Artikel Adsense

Panduan Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Banyak para sobat yang ingin memiliki akun google adsense terutama akun adsense non hosted, karena kode iklannya bisa dipasang di blog mana saja atau di pasang di beberapa blog sekaligus (banyak blog) tanpa meminta persetujuan lagi dari pihak google adsense.

Akun jenis non hosted juga bisa di gabungkan dengan akun youtube, sehingga penghasilan dari youtube menjadi satu dengan penghasilan blog. Ini akan memudahkan anda dalam hal penerimaan pembayaran sekaligus mengelola banyak blog dan banyak chanel youtube dalam satu alamat penerima pembayaran.

Nah menarik bukan? Agar kode unit iklan bisa ditampilkan di semua jenis blog maka kita perlu melakukan perubahan akun, dengan cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted.

Sebelum proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted, ada baiknya sobat mengetahui apa perbedaan dari akun adsense yang di keluarkan oleh pihak google. Karena google sendiri yang mengeluarkan akun adsense menjadi 2 jenis, dan masing masing akun mempunyai fungsi yang berbeda, terutama hal penempatan iklan.

Silahkan baca : Mengetahui perbedaan akun adsense hosted dan non hosted

Jadi intinya akun adsense hosted hanya bisa menampilkan iklan di youtube dan blogspot saja, yaitu situs yang di hosting oleh pihak google, tidak bisa di pasang di blog yang menggunakan domain sendiri. Seperti blog yang menggunakan domain dot com, dot net, dot org dan sejenisnya.

Cara mendapatkan akun adsense hosted youtube

Untuk mendapatkan akun adsense hosted youtube pengguna di haruskan mempunyai video yang di upload di youtube menggunakan akun gmail, untuk jenis video harus original dan tdak melanggar TOS atau kebijakan program adsense. Cara ini yang paling mudah untuk mendapatakan akun adsense jenis hosted, sebab 1 video saja bisa di setujui asalkan sesuai dengan ketentuan. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di youtube saja.

Baca : Cara daftar adsense melalui youtube 

Cara mendapatkan akun adsense hosted blogspot

Untuk mendapatkan akun adsense blogspot pengguna harus mempunyai blog yang menggunakan fasilitas dari blogger, menulis artikel original dan tidak melanggar TOS atau kebijakan program adsense. Berbeda dengan youtube, untuk mendaftar adsense hosted blogspot pengguna di wajibkan menunggu sampai blog layak untuk di daftarkan.

Blog harus berisi artikel setidaknya 20 sampai 30 artikel, atau dalam waktu 3 bulan. Setelah itu baru bisa di daftarkan melalui tab earning yang tersedia di pengaturan dashboard blogspot. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di blogspot saja.

Baca : Syarat daftar adsense melalui blog agar diterima

Agar kode iklan kedua akun adsense hosted di atas bisa di tampilkan di situs yang di hosting diluar google atau di situs sendiri maka kita perlu melakukan upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted dengan syarat menyediakan domain tingkat atas (Top level domain) atau sering di sebut TLD domain, ini berlaku untuk blogspot maupun youtube.

upgrade adsense hosted
gambar dari google
  •  Bagi pengguna blogspot di wajibkan mempunyai nama domain sendiri, dengan cara custom domain.
  • Bagi pengguna wordpress bisa menggunakan fasilitas CMS dari wordpress.org yang di hosting sendiri.

Baca : Panduan custom domain blogger di rumahweb

Cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted

  • Masuk ke akun adsense
  • Pilih ikon roda gigi dan pilih setelan (untuk akun adsense youtube langsung pilih action saja pada gambar merah)
upgrade adsense hosted youtube
upgrade adsense hosted ke non hosted
  • Di sebelah sisi kiri, klik Akses dan otorisasi.
  • Di bagian “Tampilkan iklan di situs web lain”, masukkan URL situs. Gunakan www.bloganda.com.
  • Jika sudah, klik kirim.
upgrade adsense hosted ke non hosted
upgrade adsense hosted ke non hosted

Terakhir, Anda harus menerapkan kode iklan AdSense di blog anda.

Setelah itu Tim google adsense akan mereview blog anda kembali, untuk proses ini kita hanya menunggu sampai tim google adsense memutuskan kelayakan blog anda untuk mendapatkan persetujuan sepenuhnya, kita bisa menunggu sambil tetap update artikel seperti biasa.

Jika anda di terima akan ada pemberitahuan melalui email bahwa akun google adsense non hosted anda telah di aktifkan sepenuhnya.

Untuk masalah lamanya waktu tergantung dari Tim google adsense, biasanya sekitar 2-3 hari jam kerja atau mungkin bisa lebih. Tergantung banyaknya antrian yang mengajukan akun adsense tersebut, jadi anda harus bersabar.

Baca : Berapa lama review pengajuan adsense tahap kedua?

Banyak yang bilang jika proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted ini untung untungan, asalkan blog anda memenuhi kriteria dan mematuhi kebijakan program adsense insya Allah banyak di terimanya, jadi tetap berdoa dan yakin akan mendapat persetujuan sepenuhnya (full approved). Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

201 Comments

  1. Sekarang kok sudah tidak ada menu Otorisasi Situs, langsung User Management

  2. GA saya gak ada bacaan “otorisasi situs”.

    cuma ada
    -user management
    -crawler acces,
    -third party acces
    -google analytic
    -admob account.

    Pertanyaanya cara agar ada bacaan “otorisasi situsnya” gimana ya mas ?

    Terimakasih.

  3. Maaf mas ganisebastian, saya punya akun GA dan memiliki 1 iklan aktif, akan tetapi iklan tersebut tidak bisa saya tampilkan di blog saya yang udah jadi .com, tetapi iklan tersebut bisa saya tampilkan di blog yang masih blogspot.com,
    Kenapa tidak bisa tampil karena GA saya masih hosted,
    Saya sudah coba upgrade akun GA saya dengan mencari other produk, trus memasukkan URL saya, lalu saya dapat kode asinkron, kode asinkron tersebut harus di tempel dibawah pada html, lah yang jadi masalah saya :
    1. Ketika saya tempel kode tersebut, terjadi masalah dengan kode asinkron dan tidak bisa disave,
    2. Saran anda, apakah saya harus mengembalikan saja blog saya menjadi blogspot lagi,
    Mohon pencerahanny
    Terimakasih

    1. 1. Sebelum disave, kode iklan harus diparse terlebih dulu.
      2. Akun Adsense jenis hosted memang hanya bisa menampilkan iklan untuk blogspot saja.

  4. Permisi mas saya masih stuck di We are reviewing your site, udah hampir 2 bulan, biasanya cuma 3 hari kerja, tapi sampe sekarang statusnya masih We are reviewing your site. saya masih bingung sama kode yang dikasih google untuk review mereka taroknya bener atau ngga.
    Apakah kode yang dikasih GA salah saya masukan mas?
    mohon bantuannya mas kalo emang salah bisa ga mas kasih tau di cara selipin kode GA di HTML, please…

  5. saya punya situs TLD situs.com tpi yg mw didaftarkan subdomainya sub.situs.com yang dikaitkan dengan blogspot yang udah di approve yg ada iklanya sebelumnya apakah bisa upgrade jadi nonhosted ?

      1. saya sudah pke TLD tpi masih ditolak, pdahal di blog sudah di approve, kira2 kenapa ya, apakah pengunjung mempengaruhi karena pngunjungnya masih sedikit ? kalo memepengaruhi kenapa di blogspot bisa di approve, terimakasih sebelumnya

  6. Mas Admin,,,Syarat untuk upgrade akun GA harus kira kira memiliki berapa artikel ya ?
    Terimakasih.

  7. mas gani jawab dong
    apakah akun GA yt kita jika mau di upgrade ke non hosted lalu di tolak apkah akun adsense yt kita akan di tangguhkan?

  8. Slam knal om…sya upgrade dr akun YT dan blogspot dg menambahkan TLD wordpress….dn saya copy kode.

    We’re reviewing your site.
    Reviewing your site will take up to 3 days. We’ll email you when we’re done.

    Paste it into the HTML of http ://www xxx com/, right after the tag.

    Tpi stelah hampir 4 mggu blum ada jawaban…apakah kode tsb perlu diparse atau tidak.

    1. Untuk di wordpress kode iklan tidak perlu diparse, masalah jawaban dari adsense adalah kewenangan dari pihak google, saat ini memangagak susah untuk pengajuannya.

  9. mas gani ko ga ada gambar girnya ya di akun adsense yt
    cara upgrade ke non hosted gmna?

  10. Mas saya kan punya 2 blog.. yang pertama (berdomain TLD) sudah dikaitkan dengan ads hosted youtube tapi belum keterima juga waktu pengajuan upgrade ke non-hosted.. Nah, blog kedua (blogspot) saya daftarin juga melalui blogger langsung dan sudah diterima (hosted).. permasalahannya, saya ingin upgrade ads yang diterima dari blogger tapi harus pake blog pertama karena berdomain TLD, terus apa yang harus dilakukan? apa saya harus melepas semua ikatan ads youtube pada blog pertama dengan menghapus kode pub pada template dan juga menukar akun ads nya dengan ads dari blogger.. Terima Kasih Mas sebelumnya..

  11. apakah dalam upgrade akun adsense lewat youtube ada tahap review kedua, seperti wajib pasang iklan di unit ads ke blog yang sedang direview……? atau apa cuma menunggu hasil saja setelah menuliskan domain saat upgrdae akun adsense tanpa harus pasang iklan….?

  12. om gani,
    ni artikel kayanya kalo di update lagi makin jos,cara baru upgrade akun adsense hosted ke non hosted sekarang dan beda harus tempel kode Tag di dalam blog di area .itu syarat google yang sekarang agar blog bisa di tinjau untuk menentukan kelayakan nya.

  13. Mas, kalau dengan tampilan google adsense yang baru, caranya gimana ya mas? Soalnya beda sama tutorial di atas…

  14. Mas, tahun lalu saya upgrade akun berdasarkan panduan artikel ini dan sesuai.
    Sekarang saya mau upgrade baru lagi, namun tampilan adsense sudah berubah mas dan tidak ada kolom untuk memasukkan alamat web di akun hosted saya, bahkan di others products pun tidak ada. bagaimana nih mas?

  15. Permisi boss,,mau nanya,,saya gak punya akun bloggee,,apa bisa akun youtube alias google adsense youtube saya di upgrade dari hosted ke non hosted,mohon pengarahan

    1. berhubng masgani tidak nongol ni, saya bantu sedikit untuk pertanyaan dari
      syahreza: tidak bisa,harus buat blog dulu. baru bisa di upgread akun hostednya.

  16. Oh iya mas, klau upgrade non hosted dan sya letakan blog TLD saya disitu . Jadi yang akan di review itu akun Blog nya atau YT dan blog?

  17. Mau tanya mas..jika saya ingin upgread akun adsense youtube yang memakai email berbeda cara nya bagaimana ya..? Apakah hanya di masukan saja id-pub adsense nya ke blog baru saya mas yang ada tulisan kaitkan terletak di pengaturan blog.??
    Dan kira2 berapa lama ya bagus nya untuk mendaftar kan blog saya ke adsense dengan domain baru saja saya beli..mas tolong korekai kan ya di mana letak kekurangn blig saya..karena saya ingin mendaftar kan blog ke adsense, setelah bagus blognya..mohon infonya..??thks

  18. Mas saya punya akun hosted dri youtube trs saya mau upgrade dengan domain TLD pas upgrade kog slalu muncul tulisan”Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi..bla.bla.bla” gt pdhal udh hapus history dan ganti browser, tpi tetep muncul kya gt, apa mungkin ya maa, saya kan udah pasang kode page level ads itu, tpi ada yang salah

    1. saya juga mempunyai masalah yang sama,,,,
      bagai mana Mas Amir sekarang sudah dapat solusi belum, tolng di share
      Mas gani tolng penjelasannya yang tepat untuk kasus kami.. mohon bantuannya.

      1. third party access untuk blogger di nonaktfikan dulu.. caranya, masuk adsense, klik access and authorization trus third party access.. semoga bermanfaat

  19. Mas saya punya akun hosted dri youtube trs saya mau upgrade dengan domain TLD pas upgrade kog slalu muncul tulisan”Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi..bla.bla.bla” gt pdhal udh hapus history dan ganti browser, tpi tetep muncul kya gt, apa mungkin ya maa, saya kan udah pasang kode page level ads itu, tpi ada yang salah

  20. mas mau tanya, kalau akun adsense non hosted hasil upgrade adsense hosted youtube bisakah untuk memasang iklan adsense di blogspot atau yang belum TLD?

    1. Sorry berbagi ilmu sedikit buat edit, kalau sudah akun adsense nya non hosted atau sudah di terima sepenuhnya., bisa di pasang ke blog yng menggunakan nama domain atau tidak nya seperti blogspot, tanpa harus mintk pamit lagi sama si mbah googlenya..jika saya salah maaf ya masih newbie juga..

  21. Mas gani terimakasi atas ilmunya,
    saya sedikit ada ganjalan sampai pusing ga mau makan mas..
    saya punya akun GA untuk yutub dan saya mau masukin buat blog yang sudah ada. dan blog saya masih blogspot belum com,net atau org dll. tpi kenapa yah malah di blog saya blank bagian space iklan adsense. saya coba masukan kode iklan manual di bagian header tpi jg masih tetap kosong..setelah 2 hari di dasbor adsens saya ada pesan

    “Your AdSense account is enabled only to show ads on YouTube. If you want to show ads on a different site, you’ll need to provide us with the URL of the site you want to monetize”

    yang jadi ganjalan pikiran blog saya kan masih partner google alias masih blogspot kok masih ada pesan itu y mas?
    ini sudah 1 minggu mas,mohon bantua dan informasinya mas.. baron8970@gmail.com.
    makasih mas.

    1. untuk adsense yang jaman sekarang memang sudah tidak bisa adsense yt dipasang ke blogspot walaupun menggunakan email yang sama.. harus di upgrade dulu

  22. maaf mas, saya mau nanya, untuk blog yang sekarang ini, apa kita masih butuh backlink ?

  23. slamat malam mas gani, saya mau tanya , yang pertama kok setelah saya masukan di kolom ” Saya ingin mengaitkan iklan di ” setelah saya tekan kirim, keluar pemberitahuan ” Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi kami tidak dapat memproses permohonan Anda saat ini. Teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya. ” dari Adsense itu knpa ya mas ??
    mohon pencerahannya..

    yang kedua, dulu saya sebelum memakai domain, saya menggunakan blogspot, dan iklannya tdak muncul, setelah saya jadikan blogspot k .com iklannya malah muncul, apa itu iklan dari template orang yang saya download atau memang bawaan dari blogs yang dulu yang pernah saya masukkan tetapi tdak muncul dan setelah jadi .com baru muncul??
    mohon masukkannya mas gani.

    1. Halo mas Albarts
      1. PAda poin pertama bisa jadi ada gangguan teknis pada pengajuan Adsense karena disitu menyatakan :mohon maaf atas gangguan sementara”
      Mungkin bisa dicoba lian waktu apabila sudah dalam proses perbaikan.

      2. Besar kemungkinan kode iklan berasal dari template yang digunakan, sebab tanpa memasang kode iklan maka tidak aka ada tampilan iklan. 😀

      1. gitu ya mas, tapi ini saya uda chek di adsense-ad units di daftar iklan di situ ada pemberitahuan pemasangan iklannya 13 feb, apa yang ada di blogs itu memang dari akun adsense saya??
        mohon mas pencerahannya masi penasaran ni.

      2. Saya juga alami yg sama seprti. Mas albarts. Tapi aneh lah mas, mengapa bisa jadi ada gangguan teknis pada pengajuan Adsensenya, masalh nya sudah hampr 2 bln juga saya lihat hal seperti itu mas..dan sebelumnya saya sudah 3x di tolak sama om google..mungkin apa id saya atau domain saya sudah di tandai sama om google tdk boleh mendftrkn lgi ke adsense barng kali mas..hehe sorry jika ngomng nya ngelantur..

  24. Mas gani kira2 apa situs saya dapat diterima adsense non hosted? mohon kritik sama sarannya mas…

  25. Akhirnya berhasil diblog lainnya..Terima kasih tutorialnya mas, sangat membantu

  26. Di menu adsense yang baru kenapa gak ada otoritasi situs buat upgrade ke non-hosted ya mas ?
    Saya bingung, oh iya saya daftar adsense nya dari youtube mas

    Terima kasih, mohon di balas

    1. mungkin anda menggunakan adsense dengan tampilan terbaru sedangkan pada artikel ini memakai tampilan adsense lama. anda masuk ke adsense lalu klik my ads lalu other product lalu tulis domainnya

  27. mas,,, minta di jelasin tentang akun non-hosted menyangkut channel bukan blog

  28. kayaknya mas ini sudah ahli dalam adsense, baiklah saya mau tanya mas,
    2 minggu yang lalu, dipagi hari, saya daftarkan channel saya ke adsense melalui email yang sudah pernah ditolak, kemudian sorenya saya daftarkan lagi situs web saya, nah

    setelah beberapa jam, saya login youtube dan membuka channel saya, katanya akun saya sudah di setujui, tapi tidak ada pemberitahuan ke email…

    nah, esok paginya, saya cek email, kemudian ada pesan dari ga yang menyatakan situs saya ditolak.

    nah, yang saya heran, kenapa saya bisa m,asuk dasbor adsense dan penghasilan saya berjalan, bahkan saya bisa menmbahkan situs baru dan monetisasinya pun berjalan.
    dan tidak ada tulisan di dasbor yang menyatakna akun sya hosted account, ini gimana ceritanya mas…? saya butuh penjelasan nich mas, please klo ada waktu, email saya andisiahaan670@gmail.com atau balas komentar ini saja ya mas…. terimakasih untuk artikelnya…

    1. Mudah saja mas, apabila iklan tayang terus menerus selama lebih dari 48 jam bisa dipastikan diterima.
      Ada beberapa kasus (dulu) yang pernah mas alami seperti sekarang, ada kesalahan pemberitahuan yang dilakukan oleh pihak Adsense bahkan tidak ada email pemberitahuan diterima tapi iklan tayang dan earning berjalan.

      Apabila iklan tetap tayang pada hari ketiga, saya bisa pastikan akun adsense telah disetujui (tanpa email pemberitahuan)

  29. mas mau nanya… saya kan daftar GA lewat youtube sudah disetujui dan saya ingin menampilkan iklan GA di blog saya.. juga udah pake domain TLD yg gratisan.. domainnya [dot]ga ..
    Tp pas saya ajukan muncul error seperti ini

    “Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi kami tidak dapat memproses permohonan Anda saat ini. Teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya.”

    kira kira bagaimana ya mengatasinya, udah 2 minggu saya ajukan seperti itu terus… tolong ya mas solusinya gimana..?

    1. Itu memang sedang terjadi gangguan pada bagian pendaftaran mas, banyak juga yang mengalami hal serupa.
      Untuk domain gratis dot GA sekarang sudah tidak bisa dibuat untuk mendaftar ke Adsense. Termasuk domain gratis lain seperti Dot Tk.

  30. mau tanya mas, saya kemarin sudah di trima google adsense yang hosted acaount dan sialnya saya ketika saya masuk domain LTD dan saya mau login ke plugin adsense di domain LTD namun akun email adsense yang Hosted saya lupa saya keluarkan dan alhasil akun hosted saya hilang, iklan yang saya pasang di blog2 dan yutube pun di hentikan. ketika saya mau login ke akun Hosted tersebut tidak bisa dan langsung ke link letika kita mau daftar seperti awal. jadi dengan berat hati saya daftarkan lagi blog mitra google tersebut. pertannyaan saya apakah email yang saya gunakan di adsense pertama dan di terima lalu iklannya di hentikan tadi akan di banned atau cumah di hentikan saja dan ketika di daftarkan lagi harapan saya masih bisa di terima. karna jujur sudah 3 tahun saya daftar adsense di bloger dan alhamdulilah keterima namun karna hal yg tidaksengaja di atas iklanpun di hentikan. sebelumnya terimakasih. maaf kalau pertanyaan saya kepanjangan.

    1. Walaupun lupa email, akun Adsense tidak akan dihentikan mas,,
      Hanya saja untuk masuk ya tetap melalui opsi lupa pasword atau pengembalian kata sandi saja.
      nah, hal itu yang harus diupayakan untuk membuka akun Adsense kembali.

  31. makasih banget mas atas ilmu, bismillah semoga punya saya biisa full di terima amin wkwkw 😀

  32. Gan ane punya akun Google adsense ..ane khusus cuma buat YouTube aja..apa ane harus upgrade ke non hosted agar video saya dapat menampilkan iklan ?

    1. Khusus untuk video tidak perlu upgrade mas., iklan akan tanpil otomatis apabila video tidak melanggar pedoman komunitas youtube.

  33. Mas mau nanyak kalo saya punya google adsense youtube, trus saya pengen daftar akun google adsense blogspot. Nah kalo misalnya ditolak apakah ngaruh mas pada google adsense saya di youtube

  34. gan….ane udah masukin website baru ke adsense hosted ane dengan domain .com
    tapi muncul error seperti ini
    “Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi kami tidak dapat memproses permohonan Anda saat ini. Teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya.”

    kira kira bagaimana ya mengatasinya?

  35. Mas, tadi pagi kan saya dapat email bahwa saya di terima adsense ke non hosted. Tapi kenapa iklannya kok engk kunjung tampil ya? Kira-kira itu kenapa mas?
    Suwun

    1. Selamat mas Adhikarta..
      Sabar mas, iklan akan tampil selambatnya 2 x 24 jam.. :
      jadi jangan khawatir 😀

  36. Mas ada artikel tentang cara mengaitkan akun adsanse ke blogger? Pas di adsanse “masukan url gitu” tapi ndak bisa kalo blogger saya ga faham

    1. Sama saja mas, untuk blogger saat ini blog diharuskan melalui tahap review terlebih dahulu,,silahkan kunjungi langsung halaman Adsense.com

  37. Maaf mas mau nanya nih, saya kan punya akun youtube hosted dan pernah juga muncul di blogspot, tpi pas saya upgrade malah iklan tidak muncul kenapa yah? Udh 4 hari saya nunggu 🙁
    Mohon pencerahannya.

    1. Adsense youtube tidak bisa dipasang untuk blogspot mas 😀
      untuk lebih jelasnya bisa baca disini : perbedaan akun Adsense
      Apabila memang jenisnya akun hosted yang didapat melalui pengajuan blog, maka hanya bisa akan dipasang di blogspot saja.

  38. Halo mas, tadi saya udah coba email k emakl mas gani..
    Mas maaf ya malam malam saya mau nanya, kebetulan saya juga masi tahap belajar.. Berkenankah mas gani review blog saya? Saya bingung soalnya kan blog saya masih yang gratisan ya mas, sedangkan kata mas gani harus pake domain. Nah sebelum saya beli domain tld di qwords, kekurangannya apa aja yg ada d blog saya y mas dan tahapannya bagaimana. Saya takt ada tahapan yang terlewat dan akhirnya ditolak.. Sekali lagi makasih ya mas jazakumuah ilmu yang bermanfaatnya

  39. terima kasih manstah Gani.. skarang sya sudah berhasil upgrade jadi non hosted..s emoga ilmunya berkah 🙂

  40. gan. kalo upgrade ternyata gagal, bagaimana nasib akun adsense hosted saya.. apa masih bisa ngiklan (aktif) di youtube atau bagaimana?

  41. Mas, saya sudah berhasil bikin akun GA pake youtube, saya sudah berhasil menampilkannya di blogspot dan di website Non TLD punya saya, tanpa harus tahap kedua, tapi kenapa ads impressionnya gak dihitung ya?

    1. Untuk mendaftarkan Adsense ke blog harus melalui tahap ke dua, yaitu review dari TIM Adsense.
      TAnpa persetujuan dari pihak Adsense maka iklan (walaupun tampil sesaat) maka tidak akan masuk dalam hitungan, terkecuali memang sudah benar-benar disetujui sepenuhnya.

  42. Mas yang Baik Hati saya mau tanya nich ?

    Blog saya sudah mengunakan Domain TLD dan mau saya daftarkan ke Adsense.
    Kalau pada tahap review pertama sudah berhasil,,,mungkin saya dapat akun HOSTED namun belum full Approve, nah pada saat tersebut kalau seandainya saya langsung upgrade ke Akun NON HOSTED,,apakah sudah bisa dan diperbolehkan ?

    Mksih atas jawabannya.

    1. Blog yang mengunakan Domain TLD apaila diterima maka akan langsung mendapatkan akun Adsense nonhosted, jadi tidak perlu di upgrade lagi.

  43. terimakasih infonya, langsung dipraktekan dan Lagi menunggu proses approve tahap kedua dari akun hosted ke non hosted, semoga cepat diterima, mohon doannya yah…hee

  44. Mas Gani saya ingin bertanya, ada 2 pertanyaan yg ingin saya utarakan.
    1. Saya kan membuat channel youtube tepatnya pada tanggal 16 Agustus kemarin, nah dari laporan pendapatan di youtube chanel saya sudah mendapatkan penghasilan. Tapi kenapa pada tanggal 15 September kemarin pendapatan saya tidak masuk ke Adsense? Katanya paling lambat tiap bulannya tanggal 15 sudah masuk ke adsense.

    2. Apakah jumlah klik yang tertera di Adsense itu hasilnya juga dilampirkan di laporan pendapatan youtube atau langsung di Adsense pada tanggal 15 tiap bulannya?

    itu saja mas gani, sudihkah kiranya mas gani menjawab pertanyaan dari saya. terimakasih banyak.
    Sukses slalu buat Mas Gani.

    1. Halo mas..campur aduk 😀
      1. Mungkin belum satu bulan, terhitung dari pendaftaran Adsense.
      2. Untuk melihat perincian pembayaran sementara bisa lihat di Revenue.
      Untuk jumlah pembayaran secara real memang akan masuk ke dashboar Adsense setiap bulan saja.

  45. Mas gani yang baik hati, saya mau tanya
    Apa Akun GA yotube bisa digunakan/didaftarkan untuk akun youtube yang lain?

      1. hehe makasih mas maap masih pemula
        akun GA blog juga sama mas bisa dikaitkan untuk blog yang lain?

        haturnuhun

  46. Mas saya mau tanya, saya kan sebelumnya daftar GA lwt blogspot, lolos review tahap 1 (dapat ID GA) & ditolak review tahap 2. Kemudian saya tingkatkan blogspot ke TLD & mendaftarkan domain tsb dengan ID GA yang sama, kemudian dapat email lolos tahap 2 fully approved. Tapi kenapa akun GA saya masih hosted ya mas? Apa perlu saya lakukan tahap upgrade seperti artikel di atas? Iklan juga sampai sekarang belum muncul di blogspot TLD saya.

    1. Kalau sudah disetujui (full approved) akan ada pemberitahuan melalui email . Iklan akan tayang selambat-lambatnya 2 x 24 jam.

  47. Saya ada sedikit pencerahan tentang artikel ini, pantesan blog saya tidak ada balasan ketika mendaftar GA, soale blog saya didaftarkan menggunakan akun adsense youtube, karena sebelumnya saya sudah ada akun adsense youtube.
    Terus kalo saya tidak upgrade berarti saya harus mendaftarkan blogspot saya dengan akun yang lain mas??
    Jiak blogspot saya diterima kemudian saya membuat blog baru apa saya bisa mendaftarkan blog baru saya menggunakan akun GA blog yang pertama ???

    Terimakasih

    1. Intinya untuk proses upgrade harus menggunakan Domain TLD mas Ibnu, jadi rubah dulu blogspot ke nama domain sendiri. Untuk itu bisa melakukan custom doamin saja. Apabila sudah diterima Adsense, kode iklan Adsense bisa dipasang di blog manaupun sampai dengan 500 blog tanpa persetujuan dari Adsense lagi.

      1. Terimakasih mas udah merespon, semoga bermanfaat buat saya.
        didorong penasaran saya mas .. 🙂
        jika saya mendaftarkan blogspot saya kemudian umpama diterima, bisakan saya mendaftarkan blogspot yang lain dengan akun GA yang sama yang telah didaftarkan untuk blogspot yang pertama ??

      2. maaf nih aku pemula, kalau Merubah blogspot ke nama domain yg baru akan merubah blog kita gk ya,

        Trs itu artinya kita harus beli domain ya?

  48. kata orang, kalo mau daftar di adsense harus punya visitor tiap hari dari google yg lumayan banyak biar diterima. Emang bener ya mas ?

    1. Tidak benar mas, Adsense tidak sekalipun berprioritas pada jumlah pengunjung melainkan pada keunikan dan keaslian konten.

  49. Jika seandainya di tolak saat upgrade akun hosted ke non hosted apakah masih bisa pasang iklan adsense mas ?

    1. Masih bisa mas Dani, dengan catatan akun Adsense hosted sebelumnya sudah disetujui.
      Jadi seandainya ditolak dalam pengajuan upgrade tidak akan merubah status akun Adsense-nya.

  50. Salam.

    Mas Admin, saya juga mengalami hal yang banyak ditanyakan oleh pengunjung sebelumnya: ketika ingin meng-upgrade Adsense hosted ke non hosted, menu otorisasi situs tidak ada. Lalu, alternatif apa yang harus dilakukan untuk meng-upgradenya? (Akun hosted saya didapatkan dari youtube)

    Mohon pencerahannya.

    Terima kasih 🙂

    1. Langsung paada menu Ads site saja mas, setelah itu buat unit iklan baru untuk ditempatkan pada blog.

      1. Lalu, kira-kira berapa lama harus menunggu untuk diterima? Apakah ada pemberitahuan melalui email?

  51. misal, sy punya adsense hosted youtube dan saya punya blog domain TLD, antara keduanya berbeda akun gmail. yg sy mw tanyakan apa bisa adsense hosted youtube itu di upgrade ke non-hosted menggunakan blog domain TLD (pdahal gmailny berbeda)?

    1. Bisa mas, caranya undang mail dari youtube untuk dijadikan Admin blog (tambahkan pengguna), setelah itu property diwebmaster semua diganti dengan email dari youtube, verifikasi situs seperti biasa diwebmaster.

      1. mksdnya property diwebmaster gimna mas ?

  52. mas saya udah coba cara di atas, tapi kok menu authorisasi itu ga ada ya yg utk masukan alamat web kita utk di ajukan? knp ya

    1. kenapa mas akun adsen anda tidak ada menu authorisasinya ?mungkin adsense anda terkait admob atau cara mendapatkannya tidak murni coba cek bisa hapus akun atau tidak di menu adsensenya cancel akun pasti tidak ada mas

  53. Mas Gani saya mau nanya, sselama ini saya pakai akun hosted dan pasang iklan di dua buah blog. Rencananya saya pengen upgrade TLD buat salah satu blog dan upgrade akun GA nya jadi non hosted. Pertanyaan saya, apakah setelah upgradenya diterima iklan masih bisa dipasang di blogspot? atau hanya di blog TLD saja? terima kasih mas.

    1. Akun Adsense Nonhosted yang sudah disetujui bisa dipasang disemua blog mas, termasuk blogspot. Asalkan tidak melanggar pedoman dan kebijakan Adsense 😀

  54. Owh Ya Mas Ganisebastian, saya mau tanya. Saya kan punya satu akun GA youtube, nah dari komen2 yang saya baca menurut mas kan boleh tuh mimiliki akun GA lebih dari satu asalkan nama, alamat, dan emailnya beda, sebenernya tadinya mau aku upgrade saja tapi berubah pikiran. Nah pertanyaannya apakah aman jika memiliki 2 akun Ga di buka dengan IP/Laptop yang sama?

      1. jual harga bera tuh mas..
        adsense hosted sma non hosted..?

        mau cba jualan jga sy ,, hheehehe

  55. Mas, saya baru dapat google adsense dari youtube dan saya mempunya blog juga. kira-kira kalau saya daftar google adsense dari blog gimana, apakah berpengaruh terhadap GA youtube saya ? dan seandainya bisa daftar dari blog, apakah alamat dan nama boleh sama dengan akun GA yang sudah ada (youtube) ? Mohon pencerahan.

    Terima Kasih

    1. Bisa..dan alamat boleh sama dengan Akun Adsense Youtube..tetapi blog harus menggunakan TLD domain (dot com, net)

  56. Dulu saya udah pernah coba buat upgrade akun, tapi ditolak, ini mau coba upgrade lagi, doain mas biar di terima adsense jadi non hosted. hehe.

  57. saya mau nanya nih gan..
    saya kan sudah daftar google adsense, baru pertama kali itu saya daftarkan blog saya ke situ, nah waktu di tahap review ke dua itu google adsense menolak blog saya, karena ada yang harus di perbaiki blog saya itu.
    dan waktu saya sudah siap untuk di daftarkan lagi ke google adsense, pas di tahap pengisian nama blog dan bahasa konten, lalu saya mengklik lanjutkan untuk tahap pengisian informasi tidak bisa gan. tombol lanjutkan (continue) tidak bisa di klik gan. padahal saya sudah coba dengan komputer dan jaringan yang berbeda. apakah itu masalahnya pada jaringannya atau google adsensenya yang lagi error ya gan..
    mohon solusinya gan bantu saya biar bisa di terima google adsense

    1. Bisa juga karena masalah jaringan Mas Mun Takoh. Karena tidak dapat dengan sempurna merender halaman dashboard Adsense. Coba clear cache browser dan ulangi lagi, pastikan jaringan internet bekerja dengan bagus.

      1. saya sudah coba apa yang di katakan agan, tapi tetep saja masih ga bisa di klik,
        malah kalau di klik, tombol lanjutkan-nya jadi buram warnanya.

  58. bang gimana nih di bagian satelan milik saya tidak ada “Tampilkan iklan di situs web lain” di pilihan akses dan otorisasi

  59. Ada efek samping kalau ubah akun hosted (.blogspot) mnjadi non hosted (.com) ga gann ?

  60. bang saya mau tanya…saya punya akun adsense youtube dan saya punya blog ttpi blum terdaftar adsense…umur kedua2nya baru 1bln lbih..kedua2 nya pake akun gmail yg sama.
    sy minta solusinya bang saya ingin punya AdSense yg pul avrope kira2 bagaimana?apakah sy harus daftar adsense lgi lwat blog lagi atau lewat YouTube adsense yg sudah ada??

    1. Akun Adsense youtube sekarang tidak bisa digunakan untuk blog, untuk bisa digunakan dua-duanya maka harus mendapatkan Full approved dari blog. Caranya adalah mendaftarkan URL blog sampai mendapat persetujuan sepenuhnya.

  61. mas, saya sdh 3x mau upgrade akun adsense di tolak. dulunya hosted youtube. tombol monetize di dashboard sdh aktif. Jumlah posting br 50. artikel. tema blog gado2 sih. jika ada waktu mohon saran nya, maaf boleh saya tulis url blog saya kan agar mas bs liat kondisi blog saya, di irfanro.com. Kudu gimana ya saya, apakah perbanyak posting lg atau ada yg salah dg pengaturan template saya, mohon pencerahan nya mas. terimakasih sebelumnya.

  62. awal mula sy daftar google adsense lewat blogger, pertama kali daftar memang langsung dapat akun google adsense, tp setelah review kedua blog saya ditolak, saya coba ajukan kembali blog tsbt, namun sampai 3kali masih tetap gagal, dan setelah itu akun google adsense saya langsung menjadi akun hosted, di sini saya merasa bingung, sebab, saya merasa tidak mendaftar GA lewat Youtube, tp dapat akun hosted, kira2 mengapa ini terjadi ya mas

    1. Untuk Akun Nonhosted sendiri dibedakan menjadi Dua bagian mas, yaitu :
      – Akun hosted for youtube
      – Akun hosted for content (blog)

      Dalam kasus ini akun mas Zaenal masih dalam tahap peninjauan untuk disetujui…atau masih dalam tahap review.
      Saran saya perbanyak konten lagi mas, dan hindarkan posting yang sekiranya melanggar TOS, nanti diajukan lagi setelah penambahan 10. artikel.

      Tidakmenjadi masalah mas, didaftarkan berulang-ulang. Dulu saya sendiri sempat ditolak sampai 4kali kok 😀

  63. Mau tanya ni mas. Kalau upgrade akun nya dengan bog yang sudah ada iklan adsense nya bisa ga ya? / daftar kembali dgn blog yang sudah d pasang iklan? Makasih…

    1. Maksutnya gimana mas?
      Sudah punya iklan dari blogspot dengan akun hosted ya?

      Bisa saja, tapi harus daftar menggunakan TLD domain. Otomatis harus mengganti domain dulu dari blogspot ke TLD domain.

      1. ceritanya gni, saya punya blog udh domain TLD, udah ikut JV sama tmn,,
        saya kan ingin punya adsense sendiri intinya, saya buat dari youtube kan adsense ny hosted udh d approve.. tapi saya bingung mau upgrade ke non hosted nya mas, apa bisa di upgrade nya pake blog yang udah terpasang iklan adsense? apa harus blog yang belum ada iklan nya?
        terima kasih

  64. Di menu Akses dan otoritas saya tidak menemukan tab otoritas situs, tab pertama langsung user management.
    padahal saya mau memasukan blog TLD, bagaimana itu gan ?

      1. Sama nih gan, saya juga ga ada menu otorisasi situs. itu kenapa ya mas gani?
        sebelumnya ada & saya sudah masukkan alamat website saya yg domain dot com.
        tp koq skrg gak ada ya? Apa memang skrg sekali saja untuk otorisasi situs yg berdomain TLD, jadi hanya utk upgrade ke non-hosted gitu.

        1. Dari beberapa komentar kok kebanyakan tidak ada opsi otoritas situs? Saya belum bisa pastikan secara akurat, sebab di adsense lama fitur itu masih ada mas. Coba cek dengan teliti lagi, saya coba tanyakan ke forum bantuan Adsense untuk masalah ini. Bisa kirim Screenshot mas ke email saya : ganisebastian@gmail.com

          1. di adsense baru masih ada koq mas, mgkn kurang teliti aja, klo bhs inggris otoritas situs kan beda tulisannya. 🙂

        2. sama mas, saya juga ga ada sub tab “site otorization”. tapi kalau saya kembalikan ke “home”, ada 2. tawaran: 1. centang bila sudah melakukan perbaikan blog, 2. centang bila ingin mendaftarkan blog/domain lain. nah, ada ini karena ceritanya saya sebelumnya mengajukan blospot saya dan ditolak, makanya ada 2opsi itu tadi, dan barusaja saya isi/centang opsi kedua (dengan mengisi alamat domain TLD saya). mungkin itu kali ya gantinya site otorization. CMIIW

          1. Betul, itu termasuk dalam pengajuan URL blog, nah pilihan kedua kan niatnya upgrade akun menjadi non hosted setelah blog di custom domain. Ok mas semoga cepat dapat kabar baik 😀

  65. Mas saya masukin alamat blog tapi di tolak di adsens nya apa masukin id blogernya mhon pencerahan terimakasih.

      1. Belum disetujui mas, itu dulunya adsense youtube, terus kalau mau di setujui penuh bagaimana mas ?

  66. maaf sebelumnya mas
    saya sudah daftar blogs saya dengan blogspot(dot)com dan sudah terdaftar hosted adsense..
    apakah bisa kalau saya merubah ke domain TLD sekarang dan upgrade ke non hosted

    1. Bisa mas, dengan melakukan upgrade seperti artikel di atas. Otomatis melakukan pengajuan review kembali ke adsense untuk mendapatkan akun nonhosted full approved.

      1. tapi blog saya blum lolos revie ke 2. mas…
        jadi masih bisa di rubah ke domain TLD sekarang atau ditunggu lolos review yg ke 2. dulu mas?

        1. Nah kalau itu tergantung anda mas, kalau mendaftar dengan TLD domain maka akan mendapat akun adsense nonhosted. Itu artinya unit iklan bisa dipasang di blog manapun jika sudah diterima.

          Jika masih mendaftar menggunakan blogspot, iklan adsense hanya bisa dipasang di blogspot saja.

          1. berarti kalau saya merubah ke TLD..
            saya perlu mendaftarkan blog saya lagi,, bukan melanjutkan review ke2 dari pendaftran sblumnya,, begitu ya mas??

  67. oh ya mas, kbetulan saat ini saya punya akun adsense hosted blogger, nah saya punya keinginan untuk upgrade ke akun non hoted, smentara saldo berjalan saya skrg ad $8 belum verifikasi pin, sebaiknya di upgrade sekarang apa nanti nunggu pin dlu mas? mohon sarannya mas

    1. Tidak menjadi masalah mas, mau di upgrade sekarang juga bisa, kan menggunakan email yang sama dan alamat yang sama. Nantinya PIN adsense tetap di tujukan pada alamat yang tertera.

  68. Apakah ada syarat khusus agar lebih memaksimal kemungkinan akan di Approve, selain memiliki domain TLD?

    1. Syarat mutalknya harus menggunakan TLD Domain mas, itu sudah ketentuan dari google, selain itu buat artikel yang tidak melanggar pedoman dari google adsense.

      Dan yang jelas artikel unik buatan sendiri, bukan hasil copas. Perhatikan juga penggunaan gambar yang mempunyai hak cipta.

  69. Permisi Mastah numpang tanya, sya mau mngupgrade akun adsense hosted ke non hosted. Tapi ko di menu “Akses dan otosisasi” tidak ada “Tampilkan situs di web lain” itu kenapa ya? Mohon pencerahannya, terima kasih

  70. Wah ini yang ane cari,, 🙂

    emang selama ini ane pakai youtube aja, dan coba pengen upgrade

    oya gan, mau tanya sekalian, kan banyak tuh yang mempunyai akun GA lebih 1, itu bagaimana kok bisa ya ?

    bukannya tidak boleh ? 🙂

    1. Bisa mas, asalkan mendaftar dengan nama dan alamat yang berbeda, termasuk email juga berbeda pula 😀

  71. mislanya jika ndak diterima kan akan ada pemberitahuan, apakah nantinya acount adsense hosted akan di banned mas? atau hanya peringatan?

    1. Kalau belum diterima bagaimana akan di banned mas @abdurrohim ..?? 😀
      Kalau belum diterima bisa di daftarkan lagi berkali-kali sampai bisa diterima.

  72. mas @ganisebastian , klo misalkan daftar adsense dari youtube, bisa ditaro ga iklannya di blog, domain blogspot?
    tanpa harus daftar adsense melalui blog?
    maklum newbie:D ,..

  73. ok sob, memang harus bersabar untuk semua pengajuan saya, doanya ya sob.., thank

  74. jadi sebelum melakukan itu blog kita harus didaftrkan dulu ke domain mas…. mohon pencerahannya.. makasih

    1. Betul mas @agus. Karena untuk mendapatkan akun nonhosted syaratnya adalah menggunakan TLD domain.

  75. gan akun ane masih hosted, tapi di ane kok di menu akses dan otorisasi ndak ada menu Tampilkan iklan di situs web lain ya mas, ini kenapa?mohon pencerahannya

  76. saya ga menemukan letak otorisasi situs mz alias tidak ada..
    pdhal sdah d stujui youtubnya..

    1. Di sebelah sisi kiri atas, (gambbar roda bergerigi ) klik Akses dan otorisasi.
      Di situ tempatnya mas @aries

  77. Ane juga baru dlm adsense, paling gmpang em g daftar dari utube, tp upgrade ke nonhosted dah di tolak berulang2 🙁

  78. Terima kasih infonya Gan, sangat bermanfaat bagi saya yg masih newbe jadi Publisher…

    O ya tanya Gan. Utk custom domain itu apa lebih cepat proses approve review tahap 2?

    1. Mas @Bekti Hargyandani, Menggunakan Custom domain itu bertujuan untuk mendapatkan akun adsense Non hosted. Untuk masalah cepat atau tidaknya di terima adsense itu tergantung pihak review google, dan tergantumg isi dari artikel kita.

  79. Maaf sblumnya, saya mau tanya..sudah tiga bulan ini saya daftar adsense non hosted, selama itu pula akun saya statusnya masih dalam review kedua adsense, apakah mungkin review kedua saya ditolak? Di saat yg sama saya pun mengirimkan lebih dari 20. video ke youtub,di dashbor adsense sudah ada penghasilan, tapi di blog belum ada iklan yang tampil?d

    1. Anda sudah punya akun adsense jenis hosted, karena sudah melalui review tahap 1. Jenis akun ini hanya untuk youtube dan blogspot saja. Jadi penghasilan dari youtube tetap akan di hitung . Review tahap ke 2. adalah proses upgrade ke akun non hosted, seandainya di tolak, tidak akan berpengaruh kepada situs yang bermitra dengan google (youtube atau blogspot) Jadi anda tetap mempunyai akun adsense, tetapi masih jenis hosted mas saefudin.

      1. Maaf, ikutan nimbrung.
        Saya sudah ada akun Hosted, pernah mengajukan upgrade 1x sekitar 2 bulan yg lalu tapi di tolak. Dan setelah itu saya bikin postingan lebih rutin. Nah, apakah jika saya melakukan upgrade yg ke-2 aman mas ?…. Apakah beresiko akun saya di non aktifkan ?… soalnya saya takut juga, sayang kl sampe akun tsb dicabut.
        Sekian.

        1. Untuk upgrade ke akun nonhosted harus menggunakan TLD domain. Aman saja mas, asalakan konten sesuai pedoman kebijakan Adsense.

  80. Terimakasih infonya gan.

    Kalau kita punya website, apakah ada standar pengunjung web yang datang dari search engine untuk dapat daftar google adsense?

    1. Tidak ada peraturan google yang menyebutkan hal itu, tapi memang lebih bagus klo pengunjung datang dari search engine.
      Yang paling di prioritaskan adalah mematuhi kebijaka adsense. Selebihnya adalah artikel yang di perbanyak mas andhika.

  81. Ow, jadi yang dimaksud Begituan itu : bawah judul + tengah artikel + top sidebar

    kalopun gagal upgrade Non host, masih ada jasa kerjasama Joint Venture (JV), dari pembagian 10:90 , 20:80 atau 30:70 (pemilik akun:pemilik blog)

Back to top button
Close