Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo, Wisata Murah Untuk Menikmati Eksotisme Hamparan Pasir yang Indah

Beberapa waktu yang lalu saya bersama rombongan keluarga menyempatkan waktu untuk berwisata ke Pantai Pasir Putih Situbondo setelah memenuhi undangan pernikahan salah satu kerabat di Banyuwangi. Hamparan pasir yang putih, menjadi primadona ketika berwisata di pantai yang berada di wilayah kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini.

Tidak hanya itu, morfologi dan topografinya yang unik melengkung menghadap ke laut ditambah latar belakang hutan yang membentuk gugusan menjadikan perpaduan panorama yang sangat indah.

Akhir pekan ini, jika anda ada rencana mau jalan-jalan tetapi belum tahu lokasi mana yang akan dituju. Jangan khawatir, Klikmania memberikan rujukan tempat paling asyik dengan harga masuk yang sangat terjangkau.

Pantai Pasir Putih Situbondo, saatnya bermain di hamparan pasir yang putih bersih

Pantai Pasir Putih Situbondo

Bagi penyuka liburan ke pantai, salah satu pantai yang harus anda kunjungi adalah Pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Letak pantai ini sangat strategis dan memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Apalagi ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang sangat indah.

Pandangan mata jika diarahkan ke mata angin di utara, terlihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih pinggir pantai. Sementara itu di arah selatan nampak rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

Rute ke Pantai Pasir Putih

Lokasi Pantai Pasir Putih terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jalur menuju Pantai Pasir Putih terbilang mudah karena posisinya tepat di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi.

Arena wisata pantai ini berjarak sekitar 174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan jika menggunakan bus umum dari Terminal Bungurasih, Surabaya. Dari arah Situbondo, Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota Situbondo.

Loading...

Dari Ibu Kota Kabupaten ini, perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum seperi bus atau minibus. Harga tiket masuk ke lokasi pantai sangat murah hanya Rp. 5.000,-.
Tidak salah kiranya jika Pemerintah Jawa Timur menjadikan Pantai Pasir Putih Situbondo sebagai salah satu ikon wisata andalan.

Pasalnya, letak yang strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi memudahkan pencariannya. Wisatawan yang ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi), biasanya banyak yang mampir untuk sekedar beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama pantai yang disuguhkan Pantai Pasir Putih, terutama menikmati eloknyaa matahari terbenam (sunset).

Baca juga : Pantai Klayar Pacitan, Menikmati Eksotisme Laut Dibalik Karang yang Menjulang

Di pantai ini anda bisa bermain-main sepuasnya di hamparan pasir yang putih bersih. Ajak semua keluarga untuk bermain seperti bermain bola atau membuat patung-patungan yang seru.

Berbagai macam olahraga air seperti berenang, menyelam maupun selancar juga dapat dilakukan di pantai ini. Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu menikmati pemandangan bawah laut.

Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam-macam lomba seperti lomba selancar, memancing dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan.

Menyaksikan Upacara Petik Laut

Pantai Pasir Putih Situbondo
Upacara Petik Laut via http://www.banyuwangibagus.com

Selain itu, pada bulan Oktober para nelayan biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasial laut dari Tuhan.

Pada upacara ini tidak jarang diadakan pementasan musik “Gandrung”, yaitu musik tradisional yang populer di daerah Situbondo, Banyuwangi dan sekitarnya.

Untuk pengunjung yang belum mahir berenang, di sekitar lokasi pantai terdapat banyak penyewaan ban pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Wisatawan juga dapat menyewa perahu yang dilengkapi kotak kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut.

Pengelola wisata juga sudah menyediakan fasilitas kamar mandi, mushola dan beberapa tempat untuk beristirahat berupa bangku beton yang biasanya dekat dengan para penjaja makanan.

Ditempat ini juga tersedia kios-kios yang menjual souvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesoris dari kerang. Bagi yang ingin menginap, di sekitar lokasi terdapat penginapan berupa hotel dan losmen. Di Pantai Pasir Putih juga terdapat area khusus bagi anda yang ingin berkemah di sana.

Demikian sedikit catatan perjalanan saya beberapa waktu yang lalu ke Banuwangi dan singgah ke Pantai Pasir Putih Situbondo. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk merencanakan liburan bersama keluarga atau sahabat-sahabat anda.



Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Komentar

    Avatar

    holil

    ( - 03:29)

    klok mau tanya2 tentang pasir putih ada kontaknya kah

      Muhammad Faizin

      maksudnya mau bertanya tentang wisata pasir putih atau tentang jenis pasir putih mas Holil ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *