Internet

10 Pantai di Yogyakarta yang Eksotis dan Wajib anda Kunjungi

Yogyakarta salah satu destinasi tujuan wisata paling diminati di Indonesia, terutama pantai di Yogyakarta

Bukan tanpa alasan, karena di kota ini anda dapat mengunjungi banyak sekali objek wisata yang khas dan ngangenin, ditambah biaya yang tidak terlalu mahal.

Salah satu yang menarik perhatian para pelancong adalah hamparan pantai di sisi selatan yang eksotis dan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di luar negeri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mereverensikan 10 pantai di Yogyakarta yang paling bagus dan eksotis yang patut untuk anda kunjungi.

1. Pantai Baron

Pantai di Yogyakarta

Pantai ini sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta. Berada  di Kabupaten Gunung Kidul, pantai baron menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari wc, kamar mandi, mushola, hotel dan penginapan, dan beberapa fasilitas umum lainnya yang sudah sangat memadai.

Pantai Baron merupakan sebuah pantai yang diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi dengan pasir putih menghampar tidak terlalu panjang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah muara sungai berair tawar. Sehingga anda berkesempatan melihat langsung bercampurnya air tawar dengan air laut.

2. Pantai Indrayanti (Pulang Syawal)

Pantai di Yogyakarta

Loading...

Ingin nongkrong di kafe yang bersebelahan dengan bibir pantai???

Silahkan berkunjung ke pantai Indrayanti ini.

Kafe dan tempat makan yang menyuguhkan menu makanan sea food pasti dapat membuat anda rileks. Tidak perlu kuatir dengan harga yang mencekik, karena harga yang ditawarkan standar harga masakan laut.

Jika anda tidak sedang ingin menikmati makanan, duduk-duduk di tepi pantai juga pilihan yang tidak terlalu buruk, apalagi terdapat penyewaan payung pantai yang melindungi anda dari sengatan matahari langsung.

3. Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak dekat dengan Pantai Indrayanti. Garis pantai disini lumayan panjang sehingga sangat cocok untuk bermain pasir bersama keluarga.

Jika lelah bermain di tepi pantai, ada banyak sekali tempat makan dengan berbagai menu yang tersedia.

Akan tetapi anda diharapkan berhati-hati, karena bibir pantai terdapat batu karang yang dapat melukai kaki anda jika tidak hati-hati.

4. Pantai Watulawang

Pantai ini letakya cukup tersembunyi. Jadi anda harus ekstra hati-hati. Salah-salah anda malah akan nyasar di pantai Indrayanti.

Tetapi karena letaknya yang cukup tersembunyi menjadikan pantai ini masih dapat dikategorikan “virgin” walaupun tempatnya bersebelahan dengan pantai Indrayanti.

Akses jalan untuk sampai ke pantai Watulawang ini setelah anda sampai di parkiran pantai Indrayanti, silahkan tetap lurus masuk ke jalan dengan kontur corblok. Anda akan melewati semacam tempat pengolahan air dan selang beberapa meter anda akan sampai di Pantai Watulawang.

Berminat mengunjungi pantai ini??

Silahkan pecahkan dulu misteri pintu masuk ke pantai ini.

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai di Yogyakarta
Pantai pok tunggal via http://phinemo.com

Untuk dapat sampai ke bibir pantai Pok Tunggal anda harus membayarnya dengan jalan corblok yang lumayan jauh dan tidak terlalu bagus.

Tapi setelahnya, anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dan beda dari pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul.

Setibanya  di pantai ini, anda akan langsung disambut oleh  rangkaian tebing yang sangat tinggi di belakang pantai yang kokoh dan sangat cantik .

Selain itu juga terdapat pohon ikonik yang menjadi spot wajib bagi para wisatawan untuk berfoto di pantai Pok Tunggal ini.

Walaupun masih tergolong baru, akan tetapi fasilitas di pantai ini sudah lumayan lengkap mulai dari warung makan, mushola, gazebo, wc/kamar mandi, dan persewaan payung pantai.

6. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wediombo merupakan salah satu spot mancing yang wajib dikunjungi oleh para penggemar macing. Karena di pantai ini terdapat batu karang  yang memisahkan lautan dengan area pantai yang pas digunakan untuk tempat berpijak pemancing.

Sementara, kolam kecil hasil dari karang tersebut sering digunakan para wisatawan untuk berendam dan berenang tanpa takut terkena ombak besar

Pantai Wediombo layak untuk anda pertimbangkan di dalam list liburan anda. Jangan lupa bawa alat pancing anda, siapa tahu pulang-pulang membawa ikan hasil pancingan anda.

7. Pantai Ngobaran

Pantai ini salah satu pantai terunik di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan terdapat komplek Pura yang berdiri dengan cantiknya di bibir tebing. Mirip dengan Pura Uluwatu di bali, hanya dipantai ini anda tidak akan menjumpai kawangan monyet.

Selain itu, suara ombak yang menghantam tebing jurang di bibir pantai sangat indah untuk diperdengarkan.

8. Pantai Timang

Pantai ini sangat cocok bagi anda para penyuka tantangan yang mengadu adrenalin. Karena dipantai ini terdapat sebuah gondola tradisional yang digunakan untuk menyebrang ke pulau karang.

Awalnya gondola ini dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mencari lobster di sekitaran pulau karang tersebut. Akan tetapi setelah makin banyaknya pengunjung yang datang, gondola ini juga disewakan kepada pengunjung yang berminat dengan biaya sewa sebesar IDR 200.000. Biaya yang cukup sebanding dengan pengalaman yang akan anda dapatkan.

9. Pantai Parangtritis

Pantai di Yogyakarta

Pantai ini salah satu pantai di Yogyakarta yang sangat terkenal. Bisa dikatakan menu liburan wajib untuk wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Dengan berbagai fasilitas yang ada, anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah di tepi pantai Parangtritis ini.

Banyak sekali hal yang dapat anda lakukan di pantai ini. Seperti  permainan motor ATV, persewaan andong, kolam renang anak, permainan layang-layang, dan masih banyak lagi aktifitas yang dapat anda lakukan di pantai berpasir hitam ini.

Selain itu sunset di pantai Parangtritis ini juga sangat indah dan menjadi salah satu yang terbaik di Yogyakarta. Jadi pastikan anda mendapatkan sunset di pantai ini jika anda tidak ingin menyesal.

10. Hutan Mangrove Pantai Congot

Pantai di Yogyakarta
Hutan Mangrove Pantai Congot via http://www.nasirullahsitam.com

Siapa bilang di Yogyakarta tidak ada hutan bakau. Cobalah berkunjung ke pantai ini dan paradigma anda akan berubah.   Pantai yang terdapat di  Dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulonprogo ini memang sedang naik daun.

Walaupun Hutan Mangrove disini belum terlalu rimbun, akan tetapi sudah lumayan bagus jika dijadikan tempt berfoto dan menikmati kekayaan alam di Yogyakarta ini.

Hal yang perlu anda perhatikan ialah jangan membuang sampah sembarangan dan iseng mencabut dedaunan. Karena hutan mangrove ini dimaksudkan untuk mepertahankan pesisir dari abrasi dan pemecah ombak.

Itulah 10 pantai di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi jika sedang liburan di Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak sekali pantai-pantai yang tidak kalah indah dan mengagumkan. Akan tetapi 10 pantai tersebut sudah dapat mewakili keindahan dan keunikan pantai-pantai di Yogyakarta.

Referensi lain : Cara Liburan Murah Ke Jepang Tanpa Jasa Tour Guide

Terima kasih telah membaca artikel saya, dan jangan lupa share ke teman-teman anda. Agar semakin banyak teman anda yang tahu akan keindahan pantai di Yogyakarta.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya tidak mempunya bakat menulis sama sekali. Menjadi bisa menulis karena terpaksa dan menjadi terbiasa. Masih butuh belajar lagi agar dapat menghasilkan tulisan yang nyaman dan tidak membosankan untuk dibaca. Dan mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan. :)

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *