa lebih. Tergantung banyaknya antrian yang mengajukan akun adsense tersebut, jadi anda harus bersabar.

Baca : Berapa lama review pengajuan adsense tahap kedua?

Banyak yang bilang jika proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted ini untung untungan, asalkan blog anda memenuhi kriteria dan mematuhi kebijakan program adsense insya Allah banyak di terimanya, jadi tetap berdoa dan yakin akan mendapat persetujuan sepenuhnya (full approved). Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

201 Comments

  1. Sekarang kok sudah tidak ada menu Otorisasi Situs, langsung User Management

  2. GA saya gak ada bacaan “otorisasi situs”.

    cuma ada
    -user management
    -crawler acces,
    -third party acces
    -google analytic
    -admob account.

    Pertanyaanya cara agar ada bacaan “otorisasi situsnya” gimana ya mas ?

    Terimakasih.

  3. Maaf mas ganisebastian, saya punya akun GA dan memiliki 1 iklan aktif, akan tetapi iklan tersebut tidak bisa saya tampilkan di blog saya yang udah jadi .com, tetapi iklan tersebut bisa saya tampilkan di blog yang masih blogspot.com,
    Kenapa tidak bisa tampil karena GA saya masih hosted,
    Saya sudah coba upgrade akun GA saya dengan mencari other produk, trus memasukkan URL saya, lalu saya dapat kode asinkron, kode asinkron tersebut harus di tempel dibawah pada html, lah yang jadi masalah saya :
    1. Ketika saya tempel kode tersebut, terjadi masalah dengan kode asinkron dan tidak bisa disave,
    2. Saran anda, apakah saya harus mengembalikan saja blog saya menjadi blogspot lagi,
    Mohon pencerahanny
    Terimakasih

    1. 1. Sebelum disave, kode iklan harus diparse terlebih dulu.
      2. Akun Adsense jenis hosted memang hanya bisa menampilkan iklan untuk blogspot saja.

  4. Permisi mas saya masih stuck di We are reviewing your site, udah hampir 2 bulan, biasanya cuma 3 hari kerja, tapi sampe sekarang statusnya masih We are reviewing your site. saya masih bingung sama kode yang dikasih google untuk review mereka taroknya bener atau ngga.
    Apakah kode yang dikasih GA salah saya masukan mas?
    mohon bantuannya mas kalo emang salah bisa ga mas kasih tau di cara selipin kode GA di HTML, please…

  5. saya punya situs TLD situs.com tpi yg mw didaftarkan subdomainya sub.situs.com yang dikaitkan dengan blogspot yang udah di approve yg ada iklanya sebelumnya apakah bisa upgrade jadi nonhosted ?

      1. saya sudah pke TLD tpi masih ditolak, pdahal di blog sudah di approve, kira2 kenapa ya, apakah pengunjung mempengaruhi karena pngunjungnya masih sedikit ? kalo memepengaruhi kenapa di blogspot bisa di approve, terimakasih sebelumnya

  6. Mas Admin,,,Syarat untuk upgrade akun GA harus kira kira memiliki berapa artikel ya ?
    Terimakasih.

  7. mas gani jawab dong
    apakah akun GA yt kita jika mau di upgrade ke non hosted lalu di tolak apkah akun adsense yt kita akan di tangguhkan?

  8. Slam knal om…sya upgrade dr akun YT dan blogspot dg menambahkan TLD wordpress….dn saya copy kode.

    We’re reviewing your site.
    Reviewing your site will take up to 3 days. We’ll email you when we’re done.

    Paste it into the HTML of http ://www xxx com/, right after the tag.

    Tpi stelah hampir 4 mggu blum ada jawaban…apakah kode tsb perlu diparse atau tidak.

    1. Untuk di wordpress kode iklan tidak perlu diparse, masalah jawaban dari adsense adalah kewenangan dari pihak google, saat ini memangagak susah untuk pengajuannya.

  9. mas gani ko ga ada gambar girnya ya di akun adsense yt
    cara upgrade ke non hosted gmna?

  10. Mas saya kan punya 2 blog.. yang pertama (berdomain TLD) sudah dikaitkan dengan ads hosted youtube tapi belum keterima juga waktu pengajuan upgrade ke non-hosted.. Nah, blog kedua (blogspot) saya daftarin juga melalui blogger langsung dan sudah diterima (hosted).. permasalahannya, saya ingin upgrade ads yang diterima dari blogger tapi harus pake blog pertama karena berdomain TLD, terus apa yang harus dilakukan? apa saya harus melepas semua ikatan ads youtube pada blog pertama dengan menghapus kode pub pada template dan juga menukar akun ads nya dengan ads dari blogger.. Terima Kasih Mas sebelumnya..

  11. apakah dalam upgrade akun adsense lewat youtube ada tahap review kedua, seperti wajib pasang iklan di unit ads ke blog yang sedang direview……? atau apa cuma menunggu hasil saja setelah menuliskan domain saat upgrdae akun adsense tanpa harus pasang iklan….?

  12. om gani,
    ni artikel kayanya kalo di update lagi makin jos,cara baru upgrade akun adsense hosted ke non hosted sekarang dan beda harus tempel kode Tag di dalam blog di area .itu syarat google yang sekarang agar blog bisa di tinjau untuk menentukan kelayakan nya.

  13. Mas, kalau dengan tampilan google adsense yang baru, caranya gimana ya mas? Soalnya beda sama tutorial di atas…

  14. Mas, tahun lalu saya upgrade akun berdasarkan panduan artikel ini dan sesuai.
    Sekarang saya mau upgrade