Internet

Pantai Klayar Pacitan, Menikmati Eksotisme Laut Dibalik Karang yang Menjulang

Salah satu daerah yang menyimpan pesona keindahan pantai yang tidak dilewatkan adalah Pacitan. Sebagai sebuah kota yang berada di sebelah selatan provinsi Jawa Timur, Pacitan menyimpan segudang pesona alam terutama deretan pantainya tidak terkecuali pantai Klayar Pacitan.

Kalau anda berwisata ke Pacitan kurang sempurna rasanya jika anda tidak berkunjung ke pantai Klayar. Pantai Klayar berletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Menikmati eksotisme pantai Klayar Pacitan

pantai klayar pacitan
https://bertemanangin.wordpress.com

Untuk menuju ke pantai Klayar jika ditempuh dari pusat kota Pacitan memakan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh sejauh 40 km. Sampai saat artikel ini saya buat, belum tersedia angkutan umum yang menuju kesana. Anda harus memakai kendaraan pribadi, bisa mobil atau sepeda motor.

Kalau anda pergi bersama rombongan, anda bisa menyewa jasa agensi perjalanan untuk mengantarkan menuju pantai klayar. Pantai Klayar Pacitan berdekatan dengan goa Gong hanya berjarak kurang lebih 12 km.

Rute perjalanan ke pantai Klayar Pacitan

Kalau anda memulai perjalanan dari Jogjakarta, anda bisa mengambil rute melalui jalur wonosari, Gunungkidul – Pracimantoro – Giribelah – menuju perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – sampai pantai Klayar.

Sedang kalau melalui jalur Solo seperti yang saya tempuh beberapa waktu yang lalu ketika touring ke pantai Klayar, setelah anda sampai Kecamatan Pracimantoro dan tiba di Giribelah anda ambil belok kanan sampai di perempatan Kalak kemudian anda tinggal meneruskan perjalanan sampai ke pantai Klayar kurang lebih 1 jam.

Yang patut disayangkan, untuk sampai ke pantai klayar memang kondisi jalan masih memprihatinkan. Aspal yang belum rata serta jalan yang sempit menjadi tantangan yang menarik buat anda pecinta traveling dan petualangan. Tidak jarang banyak rombongan touring dengan sepeda motor dari berbagai daerah yang berkunjung kesana.

Panorama indah pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer di Pacitan selain pantai Teleng Ria dan Goa Gong. Medan yang sulit menuju kesana akan terbayar lunas jika kita sudah sampai ke lokasi pantai Klayar.
Anda akan disuguhi panorama pantai dan hamparan pasir putih yang mempesona dikelilingi karang-karang yang sepintas seperti Grand Canyon di Amerika Serikat.

Loading...

Jika anda sudah sampai di pantai Klayar anda akan melihat dua karang setinggi pohon kelapa yang menjadi icon pantai Klayar di sisi sebelah timur pantai. Yang menarik dari dua karang ini adalah diantara dua karang tersebut ada sebuah karang raksasa, sehingga sepintas seperti Tanah Lot di bali.
Pantai Klayar terkenal dengan banyaknya tebing yang berada di pinggiran pantai dan jajaran pohon kelapa di kawasan pantai.

Di pantai Klayar sendiri sebenarnya tidak dianjurkan untuk berenang karena terjangan ombaknya yang tinggi dan banyaknya tebing sehingga sangat berbahaya, tetapi terkadang ada juga wisatawan yang nekat berenang jika kondisi ombak dirasa memungkinkan.

Fenomena unik di pantai Klayar

pantai klayar pacitan
http://majalahasri.com

Di pantai Klayar ada akan disuguhi sebuah fenomena menarik yang disebut seruling samudra. Yaitu sebuah fenomena dimana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing yang ada di pantai.

Saat cekungan diterjang ombak, maka air laut keluar menyembur melalui sela-sela bebatuan dan akan menghasilkan bunyi seperti suara seruling.

Disamping itu di pantai Klayar anda juga akan menemukan patung menyerupai Sphinx yang ada di Mesir. Patung ini bukan dibuat oleh manusia tetapi terbentuk dari banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai.

Kumpulan tebing tersebut jika dilihat dari kejauhan menyuguhkan pemandangan seperti patung Sphinx. Kalau anda punya nyali anda bisa menaiki tebing-tebing tersebut tentunya dengan tetap waspada dan hati-hati karena tebing di pantai Klayar sangat curam dan tinggi.

Jika anda melayangkan pandangan ke sisi barat pantai Klayar, ada sebuah gugusan tebing karang besar dengan tinggi mencapai 50 meter laksana bahtera nabi Nuh sedang bersandar. Salah satu fenomena yang paling ditunggu-tunggu para wisatawan jika berkunjung ke pantai Klayar adalah fenomena air mancur setinggi 10 meter bahkan lebih.

Fenomena ini terjadi akibat terjangan ombak besar yang menghantam bebatuan karang. Semburan kencang air laut yang masuk ke bagian bawah bebatuan inilah menciptakan air mancur setinggi 10 meter.
Jika anda merasa haus setelah puas bermain di pantai anda bisa menikmati minuman “legen”. Legen ini berasal dari deresan pohon kelapa yang selanjutnya digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa.

Baca juga : Berpetualang Menikmati Eksotisme Panorama Puncak Gunung Kelir, Ambarawa

Demikian sedikit catatan perjalanan saya ke pantai Klayar Pacitan, semoga bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan karena di sepanjang jalan ke pantai Klayar masih jarang pedagang makanan.

Selamat berlibur….



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

muhfaiz

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *