Panel Surya

Panel Surya Di Indonesia, Alternatif Listrik dari Matahari yang Sangat Efisien

Panel surya atau sering disebut solar panel merupakan solusi bagi kita yang ingin terbebas dari ancaman kepunahan bahan bakar fosil. Dengan menggunakan perangkat ini kita bisa memaksimalkan energi yang dipancarkan dari matahari dengan sebaik-baiknya. Ketika menggunakan panel surya kita akan mengetahui bahwa kita tidak melulu bergantung pada bahan bakar fosil.

Dalam beberapa kasus di Indonesia terdapat beberapa wilayah yang belum punya akses listrik, biasa nya wilayah ini letaknya di pinggir kota ataupun di pesisir pantai. Panel surya sangat bisa digunakan disana karena ketika akses PLN tidak sampai maka perangkat ini akan bisa menggantikannya.

Dengan perangkat yang relatif simpel dan mudah dibawa maka penggunaan panel surya akan sangat cocok. Panel surya memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan energi yang digunakan dari PLN seperti sekarang ini. Namun saat ini di Indonesia hanya digunakan untuk keperluan listrik minor saja seperti sumber untuk lampu lalu lintas.

Kelebihan menggunakan panel surya

Panel Surya

Panel surya merupakan energi alternatif terbaharukan paling mudah untuk diaplikasikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan apabila kita menggunakan panel surya untuk kebutuhan listrik kita.

1. Panel surya sangat ramah lingkungan, karena tidak akan mengeluarkan polusi yang dapat membahayakan lingkungan kita seperti pada kasus bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil ketika digunakan akan menghasilkan polusi sisa pembakaran yang akan membahayakan ozon dan berakibat pada pemanasan global.

2. Menggunakan sumber energi matahari sebagai sumber utamanya, sebagaimana kita tahu matahari merupakan energi terbesar di dunia dan akan memancar dalam waktu yang relatif lama.

3. Perawatannya relatif mudah karena panel surya tidak memiliki bagian yang berputar maka bisa dibilang perangkat ini akan memiliki masa hidup yang lama.

Loading...

4. Tidak perlu takut kehabisan bahan bakar fosil, sebagaimana diketahui bahan bakar fosil akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk regenerasi.

Jual Panel Surya Berkualitas di Icasolar.com

Icasolar merupakan tempat dimana kalian akan bisa mendapatkan panel surya yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Di sini kalian akan diberikan beberapa pilihan jenis penggunaan panel surya yaitu sistem on grid, sistem off grid dan hybrid.

Cara Kerja Sistem On Grid

Panel Surya

  1. PV Panel merubah cahaya matahari menjadi listrik DC.
  2. Grid-tied inverter merubah listrik DC ke listrik AC, yang sinkronkan dengan jaringan listrik (PLN).
  3. Listrik AC dikirim ke panel listrik utama dimana sudah terhubung langsung oleh grid-tied inverter.
  4. Net Metering menghitung konsumsi bersih pemakaian listrik. Jika ada surplus energi yang dihasilkan oleh sistem PV, itu akan dikirim kembali ke jaringan PLN.

Apabila Anda kurang paham apa itu sistem on grid, sistem off grid dan hybrid kalian bisa mencari tahu perbedaan nya disini.

Buruan tunggu apalagi segera kunjungi www.icasolar.com untuk mendapatkan panel surya revolusioner idaman anda.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *